Harapan dan Cita-Cita Tidak Terwujud : 3 Cara Ini Bisa Membantumu

 

cita-cita-tak-terwujud-3-cara-ini-bisa-membantumu                                                                                                                               

Pernah dengar istilah “mati satu tumbuh seribu” atau “satu pintu tertutup masih banyak pintu lain terbuka” nggak teman-teman?

Istilah tersebut tepat menggambarkan perasaan saya ketika apa yang saya harapkan / cita-cita kan tidak / belum tercapai dan tentunya menjadikan istilah tersebut motivasi diri.

Saya dan juga teman-teman pastinya mempunyai harapan / cita-cita yang harus dicapai entah dalam waktu dekat atau dalam waktu yang cukup panjang.

Untuk mencapainya, kita rela melakukan apapun. Dalam hal ini ya kerja keras, tidak menyerah, berdoa, berusaha lagi dan lagi. Namun apa daya, jika semua yang kita lakukan tidak terealisasi.

Sesuai dengan istitlah tadi, saya dan teman-teman nggak perlu sedih jika keinginan tersebut belum / tidak terealisasi. Coba kembali fokus kepada kemampuan diri, apa yang bisa kita lakukan saat ini, dan eksekusi kan.

Jika teman-teman sudah menemukannya, segera lakukan kolaborasi dengan cita-cita yang belum terealisasi / terwujud tadi.

Kolaborasi atau yang biasa banyak orang-orang sebut adalah kerjasama ini bisa kita lakukan. Sehingga tak ada kata menyerah dan tentunya kita bisa memanfaatkan apa yang ada pada diri kita.

Bagaimana Cara Mengkolaborasikannya?

Bagi teman-teman yang harapan / cita-cita nya belum terwujud, again saya bilang jangan berkecil hati dan jangan bersedih.

Melakukan kolaborasi tidaklah sulit, karena kita hanya perlu melakukan ha-hal ini :

1.       Fokus dengan kemampuan diri

Fokus dengan kemampuan diri ini, artinya kemampuan apa yang kita miliki saat ini, maksimalkan. Contohnya kemampuan saya saat ini menulis dan social media enthusiast.

Sementara cita-cita saya yang ingin menjadi seorang traveller dengan berkeliling Indonesia bahkan dunia, masih belum terwujud sampai saat ini.

Back again, fokus lah pada kemampuan yang kita punya saat ini. Coba teman-teman intip kemampuan apa yang teman-teman miliki saat ini. Fokuskanlah dulu di situ.

2.     Lakukanlah dengan sepenuh hati

Nah, ketika kita sudah menemukan kemampuan diri apa yang kita miliki, lakukanlah terus menerus dengan sepenuh hati. Pernah dong dengar istilah / peribahasa “Apa yang kamu tanam, itu yang akan kamu tuai”

Jadi, apa yang kita lakukan saat ini dengan sepenuh hati, nanti kita pasti akan memetik hasil nya. Atau istilah lain adaah “Tidak ada usaha yang sia-sia”.

Sekarang teman-teman sudah fokus dan menjalaninya dengan sepenuh hati, percaya atau tidak, masa depan kita itu berdasarkan apa yang kita lakukan saat ini. Jadi, fokuslah dan lakukan dengan sepenuh hati.

Baca Juga : Dapat Pekerjaan Dari Skill Otodidak

3.     Eksekusi untuk berkolaborasi

Saat nya kolaborasikan kemampuan diri yang dimiliki dengan cita-cita yang belum tercapai.

Jika menoleh contoh di nomor 1 tadi, dimana saya memiliki cita-cita menjadi traveller yang bisa keliling Indonesia bahkan dunia tetapi belum terwujud, maka saya akan kolaborasikan dengan kemampuan yang saya miliki tadi yaitu menulis dan social media enthusiast.

Inget yah ini adalah sebuah kolaborasi, jadi menjadikan satu kesatuan dari cita-cita yang belum tercapai dengan kemampuan diri.

Untuk mulai kolaborasi, pertama saya tetap fokus dengan kemampuan saya menulis. Saya bisa menulis apa saja yang berhubungan dengan travelling di platform yang saya punya, katakanlah Blog.

Tanpa disadari, ternyata saya pernah ke tempat A dan tempat B tapi belum pernah saya bagikan ke tulisan. Jadi fokus saja dengan hal ini. Saya mulai bisa menceritakan pengalaman saya travelling dari tempat-tempat yang tak jauh dari saya saja dulu.

Masih berkaitan dengan hal tersebut, ketika saya selesai menulis, langkah kedua adalah saya akan bagikan ke sosial media yang saya punya, mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, bahkan sampai ke Youtube.

Baca Juga : Ketagihan Solo Travelling, Jadi Pengen Ke Tempat Ini

Bagikanlah foto-foto yang baik dan menggambarkan dari apa yang ingin kamu ceritakan dari foto tersebut di kolom caption. Arahkan followers untuk berkunjung ke tulisan yang sudah di-share melalui blog.

Dengan melakukan ini, menurut saya, saya berhasil mengkolaborasikan apa yang saya cita-cita kan dengan kemampuan diri yang saya miliki saat ini.

Sekarang saat nya teman-teman untuk mencoba kolaborasikan cita-cita yang belum tercapai dengan kemampuan diri saat ini.

Well, tiga hal tersebut merupkan apa yang sedang saya lakukan saat ini, just focus with my skills, do what I like and like what I do, then collaborate.

Harapan dan cita-cita yang belum / tidak terwujud, bukan berarti kita tidak mampu mencapai nya, bisa jadi harapan dan cita-cita tersebut bukan yang terbaik untuk kita, belum saat nya kita capai saat ini, atau Tuhan akan kasih yang lebih baik lagi dari harapan dan cita-cita mu saat ini.

So, tetaplah ukir harapan dan cita-cita agar kita termotivasi terus menerus untuk menggapai nya. Semangat and Goodluck..!!

Stay safe and stay healthy. Adhe Albian signing out…!

Comments