Dapat Pekerjaan Dari Skill Yang Autodidak


pekerjaan-dari-autodidak

 

“Gantungkan cita-cita mu setinggi langit”

Pasti teman-teman sering banget dengar kalimat motivasi tersebut. Tak terkecuali saya, mendengar kalimat tersebut dari saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar ( SD ).

Mempunyai cita-cita yang segudang saat kecil adalah saya banget hehe. Mulai dari dokter sampai ingin menjadi seorang dancer.

Seiring bertambahnya usia, cita-cita saya pun mengikuti apa yang saya sukai saat itu. Dari ahli ekonomi karena suka mata pelajaran ekonomi saat sekolah, terus berubah menjadi ahli komunikasi karena waktu itu suka banget dengan pelajaran komunikasi bisnis.

Well, walapun semua cita-cita saya belum ada yang terwujud sampai detik ini, tapi setidaknya ada hal lain di luar cita-cita yang bisa saya wujudkan secara Autodidak.

APA ITU AUTODIDAK?

Autodidak menurut yang saya intip dari KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia ) adalah seseorang yang mendapat keahlian dengan belajar sendiri.

Berdasarkan arti dari autodidak itu sendiri, ternyata saya baru mengetahui beberapa hal ini merupakan sebuah skill yang ada dalam diri saya.

Walaupun saat ini belum bisa dikatakan ahli / menguasai, tapi apa yang saya dapatkan dari autodidak ini berhasil membuat saya senang melakukannya dan merasakan manfaat nya.

SKILL DARI SEBUAH HOBI DAN AUTODIDAK

Berikut adalah skill yang saya lakukan / dapatkan secara autodidak :

1.       Menari

Dulu, keinganan untuk bisa gabung di tempat kursus menari saya tuh sangat menggebu-gebu, tapi karena satu dan lain hal, keinginan tersebut pun hilang dan tidak terlaksana.

Bersyukur nya adalah walaupun tidak mengikuti kursus menari secara khusus, saya punya teman / circle yang mempunyai hobi yang sama.

Jadi, kesempataan bekerja untuk menjadi dancer pengiring seorang artis / mengisi di sebuah acara, beberapa kali datang ke saya. Kalau orang lain bilang ini adalah hobi yang menghasilkan.

Mungkin banyak yang belum tahu, bahwa menjadi seorang penari itu tak hanya joget-joget saja. Mereka juga dilatih kedisiplinan, dedikasi yang tinggi, attitude dan juga mental.

Bagi saya, menjadi penari itu suka nya banyak, tapi duka nya pun tak mau kalah, mulai dari mengorbankan waktu untuk latihan berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan hanya untuk tampil dengan durasi 5-6 menitan.

Belum lagi preassure dalam menghafal koreografi, dijudesin sama beberapa penari senior, bahkan sampai ada diskriminasi, hehe semuanya sudah saya alami lho teman-teman.

Tapi hal yang tak bisa terbayar oleh apapun adalah ketika penampilan kita dengan durasi yang singkat tersebut membuat yang menonton bisa bahagia dan bertepuk tangan.

2.     Menulis membawa saya menjadi seorang Blogger

Menjadi seorang penulis / blogger bukanlah cita-cita saya sewaktu kecil sebenarnya. Tidak ada dalam list cita-cita saya yang segudang tadi.

Tapi tanpa disadari, ternyata saya sangat suka dengan tulis menulis. Bahkan pada saat sekolah saya sering ditunjuk guru untuk menulis catatan buku di papan tulis. And Iam Happy.

Nah berawal dari situ, saya sampai suka nulis apapun ke dalam sebuah buku harian.

Saat itu ya saya hanya sebatas suka menulis saja. Dulu tuh masa-masanya cerpen yang tayang di sebuah tabloid atau majalah itu sangat didamba-dambakan lho. Jadi punya keinginan juga untuk tulisan cerpen saya tayang di sana.

Pernah kirim cerpen beberapa kali ke mereka ( tabloid / majalah ) tapi tak ada hasil, jadi berujung balik nulis ke buku tulis / harian lagi.

Oiya, karena saya juga paling seneng baca catatan saya lagi menjelang ujian, jadi saya selalu menerapkan tulisan dicatatan saya harus rapih, mudah dibaca, dan mudah untuk dimengerti.

Jadi, kalau nulis catatan yah gitu mesti rapih, men-stabilo catatan-catatan penting, rata kanan rata kiri sampai ke jarak antar paragraph juga saya perhatikan banget.

Bersyukur banget dari hobi nulis tersebut bisa mengantarkan saya menjadi seorang blogger. Masih jauh dari kata sempurna sih, tapi dari autodidak ini saya bisa merasakan banyak manfaat nya.

Menjadi seorang blogger yang masih seumur jagung ini, tak membuat saya berhenti belajar. Alhamdullilah juga saya bisa bergabung dengan beberapa komunitas Bogger.

Makin ke sini saya merasa semakin banyak ilmu yang saya dapatkan. Ilmu tersebut saya dapat dari mengikuti kelas-kelas blogger yang diberikan secara cuma-cuma oleh komunitas / penyelenggara maupun dari teman-teman blogger.

Sama hal nya dengan menjadi seorang penari tadi, menjadi seorang penulis / blogger juga pasti menemukan suka duka. Tapi so far sih lebih banyak suka nya hehe. \

Salah satu nya ya bisa mendapatkan sebuah bonus yaitu pekerjaan / penghasilan dari menjadi seorang Blogger.

Kedua skill yang saya lakukan secara autodidak tersebut sampai saat ini masih saya lakukan. Sebenarnya ada hal lain sih tapi masih belum bisa saya anggap hal autodidak yang masih konsisten saya lakukan, dan memang belum bisa dikatakan ahli juga dibidang itu.

Buat teman-teman di luar sana, apapun hobi mu, lakukan saja dengan konsisten, kita nggak akan pernah tahu ada kesempatan apa yang akan terjadi dari sebuah hobi kita dikemudian hari.

Bisa mendapatkan penghasilan kah, kesempatan bekerja di perusahaan impian kah, dapat bekerjasama dengan orang-orang yang tak disangka kah, atau juga kesempatan-kesempatan baik lainnya.

So, terus semangat. Do what you like and like what you do…!!

Stay safe and stay healthy. Adhe Albian signing out…!

Comments