Gara-Gara Ketagihan Manfaat Solo Travelling, Jadi Pengen Ke Tempat Ini


ketagihan-manfaat-solo-travelling

 

Sudah hampir 9 bulan nih kita semua nggak bisa kemana-mana apalagi untuk pergi liburan.

Ngomongin liburan, sudah lama banget sih ingin merasakan liburan yang segala sesuatunya disiapin oleh diri sendiri, mulai dari tiket, buat ittin, sampai pergi nya pun sendiri.

Temen-temen traveler biasa nyebutnya “solo traveler” Yap, karena kita berangkat sendirian dari kota / negara asal ke kota / negara lain.

Alhamdulillah tahun ini, tepatnya Februari 2020 lalu, keinginan saya tersebut berhasil diwujudkan walaupun pada awalnya bukan untuk solo travel, karena temen batalin keberangkatannya, jadi yasudah saya berangkat sendiri.

ketagihan-solo-travelling
@adhealbian

Februari 2020 lalu, saya solo travelling ke Penang-Malaysia. Kepikiran untuk pergi liburan kesana juga nggak sama sekali. Karena ide temen saya untuk pergi kesana, jadi pada waktu itu saya langsung mengiyakan.

Flashback beberapa tahun lalu, keinginan saya untuk solo travelling itu karena sering banget nonton youtube. Banyak traveler-traveller yang usia nya dibawah saya bisa menjelajah beberapa negara sendirian. Dari situlah saya terinspirasi untuk bisa juga seperti mereka.

Mulai dari cari tahu lokasi-lokasi yang wajib dikunjugi di negara tersebut, bagiamana mengurus administrasi nya ( misalnya negara yang mengharuskan Visa ) dan hal-hal yang perlu disiapkan lainnya.

Karena pengalaman pergi solo travelling pertama kali ke Penang kemarin berhasil membuat saya jatuh cinta, jadilah saya ketagihan untuk bisa pergi ke beberapa negara lain yang masih banyak numpuk dalam bucket list.

Beberapa hal yang saya dapat dari pergi solo travelling ( ini untuk kategori yang baru pertama kali yah ), jadi mungkin yang sudah melanglang buana solo travel ke banyak negara bisa lebih banyak hal/pengalaman yang didapat nya.

Nah, inilah yang saya dapat dari solo travel ke Penang :

1.       Mandiri

Mulai dari pesen hotel dadakan, pergi ke airport sendiri, urus ini dan itu sendiri, cari info sana sini sendiri, tanya sana sini sendiri, pokoknya semua hal harus dilakukan sendiri.

Ini membuat saya jadi lebih mandiri, artinya belajar untuk nggak bergantung dengan orang lain, karena semua dilakukan seorang diri.

2.     Melatih bahasa asing

Belajar bahasa asing itu menyenangkan, tapi kalau nggak dipraktekan bakal tenggelam begitu saja. Walaupun di Penang mayoritas berbahasa melayu, tapi ada banyak tourist dari negara lain yang bisa kita ajak ngobrol dan mau nggak mau suka nggak suka harus menggunakan bahasa inggris.

Degdegan? Iya banget hehe. Tapi dari sana saya benar-benar merasakan kebahagian saat obrolan dengan orang luar berjalan lancar. As long as they understand what you said, the conversation’s gonna be ok.

Hal ini terjadi, ketika saya ngobrol di Bus umum dari airport menuju George Town. Ada seorang bule tanya alamat ke saya, jadi yaudah ngobrol aja, walaupun gak terlalu lama, karena “diganggu” sama driver-driver airport.

ketagihan-solo-travelling
@adhealbian

3.     Dapat temen baru

Ini sih yang lebih menyenangkan, mendapatkan teman baru dari negara-negara lain.

Inget banget pertama kali masuk ke kamar hotel, kan saya ambil kamar nya yang dormitory ( 1 kamar isi 4 orang ). Jadi pas saya masuk ada seorang bule yang lagi dandan, siap-siap untuk pergi makan malam.

Saya sapa deh ( harus memberanikan diri kalau mau punya temen baru hehe ).

Dari sapa-sapaan, terus saya tanya dia mau pergi kemana, dia jawab “I want to go out to dinner, you wanna join?” tanpa pikir panjang saya pun jawab “yes”. Lah berasa dilamar yak? Haha.

Setelahnya yaudah kita jalan kaki menuju restaurant India / Malaysia gitu saya lupa. Di sana kita ngobrol banyak hal. Tahu nggak sih pas ngobrol lancar dengan orang bule tuh ada rasa kebahagiaan tersendiri gitu lho. Temen-temen gitu nggak sih?

Temen-temen sekamar lain juga menyenangkan, mulai dari Cina, Australia, Rusia sampai dari negara sendiri Indonesia hehe berasa ketemu saudara kandung.

Kalau obrolin ini bisa jadi panjang nih hehe. Intinya, kita bisa dapat temen baru selama kita berani sapa, buka obrolan dan nggak sibuk sendirian.

4.     Problem solver

Yap, kita akan bisa menjadi pemecah masalah yang kita hadapai sendiri. Kita bisa dengan cepat memutuskan apapun sendiri, mulai dari rombak itinerary, mau makan apa, nginap di mana, dan lain-lain.

Karena dapat pengalaman-pengalaman berharga itu, makannya saya tertarik dan ketagihan untuk solo travel lagi. Berikut adalah beberapa bucket list yang rencananya ingin saya kunjungi dengan solo travelling, baik dalam maupun luar negeri :

Kalau di Indonesia sendiri sebenarnya banyak banget sih, mulai dari Bali yang banyak belum saya explore. Seperti teman-teman tahu, Bali memiliki tempat-tempat yang sangat sayang kalau dilewatkan.

Kemudian saya ingin explore Banyuwangi, planning ini sudah ada dari beberapa tahun lalu bareng temen saya, tapi tidak terlaksana lagi dan lagi sampai tahun ini ada pandemi. Kalau emang teman saya nggak jadi lagi, akan nekat explore Banyuwangi sendiri hehe.

Seperti nggak mau kalah dengan kota-kota di Indonesia yang lain, Jogjakarta selalu memberikan kesan yang menarik setiap travelling ke sana. Mulai dari makanan yang terjangkau banget sampai dengan sajian tempat-tempat wisata nya yang indah. Sama dengan dua kota sebelumnya, saya akan explore banyak tempat dengan motoran.

Kalau untuk luar negeri, yang pasti selalu jadi on top bucket list adalah explore Thailand sendirian. Sama dengan Banyuwangi, lagi dan lagi rencana dengan teman hanya tinggal rencana. So, kenapa nggak jalan sendiri saja ya kan? Penasaran dengan kehidupan di sana, dan pengen banget ngobrol pakai bahasa thai dengan warga lokal. Its gonna be such a great experience banget sih.

Selain Thailand, saya juga pengen banget explore Jepang yang menyuguhkan banyak tempat-tempat yang menarik dan wajib dikunjungi. Ke Jepang dengan temen-temen memang asyik juga, tapi keinginan untuk pergi ke Jepang sendiri juga nggak kalah asyik sepertinya. That’s why kemarin perpanjang / pergantian passport langsung ke yang e-passport biar ke Jepang nya bebas visa.

Baca Juga : Cara Mudah Ganti Passport Tanpa Repot

Well, itu adalah beberapa bucket list yang ada di urutan paling atas hehe. Deretan list tempat-tempat yang wajib dikunjungi masih banyak sih sebenarnya. Next semoga bisa saya share lagi yah teman-teman.

Doakan juga yah agar keingingan explore tempat-tempat tersebut bisa terwujud, tentunya dengan kondisi pandemi yang sudah aman dan “bekal” travelling yang mencukupi semuanya. Aamiin.

Stay safe and stay healthy. Adhe Albian signing out…!

Comments

  1. Seru yaa.. tapi klo sayamasih seumuran mas Ade juga belum tentu berani sih. Heheh semoga segera terwujud ya bisa ke negara asal JkT 48

    ReplyDelete
  2. hehe jaman SMA dan kuliah aku nekat juga nih mas, seling solo traveling tapi dlu belum kenal blog dan ngga ada handphone canggih pula jadi ngga ada kenangan fisiknya huhu.

    ReplyDelete
  3. Yeah solo travelling itu nikmat , boleh nambahin satu lagi yach keuntungannya, tidak saling tunggu menunggu dengan teman , keputusan cepat. Ayo kita buat solo travelling , saya juga pengin sekali. Cuman ini kalo ke Europe belum berani solo travelling.

    ReplyDelete
  4. Aamiin, semoga terwujud harapan traveling selanjutnya yaa. Setuju banget , aku pun paling suka Solo Traveling, bener2 hening, adem sendiri kadang tanpa itenary sesukanya kaki saat ini mau melangkah kemana. Semoga bisa traveling bebas lagi kemana pun yaaa dengan tenang.

    ReplyDelete
  5. seru banget deh, tapi kuncinya kalau solo travelling ke luar negri emang bahasa ya. kalau gak bisa bahasa pasti repot banget. aku belum pede kalau jalan sendiri.apalagi keluar negri hehe aku pengen juga deh ke banyuwangi belum pernah.

    ReplyDelete
  6. Wah jadi ga sabar mau traveling lagi apalagi traveling solo pasti seru tuh belum icip2 kuliner hehehe

    ReplyDelete
  7. Ikutan exciting bacanya
    Saya pun ingin solo travelling, tentunya jarak dekat dulu
    Trus menjelajahi Indonesia, kulineran 😀😀😀

    ReplyDelete
  8. Waoo.. seru banget, saya kemarin berencana explore Malaysia bulan April 2020 rame-rame bareng teman tapi kandas sudah ketika pandemi datang, semoga bisa terlaksana tahun 2021 semoga pandemi segera berlalu. Aamiin

    ReplyDelete
  9. Seruuuu

    Keren banget nih Mas Adhe senang solo traveling, dan yap, biasanya dengan solo traveling sekali dua kali malah mempertemukan dengan teman baru.

    Semoga Banyuwangi, Jogja, Thailand sampai Jepang lekas bisa dijelajah ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyuwangi dan Jogja tuh menyenangkan banget buat bepergian sendirian. Apalagi sudah ada GoJek di mana-mana, sehingga nggak repot lagi mikirin transportasi.

      Delete
  10. Aamiin. Banyak rencana yg terbengkalai karena si cocopet ini. Semoga segera berakhir biar kita bisa udar ider lagi. Traveling yang bisa kita lakukan traveling lokal aja dulu. Yg gak ribet aturan PSBB nya itu juga

    ReplyDelete
  11. Paling kerasa no.3 dapat teman baru. Memang harus memberanikan diri untuk nyapa dan memulai percakapan. Ya, kebayang saja sudah milih kamar yang sharing, tapi malah diem-dieman.

    ReplyDelete
  12. Belom pernah solo traveling. Dan Iya, kadang gak enaknya bikin rencana sama orang lain tuh gak jadi berangkat. Karena kita hrs 'kompromi' hehe

    ReplyDelete
  13. seneng juga yaa sekamar barengan barengan sama orang dari berbagai negara, mas adhe. ingin juga berkesempatan untuk solo traveling nih, ingin merasakan tantangan seperti yang mas ceritakan. Kebayang serunya kek mana. Semoga ada kesempatan yaa

    ReplyDelete
  14. Tulisan ini bikin saya inget pengalaman solo traveling ke penang jg dan bangkok sekaligus. Bisa lho dari penang lgsg cus ke thailand via darat. Cobain deh kalo gak percaya. Asli seru bgt

    ReplyDelete
  15. wah kerasa banget semangat solo travellilngnya sampai sini, aku pribadi baru sekali solo travelling ke jogja. abis itu keburu nikah ya jadinya family travelling hihi

    ReplyDelete
  16. wah aku menantikan foto sama bulenya pas dinner kok gak dipublish hihihi, kan jadi penasaran, seru yaa jalan-jalan sendiri gitu, deg degan tapi ya mau gak mau harus dibawa enjoy

    ReplyDelete
  17. Asiik kaan solo traveling hihi sejak maahsiswai aku solo traveler meskipun sekitar Indonesia aja tapi luar Jawa macam Sulawesi khususnya. Dulu mah kayak ngga punya urat takut atau ngga overthinking macam macam, yang penting jalan! :D

    ReplyDelete
  18. Mas Adheee sama bgt pengalaman pertama kali aku solo traveling jg gara2 temenku bail out dari agenda yg udh ditentuinn 😂😂 dan bener seneng bgt dari pengalaman pertama solo traveling bisa dapet temen internasional tuh, nagihhh

    ReplyDelete
  19. wah seru ya keliatannya jadi solo traveler, semoga bucket listnya terpenuhi ya kak. amiin. kalau aku sendiri sih walau ingin tapi gak berani, belum siap segala sesuatunya ditangani sendiri saat liburan solo, hehe

    ReplyDelete
  20. jadi inget belum perpanjang soale lagi pandemi xxiixix
    aku termasuk yang pengen jalan-jalan, cuma pengen ke korea selatan kali ketemu oppa oppa lucukkkk

    ReplyDelete
  21. Hayu ah kapan gitu jalan bareng, kita eksplore Jogja atau Bali. Kalau ke luar negeri belum berani nih

    ReplyDelete
  22. Salah satu impianku nih bisa solo traveling. Kalau pandemi kelar, langsung diwujudkan. Seru cerita traveling kamu, kak

    ReplyDelete

Post a Comment