Jalan-Jalan Ke Turki Gratis Bukan Lagi Mimpi Ini Caranya..!!

 

jalan-jalan-ke-turki-gratis-ini-caranya
Jalan-jalan ke Turki gratis

Mempunyai impian menjelajah dunia sebenarnya sudah lama banget. Nama-nama kota dan negara yang masuk ke dalam bucket list pun seolah tak mampu menampung lagi saking banyaknya.

Dulu, temen saya sering bilang “Jalan-jalan ke luar negeri itu selain membuka wawasan, kita juga investasi pengalaman yang takkan pernah bisa terganti”

Wah mata saya pun langsung terbelalak, seolah membangunkan saya dari tidur. Yuk bangun, mulai menabung, tekadkan untuk pergi traveling dan mulai menjelajah dunia.

Bicara menjelajah dunia, keinginan untuk mulai kembali traveling sudah meggebu-gebu awal tahun 2020 lalu. Alhamdulillah terwujud di Februari 2020 menjelajah Penang – Malaysia dengan Solo Bacpacking.

Baca juga : Ketagihan Solo Traveling, Jadi Pengen Ke Tempat Ini

Dari situ, saya benar-benar mulai ketagihan traveling. Tapi karena pandemi, mimpi untuk menjelajah berbagai belahan dunia pun terpaksa harus di-hold dulu untuk diwujudkan.

Tak apa, mungkin Tuhan belum mengizinkan saya untuk traveling tahun 2020 lalu. Bisa jadi itu pertanda bahwa saya harus rajin menabung lagi dan meningkatkan doa.

Alhamdulillah nya, di Februari 2021 Tuhan menjawab doa saya untuk bisa jalan-jalan ke Turki. Sebuah mimpi yang menjadi nyata. Seneng banget dikasih kesempatan untuk menikmati dan explore negara yang memiliki banyak sejarah Islam nya itu.

Tuhan pun nggak tanggung-tanggung kasih kesempatan itu ke saya. Saya diberi hadiah jalan-jalan ke Turki secara cuma-cuma alias GRATIS…!!!

JALAN-JALAN KE TURKI GRATIS

Yess jalan-jalan ke Turki secara gratis tis tis tis. Jangan ditanya gimana rasa nya yah? Hehe yang pasti sih feeling blessed, Alhamdulillah banget dapat kesempatan traveling ke Turki di masa pandemi pula.

Awal nya ragu sih, mengingat kasus positif Covid-19 di Jakarta lagi naik-naiknya, tapi di sisi lain, saya merasa ini adalah kesempatan yang langka banget.

Jadi, saya decided untuk yes and ready to explore Turki..!!

Negara yang diapit oleh dua benua ( Asia dan Eropa ) ini menjadi negara pertama di 2021 yang berhasil terceklis dari bucket list.

Menjadi pengalaman pertama juga nih pergi ke luar negeri di masa pandemi. Tidak jauh beda dengan di Indonesia, penerapan 3M di Turki juga cukup ketat lho.

Selain itu, ini juga pengalaman pertama saya mengudara selama 12 jam ( CGK – ISTANBUL ). Rasanya gimana? Ya campur aduk, bahagia, bangga dan haru.

Rasa itu terus merasuk sampai duduk di bangku pesawat dan sesekali memandang ke luar jendela. Menyadari saya sudah berada di ketinggian, saya pun memejamkan mata sejenak untuk mengucap syukur.

Setelah 12 jam mengudara, terwujudlah kaki ini menyentuh lantai  Istanbul International Airport sekitar jam 6.00 an pagi. Saya dan teman-teman langsung menuju toilet untuk mengganti baju winter.

Di dalam airport sih masih belum berasa yah hawa winter nya, tapi pas keluar brrrrrrr, dingin banget. Memakai baju winter saat traveling ke Turki ini juga menjadi pengalaman pertama saya lho.

JALAN-JALAN KE TURKI NYA KAPAN, BERAPA LAMA DAN KEMANA SAJA?

Untuk traveling ke Turki kemarin, saya berangkat dari Indonesia, tanggal 7 Feb 2021, jam 21.40 WIB dan sampai di Turki, 8 Feb 2021 jam 06.00 an pagi. Oiya, waktu di Turki 4 jam lebih lambat dari Indonesia yah.

Balik dari Turki tanggal 14 Feb 2021 jam 02.40 pagi dan sampai di Indonesia sekitar jam 18.30 an. Jadi kalau ditotal, kurang lebih satu mingguan di Turki.

Well, sesampai nya di Istanbul Airport, explore Turki hari pertama pun dimulai. Saya pun tak langsung dibawa ke Hotel, melainkan dibawa ke Bosphorus melihat pemandangan yang indah dengan ditemani burung-burung di atas Cruise.

Dari cruise yang saya tumpangi ini, saya bisa melihat bangunan-bangunan Turki yang indah, rapih dan bersih. Dan tanpa disadari, ternyata saya sedang berada ditengah dua benua lho ( Asia dan Eropa ).

jalan-jalan-ke-turkgratis-ini-caranya
Bosphorus Cruise
@adhealbian

Rasa excited saya semakin bertambah ketika diberi tahu akan melewati dua jembatan yang iconic di Turki. Jembatan yang menjadi penghubung antar dua benua ini yaitu Jembatan Bosphorus dan Jembatan Fatih Sultan Mahmet.

Bosphorus ini ada di kota Bursa yah teman-teman. Bursa merupakan kota terbesar ke empat di Turki setelah Istanbul, Ankara, dan Izmir.

Selain Bosphorus, Bursa juga punya banyak destinasi yang wajib dikunjungi lho, sebut saja Pegununungan Uludağ yang terkenal dengan salju abadi nya dan Masjid yang masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO yaitu Masjid Agung Bursa ( Ulu Cami'i ) / Grand Mosque.

Apakah saya akan dibawa ke destinasi wajib itu juga? Jawabannya adalah yes..!!

Well, karena Turki juga terkenal dengan manisan-nya, jadi, sebelum menuju ke kedua destinasi tersebut, saya dan teman-teman pun dibawa ke sebuah Toko bernama “MUNIRA” yang menjual berbagai macam manisan dan barang dagangan lainnya.

jalan-jalan-ke-turki-gratis-ini-caranya
Munira "Turkish Delight Store"
@adhealbian

Mulai dari turksih delight dengan berbagai varian, safron yang banyak manfaat nya, madu, parfume, gantungan kunci, tempelan kulkas, sejadah, hijab turki, dan masih banyak lagi.

jalan-jalan-ke-turki-gratis-ini-caranya
Ini saat mereka sedang mempromosikan dagangannya.
@adhealbian

Saya dan teman-teman pun berhasil keluar toko dengan menenteng kantong belanjaan masing-masing hehe. Bahkan sampai ada yang borong lho.

Harga nya memang terjangkau banget sih. Jadi, jangan lupa mampir ke Munira yah untuk beli oleh-oleh.

jalan-jalan-ke-turki-gratis-ini-cara-nya
Hari pertama jalan-jalan ke Turki 
@adhealbian

Setelah asik menjelajah di Bosphorus Cruise dan berbelanja di Munira, kami pun dibawa ke Grand Mosque. Bersyukur banget bisa merasakan athmosphere beribadah di sana.

Masjid yang terkenal dengan 20 kubah nya ini, punya tempat air wudhu di dalam lho ( tepat nya di tengah masjid ). Sayang nya pas kemarin ke sana, tempat wudhu tersebut sedang maintenance.

jalan-jalan-ke-turki-gratis-ini-cara-nya
Tepat di belakang saya ini adalah tempat wudhu nya.
@adhealbian

Jadi, saya dan teman-teman yang lain memutuskan untuk mengambil air wudhu di luar ( persis banget di depan pintu masuk Masjid ). Rasa dingin pun semakin menjadi-jadi lho saat saya mengambil air wudhu, brrrrrrrrrrr.  

Kubah yang berjumlah 20 tersebut, merupakan simbol dari perwujudan 20 masjid yang Sultan Yildirim Bayezid I janjikan, jika memenangkan perang melawan pasukan salib di Perang Nicopolis.

Saat berhasil memenangkan perang dan ingin mewujudkan untuk membangun 20 masjid, beliau mengalami kekurangan dana. Karena nya, beliau ganti dengan membangun sebuah masjid yang memiliki 20 kubah sebagai perwujudan dari janji nya.

Jadilah Masjid Agung Bursa ( Ulu Cami’i / Grand Mosque ) yang resmi dibuka pada tahun 1399 ini.

Setelah beribadah dan mengenal sekilas tentang Grand Mosque, destinasi selanjutnya adalah Pegunungan Uludağ, yeaaaaaay. Ini nih yang saya nanti-nantikan, bisa bermain salju untuk pertama kali nya. Excited? Bangeeeet.

Tinggi gunung Uludağ ini mencapai 2.543 meter dari atas permukaan laut. Informasi yang saya dapat dari tour guide lokal Osman Abi, Uludağ selalu menjadi favorit wisatawan untuk bermain salju. No wonder, Uludağ menjadi salah satu “must visit list” saat berada di Turki.

Walaupun kemarin nggak bisa mengunakan cable car untuk ke atas karena alasan terentu, saya tetap bahagia kok. Yang terpenting adalah bisa bermain salju dan berfoto-foto pastinya.

jalan-jalan-ke-turki-gratis-ini-caranya
Bermain Salju di Uludağ 
@adhealbian

Saat bermain salju di Uludağ, saya diajak bermain sama anak-anak Turki yang menggemaskan lho hehe. Mereka baik banget sampai mau meminjamkan mainan seluncur nya.

Saat saya tanya nama mainan ini apa, salah satu nya menjawab dengan senyum sumringah sambil menyodorkan mainnya ke saya “This is my car, my Mercedes-Benz”. 

“Oh wow, that’s cool” timpal saya balik.

jalan-jalan-ke-turki-gratis-ini-cara-nya
Ini anak-anak Turki yang menggemaskan itu hehe
@adhealbian

Well, setelah melipir ke destinasi-destinasi ciamik di Bursa, saat nya istirahat 1 malam di Korumar Hotel – Kusadasai Turki. 

BERAPA SIH BIAYA UNTUK TRAVELING KE TURKI?

Karena traveling ke Turki saya ini gratis dan hampir semua nya sudah dicover oleh pihak travel, jadi biaya yang dikeluarkan juga nggak banyak.

Paling saya tambahin uang jajan saja sekitar 500 Lira. 1 Lira nya sekitar Rp. 2.000. Buat yang hobi belanja dan ingin bawa oleh-oleh banyak, 500 lira sih kurang yah hehe.

BAGAIMANA BISA JALAN-JALAN KE TURKI GRATIS? 

Nah ini adalah part yang paling banyak teman-teman tanyain ke saya kemarin. “Gimana cara nya kok bisa jalan-jalan ke Turki gratis?”

Jadi, sekitar awal bulan Feb 2021 lalu, ada sebuah tour & travel @travelingeropa memposting “GIVE AWAY” di story nya. Seketika langsung baca dengan seksama syarat-syarat nya dan langsung ikutan tanpa pikir panjang.

Kepikiran menang sih nggak, karena pengalaman sebelumnya ikutan give away yang berhadiah ke Turki juga, berakhir sedih karena nggak menang hiks hiks. Jadi, pas kemarin ikut, I didn’t expect anything. Menang syukur nggak ya sudah.

jalan-jalan-ke-turki-gratis-ini-tips-nya
Ini saat pengumuman pemenang dari @travelingeropa

Alhamdulillah setelah 2-3 jam-an ikut GA nya, saya diumumin menjadi pemenang dan berhak mendapatkan fasilitas dari @travelingeropa .

APA AJA SIH FASILITAS YANG DIDAPAT?

Senangnya dari @travelingeropa ini, saya sebagai pemenang GA tidak dibeda-bedakan dengan peserta lain, jadi fasilitas yang didapat juga sama.

Berikut adalah fasilitas yang saya dapat dari @travelingeropa sebagai pemenang GA Trip Turki Winter :

-         Direct Flight by Turkish Airlines ( CGK – ISTANBUL – CGK )

-         Hotel Bintang 4

-         Full Makan ( Sarapan, makan siang, dan makan malam )

-         Free PCR Test di Istanbul Turki

-         Private Bus with Wifi

-         Tour Guide ( TG ) dari Turki, dan

-     Tour Leader ( TL ) dari Indonesia

Perjalanan explore Turki mulai dari Istanbul – Bursa – Kusadasai – Pamukkale – Konya – Cappadocia – Ankara - Istanbul bersama @travelingerpa kemarin tuh akan menjadi pengalaman yang berharga banget sih bagi saya.

Services dari mereka juga nggak main-main lho, mulai dari reminder peserta akan beberapa hal, seperti apa yang bisa dan nggak bisa dibawa, kelengkapan dokumentasi, pembagian room hotel yang rapih, dan briefing yang sangat detail, well organized and professional.

Belum lagi TL dari Indonesia nya yang sangat super ramah, menyenangkan, helpful dan juga perhatian. Membuat perjalanan kemarin tidak membosankan. Terima kasih Kak Agil.

Anyway, Tour Guide dari Turki nya juga bisa berbahasa Indonesia lho. Jadi, jangan khawatir minim informasi terhadap tempat-tempat sejarah di Turki yah.

Malahan kita diajarkan beberapa bahasa Turki, seperti mengucapkan Günaydın! yang artinya selamat pagi dan Teşekkür ederim yang artinya Terima kasih.

jalan-jalan-ke-turki-gratis-ini-cara-nya
Tour Leader dan Tour Guide 

Buat teman-teman yang mempunyai planning traveling ke Turki dalam waktu dekat dengan harga yang bersahabat, silahkan intip IG nya @travelingeropa yah lagi banyak promo juga lho.

Kapan lagi bisa ke Turki dengan harga yang miring banget dan dapat sederet fasilitas yang aduhai. Percaya deh, teman-teman akan mendapatkan pengalaman yang seru dan menyenangkan juga seperti saya.

TIPS TRAVELING KE TURKI

Buat teman-teman yang ingin traveling ke Turki, silakan cek tips berikut ini yah :

jalan-jalan-ke-turki-gratis-ini-caranya
Tips traveling ke Turki @adhealbian

Terimakasih banyak @travelingeropa yang telah mewujudkan mimpi saya untuk bisa menginjakkan kaki di Turki. Sampai ketemu lagi, sukses dan jaya selalu.

Its literally dream comes true, thankyou once again.

Oiya, cerita perjalanan hari ke dua sampai terakhir di Turki akan saya tulis di part selanjut nya yah. 

Stay safe and stay healthy everyone, Adhe Albian signing out..!!

Comments

  1. Sukses dan jaya slalu ya mas ade😍

    ReplyDelete
  2. Sumpah bagus bgt Turki ya beb... tempatnya Instagramable bgt... pas jg pengambilan gambar.. mantap lah mudah2an gw bisa ksna Insya Allah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget nchy, pokoknya next time Inchy yang ke Turki yah, aamiin ;)

      Delete
  3. Meng...inspirasi syekalihhh.... gue juga mau ahh.. harus bisa.... semangatttt yeyeyeeyeye

    ReplyDelete
  4. luar biasa menarik ceritanya mas adhe, sukses selalu ya, stay safe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      Terima kasih Kak Agil ;) stay safe and stay healthy juga yah ;)

      Delete
  5. Tabarakallah Dhe, sukses ya. Ingin rasanya ke Istanbul Turki 🤲😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak Alhamdulillah. Semoga Kak Esty juga bisa ke Turki segera yah aamiin ;)

      Delete
  6. mashaAllah, rejeki itu sudaj diatur dan bisa dari segala arah dan segala macam bentuk. ini contohnya ya... terus bersyukur dan bersyukur mas Adhe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betl Mba Julia setju banget mba. Iya nih nggak berhenti2 bersyukur dapat rejeki yag lar biasa. Terima kasih yah mba ;)

      Delete
  7. Sukses bisa jalan-jalan ke Turki dengan kemewahannya dan keindahannya. Senang banget bisa menikamti segala histori dan alamnnya. Bravo...

    ReplyDelete
  8. Masya Allah, rezeki ya mas. Aku dari dulu pengen banget ke Turkey hehe. Semoga bisa kecapaian <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdlillah Mba. Iya semoga Mba Dina juga bisa segera menyusul ke Turkey yah, aamiin ;)

      Delete
  9. Alhamdulillah. Ikut senang. Ini namanya rezeki tidak akan tertukar ya...
    Semoga perjalanannya membawa berkah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nuhn Teh. Iya bersyukur banget dapet rezeki yang tak diduga-duga ;)

      Delete
  10. Kak Adheee.... aku seneng banget ihh dengernya. Happy banget ya dijawab doanya bisa jalan-jalan gratis ke Turki. Fasilitasnya juga ga main-main. Keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kak, hehe iya nih Alhamdulillah. Thanks yah udah ikutan happy juga ;)

      Delete
  11. ya Allah mas Adhe, aku turut senang bacanya. Dan ternyata kalau sudah rezeki mah nggak akan ke mana. Pengin banget saya juga ke Turki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Mas Alhamdulillah. Semoga Mas Raja juga bisa segera menginjakkan kaki ke Trki yah aamiin ;)

      Delete
  12. wah kerennnn.... destinasi impian nih
    seorang teman yang punya jasa umroh pernah mengajak umroh plus ke Turki
    saya bilang, ntar deh kalau tabungan saya cukup
    Atau kalau saya menang GA seperti mas Adhe ya? ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamin, semoga bisa ke Turki dari GA juga yah mba hehe. Semangat...!!

      Delete
  13. Keren banget bisa jalan-jalan ke Turki. Gratis pula. Asyik banget tuh Kak... Mau banget deh. Walau punya anak kecil, impian saya bisa ke luar negeri tetap menyala. Haha... Bareng anak dan suami makin seru kayaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih mantap tuh bareng keluarga ke Turki. Semangat semoga segera terwjd yah mba ;)

      Delete
  14. Ini mah ikutan giveaway yang bermanfaat banget buat ditiru hehe, soalnya jalan-jalan ke destinasi negara impian jadi mudah terwujudkan. Senangnya bisa menjelajah bahagia ke Turki 🤩

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba seneng banget jelajah Turki semingguan hehe. Menenyangkan bisa kenal banyak sejarah Islam.

      Delete
  15. wahh senangnya bisa menang giveaway jalan jalan gratis ke turki
    pasti jadi pengalaman berkesan yang tak terlupakan ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya mba pastinya, jadi moment dan pengalaman yang tak akan pernah aku lupa ;)

      Delete
  16. wow, beruntungnya kak bisa ke Turki. pasti gak nyangka banget ya, hihihi. semoga next dapet kejutan lagi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mba Eka. Terima kasih yah doa nya, semoga doa tersebt balik ke Mba Eka juga yah aamiin ;)

      Delete
  17. wah keren banget, Mas bisa jalan-jalan ke Turki mana gratis lagi. baru tahu nih ternyata di Turki sudah membuka negaranya juga ya di masa pandemi

    ReplyDelete
  18. Keren... Baca kisahnya buat terinspirasi ikutan giveaway terus... Heheheh... It's please alright... Jadi berkobar" Lagi nih semangat buat traveling ke luar negri... 👍👏👏

    ReplyDelete
  19. Jenis iklan lebih berkesan sebagai sebuah artikel daripada sebuah iklan Syair Hk Malam Ini karena seringkali memang dalam bentuk artikel yang membahas suatu masalah atau sekedar memberi informasi tertentu. Dimana kelompok pertama berlaku bagi aktivitas pemasaran yang kena komisi biro iklan, ini dimasukkan dalam ‘cost of sales’ dan dikurangi sebelum ditentukan gross profit. Merupakan kelompok bagi iklan yang menggunakan kombinasi dari kedua media diatas dalam satu aktivitas. Contoh, iklan poster, iklan baliho, iklan banner, iklan flyer, iklan leaflet, trade promo, sampling dan lainnya, yang seringkali disatukan dengan sebuah aktivitas pemasaran .
    Dengan iklan TV yang bagus, Anda menentukan bagaimana Anda ingin audiens Anda bereaksi. Ini tidak seperti metode periklanan lainnya, seperti cetak, yang tidak memberi Anda kendali atas bagaimana klien membaca iklan. Dengan iklan TV,

    ReplyDelete

Post a Comment