Dua Tempat Favorite Datangnya Inspirasi

2-tempat-favorite-datangnya-inspirasi

                                                                                                                                

“Ohiya ya kalau saya melakukan ini, bisa jadi akan menjadi sesuatu nih” celoteh saya dalam hati ketika kedatangan inspirasi.

Teman-teman pasti sering banget kedatangan / mendapatkan inspirasi yang tiba-tiba. Yap, begitupun dengan saya. Inspirasi itu muncul dari berbagai hal.

Mulai dari inspirasi yang sifatnya untuk kebutuhan saat ini maupun inspirasi yang sifatnya untuk jangka panjang, ya katakanlah inspirasi-inspirasi tentang kehidupan.

Saya juga seneng tuh dengan penulis / pencipta sebuah lagu, yang ketika ditanya inspirasi lirik datang dari mana, mereka akan bilang dari “pengalaman”. Entah pengalaman pribadi maupun orang-orang sekitarnya.

Tak hanya itu mereka juga bilang inspirasi datang dari tempat-tempat yang tak terduga, mulai dari tempat yang paling banyak orang tahu sampai ke tempat hanya diri mereka saja yang tahu.

Bahkan bisa jadi tempat yang sangat ramai didatangi orang sampai ke tempat yang sepi sama sekali.

Nah, ngomongin tempat-tempat yang mendatangkan inspirasi, saya juga punya tempat yang mungkin semua orang juga mengalaminya tapi belum dibagikannya saja.

Dua Tempat Favorite Datangnya Inspirasi

Berikut adalah dua tempat favorite yang membuat saya kedatangan inspirasi dalam berbagai hal, ya tentunya inspirasi-inspirasi yang positif yah teman –teman.

1.       Coffee Shop

Peracaya nggak percaya, tempat ini bisa mendatangkan inspirasi banyak hal, salah satunya adalah inspirasi dalam menyelesaikan sebuah skripsi.

Flashback ke beberapa tahun lalu, coffee shop ini adalah salah satu tempat yang menjadi saksi dari keberhasilan skripsi saya.

Inget banget saya datang ke coffee shop karena merasa bosan mengerjakan skripsi di kosan. Sampai lah ke coffee shop di kawasan Sarinah sekitar jam 2 siang dan balik ke kosan lagi sekitar jam 1 atau jam 2 pagi.

Kenapa bisa selama itu? Yes karena saya mendapatkan inspirasi di hari dan tempat itu, jadi ketika insprasi dalam membuat skripsi itu datang, saya buru-buru langsung tuangkan ke dalam skripsi saya.

dua-tempat-favorite-datangnya-inspirasi
Picture by Canva

Banyak yang nggak percaya sih hehe. Karena menurut mereka coffee shop itu kan selalu ramai dikunjungi oleh pecinta coffee / mereka-mereka yang juga ingin melanjutkan pekerjaannya sambil ngopi di sana, tapi kok bisa dijadikan tempat inspirasi?

Jadi memang tempat coffee shop tersebut jarang banget sepi nya.

Tempat yang ramai, bisa membuat saya bisa lebih fokus bisa juga mengalami hal yang sebaliknya. Tergantung dari apa yang saya kerjakan dan kelayakan tempat tersebut.

Kalau di coffee shop kan, tempat nya nyaman, terus ada tempat duduk yang nyaman juga dengan disuguhkan “colokan” di mana-mana plus wifi pula. Nah lho, coba siapa di sini yang seneng dengan tempat yang seperti itu? Hehe.

Well, itu adalah tempat pertama, dimana saya bisa mendapatkan inspirasi dalam berbagai hal. Tempat kedua ini bisa jadi common dengan yang lain, bisa juga hanya segelintir orang saja. Here this..

2.     Toilet

What Toilet? Yessss toilet.

Tempat yang satu ini, nggak mungkin untuk dilewatkan semua orang, karena merupakan satu tempat yang wajib “dikunjungi” setiap saat, kapan saja dan di mana saja.

Kenapa kok bisa sih toilet dijadikan tempat datangnya inspirasi?

Jadi, saya bukanlah satu-satu nya yang merasa satu tempat ini bisa mendatangkan bahkan membangkitkan sebuah inspirasi. Beberapa teman saya ternyata juga mengalaminya.

Mereka mengaku, bahwa ketika melakukan “kewajiban” nya ke toilet setiap pagi, inspirasi itu bisa datang disaat itu juga.

Dan mereka mengaku, setelah keluar dari toilet, bahkan menjadikan mereka bisa lebih semangat. Tentu, karena inspirasi yang datang dari toilet tadi. Yang mungkin beberapa orang tak menyangka juga.

dua-tempat-favorite-datangnya-inspirasi
Picture by Canva

Nah, begitupun yang terjadi dengan saya. Tempat yang satu ini bisa mendatangkan inspirasi / ide dalam melakukan berbagai hal. Coba tengok lagi kalimat paling awal dari tulisan ini. Begitulah kira-kira yang saya ucapkan ketika inspirasi / ide itu datang.

Sebagian mungkin menganggap tempat ini nyeleneh untuk membangkitkan / mendatangkan sebuah inspirasi. Tapi sebagian lain justru malah menganggap sebaliknya.

Saya pernah mendapatkan inspirasi dalam membuat sebuah content, inspirasi dekorasi kamar, bahkan inspirasi-inspirasi kehidupan dari beberapa orang yang saya anggap inspirator hidup.

Mulai dari experiences nya sampai dengan self improvement. Wah, nggak nyangka kan, dari sebuah toilet bisa mendatangkan / membangkitkan sebuah inspirasi.

Kalau teman-teman perhatikan, dua tempat tersebut berlatar belakang beda banget, yang satu ramai, yang satu lagi sepi ( hanya kita sendiri di tempat tersebut ). Jadi, saya bisa saja mendapatkan inspirasi dari mana saja.

Tulisan kali ini semoga juga bisa menjadi inspirasi dan manfaat bagi teman-teman yah.

Baca Juga : Ketagihan Solo Travelling, Jadi Pengen Ke Tempat Ini

Ohiya, mungkin teman-teman yang lagi baca ini punya tempat untuk mendatangkan inspirasi yang berbeda dari yang lain? Sok atuh dibagi di kolom komentar yah.

Siapa tahu bisa jadi tempat baru untuk saya cari inspirasi juga ;)

Stay safe and stay healthy. Adhe Albian signing out…!

Comments

  1. hahahah so true, saya juga tim toilet juga, asli deh suka amaze kenapa ide suka bermunculan di toilet. Plus coffee shop tuh buat kerja oke banget sih comfy dan cozy jadi lebih mudah menuangkan ide-ide kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss Mba Shinta hehehe. Semoga tahun ini semakin banyak ide bermunculan yah mba ;)

      Delete
  2. Hahaa, emang kedua tempat ini favorit setiap orang mendapatkan inspirasi. KAlo aku coffee shop dan tempat2 yang hening, pasti baklan mengalir idenyaaa. Suka bertengkar sama si bos aku yang suka lama2 di toilet, giliran ada telpon penting di kantor lamaa bet di toilet, tak gedor2 laah, ambyaar katanya ide2nya hahaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, pakai toilet nya pas di rumah aja teh biar bisa lama-lama hehe ;)

      Delete
  3. Kalau saya sih nyari inspirasi nya always di rumah, kalau di luar rumah sih biasanya dapat inspirasi juga ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumah selalu jadi tempat yang nyaman buat inspirasi yah kak ;)

      Delete
  4. Bagi saya tempat inspirasi adalah tempat terbuka yang luas, sepi , sebutlah taman begitu. Memang benar inspirasi itu datangnya tidak mudah, perlu suatu daya kuat untuk imajinasi dan kreatif thinking...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah boleh tuh aku coba bu Ina ;) terimakasih yah ;)

      Delete
  5. kak adhe, boleh gak ikut ketawa? kita samaan dong toilet jadi tempat inspirasi!! hahahaha. entah itu nyari judul artikel, konten sampai nyari solusi dari permasalahan. hihihi. jadi inget buku RENUNGAN CLOSET karya Rieke Diah Pitaloka. mirip mirip gitu kali ya, hehe

    tapi gak boleh lama - lama di toiletnya, ntar di temenin evil - devil kan syerem

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha yuk ngakak bareng..! Nanti evil devil nya kita usir aja kita ketawain hehe ;)

      Delete
  6. Wah unik banget tempat dapat idenya
    Saya sih gak punya tempat Khusus. Ide bisa aja datang pas bangun tidur, masak, nyiram tanaman dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak tempat yah mba, asik banget tuh hehe ;)

      Delete
  7. akupun suka bingung walaupun coffee shop ramai tapi kita bisa tetep konsen lho kak dan bisa dapat inspirasi dan ide2 pula hehehe

    ReplyDelete
  8. Kalau saya inspirasi kadang bukan hanya di tempat saja, tapi soal waktu. kalau lagi sunyi dan sendiri, inspirasi berdatangan. Toilet lumayan bisa jadi tempat yang inspiratif, kalau di tempat yang banyak orang skearang suka gugup gegara pandemi hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Aip kalau sekarang better di rumah saja dulu yah ;)

      Delete
  9. Daku yang nomor 2 sering banget kak, haha..

    Selain menenangkan, dan bikin konsentrasi (wkwkwk) ternyata memang mengalirkan ide cemerlang nggak hanya inspirasi buat menulis tapi juga gagasan lainnya kalau lagi ada yang dipikirkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeaaay toss dulu dong mba hehe ;) semoga semakin banyak inspiasi dari Toilet tahun ini yah hehe ;)

      Delete
  10. bener banget ini kak, makanya baiknya tuh kalao di toilet nggak usah bawa hp yaa, biar kita menikmati distraksi yang muncul. karena kalo sambil scrolling,yang ada kita nggak menikmati malah nggak ada ide yg muncul sama sekali karena fikiran kita sibuk dengan scrolling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, bawa HP juga tak masalah asalkan fokus yang discrolling adalah untuk mencari ide juga ;)

      Delete
  11. hahaha iyaaa bener banget! siapa sangka toilet bisa menjadi tempat datangnya ilham. udah sering banget nih kaya gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak hanya sekali yah mba dateng ide dari toilet, suka ada aja gitu ide muncul kalau dari Toilet haha ;)

      Delete
  12. Hahaha ga ngelak mas di toilet 🙈 apalagi di cafe, aku juga tempat favorit buat cari inspirasi dan me-time di cafe/coffee shop mas, never disappoint!

    ReplyDelete
  13. Tos... Aku pun setuju kalau coffee shop sama toilet tempat buat cari inspirasi. Apalagi di dalam toilet pas lagi bengong gitu bisa aja muncul ide-ide gila haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeaaay toss koh Deddy..!! Semoga tahun ini jadi lebih banyak ide yah Koh Ded ;) semangat..!!

      Delete
  14. iya banget yaa, coffee shop tuh emang pewe buat nongkrong dan cari ide, kalau toilet tuh bisa tiba-tiba aja loh inspirasi nya dateng, emang terbaik hahahah

    ReplyDelete
  15. Hihihi kok samaan kitah kak toilet juga bagi ku tempat mencari dan mendatangkan inspirasi .. terbaik emang wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asikkkk ternyata banyak yang samaan sama aku nih, toss dulu dong mba hehe ;)

      Delete
  16. Yg no.2 i feel you kak adhe, hahaha
    Dan ternyata byk temennya juga ya, emg ga tau knapa klo di toilet tuh pikiran terbang bebas gitu, tpi suka ilang begitu aja pas keluar, pdhal ga bsa nyatet ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makannya pas keluar dari toilt langsung buru-buru ambil catetan hehe, taro di Bank Draft, kembanginm eksekusi deh hehe ;)

      Delete
  17. Hahhaaaa... toilet memang juaranya. Saya suka sengaja naik angkot kemana-mana, banyak yang dilihat dan selalu ada saja hal yang dipikirin dan muncul ide.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah menarik tuh mba Ima cari inspirasi dari angkot ;)

      Delete
  18. aku coffee shop, sendirian aja dan ngetik blog bisa lancaaaaar banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan, enak banget apalagi dapet tempat yang cozy banget beuhh nulis jadi lancar jaya deh ;)

      Delete
  19. Ahh sama banget coffee shop dan toilet! Haha. Semasa single apalagi tuh coffee shop. Sejak jadi ibu, blass karena sangat amat bjarang me time di blusr selain urusan professional hehe

    ReplyDelete
  20. Kalau aku ibu-ibu tambahin nih, sambil cuci piring. Jadi selain di coffe shop dan toilet, kalau cuci piring ada saja inspirasinya. Apalagi kalau kelamaan di toilet hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalgi nyuci piring nya ditambah nyanyi-nyanyi yah ceu hehe ;)

      Delete
  21. lohhhhhhhhhhhhh kok sama aku juga toilet seneng rasanya ;ama2 di toilet sambi nulis notes di hape karena kebetulan baru dapat inspirasi hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeaaay tosss..!! Semoga semakin banyak inspirasi bermunculam dari toilet lagi yah mba ;)

      Delete
  22. Inspirasiku biasanya datang kalau overthinking sebelum tidur larut malam. Ga sehat tapi nagih huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Overthinking yang mendatangkan inspirasi yah mba, walaupun nagih tetep harus jaga kesehatan yah mba ;) semoga tahun ini banyak dateng inspirasi dari mana saja yah mba.

      Delete
  23. Hihiii dulu waktu blm ada anak emang suka bgt lma-lama di toilet biar dpt inspirasi hehe sekarang mana bisa dpt inspirasi, orang baru masuk toilet aja udh digedorin anak haha.. jd tempat yg suka banya inspirasi muncul ya dikamar aja sebelum tidur hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, kalau sudah anak suasana jadi beda yah mba :) tapi semoga banyak tempat lain yang isa mendatangkan inspirasi ;)

      Delete
  24. Setuju sama mas Adhe.

    Coffee Shop and Toilet jadi tempat mendatangkan inspirasi. Aku juga suka dengan inspirasi yang berdasarkan pengalaman karena aku masih menganggap bahwa experience is the best teacher*

    ReplyDelete

Post a Comment