Termotivasi Dalam Menjalani Banyak Hal Dari 3 Motivator Ini

 

3-motivator-saya

Sedih terus menerus saya rasa tidak ada gunanya, kecewa kepada diri sendiri yang berlarut-larut pun saya rasa juga tidak ada manfaat nya.

Terkadang rasa sedih dan kecewa diperlukan dan diwajarkan, untuk mengeluarkan isi hati, tapi perli diingat juga bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak baik lho.

Jadi, lebih baik hal tadi kita ubah menjadi suatu hal yang positif dan juga produktif. Setuju?

Saya ketika ngomong ke diri sendiri : “Karena, hidup akan terus menerus begini saja dhe, jika kamu tidak bisa menerima keadaan dan tidak mau mengubah nasib mu untuk menjadi lebih baik”.

Menerima keadaan bukan berarti pasrah begitu saja, tetapi berani melakukan perubahan setidaknya untuk diri sendiri, syukur-syukur bisa bermanfaat bagi orang lain juga.

Lalu pertanyaannya bagaimana sih cara menerima keadaan dan mengubah nasib tersebut?

Pertanyaan itu adalah pertanyaan yang pernah saya lontarkan ke diri saya sendiri ketika perasaan kecewa, sedih, dan lain-lain berkecamuk.

“Wah, saya nggak bisa begini terus nih, harus melakukan sesuatu” ucap saya menyemangati diri.

Lalu saya pun segera mencoba untuk bangun lebih pagi dan melakukan kegiatan-kegiatan positif yang sebelumnya sudah saya catat di atas catatan bertuliskan “List To Do”.

Selanjutnya, saya juga banyak melihat orang-orang yang menurut saya pribadi pantas dijadikan motivator dalam kehidupan saya untuk saat ini bahkan bisa juga untuk waktu yang panjang.

Sebelum menerapkannya ke dalam diri saya, motivator-motivator ini memang sudah melakukan banyak hal yang positif sehingga saya merasa “dibangunkan” oleh apa yang mereka lakukan.

Karenanya, saya menjadikan mereka motivator dalam hidup saya.

Apa Sih Motivator Itu?

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ), Motivator sendiri adalah orang ( perangsang ) yang menyebabkan timbulnya motivasi pada orang lain untuk melaksankan sesuatu; pendorong; penggerak.

Di Indonesia sendiri cukup banyak lho motivator yang terkenal, yang diundang di berbagai acara, dan tentunya berhasil memotivasi orang-orang yang melihat nya.

Tapi, banyak juga yang bilang motivator itu tidak hanya datang dari motivator-motivator terkenal saja, dan yes saya sangat setuju dengan pernyataan tersebut. 

Terbukti, dengan motivator-motivator yang sudah cukup saya kenal berikut :

Ani Berta

Sosok wanita kuat dan tegas adalah yang pertama kali saya tangkap dari karakter beliau.

Dalam dunia literasi, saya sangat banyak termotivasi dari apa yang beliau lakukan. Salah satu nya tentu dalam dunia blog. Teh Ani, sapaan saya terhadap beliau, banyak sekali memberikan motivasi.

Teh Ani Berta ( Founder Komunitas ISB dan Femaledigest )

Sekitar 1,5 tahun silam saya memberanikan diri nyemplung ke dunia blog. Masih banyak meraba-raba tentang dunia blog ini. Sampai akhirnya kenal Teh Ani di awal 2019 an.

Beliau yang saat itu saya kenal sebagai founder dari Komunitas Indonesian Blogprenuer ( ISB ), terkenal dengan ketegasannya. Hal tersebut saya rasakan ketika terlibat projet review film pertama kali dengan Komunitas ISB .

Selain literasi, beberapa sifat dan sikap beliau juga sangat memotivasi saya lho. Sebut saja kerendahan hati nya yang selalu ingin berbgai ilmu baik kepada blogger lama maupun mereka yang baru mau terjun menjadi blogger.

Lain hal nya dengan orang lain yang menaruh tarif dalam kegiatan berbagi ilmu nya, Teh Ani malah dengan ikhlas memberikan ilmu blog nya secara cuma-cuma. Can you imagine?

Opportunity Giver ( Pemberi kesempatan ). Yes pemberi kesempatan, beliau selalu memberikan banyak sekali kesempatan kepada siapapun baik blogger yang ada di dalam maupun di luar komunitas.

Hal tersebut telah saya rasakan sendiri. Setelah menjadi anggota di Komunitas ISB kurang lebih satu tahunan, saya diberi kesempatan oleh Teh Ani untuk bergabung menjadi salah satu Admin di komunitas ISB.

What a day? Menurut saya itu adalah hari yang lumayan bikin kaget, karena tidak menyangka bahwa Teh Ani dan team menunjuk saya untuk menjadi bagian dari mereka.

Jiwa leadership beliau juga sangat lah kuat, makannya tegas dan kuat adalah yang saya tangkap pertama kali ketika mengenal sosok Teh Ani.

Jiwa kepemimpinannya tersebut, sangatlah memotivasi saya untuk bertindak hal yang sama, setidak nya untuk diri sendiri dulu. Tegas dalam menjalani kehidupan, pandai tangkap peluang / kesempatan, dan bertanggung jawab.

Selain saya ditunjuk menjadi seorang Admin, saya juga kembali ditunjuk oleh Teh Ani yang juga sebagai founder dari Femalesigest ini.

Lagi dan lagi saya diberi kesempatan untuk mendapatkan pengalaman yang baru sebagai seorang Ambassador. Yes saya dipilih Teh Ani dan team menjadi salah satu dari 5 orang yang menjadi Femaledigest Ambassador ( FDA ).

Saya menjadikan Teh Ani sebagai seorang motivator bukan karena beliau memberikan saya banyak kesempatan tadi, tetapi lebih kepada apa yang beliau lakukan ke saya tersebut, tanpa beliau sadari sangat memotivasi saya bahkan bisa jadi memotivasi orang lain juga.

So, menurut saya, Teh Ani layak menjadi sosok motivator dalam kehidupan saya.

Agil

Saya sangat bersyukur bisa dikelilingi oleh teman-teman yang sangat support dan memberikan saya banyak motivasi dalam melakukan hal-hal yang positif. Salah satu nya ini Agil nama nya.

Banyak hal dari kehidupannya yang saya jadikan contoh bahkan saya sempet bilang kalau beliau adalah sosok yang pantas saya jadikan panutan.

motivator-saya
Agil ( Part Time Traveller & Photography Enthusiast )

Ya walaupun “kadang” kata-kata motivasi nya tak selalu “nyaman” untuk didengar dan diterima hati hehe, tapi saya sangat percaya apa yang dikatakannya adalah untuk menjadikan hidup saya lebih baik.

Antusiasme nya terhadap sesuatu yang baru cukup tinggi lho, orang nya juga cerdas, dan pandai bergaul. Orang yang baru kenal pun pasti akan menganggap Agil adalah sosok yang menyenangkan.

Anyway, kalau dia tahu saya nulis nama dia di sini pasti ada aja nih yang diomongin hehe. Kira-kira akan ngomong apa yah?

Hobinya menjelajah berbagai negara dengan backpacker-an juga menjadi salah satu yang memotivasi saya untuk bisa melakukan hal yang sama. Alhamdulillah sudah berhasil dilakukan walaupun baru 1 negara.

Well, hal lain yang memotivasi saya adalah seperti time management, keuangan, kehidupan sosial ( saling berbagi antar sesama dan lain-lain ), goals oriented, edukasi, time planning, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga : 3 Influencer Ini Punya Segudang Hal Positif

Nah kalau 2 orang motivator tadi dari circle yang terdekat, motivator yang terakhir ini adalah sosok yang mungkin sudah banyak teman-teman kenal.

Bob Sadino

Siapa sih yang nggak kenal dengan sosok sederhana tapi punya pengaruh besar terhadap orang banyak ini?.

Namanya sudah saya dengar semenjak duduk dibangku SMA ini, selalu menjadi buah bibir oleh siapapun.

motivator-bob-sadino
Bob Sadino ( Pengusaha Sukses )
Sumber Gambar : radarbisnis.co.id

Sosok yang dikenal dengan keberhasilannya dalam mendirikan beberapa usaha dan celana pendek nya ini sangat pantas dijadikan seorang motivator.

Terlebih bagi mereka yang ingin menggali potensi diri dalam berwirausaha. Salah satunya saya.

Berikut saya kutip beberapa quotes beliau yang sangat memotivasi saya dalam membuat usaha / menjadi seorang Bos ala Alm Om Bob Sadino.

“ Tidak ada kenyamanan di masa tua bagi orang yang malas di masa muda”

Kalau teman-teman membaca quotes tersebut gimana perasaannya? Kalau saya sih seketika langsung dibuat bangun dari rebahan. Quotes tersebut meaning nya sangat dalam bagi saya.

Sehingga membuat saya tak lagi untuk bermalas-malasan, tak lagi menjadikan “rebahan” di masa pandemi ini adalah suatu hobi, dan menghempas kemalasan-kemalasan lainnya.

Nah kalau quotes berikut saya angkat di sini, karena kemarin baru banget saya membahas tentang bangun usaha bareng teman-teman saya.

“Jangan pernah berprinsip harus ada uang untuk memulai usaha, tapi coba untuk dibalik menjadi Harus ada usaha untuk menghasilkan uang

Selalu yang menjadi garis besar teman-teman saya bahkan saya sendiri pun adalah “Uang” atau Modal” untuk memulai sebuah usaha.

Saya mencoba beberapa kali diskusi dengan beberapa teman saya dan mengajak mereka untuk memulai usaha sekecil apapun.

“Yuk kita mulai jualan barang ini aja dulu yuk, yang simple-simple aja dulu..!!” ajak saya sambil meyakinkan teman-teman saya. Mereka pun langsung menjawab “ Mau sih, tapi bingung euy cari modal nya”.

Saya juga sudah mencoba berjualan, walaupun belum berhasil tapi tak masalah, saya akan coba peruntungan saya di tahun 2021 ini. Lagi dan lagi quotes Om Bob berhasil meguatkan saya.

“Hilangkan rasa takut untuk memulai apapun, tahan banting dan tidak cengeng, Jangan mengharap karena dibalik harapan ada kekecewaan, Kemauan harus dilengkapi dengan tekad yang bulat dan Bersyukur kepada sang pencipta”

Semoga kita semua bisa banyak mengambil hal positif dari mereka yah teman-teman.

Well, itu adalah 3 motivator yang saat ini masih banyak saya  pelajari. Semoga apa yang membuat saya termotivasi dari apa yang mereka lakukan, bisa menjadikan saya jauh lebih baik dari sebelum nya.

Oiya kalau motivator teman-teman siapa aja nih? Share juga yah, biar banyak orang yang termotivasi. Semoga di tahun ini banyak cita-cita yang terwujud untuk kita semua, aamiin.

Stay safe and stay healthy. Adhe Albian signing out…!!

Comments

  1. Yah betul Kak Adhe. Teh Ani dan Om Bob Sadino cocok dijadikan inspirator hidup. Mantap Kak tulisannya. Sukses selalu Kak.

    ReplyDelete

Post a Comment