Kaleidoskop 2020

 Kaleidoskop-2020-adhe-albian


“Semoga di tahun ini kamu dipertemukan dengan apapun itu yang akan menjadi alasan untuk tetap dan terus bertahan, kalau bisa selamanya yah” – Awkarin -

Kalimat yang dilontarkan Awkarin dalam unggahan Youtube nya dengan judul “Terimakasih 2020” tersebut, buat saya, meaning nya tuh sampai ke hati, bahkan menyadarkan saya, bahwa betapa bersyukurnya saya masih bisa bertahan menjalani tahun yang sangat berat ini.

Yes bahkan tahun 2020 buat saya pribadi tahun yang sangat berat. Saya menyadari betul bahwa saya bukan satu-satu nya orang yang mengalami fase yang sangat berat ini.

Tapi saya sangat bersyukur sekali karena tahun 2020 mengajarkan saya banyak pelajaran. Tahun yang benar-benar beda, tahun yang benar-benar tingkat struggling saya dipacu berlipat-lipat.

Ibarat nya saya hampir tenggelam di tengah laut tapi masih bisa berhasil memunculkan kepala saya di permukaan air. Ya begitulah saya menjalani 2020.

Walau bagaimanapun, rasanya saya tak pantas untuk berkeluh kesah lagi, karena Tuhan telah banyak memberikan saya keberkahan di Tahun 2020.

Karenanya, pada kesempatan ini, saya ingin membagikan moment-moment yang membuat saya begitu bangga dan bersyukur. Semuanya saya kemas di KALEIDOSKOP 2020.

Baca Juga : Kaledisokop 2019

FEBRUARI 2020

Bulan yang banyak orang bilang bulan kasih sayang ini, benar-benar membuat saya semakin sayang sama diri sendiri. Karena saya berhasil mewujudkan salah satu mimpi saya untuk pergi “solo traveling” ke Penang-Malaysia.

kaleidoskop-2020-adhe-albian
Penang Street Art @adhealbian

Walaupun berawal dari ketidak sengajaan dan bukan negara yang saya impikan untuk mewujudkan solo traveling pertama kali, tapi saya sangat bangga, karena dari solo traveling ini saya banyak belajar, mulai dari sosialisasi, jalin pertemanan, melatih bahasa Inggris saya. dan kemandirian.

Semoga tahun 2021 akan banyak negara-negara di bucket list yang terceklis. Doakan yah man teman.

MARET 2020

Maret adalah bulan favorit saya nih man teman. Buat yang bulan kelahirannya sama dengan saya pasti setuju Maret adalah bulan favorit, ya kan?

Well, di bulan Maret 2020 lalu, saya kembali membuat diri saya bangga, karena diajak menjadi salah satu penari untuk pagelaran Mas Guruh Soekarno Poetra.

kaleidoskop-2020-adhe-albian

Pagelaran bertajuk “Malam Puspawarni Indonesia” yang berlangsung di Hutan Kota by Plataran Senayan tersebut, menghadirkan beberapa Diva Indonesia seperti Titi DJ, Reza Artamevia, Rossa, dan sederet penyanyi-penyanyi lainnya.

Pada kesempatan itu, saya dan beberapa teman saya dipercaya menarikan tarian melayu “Lenggang Seri Kelana”. Again and again saya banyak belajar juga dari moment ini.

Mulai dari kedisplinan, belajar respect, bahkan belajar menerima keadaan yang tak terduga. Seperti hal nya ketika saya dan teman-teman tiba waktu nya menari, hujan pun turun deras. But the show must go on.

­Kami justru semakin semangat dan bangga ketika penonton bersorak dan memberikan tepuk tangan yang gemuruh. Hujan tak menghalangi kita untuk terus melanjutkan performance kita malam itu. Yang penasaran saya nari oas hujan-hujanan, silahkan intip di sini yah.

Thankyou GSP Production for having me, such an honor to be a part of GSP Dancers.

APRIL 2020

Bulan April 2020 adalah menjadi bulan puncak penuh berita tentang Covid-19. Bulan yang semua orang tak hanya di Indonesia harus melakukan semua kegiatannya di #rumahsaja.

Semua serba online, mulai dari kegiatan sekolah sampai dengan perkantoran.

Di moment ini, Teh Ani selaku founder dari Komunitas Indonesian Social Bogprenuer ( ISB ) berinisiasi untuk membuat sebuah cuplikan video yang didalamnya ada anggota-anggota dari Komunitas ISB menyanyikan lagu Heal The World nya Michael Jackson.

kaleidoskop-2020-adhe-albian
Yang mau nonton silahkan intip di IG @komunitasisb

Tujuan dari video “Tribute to The People With Covid-19” ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memberikan semangat kepada semua orang dan saling menguatkan satu sama lain. Karena situasi seperti ini semangat dan dukungan sangatlah dibutuhkan.

Saya bangga terlibat di project tersebut dan menjadi salah satu sanggota Komunitas ISB yang menanyikan lagu Heal The World bersama-sama.

JUNI 2020

Ada dua moment yang kemabli membuat saya bangga di bulan Juni 2020.

Yang pertama adalah saya berhasil membuat Podcast dengan alat seadanya yang saya beri nama “Belepodan” ( Berceloteh bareng di Podcast Adhe Albian ) dan berhasil mengudarakan episode perdana saya pada bulan ini.

kaleidoskop-2020-adhe-albian

So far baru ada 3 episode yang saya buat. Semoga tahun ini lebih gencar lagi untuk membuat konten podcast. Jangan lupa dengerin podcast saya di spotify / Apple Podcast yah man teman-teman.

Moment yang kedua adalah saya terpilih menjadi salah satu “Ambassador” untuk Femaledigest. Femaledigest sendiri adalah sebuah portal perempuan dengan muatan berita dan gaya hidup secara umum namun diulas dengan sudut pandang perempuan.

kaleidoskop-2020-adhe-albian
@femaledigest

Femaledigest berdiri pada Juni 2016 dan didirikan langsung oleh Teh Ani Berta yang saat ini menjadi founder dari Komunitas ISB juga.

What a month, im feelin so blessed, thankyou Femaledigest such an honor to be your Ambassador.

AGUSTUS 2020

Seolah tak mau kalah dengan bulan Juni lalu, di bulan Kemerdekaan RI ini saya juga mendapatkan kejutan yang luar biasa. Bahkan saya sempat bilang “berkah yang berubi-tubi”.

Moment pertama saya kembali dipilih Teh Ani dan team dari Komunitas ISB untuk menjadi salah satu Admin dan menjadi keluarga “dibelakang layar” nya Komunitas Indonesuan Social Blogprenuer. WOW..!!

kaleidoskop-2020-adhe-albian
@komunitasisb

Ini bukan berlebihan yah, tetapi memang saya saat itu bilang berkah dan kesempatan yang Tuhan kasih ke saya tuh bertubi-tubi banget. Mulai dari menjadi ambassador Femaledigest sampai menjadi seorang Admin di Komunitas ISB.

Moment yang nggak akan bisa saya lupa. Tentunya menjadi bagian dari mereka membuat saya jadi banyak belajar. Kalau saya jabarin di sini sepertinya akan panjang hehe.

Well, di bulan yang sama, saya kaget ketika notifikasi di Instagram muncul dan menyebutkan nama saya menjadi juara pertama di #BacadiStorial Reading Photo Competition.

kaleidoskop-2020-adhe-albian

Sempet hopeless awalnya, karena peserta lomba yang ikut juga keren-keren semua. Tapi Alhamdulillah saya diberi kesempatan untuk menempati posisi juara 1.

SEPTEMBER 2020

Sudah sempet kehabisan ide mau ngapain lagi, mengingat pemasukan dari event-event tidak ada karena pandemi. Tidak seperti tahun sebelumnya yang Alhamdulillah event banyak dan pemasukan ada saja.

Pandemi ini membuat saya mutar otak terus menerus. Akhirnya saya memutuskan untuk membuat usaha online melalui Instagram dengan nama @jajanajeh. Saya mencoba peruntungan untuk berjualan cemilan rumahan.

Follow @jajanajeh yah ;)

Karena saya merasa persiapan yang tidak begitu matang, maka sampai detik ini @jajanajeh jalan ditempat cenderung tidak bergerak. Semoga tahun ini bisa kembali berjualan. Semangat..!! Eits jangan lupa follow yah man teman ;).

Karena bulan Agustus lalu saya dipilih menjadi Admin Komunitas ISB. Nah, di bulan September ini saya diberikan kesempatan lagi oleh ISB untuk menjadi Host di salah satu program yang ISB buat yaitu #BincangISB.

kaleidoskop-2020-adhe-albian
@komunitasisb

Kesempatan emas masa iya nggak saya ambil? Menjadi host pertama kalinya di IG Live dengan narasumber Velysia Zhang saat itu sangat nervous ditambah lagi cuaca hujan yang membaut koneksi live menjadi salah satu masalah.

Campur aduk deh waktu itu perasaannya, tapi saya senang jadi punya pengalaman menjadi seorang Host. Thankyou Komunitas ISB.

OKTOBER 2020

Sama hal nya dengan bulan September lalu, di bulan Oktober saya lagi-lagi diberi kesempatan yang buat saya sangat disayangkan jika tidak saya tangkap.

Saya dipilih Teh Ani untuk menjadi Notulen dalam kegiatan Bimtek “Penulisan Responsif Gender dan Responsif Anak” Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( KPPPA ) selama 2 hari berturut-turut.

kaleidoskop-2020-adhe-albian
@kemenpppa

Coba, kurang bersyukur apa lagi saya, dibalik kehilangan pasti ada saja hal baru yang saya dapatkan.

Nuhun Teh Ani selalu membuka kesempatan-kesempatan emas untuk saya. Semoga kesempatan-kesempaan tersebut bisa membuat saya kaya akan ilmu dan pengalaman.

NOVEMBER 2020

Buat saya pribadi momen ini patut saya jadikan momen yang paling membanggakan juga bagi saya. Karena saya terpilih menjadi salah satu blogger yang diundang dalam kegiatan Bimtek KPPPA.

kaleidoskop-2020-adhe-albian
Bersama teman-teman Blogger dan Femaledigest

Kegiatan Bimtek “Pemantauan Berita Ramah Anak Bagi SDM Media Elektronik & Sosial” tersbut berlangsung di Hotel 101 Suryakencana Bogor dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang cukup ketat.

Dari kegiatan tersebut tentu membuat pengetahuan saya terkait pemberitaan ramah anak jadi bertambah. Semoga tahun 2021 banyak lagi kegiatan-kegiatan semacam ini.

DESEMBER 2020

Mendapat kesempatan mewakili Komunitas ISB bersam Teh Ani Berta untuk diwawancari oleh Pop 103 FM Radio Jakarta.

kaleidoskop-2020-adhe-albian
Bersama Teh Ani dan Kak Wulan ( Penyiar Pop Fm )

Akhirnya bisa merasakan masuk studio radio hehe. Kali ini tak apa jadi narasumber dulu, siapa tahu besok-besok jadi penyiar nya hehe. Amin ;)

Well man-teman itu tadi sederet moment saya di 2020 yang saya kemas dalam Kaleidoskop 2020. Semoga banyak yang bisa teman-teman petik yah.

Oiya terus semangat yah untuk menggapai dan mewujudkan mimpi-mimpi yang tertunda di tahun lalu.

Keep a good work and goodluck for all of us…!! Stay safe and stay healthy.

Adhe Albian signing out…!!

 

 

 

Comments

  1. Masya Allah. Banyak kegiatan positif yang bisa dijalankan selama 2020 walaupun banyak orang mengeluhkan di tahun 2020 ini mereka nggak bisa melakukan apa-apa. Sebenarnya sih bisa asalkan mau berusaha ya Bang

    Semoga bisa mengikuti jejak Abang di 2021 ini walaupun kata pak dokter, 2021 ini masih full corona. Paling cepat 2022 katanya Corona hilang dari Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Bang Zen. Betul bang Zen selama kita berusaha, pasti bisa. Berkegiatan di luar juga tak apa selama berhubungan dengan pekerjaan dan bukan untuk nongkrong-nongkrong.

      Semangat yah Bang Zen, semoga tahun 2021 kita semua bisa mencapai apa yang kita inginkan ;)

      Delete
  2. Masya Allah. Aku jadi terinspirasi juga. Ternyata corona nggak menyurutkan kita untuk berkarya. Makasih kak sudah sharing 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kak, terima kasih juga jika tulisan ini bisa menjadi inspirasi Kaka. Semangat semoga corona cepat-cepat berlalu juga yah kak biar kita semua semakin maksimal dalam berkarya ;)

      Delete
  3. Segudang kegiatan dan aktivitas di tahun 2020 yang membanggakan. Bravo ka Adhe. Semoga tahun 2021 juga punya kegiatan yang lebih antusias dan bermakna.

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah, disaat tahun 2020 banyak yang mengeluh, tapi disisi lain yang harusnya di up ya yang begini, semua orang pasti mengeluh, kecewa dimasa pandemi. Cuma bagaimana pandemi ini bisa membuat kita produktif dan berkarya terus ya kakaa.
    Sukses selaluu, tetep semangat dan stay healty eaa

    ReplyDelete
  5. Saya nonton video menarinya, Adhe. Seneng banget ya bisa nari di depan orang banyak dengan kostum beraneka ragam kayak gitu. Kesempatan yang bagus banget!

    Ttd,
    Saya yang nggak bisa nari :)

    ReplyDelete
  6. Keren euy mixed experience dan multitalent. Dan kagum pas baca bagian jadi penari. Salut!

    ReplyDelete
  7. walau pandemi, keren banget raihannya di tahun 2020

    terlebih ada moment terpilih sebagai punggawa ISB

    kerja yang mendulang amal jariyah gini bikin ngiriiii ..... ^^

    ReplyDelete
  8. Waoo Alhamdulillah, masih banyak sekali kegiatan positif kakak di tahun 2020 meski dalam kondisi yang penuh dengan keterbatasannya akibat pandemi yang belum juga berakhir. Semoga di tahun 2021 ini makin berjaya dan semoga sehat selalu ya kak, stay safe from Corona

    ReplyDelete
  9. what a year yah, terlepas dari banyak sekali keterbatasan di tahun lalu, ternyata kalo kita ingat kembali ga sedikit juga berkah yanng berhamburan dalam hidup kita ya mas

    ReplyDelete
  10. Prestasi Kak Adhe nggak main-main. Ternyata juga salah seorang penari GSP. Ya ampunnn keren banget ituh. Semoga di tahun 2021, semakin cemerlang ya Kak. Aamiin.

    ReplyDelete
  11. pengalamannya keren banget kak dan inspiratif sekali, 2020 banyak sekali kenangan-kenangan kita selama di tahun kemarin lalu.

    Semoga di tahun 2021 ini semakin sukses dan sehat selalu, kak

    ReplyDelete
  12. Kece banget nih kak Adhe. Banyak banget yg di lakukan selama pandemi ini. Gak kyk aku nih yang mgemil mulu sepajang pandemi

    ReplyDelete
  13. Wow so colorful ya Kak Adhe. Barakallah. Ngga jauh uauh dari ISB yaah semoga betah dan bisa tetap berkontribusi bagi ISB dan juga orang banyak ya.

    Btw kalimat pembukanya suka banget!

    ReplyDelete
  14. Produktif dan terus aktif, smoga taun ini lebih keren lgi ya kak, dan @jajanajeh jdi ngehits juga

    ReplyDelete
  15. wah keren banget nih pencapaiannya di tahun 2020. Meski pandemi tapi tidak menyurutkan kita untuk tetap produktif yaa

    ReplyDelete
  16. Ini menginspirasi banget buat aku melakukan hal yang sama, biar jadi penyemangat di tahun berikutnya ya, kalau ingat banyak yang sudah dilalui.. Keren banget Kak Adhe kaleidoskopnya, penuh prestasi

    ReplyDelete
  17. Setiap bualan selalu ada kegiatan, ada pencapaian, ada perubahan, sangat produktif. tentu 2020 memberi banyak cerita, dan pada tahun 2021 pasti akan lebih banyak lagi cerita serunya. Keren

    ReplyDelete
  18. 2020 biarpun di masa pandemi, banyak hal yang bisa didapatkan dan dilakukan ya. makasih sudah mau gabung sama ISB juga

    ReplyDelete

Post a Comment