Sulit Menangkap Mata Pelajaran Sejarah? Coba Ikuti Cara Ini..!!


sulit-menangkap-sejarah

 

Kemarin lihat di explore Instagram ada seorang content creator nanya anak kecil yang sedang menunjukkan photo-photo pahlawan dan ditanya “Tahu nggak ini siapa?“ tanya sang content creator.

Jawabannya bikin shock “Nggak tahu” jawab seorang anak kecil itu sambil senyum-senyum. Tapi ketika di tunjukkan photo seorang youtuber / artis-artis masa kini, anak kecil tersebut dengan cepat dan lugas menjawab nama lengkap nya.

Hal tersebut sebenarnya sangat memprihatinkan yah. Sebagai orang yang sudah “dewasa” nih, sudah kewajiban kita untuk memberi tahu ke anak-anak tentang pahlawan-pahlawan Indonesia.

Tentu jika hal tersebut bisa dilakukan, akan berdampak baik bagi mereka, terutama dalam wawasan mengenai sejarah perjuangan para pahlawan kita.

Dulu, saya termasuk yang agak susah menerima pelajaran sejarah saat dijelaskan oleh sang guru hehe. Tapi, ketika melihat sebuah gambar / tayangan video, saya jauh lebih memahami cerita / nilai sejarah perjuangan bangsa.

Padahal wali kelas saya dulu adalah Guru Sejarah lho hehe. Hallo Bu, apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat yah bu. 

Inget banget tuh, walaupun beliau wali kelas, tapi tetep saja kalau pas saya ketahuan lagi pakai seragam yang slimfit, selalu kena teguran hehe, beliau bilang seragam yang saya pakai adalah seragam anak SD, saking kecil nya hehe.

Well, beliau selalu mengajarkan sejarah dengan sangat lugas ke semua murid nya. Beliau juga menegaskan bahwa Indonesia merdeka berkat perjuangan yang gigih dari para pahlawan.

Untuk itu, sejarah dan perjuangan pahlawan-pahlawan Indonesia wajib diketahui oleh generasi-generasi penerus bangsa.

Banyak yang bilang generasi anak-anak sekarang adalah “generasi nunduk” yang artinya nunduk untuk main gadget terus.

Tak heran saat sang content creator tadi tanya ke anak-anak tentang pahlawan jawabannya tidak tahu, tapi pas ditanya tentang youtuber / artis, baru deh mereka tahu.

Saya menyadari bahwa tidak semua anak bisa menangkap dengan cepat akan sejarah Indonesia. Karenanya, pupuk dan ajarkan nilai-nilai sejarah mereka mulai detik ini juga.

Bagi yang sudah punya anak, coba deh tanyakan ke anaknya tentang nama-nama pahlawan. Jika mereka tidak tahu, maka jangan tunda untuk mulai mengajarkan / memberitahu mereka juga. 

Jika daya tangkap mata pelajaran sejarah sama seperti saya, yang agak susah masuk saat dijelaskan. Mungkin cara ini bisa jadi alternatif teman-teman  untuk mengajarkan anak-anak nya, yaitu dengan mengajak mereka menonton film sejarah / perjuangan pahlawan.

Menonton Film Sejarah Pahlawan

Film sejarah pahlawan yang dibuat dulu sama sekarang beda lho. Kalau sekarang tuh jauh lebih modern, mulai dari pengambilan gambar nya, para pemainnya, dan juga dari segi jumlah penontonnya yang seharusnya bisa menjangkau banyak anak-anak.

Menonton film, dapat merangsang otak untuk berpikir, mulai dari alur cerita, tokoh yang ada di film tersebut, sampai dengan membangun imajinasi terkait perjuangan pahlawan-pahlawan demi kemerdekaan Indonesia.

Jangan lupa dampingi dan ajak mereka untuk mulai mencintai film-film sejarah pahlawan Indonesia.

Pentingnya Film Sejarah Pahlawan Indonesia Ditayangkan

Kalau melihat beberapa tahun ke belakang, industri perfilman Indonesia juga sudah mulai kece nih. Terbukti dengan tayangnya beberapa film sejarah pahlawan Indonesia.

Dimana pada film tersebut, jelas menggambarkan betapa para pahlawan kita gigih dan tangguh dalam memperjuangkan bangsa Indonesia bahkan berani mempertaruhkan nyawanya.

Dengan adanya film pahlawan tersebut, dampaknya jelas yaitu dapat menambah pengetahuan, membangkitkan imajinasi, dan mencontoh semangat pahlawan-pahlawan kita.

Momen yang pas untuk menayangkan film sejarah / perjuangan memang tepat pada saat Hari Pahlawan / Hari Kemerdekaan, tetapi bagi saya bisa ditayangkan kapan saja, artinya tanpa menunggu hari-hari besar nasional.

Rekomendasi Film Pahlawan Yang Bisa Ditonton

Beberapa film sejarah pahlawan yang mungkin bisa teman-teman tonton dengan anak-anak, temen, keluarga atau siapapun juga. Sebut saja misalnya film : Soekarno, Sang Kiai, Jenderal Soedirman, Kartini, Guru Bangsa : Tjokro Aminoto, Wage, Soegija dan banyak lagi lainnya.

Saya tidak akan menceritkan tentang sinopis film-film tersebut di sini. One thing for sure, film-film tersebut jelas menggambarkan perjuangan para pahlawan demi Indonesia tercinta dan tentunya wajib di tonton.

Optimisme dan Harapan Saya Kepada Para Film Maker

Perfilman Indonesia saat ini banyak disutradarai oleh sutradara-sutradara yang handal, membuat film sejarah pahlawan Indonesia menjadi semakin bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Itulah kenapa film-film perjuangan / sejarah pahlawan semacam ini perlu terus ditayangkan. Agar semakin banyak orang yang tahu tentang perjuangan pahlawan, terutama anak-anak Indonesia.

Harapan saya kepada pembuat film, tentu juga sangat kuat yah, artinya semoga tak hanya berhenti di satu atau dua film saja, tapi kedepannya bisa terus tambah dan tambah lagi.

Optimis banget sih kalau melihat dari perkembangan film Indonesia saat ini, apalagi digandrungi oleh banyak sutradara dan pembuat film yang semakin kesini semakin mumpuni.

Baca Juga : Fajar Nugros dan Susanti Dewi Pimpin IDN Pictures

Oiya, cara menangkap / mengenalkan sejarah dengan menonton film ini hanya salah satu saja yah teman-teman, ini pun berdasarkan pengalaman saya pribadi, yang lebih cepet nangkep nilai sejarah dengan menonton film dibanding dijelaskan oleh guru.

Mungkin teman-teman bisa menemukan metode lain untuk mengajarkan / memberikan nilai-nilai sejarah kepada anak-anak.

Inget lho, anak-anak adalah generasi penerus bangsa. Mereka lah bibit-bibit unggul yang akan membuat Indonesia lebih maju dan berkembang lagi di masa yang akan datang.

 So, Goodluck..!!

Stay safe and stay healthy. Adhe Albian signing out…!

Comments