Mau Hemat di Masa Pandemi? Yuk Lakukan Ini..!

 

hemat-di-masa-pandemi

 

Minggu pertama di bulan November sudah mau berakhir, hmmh sudah mulai obrak-abrik dan corat-coret segala hal tentang kebutuhan sehari-hari bahkan sampai akhir bulan nanti lagi nih.

Dulu sebelum pandemi, belanja kebutuhan sehari-hari seolah tutup mata, sekarang  mah kudu banget pilih mana yang benar-benar harus diprioritaskan.

Tak sedikit lho jenis kebutuhan belanja sehari-hari yang harus dikurangi oleh anak kosan ini, hehe terlebih lagi di kondisi pandemi yang kurang lebih sudah 9 bulan-an ini. Tapi Alhamdulillah masih selalu diberikan kecukupan dan kesehatan.

Well, ngomongin belanja kebutuhan sehari-hari di situasi pandemi gini, jadi inget obrolan penuh manfaat dari duo mommy cantik Ceu Liswanti dan Teh Edelyne 2 minggu lalu di IG Live.

Mereka membahas topik yang paling banyak orang tunggu-tunggu karena ingin tahu, yaitu tentang “Tips mengatur uang belanja selama pandemi”.

hemat-di-masa-pandemi
Instagram Teh Edelyne

Gimana nggak ditunggu-tunggu yah, topic mengenai keuangan ini pasti banyak peminatnya, terlebh kondisi seperti sekarang yang memang harus lebih ekstra ketat dalam mengelola keuangan kita.

So man teman-teman, without for ado, berikut adalah tips dari Ceu Lis yang bisa teman-teman ikuti untuk bisa mengelola keuangan di saat pandemi :

1.      Buatlah daftar belanja dan menu untuk 1 minggu kedepan

Buat ibu-ibu yang di dalam rumah nya ada beberapa anggota keluarga, hal ini sangat membantu sekali. Jika menentukan menu makanan untuk 1 minggu kedepan tentu anak-anak dan anggota keluarga yang lain pun tidak merasa bosan dengan menu makanan setiap hari.

Fungsi utama dari dibuatnya daftar belanja ini juga agar kita terhindar dari belanja produk-produk diluar yang sudah kita tulis dalam daftar belanja.

Menurut saya, hal ini juga berlaku untuk anak kosan seperti saya. Membuat daftar belanja / menu makan untuk 1 minggu kedepan. Tentunya pengeluaran pun jadi sesuai dengan catatan.

2.     Menentukan budget ( anggaran ) belanja

Nah kalau sudah menjalankan nomor 1 tadi, langkah selanjutnya adalah teman-teman bisa mulai menentukan budget nya.

Kalau tadi sudah buat daftar menu untuk 1 minggu, maka sudah bisa ketahuan tuh anggaran / budget nya berapa. Jadi, pada saat akhir bulan bisa ketahuan juga pengeluaran untuk belanja sehari-hari jumlah nya berapa.

Dalam hal ini juga perlu diperhatikan yah teman-teman, karena kalau over budget, tentu keuangan kita pun tak akan menjadi teratur.

3.     Mencatat semua pengeluaran dan pemasukan

Kegiatan catat mencatat ini, terlihat sepele tapi banyak orang yang sangat berat sekali melakukannya. Padahal, dampak nya sangat besar sekali lho untuk pengelolaan keuangan kita.

Saya pribadi sebagai anak kosan, sudah mulai coba mempraktekannya lagi setelah sekian lama terbengkalai dengan catatan keuangan harian.

Pandemi gini kan, pemasukan juga tidak seperti biasanya, jadi perlu banget mengatur pengeluaran biar nggak kebablasan.

Catatannya tentu bisa dibuat dengan menulisnya di buku catatan atau bisa juga menggunakan excel di laptop / komputer yang ada di rumah.

Jika masih ada yang merasa nulis di buku catatan, laptop/komputer masih tidak terbiasa / kurang efektif, nih saya kasih kabar baik buat temen-temen.

Kabar baik untuk teman-teman yang tidak terbiasa mencatat di buku catatan, laptop/komputer, saat ini sudah banyak aplikasi pencatat keuangan di handphone.

Mulai dari catatan keuangan harian, mingguan hingga bulanan. Silahkan download sesuai dengan kebutuhan teman-teman yah.

Kalau handphone kan sudah pasti akan dibawa kemana-mana tuh, jadi hal ini bisa mempermudah kita juga dalam mencatat keluar masuknya uang kita.

4.     Tutup mata atau hindari hal-hal yang berbau diskon / promo

Ini sih semua orang demen banget sama yang namanya diskonan ya kan? Apalagi bulan ini bulannya diskon / promo akhir tahun nih.

Pasti akan banyak produk yang akan jor-joran mengelurakan jurus diskonnya. Nah, disinilah kita diuji nih hehe. Jangan tergoda, jangan tergoda..!!

Selalu ingat, bahwa pengeluaran kita harus berdasarkan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan. Kalau semua berdasarkan keinginan, nggak akan ada habisnya.

Wanita yang biasa akrab disapa Ceu Lis ini juga menekankan bahwa tips tersebut bisa kita mulai secepatnya dan jangan menunda-nunda.

“Untuk mempermudah, catatan pengeluaran dan pemasukan bisa dimulai dari awal bulan atau tanggal penerimaan gaji” tambahnya lagi.

Jika melihat tips di atas tadi dan berhasil diaplikasikan, saya sangat yakin banyak orang yang akan hemat tak hanya di masa pandemi ini.

Justru pandemi ini lah waktu yang tepat untuk kita mulai berlatih, sehingga kedepannya kita sudah bisa lebih pintar dalam mengelola keuangan.

Baca Juga : 3 Hal Penting Yang Harus Dilakukan Sebelum Berinvestasi

Terimakasih Teh Edelyne yang sudah mengundang Ceu Lis untuk membahas topik tentang pengelolaan keuangan ini di IG Live. Semoga kedepannya akan lebih banyak lagi sosok inpiratif yang bisa diundang.

Well, semoga tips mengelola keuangan ini juga bisa membantu teman-teman semua yah. Yuk kita mulai sekarang..!!

Stay safe and stay healthy. Adhe Albian signing out…!


Comments

  1. Kalau saya kadang hemat dan kadang juga boros di masa pandemi ini. Makanya itu saya harus berusaha untuk berhemat supaya gak boros

    ReplyDelete
  2. Setuju bangets aku tuh kalo emaks itu suka kebablasan pas blanja barang diskon. Apalagi kalo ga da planning blanja. Hadeuh, bisa2 yg gak penting dibeli dan yg penting terlupakan.🤣

    Anyway, tq tip jitunya mas🙏

    ReplyDelete
  3. Setuju banget dengan semua tips nya, terlebih tutup mata untuk semua diskon

    Karena barang yang didiskon belum tentu kita perlukan
    Atau kalaupun bisa digunakan, tapi mungkin 2-3 bulan kemudian sesudah stok habis

    ReplyDelete
  4. setujuuu !!! aku juga merasa lebih hemat sih sebenarnya dg adanya pandemi ini :) jadi lebih merasa beli sesuatu yg ak penting itu gak ada gunanya juga hehee..

    ReplyDelete
  5. Tipsnya bagus sekali. Tapi sebenarnya kalau kita jeli, promo atau diskon juga bisa bikin hemat sih. Dengan catatan sudah tahu kebutuhan dan ada budgeting :)

    ReplyDelete
  6. Hahhaaa, iya nih kadang ga kuat sama promo2 gopud yang menggoda terus, soale kalo masak kadang jatuhnya lebih mahal kalo dimakannya sama berdua ato pas bertiga. Ku selalu bilang jajan smart hahaha nyari yang diskon. Makasih loh tips2nya ceu lis.

    ReplyDelete
  7. Promo-promo pada menggoda di awal bulan. Padahal awal bulan masa krusial biar bisa tetep survive sampai akhir bulan

    ReplyDelete
  8. Huhu, aku masih boncos-boncos nih keuangan rumah tangga selama pandemi ini. Banyak di rumah pada makan terus. Kudu rada ngencangin ikat pinggang nih. Yang bikin daftra belanja dan menu seminggu bisa aku coba nih.

    ReplyDelete
  9. Masa pandemi ini, pengeluaran kagak bisa ditahan wkwkw, dengan alasan semua harus homemade makanya banyak beli ini dan itu.

    ReplyDelete
  10. Over all aku no justru lebih hemat di masa pandemi ini Mba. Soalnya banyak pengeluaran yang akhirnya gak dilakukan lagi masa sekarang. Tapi ya tetep aja harus jeli dan teliti mengelola duit hehe. Makasih ya tips finansialnya bermanfaat banget

    ReplyDelete
  11. Herannya meski HP selalu dibawa kemana mana nggak tahu malah seringkali lupa nih mas adhe utk mencatat. Malah saya lebih inget utk mencatat di buku. Nggak tahu ini efek apa, jd skrg saya balik ke buku lg utk pencatatannya

    ReplyDelete
  12. mencatat cashflow keuangan ini memang terlihat sepele padahal manfaatnya banyak banget ya. thx for reminder mas Adhe. semoga saya ga malas lagi buat catet pengeluaran

    ReplyDelete
  13. Sepakat dengan tips-tips dari Teh Lis. Mencatat daftar belanja dan tutup nata hehe dan tentunya bisa dimulai sejak dini

    ReplyDelete
  14. kalau aku di masa pandemi ini kayaknya 1112 aja sama masa-masa sebelumnya. masih struggling. heu. padahal sudah rajin bikin catatan pengeluaran cuma masih banyak bolongnya

    ReplyDelete
  15. aku paling ngga bisa nih mencatat semuanya, dulu masih single sih bisa tapi pas udah rumah tangga, lupa dan repot dengan ini itu kak hihi, tapi tips nya perlu dicoba :)

    ReplyDelete
  16. untuk poin ke 4, Alhamdulillah bisa manfaatin diskonan untuk beli kebutuhan. Ngemat pengeluaran dehh

    ReplyDelete
  17. Bener banget ini hehe perlu langsung di praktekkan utamanya pas mau masak hari besok biar gak bingung tinggal ambil dalam kulkas dan masak deh. Praktis waktu juga kan.

    ReplyDelete
  18. Alhamdulilah nih Aku sudah sering jalankan. Buat daftar belanja utk seminggu. Anggaran juga sudah. Apalagi diskon waaah mwrem total Aku mah , hahaha

    ReplyDelete

Post a Comment