3 Hal Penting Yang Harus Dilakukan Sebelum Berinvestasi

 

3-hal-yang-harus-dilakukan-sebelum-investasi


Saat ini semua orang berlomba-lomba melakukan berbagai hal untuk “menyelamatkan” keuangannya. Seperti yang teman-teman ketahui juga bahwa situasi pandemi ini membuat banyak orang melakukan yang sebelumnya tidak dilakukan.

Mulai dari menjual barang-barang berharga, mencoba peruntungan dengan membuka usaha kecil-kecilan, melakukan kegiatan / hobi yang baru, bahkan sampai dengan melakukan Investasi.

Sebelum jauh bicara mengenai investasi, saya yang saat ini sebagai freelancer, belum bisa melakukan investasi dengan berbagai alasan di belakangnya.

INVESTASI

Investasi sendiri adalah menanamkan modal kita ke berbagai perusahaan dengan beragam jenis investasi, mulai dari menanam saham hingga ke properti yang tentu bertujuan untuk mengembangkan asset yang kita punya.

Alih-alih ingin mengembangkan aset, jangan sampai teman-teman salah langkah dalam memilih jenis investasi yah.

Well, seperti yang tadi saya katakan tadi, saat ini saya belum berani melakukan investasi ke dalam bentuk investasi apapun. Ini bukan berrarti seorang freelancer tidak bisa melakukan investasi yah teman. 

Jadi, buat kamu yang sudah merasa pengelolaan keuangannya sudah baik dan memenuhi kriteria untuk melakukan investasi, ya go head.

Tapi buat teman-teman yang merasa masih maju mundur / masih ragu dalam melakukan investasi, memang ada baiknya untuk melakukan / mengecek keuangan kita terlebih dahulu.

Bicara investasi dan juga mengelola keuangan, kemarin saya menonton IG Live nya Teh Ani Berta ( Founder Indonesian Social Blogprener ) dengan Mas Bareyn Mochaddin ( Financial Planner ) pada hari Kamis, 8 Oktober 2020.

Instagram @ani.berta

Menurut Mas Rey, sapaan akrab beliau, kita semua harus pintar dalam mengelola keuangan kita sendiri, mulailah dari hal yang paling sering dianggap sepele oleh orang-orang yaitu mencatat semua pengeluaran sekecil apapun.

Dengan melakukan hal tersebut, kita akan bisa tahu pengeluaran mana saja yang bisa kita hilangkan / kurangi. Misalnya pengeluaran yang bersifat keinginan bukan karena kebutuhan.

Jika kita berhasil melakukan ini, bukan tidak mungkin apa yang kita harapkan yaitu memiliki keuangan yang stabil bahkan meningkat akan terjadi.

Mas Rey kembali menambahkan untuk mencapai hal tersebut, teman-teman perlu melakukan hal berikut ini :

1.       Membuat / memiliki 3 rekening

Fungsi dari pembuatan 3 rekening ini sendiri adalah untuk membagi-bagi keuangan kita, mana yang sifat nya untuk kita tampung ( tabung ), mana yang untuk pengeluaran harian, dan mana pengeluaran yang sifat nya untuk bisnis / pekerjaan.

Misalnya seorang Blogger, pengeluaran bisnis / pekerjaan nya itu seperti membeli / perpanjang domain, membeli template blog, dan lain-lain. Photographer, pengeluaran bisnis nya untuk membeli kamera, lighting, lensa dan lain-lain. 

2.     Gaji diri sendiri

Dalam mengelola keuangan dari gajian bulanan kita, kita perlu juga menggaji diri kita sendiri. Dengan menyisihkan / mengalosikan sebagian dana gaji bulanan kita.

Jadi teman-teman bisa hitung kira-kira dalam 1 bulan kedepan jumlah uang yang akan dikeluarkan itu berapa. Nah, jika sudah dapat jumlah nya, kita bisa transfer / alokasikan ke rekening yang “pengeluran harian” tadi.

Jadi tidak akan tercampur-campur dengan uang tabungan kita.

3.     Membuat anggaran

Anggaran yang biasa juga dikenal oleh teman-teman rencana keuangan ini tentunya bertujuan untuk mengontrol pemasukan dan pengeluran.

Jadi dalam mengelola keuangan, membuat anggaran ini adalah salah satu hal yang tidak boleh teman-teman lewatkan.

4.     Mencatat pengeluaran

Satu hal ini kebanyakan dari kita sering sekali mengabaikannya, padahal ini adalah merupakan titik dimana teman-teman bisa menemukan pengeluaran-pengeluaran mana saja yang dirasa tidaklah penting.

Jika sudah menemukan itu, maka kita bisa menghilangkannya / mengurangi dari pengeluaran yang kita anggap tidaklah penting tersebut.

INVESTASI DI MASA PANDEMI BAGI FREELANCER

Sebagai seorang freelancer, tentu ingin juga melakukan sebuah investasi, menanamkan modal / uang saya ke berbagai jenis investasi yang saya percaya. Tapi, mungkin saat ini belum saatnya.

Beruntunya saya, bisa menonton IG Live Teh Ani dan Mas Rey kemarin, jadi banyak insight dan hal penting yang saya tangkap terkait investasi di masa pandemi khususnya bagi seorang freelancer seperti saya.

Mas Rey mengatakan bahwa sebagai seorang freelancer kita perlu sadar betul akan 2 hal ini terlebih dahulu :

1.       Ketahui bahwa kita ini berbeda dengan orang-orang yang bekerja kantoran / orang-orang yang mendapakan gaji setiap bulan.

2.     Kita sebagai freelancer ini, tidak mempunyai gaji yang tetap.

3 HAL YANG HARUS DILAKUKAN SEBELM BERINVESTASI

Jika kita sudah menyadari dua hal tersebut, maka langkah yang harus teman-teman freelancer lakukan sebelum memutuskan untuk berinvestasi adalah :

1.       Ketersediaan Cash

Kita perlu “sadar diri” dalam satu hal yang menurut saya sangat penting ini. Karena di luar sana ternyata masih banyak yang salah dalam mengartikan investasi.

Bukannya mendapatkan untung tapi malah buntung. Untuk itu, sebelum melakukan untuk berinvestasi. Ketersediaan cash kita juga harus sudah terpenuhi dulu.

2.     Dana Darurat

Dana darurat ini berbeda dengan tabungan. Jadi dana darurat ini akan kita keluarkan yang sifat nya bisa dibilang mendadak / urgent, yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya.

Jadi, uang yang ada di tabungan kita tidak akan terganggu.

3.     Asuransi Kesehatan

Dengan memiliki asuransi kesehatan, ini merupakan satu hal yang sangat bisa membantu kita. Ya amit-amit yah kalau kita harus di rawat di RS, apalagi kita nya tidak punya tabungan, tidak punya dana darurat, apalagi asuransi kesehatan.

Alhasil banyak orang yang kita repotkan, misalnya keluarga yang harus hutang sana-sini untuk biaya RS kita.

Nah kalau kita punya asuransi kesehatan, keuangan kita yang ada ditabungan pun tidak akan terkuras untuk biaya rumah sakit.

Apalagi freelancer, yang penghasilan setiap bulannya tidak menetap, jadi asurani kesehatan ini wajib kita punya.

Sok atuh temen-temen yang belum punya asuransi, mulai sekarang pilih asuransi yang sesuai dengan kamu yah.

Well, semoga tulisan ini bisa membantu teman-teman yang dari kemarin maju-mundur untuk melakukan investasi. 

Untuk teman-teman yang ingin menyaksikan IG Live Teh Ani dan Mas Rey tadi, bisa intip di sini yah.

Investasi itu baik, tapi alangkah lebih baik lagi jika kita mengetahui apa saja yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

Semoga pandemi cepat berakhir, kita semua bisa mengelola keuangan dengan lebih baik lagi dan tentunya bisa memulai berinvestasi.

Stay safe and stay healthy. Adhe Albian signing out…!

Comments