5 Ide Lomba Virtual Bertema Kemerdekaan / Perjuangan


5-ide-lomba-virtual-bertema-kemerdekaan-perjuangan 

“Dan juara pertama nya adalah dari kelas 2 PJ” Sebut Kepala Sekolah dengan lantang ketika mengumumkan pemenang lomba pidato Bahasa Inggris.

Saat itu, saya yang mewakili kelas 2 PJ ( Penjualan ) seneng banget rasanya, apalagi ketika nama saya diumumkan sebagai juara pertama mengalahkan kakak dan adik kelas saya.

Lebih serunya lagi, saya sampai diangkat-angkat sama teman-teman sekelas saking bahagia nya hehe. Tahu kan kalau lagi bertanding terus melakukan selebrasi? Hehe nah seperti itu lah kejadiannya.

Lama meninggalkan bangku sekolah, kira-kira lomba anak sekolah zaman now dan sering dilakukan apa saja yah?

Kalau dulu sering banget terlibat diberbagai lomba sekolah, mulai dari yang membawa nama pribadi, nama kelas, bahkan sampai membawa nama sekolah.

Lomba nya pun macam-macam saat itu, mulai dari pidato Bahasa Inggris tadi, mading, dekorasi kelas, hias tanaman, bahkan sampai lomba nari antar sekolah.

Such a great experiences banget memang waktu SMK. Walaupun nggak semuanya mendaptkan posisi juara pertama, tapi pengalaman dan bounding bareng temen-temen sekelas dan satu sekolah nya itu lho yang seru.

Baca Juga : Sulit Tangkap Pelajaran Sejarah? Coba Ikuti Cara Ini

Well, balik ke lomba tadi, setiap tahun kan kita selalu ada hari-hari besar tuh. Biasanya kan hari-hari besar nasional selalu ada perayaan. Misalnya hari kemerdekaan Republik Indonesia, hari Kartini, atau Hari Pahlawan, dan sejumlah hari-hari besar yang lain.

Karena Indonesia adalah negara yang penuh dengan nilai sejarah dan perjuangan, tak heran setiap HUT RI semua lapisan masyarakat mengadakan berbagai macam kegiatan lomba.

Sayangnya di kondisi yang seperti saat ini, lomba tujuh belasan atau hari besar lainnya ditiadakan. Beberapa beralih ke  virtual. Walaupun berbeda, tetapi tidak mengurangi rasa cinta kita terhadap Indonesia.

Bicara lomba virtual, saya tuh pengen banget gitu ada lomba-lomba yang anti mainstream. Yang biasanya kita sering lihat kan seperti lomba makan kerupuk, lomba bakyak, lomba masukin pensil dalam botol, masukin benang ke jarum, dan segudang lomba-lomba hari kemerdekaan lainnya.

Nah, kepikiran sih kalau lomba-lomba di hari-hari besar nasional yang bisa dilakukan secara virtual dan berbeda dari sebelumnya. Yang pasti sih akan seru yah dan menjadi moment perlombaan yang memorable.

5 Ide Lomba Virtual Bertema Perjuangan / Kemerdekaan

Berikut adalah ide macam-macam lomba yang bisa dilakukan secara virtual bertema perjuangan / kemerdekaan :

1.       Pidato Perjuangan

Walaupun saya pernah mengikuti lomba pidato nya bukan pidato perjuangan pahlawan, tapi lomba pidato ini memang sangat pas dilakukan dengan peserta nya perorangan.

Mereka diminta untuk membuat sebuah pidato yang berhubungan dengan perjuangan pahlwan / kemerdekaan Republik Indonesia.

Ini akan menjadi suatu lomba yang berbeda di hari kemerdekaan. Jangan lupa untuk libatkan anak-anak dalam perlombaan ini. Karena anak-anak wajib tahu perjuangan para pahlwan kita.

2.     Drama

Karena ini drama, nanti dibuat saja per team, mereka diskusikan drama apa yang akan mereka bawakan, tentunya yang berhubungan dengan hari kemerdekaan . perjuangan pahlawan juga.

Selain ini bisa bounding antar peserta, dengan membuat team hal ini bisa mengajarkan bagaimana cara kerjasama yang baik untuk mencapai satu tujuan yang sama.

Boleh nih dicoba yuk.!

3.     Baca Puisi

Anak-anak zaman now suka banget kan sama kata-kata yang puitis, di lomba puisi kali ini. Masih sama dengan 2 lomba sebelumnya, mintalah mereka untuk membawakan puisi yang bertema tentang perjuangan / hari kemerdekaan.

4.     Choir dengan menyanyikan lagu-lagu nasional

Saya udah ngebayangin nih kalau ada lomba choir ( paduan suara ) yang membawakan lagu-lagu nasional secara virtual. Inspirasi ini datang, ketika saya pernah menyaksikan sebuah acara virtual yang didalamnya ada orchestra dengan para choir yang menakjubkan.

Hal tersebut buat saya betah menyaksikan mereka. Jadi mebayangkan jika ini dijadikan sebuah perlombaan di hari kemerdekaan / perjuangan secara virtual, akan jadi sesuatu yang menakjubkan juga.

5.     Story Telling

Jujur saja untuk yang ini saya belum tahun sudah banyak yang mengadakan atau belum. Tapi jika pun sudah ada, berarti lomba story telling ini harus terus ditingkatkan.

Karena kita saja, bisa nyaman ketika mendengarkan sebuah cerita, entah dari orang tua kita, maupun orang-orang yang menginspirasi kita.

Story teling dengan thema perjuangan / hari kemerdekaan akan menjadi cara anak muda dalam menyampaikan sebuah cerita yang lebih mudah dimengerti / dipahami oleh banyak orang.

Apalagi kalau tahun depan ( syukur-syukur ) sudah bisa kembali normal yah teman-teman, jadi acara lomba virtual nya bisa dijalankan secara offline, akan lebih seru dan menantang lagi tuh, karena disaksikan oleh ratusan bahkan ribuan pasang mata.

Jika semangat anak-anak muda saat ini bisa terpupuk dengan baik, saya yakin sekali acara-acara atau lomba-lomba dengan thema diatas tadi sangat bisa diimplementasikan dengan baik.

Lomba yang positif pasti akan banyak mendapatkan dukungan, mulai dari RT / RW, warga bahkan pemerintah setempat. So, jangan ragu untuk mencoba sesuatu yang baru. Rencanakan dan wujudkan lah..!

Kalau jadi peserta, kira-kira dari ke 5 tadi, lomba mana nih yang akan teman-teman ikuti? Share di kolom komentar yuk..!

Stay safe and stay healthy. Adhe Albian signing out…!

Comments