Ternyata Ekskul Ini Bisa Bangun Jiwa Leadership

 

Eksul-Bangun-Jiwa-Leadership
 

“Gimana kalau kamu gabung ke ekskul kita dhe?” tanya Kepala Bidang Kesiswaan ke saya dengan senyum lebar nya.

Walaupun sempat ragu karena ada beberapa kekhawatiran yang hinggap di kepala, namun pada akhirnya saya pun menjawab dengan lugas dan senyum lebar juga “Baik Bu”

Well, kalau man teman sempat baca tulisan ku tentang masa indah saat di SMK, saya menulis di sana bahwa saya pernah dijuluki sebagai Justin Timberlake nya sekolah. 

Bisa baca di sini yah : Masa SMA Dari Belajar Di Kosan Guru Sampai Dijuluki Justin Timberlake Sekolah

Salah satu alasannya, karena gerakan badan aku saat menari dinilai mereka sangat luwes dan lentur, sehingga julukan tersebut hinggap ke saya.

Yes Menari…

Banyak sebagian orang masih meng underestimate dengan dunia tari, terlebih kalau seorang cowok yang menari pasti anggapan-anggapan yang jelek tuh selalu hinggap di telinga saya.

Buat saya sih nggak masalah, hobi saya yah hobi saya, selain tentunya membuat hati saya senang menjalankan hobi, toh hobi saya juga nggak merugikan siapapun.

Kesempatan Yang Datang Dari Hobi Menari

Dari hobi menari saya tersebut, saya memberanikan untuk mengikuti lomba yang diadakan di sekolah, saat itu saya di temani dengan 5-6 temen cewek. Jadi saya adalah satu-satunya cowok di group dance itu.

Pengalaman pertama tampil di depan guru dan juga siswa-siswi satu sekolah membuat saya gugup, tapi gugup itu hilang ketika teman-teman sekelas bersorak ramai dan meneriakkan nama ku dengan semangat nya.

Walaupun tak mendapatkan posisi juara pada saat itu, tapi saya berhasil dilirik oleh Kepala Bidang Kesiswaan.

Beberapa hari setelah lomba itu, beliau memanggil saya ke ruangannya, beliau meminta saya untuk bergabung di Ekskul Menari dan bergabung dengan team yang sudah ada.

Team yang sudah ada tersebut adalah kumpulan cewek-cewek yang sering menari modern dance dan beberapa kali mendapatkan juara dibeberapa kompetisi dance.

Siapa yang tidak mau ya kan?

Seperti yang tadi saya sampaikan di atas tadi, walaupun pada saat awal ragu, tetapi berujung dengan jawaban “baik bu”.

Setelah bergabung dengan ekskul ini, saya dipercaya untuk membuat choreography bersama partner saya yang pada saat itu dijuluki Britney Spears nya sekolah.

Jadi di sekolah saya tersebut ada Justin Timberlake dan Brtiney Spears lho man teman hehe.

Walaupun dalam hati kita berdua mah sangat jauh sekali dari Justin dan Britney. Tapi julukan tersebut juga tak hanya membuat kita bangga tapi membuat kita lebih bertanggung jawab.

Pengalaman Leadership Dimulai Dari Menari

Coba mana tadi nih orang nya yang udah meng understimate menari / cowok yang jadi penari itu jauh dari manly lah, lembek lah dan segala anggapan-anggapan jelek lainnya.

Ternyata-Ekskul-Ini-Bisa-Bangun-Leadership
Photo hanya pemanis karena nggak nemu photo nari pas SMA
( dokpri )

Buat saya pribadi, menari itu sama hal nya dengan kamu mencintai hobi mu juga. Katakanlah hobi olahraga main sepak bola atau hobi lainnya.

Semuanya dilakukan sepenuh hati, dan hal tersebut tentunya berdampak baik untuk diri kita, mulai dari mental juga fisik, betul kan yah?

Jadi jangan pernah menganggap remeh apapun termasuk hobi orang lain.

Well, dari pengalaman pertama untuk memberanikan ikut lomba nari sampai dengan diajak gabung ke Ekskul tari di sekolah, buat saya itu merupakan pencapaian yang sangat berkesan.

Dari ekskul tersebut saya dipercaya untuk menjadi choreographer dan juga penari di team.

Pengaruhnya ke Leadership di Kehidupan Saat Ini

Di posisi tersebutlah saya jadi belajar bagaimana cara membuat strategi, cara handle anggota team dengan banyak kepala, cara mengambil keputusan, cara solving problem, mulai dari penari ada yang nggak datang latihan sampai dengan masalah kostum dan juga sederet pembelajaran yang lainnya.

Tanpa disadari ternyata pembelajaran / pengalaman tersebut membawa saya memiliki sedikit banyak ada sisi leadership nya lho man teman.

Membawa saya juga untuk menjadi pribadi yang mandiri, pribadi yang  suka sekali organize apapun, pribadi yang senang saat ditunjuk untuk mengurus suatu project tertentu, dan tentu menjadi pribadi yang ingin belajar mengenai apapun.

Maaf bukan bermaksud bertinggi hati, tapi hal tersebut memang sangatlah memotivasi saya pribadi untuk selalu siap menjadi yang lebih baik lagi dan lagi.

Saya rasa, saya juga nggak sendiri di sini, pasti banyak yang mengalami hal serupa di sekolah, entah menjadi leader atau menjadi seksi-seksi di ekskul nya.

Semuanya pasti mendapakan pengalaman yang luar biasa, karena kalau kita nggak mencoba masuk ke eksul sekolah, mungkin pengalaman-pengalaman tersebut baru kita dapat setelah lulus dari SMA. 

Tapi kita sudah melangkah lebih dulu dibanding siswa-siswi yang lain.

Jadi kita juga nggak perlu takut / malu untuk bergabung di eksul sekolah, terlebih lagi ekskul tersebut sangat menarik perhatian kita dan juga membuat kita punya pengalaman berorganisasi dan menjadi seorang leader.

Sayang banget sih dokumentasi-dokumentasi pada saat ikutan lomba-lomba nari di sekolah entah kemana. Ya walaupun nggak ada dalam bentuk dokumentasi, tetapi kenangan tersebut takkan hilang dan akan selalu dalam ingatan.

Oiya kalau man teman, pernah punya pengalaman ikut eksul apa nih di sekolah nya dan seberapa besar pengaruh nya terhadap leadership di kehidupan saat ini? share juga dong, biar saling berbagi pengalaman di eksul sekolah. Ditunggu yah..!!

Stay safe and stay healthy. Adhe Albian signing out…!

 

Comments