Masa SMA : Dari Belajar Di Kosan Guru Sampai Dijuluki Justin Timberlake nya Sekolah, Kok Bisa?



Sumber Gambar : Sekolah Kita



Banyak yang bilang masa –masa yang indah adalah masa – masa saat kita duduk diangku SMA ( Sekolah Menengah Atas ) , saya pun setuju dengan kata – kata tersebut. Ada sederet pengalaman – pengalaman yang hanya bisa saya dapat pada saat saya dibangku SMA.

Duh jadi kangen balik ke masa – masa SMA lagi nih jadinya hehe. Untuk mengobati rasa kangen saya dimasa tersebut, saya mau mengajak temen – temen disini flashback ke beberapa tahun lalu ( kalau disebutin, ketahuan nih tua nya ) hehe.

Well, saya adalah lulusan dari SMK (  Sekolah Menengah Kejuruan  ) Negeri 19 Jakarta yang beralamat di Jl. Danau Limboto, Bendungan Hilir – Jakarta Pusat.

Langsung aja deh saya mau ajak temen – temen mengintip deretan – deretan nostalgia pengalaman seru masa SMA saya berikut ini :

1.   Pertama kali daftar, saya tuh nggak tahu kalau pada saat beli amplop /map, warna nya harus sesuai dengan kejuruan yang dipilih. Dimana saat itu ada pilihan kejuruan Manajemen Bisnis ( saat ini menjadi Penjualan ), Sekretaris, dan Akuntansi. Akhirnya milih Manajemen Bisnis saat itu mikir nya cuma biar temen kelas nya balance antara cewek dan cowok, kalau Sekretartis kan lebih banyak 98% cewek, sementara Akuntansi, mohon maaf nih selruh dunia juga tahu Matematika saya jauh banget dengan Jerome hehe. Jadilah pilihan saya ke Manajemen Bisnis ( Penjualan ).

2.   Saat menjalani dikelas tersebut selama 1 semester, saya merasa tidak betah karena merasa kelas nya gaduh ( nah ini kebalikannya dari sekretaris ) dikelas ini diisi 98% cowok, jadi cewek nya bisa dihitung jari lah.

Dari situ sempat curhat ke wali kelas yang beliau sendiri adalah guru Sejarah ( Ibu Nusuroh ). Hai bu apa kabar? Isi curhatannya ya itu, tidak betah karena kelas gaduh, banyak temen – temen cowok yang merokok disaat jam kelas kosong, dan ada saja satu orang biang onar “bad classmate” dikelas tersebut.

3.   Berjalannya waktu, saya semakin kenal dekat dengan teman – teman sekelas, semakin menerima dan semakin menikmati di kelas yang banyak menganggap kelas saya tersebut adalah kelas “buangan”. Sedih sih dibilang seperti itu, mungkin karena sering banget bikin gaduh. Tapi ketahuilah sebagian nya diisi siswa – siswi yang pintar dan kreatif lho.

Nulis Bandung aja Bandoeng, alay nggak sih? hehe

4.   Menjelang naik ke kelas 2 ( kelas 11 ), saya ditawarkan pindah jurusan Akuntansi oleh wali kelas saya. Saya bisa langsung pindah ke kelas Akuntansi, karena saya berhasil mempertahankan nilai yang baik di mata pelajaran ini. Fyi, waktu dikelas 1 saya masih belajar semua mata pelajaran jurusan ( pelajaran akuntasi dan pelajaran sekretaris juga ), jadi mata pelajarannya belum menjurus ke penjualan / manajemen bisnis tadi.

5.   Inget kan tadi di poin nomor 1, saya udah men judge diri saya sangat musuhan dengan Matematika? intinya kalau hitung – hitungan saya angkat tangan pokok nya. Nah kok akuntansi bisa dapet nilai yang baik? Jawabannya adalah karena Guru mata pelajaran Akuntansi ini, namanya Ibu. Khadijah. Beliau terkenal dengan guru yang gaul dan santai, tapi tetap tegas dan tak main – main dengan tugas dan nilai.

Kami memanggilnya Dijong ( sesuai permintaan beliau ) hehe. Gimana nggak gaul tuh bu guru? Anyway apa kabar Bu? Semoga selalu sehat walafiat yah bu aamiin. Saya dan teman – teman pernah sampai belajar Akuntansi di kosan beliau lho. Serius beliau adalah guru yang keren banget. No wonder sebagian besar dapet nilai – nilai yang memuaskan di mata pelajaran Akuntansi ini.

6.   Well, jawaban saya ketika saya ditawarkan untuk pindah jurusan ke Akuntansi adalah “Tidak” ( saya nggak tahu ini keputusan yang baik atau tidak ), karena saya merasa sudah nyaman dengan teman – teman sekelas saya. Padahal ada teman saya ( temen saat SMP juga ) yang di Akuntansi mengharapkan saya bisa pindah kesana.

7.  Menjalani dikelas ini sampai 3 tahun bersama, bukanlah waktu yang sebentar ( walaupun tetap rasanya singkat ). Biarpun bandel – bandel tapi mereka adalah teman – teman saya yang baik.

8.   Inget banget waktu itu ada ujian “jualan produk” saya dan temen saya dapat modal dari sekolah dan keuntungannya kita bagi rata, seseneng itu dagangan kita laku, dan saya masih inget nama toko kita adalah “TAPE ULI” kalau nggak salah, Tape itu plesetan dari caffe, nah kalau uli nya sendiri ngikut karena depannya ada kata Tape. Duh sayang banget gak tau nyari dokumentasi ini dimana hiks.

9.   Pernah mendapatkan juara 1 di lomba “English Speech” antar tingkat kelas dengan thema “Say No To Drugs”, saya pun masih inget sampai sekarang gimana teman – teman kelas mendukung saya gila – gilaan depan panggung.

Ini salah satu hadiah dari juara 1 Lomba B. Inggris

10. Dipaksa ikutan lomba nari mewakili kelas bareng temen – temen cewek yang bisa dihitung jari tadi. Inget banget judul lagu yang dibawain saat itu adalah lagunya Dewi Sandra “Ku Akui”. Duh kalau inget masa itu yah hehe, kadang suka malu sendiri. Gimana nggak, wong saya adalah satu-satu nya cowok yang dilibatkan dalam lomba menari ini. 

    Oiya saya inget banget sampai sempet nyari accesoris untuk keperluan “manggung” nya, kita sampai pergi ke Tanah Abang dan latihan dari rumah satu ke rumah yang lain bergantian. Love you girls, aseli deh nulis ini antara sedih dan bahagia, nyengir – nyengir sendiri inget nya.

11. Walaupun nggak menang lomba nari nya, tapi setelah lomba itu, kesempatan saya untuk diajak bergabung di group modern dance sekolah terbuka lebar. Saya pun diajak gabung oleh ketua bidang kesiswaan, and I still remember her name, Ibu Elia. Love you bu, terimakasih sudah memberikan saya kesempatan bergabung kedalam group modern dance sekolah dan bahkan sampai diajak untuk mengikuti lomba antar sekolah.

Oiya saya dan partner nari saya ( cewek ), namanya Nino, apa kabar nih anak yah? Kita berdua sampai disebut / dijuluki Britney Spears dan Justin Timberlake nya SMK N 19 ini lho haha. 

12.  Dari lomba nari itu lah nama saya jadi dikenal seantero sekolah, widih hehe. Kalau waktu itu udah ada istilah selebgram, mungkin saya udah jadi selebgram kali yah hehe. Dari adik kelas sampai kakak kelas jadi rajin menyapa kalau saya lewat hehe. OMG I miss that moment a lot.

13. Well, selama menjalani dikelas yang katanya “buangan” tersebut, Alhamdullillah saya berhasil mempertahankan peringkat 1 ( dari kelas 1 – 3 ) dan mendapatkan piagam penghargaan dari sekolah sebagai "Siswa Terbaik". Bahagia banget sih rasanya bisa buat orang tua saya bangga.

      Piagam Penghargaan 

Sebenarnya sih masih banyak nih kenangan – kenangan suka dan duka nya ( untuk yang duka – duka nya nggak saya share yah ), mau share yang bahagia – bahagia nya aja. Share yang bahagia aja bikin mewek dan jadi kangen masa – masa SMA.

Kangen temen – temen kelas, kangen guru, kangen wali kelas, kangen cinta monyet – cinta monyetan sama kakak kelas haha, kangen ngangkot, kangen juga ditegor kakak kelas ( ketua osis ) karena sesuatu yang nggak baik ssstttt.

Kangen juga sih moment ditegor karena pakai seragam yang ngepas badan hehe sampai di bilang “pakai baju ade kamu yang SD yah, kecil banget?” hehehe, kangen momen pernah telat pas upacara jadi barisannya dipisahin haha, kangen jadi petugas bendera, kangen jadi petugas pembaca UUD 1945 dan sederet kerinduan – kerinduan yang lainnya.

Kalau saya tulis semua disini sepertinya akan banyak nih man teman. Jadi paling segitu dulu yah berbagi momen – momen nostalgia SMA saya. Terimakasih sudah melipir kesini. Stay safe and stay healthy yah semua nya. Adhe Albian signing out…!!

 


Comments