Ini Planning Saya Dalam Nge Blog, Kalau Kamu?

  

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah”

Pramoedya Ananta Toer

 

Man teman pernah kah mendengar atau membaca quotes dari penulis legendaris yang masuk ke dalam sejarah sastra Indonesia tersebut? Begitu banyak qoutes beliau yang sangat menginspirasi buat penulis di Indonesia bahkan dunia.

Salah satu quotes yang buat saya meaningfull adalah quotes yang barusan saya taruh di awal tulisan tadi. Seolah menjadi pengingat buat saya dan siapapun juga, bahwa walaupun punya pendidikan tinggi dan ilmu yang meluber, tapi kalau tak pernah dibagikan terutama ke dalam tulisan, hal tersebut akan hilang dan tak akan tercatat dalam sejarah.

Salah satu alasan mengapa saya terjun menjadi seorang Blogger adalah itu man teman. Pengen banget tulisan-tulisan yang saya bagi dapat bermanfaat bagi yang membaca nya.

Kalau lagi dateng “males” nulis, lagi dan lagi selalu ingat quotes dari beliau. Suatu saat kita akan kembali ke pencipta, dan hanya tulisan / ilmu yang kita bagi melalui tulisan ini lah yang akan menjadi sejarah kita di dunia, merinding lho nulis ini.

Well, untuk itu saya belajar juga agar bisa membuat planning dalam tulis menulis blog ini. Planning nya saya buat dalam jangka pendek dan jangka panjang, beberapa planning sih saat ini sudah ada yang berjalan, semoga bisa konsisten yah man teman.

Planning jangka pendek dan jangka panjang ini ternyata nggak hanya buat di bisnis aja, buat seorang blogger ternyata juga perlu dilakukan dengan berbagai tujuan salah satu nya yah tadi agar tulisan kita tercatat abadi dan meninggalkan sejarah.

Saat ini saya mau mengajak man teman mengintip planning jangka pendek dan panjang blog saya, siapa tahu bisa saling bertukar informasi juga. Well,  berikut adalah planning yang saya buat dalam menulis di Blog :

PLANNING JANGKA PENDEK :

Planning jangka pendek ini saya buat dengan harapan bisa konsisten dan meningkatkan disipilin menulis saya :

1.       Rajin mengikuti kegiatan komunitas.

Salah satu nya adalah kegiatan One Day One Post ( ODOP ). Program yang diadakan oleh Komunitas ISB. Kegiatan ini sangat membantu saya dalam meningkatkan tulisan saya, untuk dapat berfikir cepat / lebih luas, dan dapat mengambil suatu topik dari angle yang berbeda.

2.     Meningkatan kualitas menulis dengan mengikuti berbagai macam lomba.

Menang atau kalah udah suatu hal yang sangat lumrah dalam sebuah lomba, tujuan utama saya tentu terus belajar meningkatkan ilmu tulis menulis blog. Mendapatkan hadiah merupakan sebuah bonus dari sebuah konsistensi.

3.     Belajar Blog

Belajar blog tuh ternyata nggak cukup sehari bisa tahu segalanya, makannya saya seneng kalau dapat kesempatan untuk belajar blog. Kemarin baru selesai belajar tentang per blogger an yang di mentori langsung oleh founder Komunitas ISB Teh Ani Berta.

Baca Juga : 10 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapatkan Dengan Menjadi Seorang Blogger

Beberapa hari lagi akan ketemu dengan salah satu Blogger panutan saya jua nih, beliau adalah Mas Ardan yang akan mementori saya dan teman –teman kelas dalam belajar SEO ( Search Engine Optimization ) nggak sabar nunggu nih hehe.

PLANNING JANGKA PANJANG

Wuih kalau udah masuk ke planning jangka panjang, saya juga selalu berharap hal ini bisa membuat saya menjadi blogger yang punya kualitas.

Well, berikut adalah beberapa planning jangka panjang saya dalam menulis blog :

1.       Membuat blog yang “Berbayar”.

Melakukan hal ini sama sekali tidak ada paksaan dari siapapun. Saat ini sedang terus memperbaiki kualitas tulisan saya di sini. Karena masih sangat jauh dari blogger-blogger panutan saya.

Saya nggak bilang blog gratisan itu jelek, dan saya juga nantinya akan tetap me-maintance blog ini. Ada juga Blogger yang masih menggunakan Blog yang banyak orang-orang bilang “gratisan” ini, tapi mempunyai prestasi yang sangat menjuntai dan kualitas tulisan yang sangat bagus dan inspiratif.

Kenapa saya masukkan ke dalam planning jangka panjang? Karena saat ini saya masih mencari waktu yang pas. Ya walaupun bisa saja saya lakukan hari ini juga atau besok, tapi saya meyakini bahwa blog ini nanti nya akan membawa saya juga sampai waktu yang panjang dalam dunia tulis menulis ini.

Ada beberapa alasan lain mengapa keputusan untuk membuat dan mempunyai blog berbayar ini perlu dilakukan yang nggak bisa saya jabarkan di sini. Doakan saja yah man teman saya bisa me-maintance nya dengan baik.

2.     Berbagi Pengalaman Tentang Blog

“Emang lo siapa dhe mau berbgagi ilmu blog?”

Hehe, entah kapan bisa terjadi sih, tapi saya sangat terinspirasi dengan senior-senior Blogger yang sangat dengan rela hati berbagi pengalamannya di dunia blog, terlebih mereka yang membagikan ilmu nya secara cuma-cuma alias GRATIS.

Sebenernya mereka bisa dan wajar saja memberlakukan tarif belajar blog, tapi mereka nggak melakukannya. Untuk itu lah saya terinsipirasi bisa melakukan hal yang sama. Tapi ini mah masih jauh banget sih hehe. Doakan saja yah man teman.

Planning jangka pendek dan panjang ini bisa saja saya tambahkan lagi di kemudian hari, ini saya jadikan sebagai motivasi juga. Pengennya nulis dengan tulisan yang penuh “isi” bukan hanya sekedar lempar tulisan saja ke sebuah blog.

Pengennya lho yah, kalau sampai saat ini masih ditemukan ada beberapa yang terkesan tulisannya gak ada “isi” , hapunten yah man teman. Saya terus mencoba memperbaikinya.

Makannya jangan lupa kalau ada saran dan kritik membangun, taro di kolom komen yah atau bisa japri ( buat yang udah kenal dan ada nomor saya ) hehe.

Well, man teman semoga rencana tak hanya tinggal rencana, optimis semua nya bisa dilakukan baik yang jangka pendek maupun yang jangka panjang. Kalau man teman gimana nih planning nya?

Stay safe and stay healthy. Adhe Albian signing out…!


Comments

  1. Blog itu ibarat investasi.
    Semakin di urus semakin bagus masa depannya.
    Beruntung yaaa kita bisa mengenal dunia blogging,
    Semoga konsisten nulis haha

    ReplyDelete

Post a Comment