Rayakan HUT Indonesia Ke-75 Dengan Tour Virtual Keliling Jakarta

 

Tour-Virtual-Hut-Indonesia-75

 

Tertegun..

Yup tertegun, sepertinya satu kata itu yang tepat menggambarkan kekaguman saya dengan peninggalan sejarah Indonesia.

Saat tour guide menunjukkan dan menjelaskan tempat-tempat bersejarah Indonesia saya hanya tertegun, bangga banget bisa menjadi salah satu orang Indonesia.

Hah tour guide? Lho Adhe udah jalan-jalan lagi?

Tunggu-tunggu hehe, tour guide dan jalan-jalan ke berbagai tempat sejarah yang dimaksud tidak dilakukan secara langsung man teman, melainkan tour virtual.

APA TUH TOUR VIRTUAL?

Seperti yang man teman ketahui, sektor pariwisata menjadi salah satu yang terdampak karena adanya Covid-19. Karena nya, untuk memulai kembali bangun perekenomian dan juga mengobati rindu mereka yang ingin berwisata, maka banyak sektor tour and travel mengadakan tour virtual ini.

Tour yang dalam bahasa Indonesia adalah wisata dan Virtual menurut kbbi adalah ( secara ) nyata.

Jadi tour virtual adalah berwisata yang dilakukan melalui media online. Biasanya banyak dilakukan melalui aplikasi Zoom Meeting.

Dengan sebuah link yang dibagi, mereka yang ingin bergabung di tour virtual tersebut, mereka hanya tinggal klik link nya saja. Yeay jadi deh jalan-jalan.

TOUR VIRTUAL PENGALAMAN BARU

Well, tepat tanggal 15 Agustus 2020 kemarin, saya dan beberapa teman-teman ISB yang terpilih berhasil mengikuti kegiatan tour virtual yang buat saya ini menjadi pengalaman baru mengikuti tour secara online / virtual.

Tour-Virtual-Hut-Indonesia-75
Sumber Gambar : IG @komunitasISB

Tour Virtual yang diadakan kali ini adalah sebuah bentuk kerjasama yang dilakukan oleh Wisata Kreatif Jakarta dengan Komunikas ISB dan Kinokuniya dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Indonesai yang ke 75.

Ya walau nggak sesempurna saat tour offline, yang terpenting dari tour virtual ini adalah saya tetap mendapatkan wawasan, mendapatkan ilmu baru tentang sejarah, pahlawan, dan tempat-tempat yang menjadi saksi merdeka nya Indonesia.

Virtual tour yang di mulai dari Pkl, 19.00 – 20.00 WIB ini diikuti oleh kurang lebih 30 an peserta.

Peserta nya terdiri dari member komunitas ISB terpilih, pengurus komunitas ISB, dan juga rekan-rekan dari Kinokuniya. Yang tentunya dipandu oleh tour guide dari wisata kreatif Jakarta yaitu Mba Ira Lathief.

Interakasi antar peserta dan tour guide juga berjalan lancar. Oiya yang menariknya, saat tour virtual berjalan, biasanya tour guide memberikan kuis yang berhubungan dengan sejarah Indonesia lho.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, tour virtual Ini menjadi pengalaman yang baru bagi saya karena bisa mendapatkan pengalaman tour yang tak seperti biasanya.

YANG DIDAPAT DARI TOUR VIRTUAL KEMARIN

Siapa disini yang malu sama diri sendiri sebagai warga Jakarta yang banyak nggak tahu tempat-tempat sejarah di Jakarta? Hehe.

Kalau ada, berarti kita temenan yah hehe.

Karena nggak banyak tahu tentang banyak tempat sejarah Jakarta tersebut, saya beberapa kali pernah ikutan walking tour juga untuk keliling Jakarta, keliling tempat-tempat bersejarah tentunya.

Cuma memang belum ter eksplore banyak. Keburu corona datang, jadi belum sempet explore Jakarta lagi deh.

Tour-Virtual-HUT-Indonesia-75
Sumber Gambar : Group WA Tour Virtual

Nah, beruntungnya kemarin gabung di tour virtual bareng wisata kreatif Jakarta. Kita diajak keliling Jakarta ke tempat-tempat yang selama ini hanya dilewatin aja padahal punya nilai sejarah yang tinggi.

Tour-Virtual-HUT-Indonesia-75
Sumber Gambar : Group WA Tour Virtual

Berikut adalah ittinary dari tour virtual kemarin :

Museum Sumpah Pemuda

Untuk destinasi pertama, kita diajak Mba Ira menuju Museum Sumpah Pemuda. Museum ini adalah sebuah museum sejarah perjuangan para pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia yang saat ini dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Buat man teman yang ingin berkunjung ke Museum Sumpah Pemuda, bisa langsung melipir ke Jl. Kramat Raya No. 106 Jakarta Pusat.

Gedung Pancasila

Selanjutnya kita diajak ke Gedung Pancasila. Terakhir kesini, memang hanya sebatas diluar gerbang saja, memang nggak bisa masuk ke dalem Gedung. Tapi di tour virtual kemarin kita bisa masuk melewati gerbang hehe dan bisa lihat isi yang ada di dalam Gedung Pancasila walaupun hanya dalam bentuk photo, tapi berhasil mengobati rasa penasaran.

Megah, gagah, sangat bersih, dan tentu nya terlihat sangat terawat.

Gedung Pancasila yang pernah berfungsi sebagai tempat BPUPKI dalam memerpsiapkan kemerdekaan Indonesia.

Sekarang berfungsi atau sering digunakan untuk melangsungkan kegiatan-kegiatan Menteri Luar Negeri, seperti penandatangan kerjasama dengan negara lain, jamuan resmi, dan sederet kegiatan lainnya.

Untuk menuju ke Gedung Pancasila, man teman bisa melipir langsung ke Jl. Taman Pejambon No. 6, Senen – Jakarta Pusat. Sebrangan dengan monas dan bersebalahan dengan Balai Kota DKI Jakarta.

Museum Gedung Joang 45

Lanjut ke lokasi tiga yaitu Museum Gedung Joang 45. Informasi yang saya dapat dari virtual tour kemarin, Gedung Joang 45 ini ternyata dulu nya adalah sebuah bangunan Hotel Schomper lho man teman. 

Hotel Schomper ini dibangun sekitar tahun 1920 – 1938 yang dikelola oleh L.C Schmper, seorang warga keturunan Belanda.

Disana man teman juga bisa menemukan berbagai lukisan, diorama atau barang-barang peninggalan sejarah peristiwa proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

Man teman bisa melipir ke Jl. Menteng Raya No.31, Kebon Sirih – Menteng Jakarta Pusat.

Museum Perumusan Naskah

Lokasi  ke empat kita dibawa ke Museum Perumusan Naskah. Gedung ini sangat mempunyai nilai penting bagi bangsa Indonesia. Karena pada tanggal 16-17 Agustus 1945 terjadi peristiwa sejarah yaitu perumusan naskah proklamasi Indonesia.

Di gedung ini man teman akan diajak untuk melihat beberapa ruangan mulai dari ruang pra proklamasi sampai dengan ruang pengetikan Teks Proklamasi.

Selesai pandemi kita kesana yuk..!! Gedung Perumuskan Naskah Proklamasi ini terletak di Jl. Imam Bonjol No. 1 Menteng Jakarta Pusat.

Tugu Proklamasi

Tugu Proklamasi adalah menjadi lokasi terakhir kita nih man teman. Tugu Proklamasi ini adalah sebuah tugu peringatan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang berada di Kompleks Taman Proklamasi.

Man teman tahu nggak, kalau Tugu Proklamasi ini dulu nya adalah bekas kediaman Presiden pertama kita Ir. Soekarno lho? yang beralamat di Pegangsaan Timur No.56 Jakarta Pusat.

Sedih dan campur bangga sih pas tour guide kita menunjukkan sebuah gambar kediaman Ir. Soekarno dulu, walaupun tak bisa kita lihat sekarang, tapi jasa beliau takkan lekang oleh waktu yah man teman.

Untuk man teman yang ingin ke Tugu Proklamasi, bisa langsung meilipir ke Jl. Proklamasi No.10 Pegangsaan – Menteng Jakarta Pusat.

Baca Juga : Sudah Merdeka Kah Kita?

Oiya, info penting nih hehe, untuk bisa ikutan tour virtual dengan lancar, jangan lupa siapkan 2 hal yang paling penting ini yah man teman : perangkat digital seperti laptop / handphone dan juga kuota.

ENAK DAN NGGAK ENAK IKUTAN TOUR VIRTUAL

Enaknya :

1.       Tentunya dapet pengalaman baru

2.     Dapat menambah wawasan

3.     Alternatif buat yang mageran dan takut panas hehe

4.     Ngirit ongkos

5.     Ngirit uang jajan juga

6.     Bisa jalan-jalan tanpa keluar rumah

7.     Bisa mengobati kerinduan akan jalan-jalan

Nggak enak nya :

1.       Kuota nya menangis

2.     Nggak bisa jajan di toko / warung bersejarah

3.     Kurang nya interaksi antar temen baru

4.     Gangguan sinyal dan suara yang kurang jelas

Terlepas dari enak dan nggak enaknya tour virtual yang tadi saya sebutkan, man teman perlu tahu bahwa tour virtual ini membuat saya ketagihan hehe.

Ternyata nggak saya sendiri lho yang ketagihan, beberapa peserta yang kemarin ikut juga ketagihan katanya.

Nah, buat man teman yang belum pernah nyobain tour virtual, better coba ikutan deh at least sekali deh untuk mengobati kerinduan man teman akan jalan-jalan ya kan?

Tour-Virtual-HUT-Indonesia-75
Dokpri

Anyway, Wisata kreatif Jakarta juga sudah punya jadwal untuk tour virtual lainnya lho man teman, silahkan intip informasi nya di IG wisata kreatif Jakarta yah.

Terimakasih untuk Wisata Kreatif Jakarta, Komunitas ISB dan Kinokuniya atas tour virtual ke tempat-tempat sejarah yang sangat menyenangkan nya.

Semoga bisa kembali dipertemukan di tour virtual berikut nya.

Stay safe and stay healthy. Adhe Albian signing out.


Comments

Post a Comment