Virus Corona Masih Ada, Lakukan 9 Hal Ini Jika Harus Keluar Rumah di Era New Normal


                                                   

 

Hi man teman, semoga memasuki pertengahan bulan Juli 2020 ini semakin membaik yah, walaupun kita masih harus berhadapan dengan situasi pandemi yang masih belum diketahui kapan berakhir nya, tapi jangan sampai menyurutkan semangat kita dalam berkegiatan yang produktif.

Saat ini kita sedang memasuki fase new normal, dimana sebagian tempat / kegiatan yang menunjang untuk memulihkan perekenomian sudah kembali beroperasi. Kalau man teman  gimana nih menyambutnya?

Kegiatan produktif di situasi dan kondisi new nomal ini sudah banyak dilakukan oleh sebagian masyarakat lho, baik yang terpaksa harus melakukannya di luar rumah atau tetap melakukannya di dalam rumah saja.

Melihat kondisi new normal ini, ternyata tak sedikit yang menganggap bahwa berkegiatan di luar rumah sudah dirasa aman, padahal itu salah besar. Mereka menganggap bahwa “karena beberapa tempat umum seperti mall, caffe, tempat wisata, dll sudah dibuka, jadi seolah situasi ini sudah kembali normal”.

Untuk itu penting bagi kita untuk mengedukasi / memberi penjelasan kepada mereka yang masih menanggap hal tersebut aman – aman saja.

Bagi man teman yang masih harus berkegiatan dari rumah, tak masalah kok, ambil positif nya aja, bahwa kita masih bisa mengontrol diri sendiri untuk tidak berkerumun di tempat umum, masih bisa makan hasil masakan sendiri yang sudah dijamin kebersihan dan kesehatannya, rasa aman dan nyaman berada di rumah sendiri, dan hal – hal positif lainnya.

Rasa bosan karena di rumah saja pasti ada, tapi jangan menghalangi kita untuk melakukan kegiatan produktif yah. Nah, jika rasa bosan melanda, coba man teman  lakukan kegiatan positif ini. 

PENGALAMAN KELUAR RUMAH DI ERA NEW NORMAL

Bicara berkegiatan di era new normal, saya sendiri pernah keluar rumah untuk olahraga di Gelora Bung Karno Senayan pertengahan bulan lalu, walaupun tetap menjalankan protokol kesehatan, masih aja ada yang bilang atau bahasa kekinian nya nyinyir hehe. Ada yang bilang “orang – orang yang ke GBK ini nggak punya otak atau gimana yah?”

Menganggap bahwa mereka yang ke GBK adalah orang – orang yang tidak memahami akan bahayanya virus corona dan mengganggap sepeleh akan hal ini. Mungkin memang sebagian ada yang masih menganggap seperti itu, tapi kan bukan berarti harus men-generalisasi “orang-orang yang pergi ke GBK” dong? Hehe.

Saya tidak membenarkan dan juga tidak menyalahkan orang – orang yang pergi ke GBK, makannya saya bilang, jika memang man teman merasa olahraga masih bisa dilakukan di rumah karena aman, saya sangat mempersilahkan. Pun buat man teman yang ingin olahraga di luar rumah, selagi tetap menjalankan protokol kesehatan dan mengikuti himbawan pemerintah ya silahkan saja. Inget virus nya masih ada, jadi tetap waspada yah man teman.

Nah, biar nggak salah paham dan juga tidak disalah artikan dari olahraga ke GBK saya kemarin, silahkan baca ulasan dan tips nya disini yah man teman : Ke GBK di Era New Normal, Ini Yang Perlu Diperhatikan.

Well, kalo kegiatan olahraga di luar rumah saat kondisi new normal sudah saya kasih sedikit tips nya, lalu bagaimana dengan kegiatan produktif di luar rumah selain olahraga? apakah yang dilakukan sama atau berbeda? Langsung aja yuk kita simak bareng – bareng tips nya.

LAKUKAN 9 HAL INI JIKA HARUS KELUAR RUMAH SAAT NEW NORMAL

Sedikit banyaknya ada kesamaan dengan kegiatan olahraga ke GBK tadi yah man teman, jika memang harus berkegiatan keluar rumah di era new normal seperti sekarang ini, tolong banget untuk memperhatikan hal – hal berikut.

Lakukan 9 hal ini jika memang terpaksa harus beraktivitas di era new normal :

1.   Jika memang pergi ke mall / caffe / tempat wisata karena hal penting yang tak bisa ditunda, lebih baik jangan mem-posting nya ke sosial media dulu yah man teman. Karena akan mengundang yang lain untuk melakukan hal yang sama. Jika hal ini terjadi, bukan tidak mungkin angka kasus akan terus meningkat.

2. Selalu membawa essential things wajib ( masker, hand sanitizer, disinfektan mini, tisu basah / kering, vitamin, dan essential things lain yang man teman butuhkan ).

3.   Penting banget untuk selalu aware sama diri sendiri dan sekitar untuk tetap menjaga jarak dan lebih rajin mencuci tangan.

4. Jangan malu / takut menegur orang – orang yang tidak melakukan protokol kesehatan ( termasuk keluaraga sendiri ). Karena pada dasarnya mereka sadar betul akan hal tersebut. Banyak yang masih menanggap karena masih anggota keluarga sendiri, jadi masih aman – aman aja, padahal belum tentu.

5.   Beri pengetahuan juga ke keluarga akan bahaya nya Covid-19 dengan bahasa yang bisa dimengerti dan tidak bermaksud menakut-nakuti tapi justru mengedukasi. Informasikan juga untuk tetap stay at home jika memang tidak ada kepentingan untuk keluar rumah.

6. Ingatlah bahwa kita belum di situasi “Back To Real Normal” yang artinya Virus Corona masih ada dan masih belum diketahui kapan hilang nya yah man teman.

7.   Karenanya penting menjaga imunitas tubuh kita agar tetap sehat.

8.   Patuhi protokol dan ikuti himbawan pemerintah

9. Pantau dan ikuti terus berita mengenai perkembangan Covid-19 ini. Gunanya untuk mengantisipasi diri dan mengetahui update semua hal tentang Covid-19. Jadi tak mudah termakan berita hoax yang buat panik berlebihan.

Kasus di Indonesia sendiri, saat ini sudah melampaui negara China lho man teman. Ini menandakan bahwa kasus di Indonesia belum bisa menyurut. Terlebih setelah diberlakukannya new normal, sebagian masyarakat berbondong – bondong melakukan kegiatan diluar rumah seolah virus sudah lenyap.

( Sumber : detiknews )

Untuk itu bagi man teman tolong tahan ego nya dulu yah untuk sekedar nongkrong ke mall / caffe atau pun ke tempat – tempat wisata. Jika memang harus ada kegiatan yang penting dan tidak bisa ditunda ( yang mengharuskan man teman keluar rumah ), perhatikan dan tetap melakukan tips yang tadi yah.

Saya berharap tips tadi bisa membantu man teman semua dan berharap juga pandemi ini segera lenyap dari muka bumi, agar tidak ada lagi kata era “new normal” melainkan kita siap menyambut kembali “real normal”. Doakan juga biar Pemerintah kita bisa mengambil langkah yang tepat dalam menangani Covid-19 ini, sehingga tidak membuat masyarakat kebingungan.  

Well, apapun kegiatannya ( baik di dalam / di luar rumah ), man teman tetap harus berhati – hati yah. Stay safe and stay healthy as always yah man teman.

Adhe Albian signing out…!!

Referensi : 

https://news.detik.com/detiktv/d-5099726/kasus-corona-di-indonesia-lampaui-china-kini-totalnya-86521


Comments