Bekal Ilmu Ini Sudah Dijalankan Sejak Kecil dan Akan Terus Teraplikasi Sampai Kapanpun

                                                   

“Ilmu itu ada dimana-mana, pengetahuan dimana-mana tersebar, kalau kita bersedia membaca dan bersedia mendengar” - Felix Siauw –

Kalau membaca quotes tersebut, selalu saja bisa membawa saya kembali mengingat tentang hauslah akan ilmu pengetahuan, hauslah akan banyak pelajaran dan hauslah akan banyaknya pengalaman.

Sampai saat ini, ilmu pengetahuan saya masih sangat tipis dan masih belum ada apa-apaya dibanding yang lain, bukan merendah tapi memang kenyatannya seperti itu. Makannya kalau baca quotes dari Felix Siauw tadi membuat saya ingin mencari ilmu di manapun dan kapan pun.

Selama menjalani masa pandemi ini saja, saya sudah mengikuti berbagai workshop atau kelas yang dilakukan secara online, mulai dari kelas belajar bahasa inggris, kelas belajar ilmu komunikasi, bahkan yang baru-baru ini saya tergabung di kelas yang belajar tentang penulisan Blog bersama Komunitas ISB.

Bagi saya, hal tersebut sangatlah menyenangkan, malahan masih nunggu dan mencari –cari informasi kelas apalagi yang bisa saya ikuti. Karena ilmu yang saya dapat saat ini akan menjadi bekal sampai kapan pun.

Well, ngomongin tentang ilmu yang menjadi bekal sampai kapan pun, ada satu ilmu yang mungkin tanpa sadar ternyata sejak SD sudah saya jalani dan terapkan. Ilmu tersebut terus berjalan sampai menginjak ke bangku kuliah bahkan sampai detik ini dan akan terus dijalankan sampai kapanpun.

 “Kok bisa sih lo dapat ranking / peringkat kelas, sedangkan kalau lagi didalam kelas lo gak pinter deh?”

Itu adalah salah satu pertanyaan yang hinggap ke saya semasa duduk dibangku SMA. Saya sih menanggapinya santai saja, toh temen saya tersebut juga nanya nya dengan nada bercanda. Saya pun tersenyum simpul dan menjawab “belajar..!!” 

Baca Juga : Belajar Dari Yang Lebih Muda, Kenapa Tidak?

Ya saya menjawab se simple itu. Saya adalah termasuk orang yang bisa belajar giat ketika menuju ulangan di kelas / ujian di sekolah. Mendapatan peringkat adalah bukan prioritas utama saya tapi bagaimana saya bisa lulus dari ulangan / ujian tersebut lah yang menjadi prioritas.

Seperti yang saya sampaikan tadi, ternyata hal tersebut sudah saya jalankan sejak duduk di bangku SD. Proses belajar tersebut membuat saya juga sadar betul bahwa jika kamu sungguh-sungguh kamu akan mendapatkan apa yang kamu inginkan. Nah untuk menanamkan kesungguhan saya tersebut, saya selalu menerapkan DISIPLIN.

DISIPILIN

Kata “displin” ini merupakan adaptasi dari bahasa inggris “Disciple” yang artinya pengikut atau murid. Secara etimologis, kata “disiplin” itu berasal dari bahasa Latin “discere” yang artinya belajar.

Mengutip arti disiplin dari salah satu Ahli yaitu Suharsimi Arikunto, Beliau menyebutkan bahwa disiplin adalah suatu kepatuhan seseorang dalam mengikuti peraturan atau tata tertib karena didorong oleh adanya kesadaran yang ada pada kata hatinya tanpa adanya paksaaan dari pihak luar.

Dengan menerapkan disiplin dalam diri, saya merasakan betul manfaat nya, tak hanya pada saat saya menempuh pendidikan saja, tetapi dalam melakukan pekerjaan dan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

MANFAAT DARI MENJALANKAN DISIPLIN

Berikut adalah manfaat – manfaat yang saya dapat dari menerapkan kedisiplinan :

1.   Berprestasi selama menjalani pendidikan formal

Walaupun seperti yang saya sampaikan tadi ini adalah bukan prioritas, tapi dengan menerapkan disiplin, ini salah satu yang saya dapat dan rasakan.

2.   Kemandirian yang semakin kesini semakin berkembang

Kata orang tua saya, sejak kecil emang udah kelihatan mandiri nya, salah satu nya adalah pengen punya kamar sendiri.

3.   Rasa tenang dan nyaman dalam diri

Menjalankan disiplin tanpa paksaan, akan terasa banget tenang dan nyamannya. Beneran deh cobain aja!.

4.   Percaya diri yang seiring berjalannya waktu ikut bertumbuh

Minderan tuh saya banget, tapi perlahan-lahan terkikis dan selalu mencoba untuk menjadi pribadi yang lebih percaya diri lagi.

5.   Berperilaku baik dan patuh

Siapa coba orang yang nggak suka dengan perilaku baik dan patuh? Bukan tugas kita memang untuk menyenangkan semua orang, tapi kalo perilaku yang baik begini masa iya nggak mau dijalanin?

6.   Belajar management waktu

Nah ini juga nih, selalu seneng kalau waktu tuh ter manage dengan baik, intinya jadi lebih teratur gitu lho man teman.

7.   Dapat dihargai dan menghargai orang lain.

Hal ini juga yang saya dapatkan dari menjalankan disiplin, selain dihargai saya juga selalu menghargai orang lain.

Manfaat tersebut beneran jelas saya rasakan lho man teman, bisa jadi lebih dari 7 juga sih tapi so far itu yang paling terasa di saya. Oiya, ikut saya lagi flashback ke masa-masa kuliah beberapa tahun lalu yuk..!!

Jadi man teman, kampus saya itu adalah termasuk salah satu satu kampus yang sangat menerapkan kedisiplinan. Semakin kita rajin hadir didalam kelas, semakin bisa membantu menutupi nilai mata kuliah yang katakanlah “jelek”. Sebagus apapun nilai mata kuliah kamu, kalau rajin bolos ya percuma.

Di setiap mata kuliah, memang memberikan keterangan bahwa mahasiswa bisa “tidak hadir” ke kelas selama 3-4 kali ( dalam 1 semester ). Keterangan tersebut membuat teman-teman saya memanfaatkannya, tapi tidak berlaku bagi saya.

Prinsip saya, selama tidak ada kegiatan yang urgent dalam artian memang tidak bisa ditinggalkan sama sekali dan mengharuskan saya hadir, ya saya tetap memutuskan untuk berangkat kuliah. Karena saya sadar betul bahwa “kuliah” adalah cita-cita saya sejak kecil, jadi nggak mau menyia-nyiakan.

Dih ngapain sih lo dhe, rajin – rajin banget masuk kelas?, kan dikasih 4 kali nggak hadir, nggak apa-apa kali dhe. Gw sih rugi banget nggak manfaatin itu”.

Begitulah kira-kira celotehan salah satu teman kuliah saya, saya pun menjawab sambil tak lupa senyum simpul lagi “iya nih soalnya gw oon banget jadi gw gak mau ketinggalan mata kuliah ini hehe”.

Bukannya mau tinggi hati atau berbangga diri yang berlebihan yah man teman. Saya dan teman saya tersebut adalah satu angkatan yang sama, Alhamdulillah saya ( yang sempat cuti 1 semester ) bisa lulus tepat waktu, sementara teman saya masih berkutat dengan banyak nya mata kuliah yang belum diambil.

 Bangga bukan karena bisa lulus lebih cepat dari pada teman saya, tapi lebih tepat nya saya bangga karena bisa terus menerapkan kedisiplinan yang saya anggap ilmu kehidupan ini sejak di bangku SD sampai kuliah.

Tak hanya di pendidikan, dalam dunia pekerjaan pun saya kerap menerapkan ini. Sesekali telat masuk kantor pernah juga mengalami nya kok, tentu hal tersebut menjadi pelajaran bagi saya untuk tidak kembali melakukan hal yang sama.

Disiplin waktu tuh memang sangatlah wajib saya terapkan, terlebih pekerjaan saya saat ini mengharuskan bertemu dengan orang – orang baru, misalnya bertemu dengan klien untuk sebuah meeting. Saya dibekali ilmu juga dari teman saya tentang hal ini.

“Tak masalah kita menunggu mereka, tapi jangan sampai membiarkan mereka ( klien ) yang menunggu kita”

Untuk itu pula, saya selalu megusahakan datang dilokasi 1 jam sebelum. Bukan lagi on time melainkan in time. Hal ini berlaku juga saat saya ingin bertemu dengan Dosen Pembimbing, saya selalu hadir 1 jam sebelum dan segera mengabari nya melalui whatsapp / sms pada saat saya sudah sampai.

Hal tersebut, tidak hanya menandakan bahwa kita adalah orang yang disiplin waktu, tetapi juga menunjukkan bahwa kita adalah orang yang professional, orang yang serius, orang yang cekatan dan bertanggung jawab.

Mungkin sebagian orang masih ada yang “menyepeleh” kan hal ini. Tapi percayalah dengan menerapkan disiplin, selain manfaat – manfaat tadi yang didapat, man teman juga bisa mendapatkan peluang apapun. We never know akan ada peluang apa saat kita konsisten dan tanpa paksaan dalam menerapkan dispilin.

Jadi tetap lah jalani disiplin, even sekarang kita di rumah aja pun, disiplin perlu banget lho. Salah satu nya adalah membuat list to do / day. Misalnya nih saya tulis yang akan dilakukan besok : Bangun lebih pagi, menyelesaikan tulisan di Blog, mencuci sprei dan beres –beres kamar.

Bagi man teman yang sudah menjalankan dan menerapkan disiplin ini, yuk bagikan juga pengalamannya ke orang lain agar mereka bisa melakukan hal yang sama. Untuk man teman yang akan dan baru memulai, terus semangat yah dalam menjalankan kedisiplinan.

Inget lho manfaat buat diri sendiri nya sangat terasa selama kamu menjalankannya dengan senang hati dan tanpa paksaan dari siapapun. Goodluck yah man teman, stay safe and stay healthy. Adhe Albian signing out…!!

Referensi :

https://www.maxmanroe.com/vid/sosial/pengertian-disiplin.html


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Comments