Belajar Dari Yang Lebih Muda, Kenapa Tidak?

 

                                                 

“Setiap bertemu dengan orang baru, saya selalu mengosongkan gelas saya terlebih dahulu” – Bob Sadino -

Man teman ada kah yang masih ingat dengan kata bijak yang dilontarkan oleh Almarhum Bob Sadino tersebut? Kalimat nya singkat tapi penuh dengan arti. Jaman sekolah sampai kuliah, sosok beliau selalu dijadikan contoh pengusaha sukses yang sederhana.

 Dari beliau lah banyak yang terinspirasi termasuk saya salah satu nya. Well, qoutes dari Om Bob ini seolah mengajak saya flashback ke pengalaman yang bisa dibilang sangat mempengaruhi hidup saya.

Banyak yang bilang lingkungan pergaulan mempengaruhi perilaku kita, awal nya saya tidak mengamini hal tersebut, tapi setelah merasakannya sendiri ternyata apa yang di bilang orang – orang tersebut adalah benar.

Bisa saja jika saat ini saya tidak bertemu dengan lingkungan pergaulan yang tepat, mungkin sekarang saya tidak sedang menulis ini dan bisa jadi terjerat dengan pergaulan yang tidak baik.

Well, bertemu dengan teman yang tepat tak semerta-merta datang begitu saja, istilahnya saya tuh harus melalui jalan yang tidak baik dulu gitu lho man teman, sampai pada akhirnya bisa ketemu dan berkumpul dengan circle yang Alhamdulillah sampai saat ini sangat baik.

Circle ini lah yang membuat saya jadi banyak belajar tentang banyak hal, dari si A saya belajar tentang struggle, dari si B saya belajar tentang bagaimana mengajar impian untuk terus bisa kuliah, dari si C saya belajar tentang gimana menulis, dan pelajaran – pelajaran lain yang saya dapat dari circle tersebut.

BELAJAR DARI YANG LEBIH MUDA, KENAPA TIDAK?

Eitts tapi nggak hanya dari circle saya saja lho, banyak hal lain juga yang saya dapat di luar circle saya. Ngomongin per circle an ini, saya jadi inget satu hal, ada salah satu temen saya pernah bilang gini :

“lo belajar itu ngapain, sementara yang ngajar lo aja usianya dibawah lo, lulusan SMA doang lagi?”

Coba kalau man teman ada di posisi saya, kira-kira mau jawab apa saat ditembak pertanyaan seperti itu oleh teman sendiri?

Bukan sok-sok an idealis atau gimana yah man teman, akhirnya saya pun menjawab pertanyaan beliau seperti ini “Pengalaman orang berebeda-beda, apa yang orang lain dapat, belum tentu saya dapat, untuk itu saya mau belajar dari pengalamannya dan sama sekali saya nggak melihat usia ataupun pendidikannya” sambil saya lempar dengan senyuman.

“Oh gitu, ya terserah sih..!!” bales temen saya lagi. 

Apakah dengan jawaban teman saya yang seperti itu lantas membuat saya jadi mengurungkan niat saya belajar dengan orang lain? Ya tentu nggak dong, malah saya akan malu dan menyesal kalau sampai nggak jadi ambil kesempatan itu .

Pengalaman belajar dengan yang lebih muda dari usia saya bukan hanya saja yang mengalami, sekeliling saya pun pernah juga mengalaminya bahkan mereka malah merasakan bahagia karena mendapatkan sesuatu yang baru dan juga bisa bertukar pengalaman.

MAU KAH MENGOSONGKAN GELAS MU?

Man teman sudah paham betul kan yah tentang “gelas kosong” ini? Gelas kosong yang dimaksud disini adalah kita berani mengosongkan segala hal, mulai dari ego sampai dengan pengalaman / ilmu yang pernah kita dapat sebelumnya, intinya buat kita jadi kembali “tidak tahu apa-apa”.

Fungsi dari dikosongkannya gelas tersebut tentu adalah agar kita bisa menampung dalam mendapatkan wawasan, pengalaman, bahkan ilmu pengetahuan yang baru lagi. Untuk itu lah penting sekali kita mengosongkan gelas saat ingin belajar dengan orang lain bahkan dengan yang lebih muda sekalipun.

Mungkin beberapa orang memang masih ada saja yang menganggap bahwa “untuk apa belajar dengan yang lebih muda?” tapi bagi saya, ya tadi pengalaman semua orang berbeda-beda dan tak ada salahnya belajar dari yang lebih muda dari kita.

Nggak hanya satu dua kali saya dapat ilmu apapun dari yang usia nya lebih muda dari saya, malahan saya pernah mendapatkan pelajaran yang sangat menyentuh dari tingkah laku seorang anak kecil lho.

Saya pernah bertemu dengan seorang gadis kecil dengan pakaian yang sedikit lusuh seolah tak terurus sedang berjualan tisu di pinggir jalan. Saat dia menghampiri saya untuk menawarkan tisu nya, saya iseng bertanya “Kamu kelihatan seneng banget jualan tisu, kenapa?” sambil saya lempar senyum tipis.

Dengan nada yang sumringah dan tak lupa dengan senyum nya juga, gadis kecil itu pun menjawab “Iya, aku seneng kak jualan tisu di jalanan, banyak temen-temen dan bisa bantu emak”

Jawabannya seolah menampar saya, patutkah saya banyak mengeluh disaat banyak orang di luar sana yang masih berjuang untuk keluarga nya?. Bisa dilihat kan yah man teman bahwa pelajaran apapun bisa datang dari mana saja, oleh siapa saja dan kapan saja.

Jadi, jangan pernah malu yah man teman untuk belajar dengan siapapun dan belajar dengan yang lebih muda pun tak akan membuat kita jadi lebih rendah kok, percayalah bahwa memperluas wawasan / menambah ilmu itu tak ada rugi nya. Jadi gimana, udah siap kah mengosongkan gelas?

Sebelum menutup tulisan kali ini, coba kita sama-sama mengintip kembali quotes dari Om Bob Sadino yang saya taruh di awal paragraph tadi, semoga bisa menginspirasi dan dijadikan motivasi kita semua untuk terus haus akan ilmu dan pelajaran-pelajaran yang baru. Semangat yah man teman..!!

Adhe Albian signing out…!!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Comments