Mengintip Tanaman Apotek Hidup Yang Akan Hadir Di Rumah


                                                   

 

Mempunyai sebuah rumah adalah sebuah impian yang tetap harus saya kejar. Nggak dikasih sekarang bukan berarti kita nggak layak mendapat rumah saat ini, jadi tak usah terburu-buru, tetap berusaha dan rajin berdoa.

Well, ngomongin punya rumah, berarti mimpi lainnya tentu ikut membuntuti nih temen – temen. Banyak banget deh “kehaluan” yang hinggap dipikiran hehe. “Pokoknya nanti kalau udah punya rumah, pengen ada ini, pengen punya itu, harus ada ini dan juga harus ada itu”. Sekilas pemikiran – pemikiran yang seperti itu lah.

Nah salah satu pemikiran yang mau saya bagi kali ini ( jika saya mempunyai rumah ) adalah tentang keinginan saya mempunyai sebuah tanaman yang beragam isi, mulai dari tanaman yang bisa menjadi bumbu dapur, bahan masakan, bahkan ke tanaman – tanaman yang bisa menjadi obat alami ( Apotek Hidup ).

Karena saat ini masih menjadi anak kosan, jadi lagi belajar dulu nih menanam tanaman yang bikin seger dan bawa suasana baik didalam kamar. Kalau temen – temen belum tahu apa yang saya tanam didalam kamar kosan, coba baca ini yah : Kegiatan kreatif disaat Pandemi

Yup, jadi buat saya yang masih awam, menanam tanaman apotek hidup yang fungsinya banyak itu nggak mudah, untuk itu saya mencoba belajar dari yang mudah dulu ( dari segi saya mendapatkannya dan dari segi perawatannya ).

Jadi apa aja nanti yang rencananya akan ditanam dhe? Well, sejujurnya sih masih bingung juga yah, jadi belum ada bayangan akan memilih jenis tanaman / apotek hidup apa saja. Nah, karena belum ada bayangan yang bisa diintip, jadilah saya mencari dan mengintip referensi dari beberapa artikel.

Artikel – artikel berikut ini adalah artikel yang bisa saya atau mungkin temen – temen jadikan referensi dalam memilih tanaman apotek hidup :

1.   Rumah.com

Di artikel yang saya akses pada tanggal 15 Juni 2020 ini, memberikan penjelasan mengenai tanaman – tanaman yang cocok dan juga manfaat nya. Tanaman – tanaman tersebut seperti :


  Kumis Kucing, yang mempunyai manfaat mengobati masuk angin, radang ginjal, kencing manis, reumatik, menurunkan glukosa darah dan sembelit.


 Lidah Buaya, yang mempunyai manfaat radang tenggorokan, menyuburkan rambut, sembelit, batuk, sakit kepala, muntah darah hingga serangan jantung.



   Daun Saga, yang mempunyai manfaat mengobati amandel, radang mata, sariawan, darah tinggi, batuk kering, jantung berdebar dan keringet dingin. Temen-temen perlu hati-hati dalam menanam ini, karena ada dua bagian yang bisa menjadi obat dan ada juga yang bisa menjadi racun. 



    Daun Dewa, yang mempunyai khasiat anti inflamasi ( anti radang ), melancarkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, luka memar, menghentikan pendarahan, kencing manis, diabetes mellitus, dan pembersih racun dalam tubuh.



  Sambiloto, yang mempunyai manfaat mencegah pembentukan radang, menurunkan panas badan, meredakan sakit perut, kencing manis, terkena racun, dan menurunkan tekanan darah. 



   Daun Cincau, Yang bisa menjadi bahan utama untuk menyegarkan tenggorokan, mengobati sakit perut, demam, hipertensi, mengobati tumor ganas, kanker ginjal, antiradang, hipertensi, vertigo, kolesterol, daan maag kronis.

2.   Sehatq.com

Di artikel yang saya kunjungi pada tangal 15 Juni 2020 ini juga terdapat beberapa jenis tanaman yang seperti nya akan saya garap dirumah hehe.



  Jahe, yang dapat dipercaya meredakan mual, membantu mengurangi nyeri otot, meredakan gejala osteoarthritis, menurunkan kadar gula dalam darah, dan menurunkan resiko penyakit jantung pada pasien diabetes tipe 2.



   Kunyit, mempunyai kandungan curcumin, yaitu antioksidan kuat yang bisa menteralisir radikal bebas sehingga dapat mencegah terjadinya kanker.  




  Temulawak, yang mempunyai manfaat melindungi tubuh dari penyakit jantung dan mencegah penyakit kanker. Meski begitu hal ini memerlukan penelitian lebih lanjut.



   Bawang Putih, selain bisa dijadikan sebagai bahan masakan, bawang putih juga dipercaya dapat mencegah dan meredakan pilek serta flu. Bahkan kandungan antioksidannya daianggap dapat melawan penuaan dan kerusakan sel.



     Gingko, yang mempunyai manfaat dapat mengobatai pasien dengan demensia ringan hingga sedang dan dapat memperlambat penurunan kognisi pada penyakti demensia serta Alzheimer.

Saya pribadi perlu banyak belajar lagi nih tentang tanam menanam apotek hidup ini. Seperti yang temen-temen lihat bahwa apotek hidup ini banyak sekali manfaat nya, untuk itu menurut saya perlu perawatan yang ekstra juga untuk mereka.

Doakan yah temen-temen impian bisa menanam tanaman apotek hidup dirumah bisa trewujud. Saya juga mendoakan temen – temen semua untuk mempunyai apotek hidup segera bagi yang belum. Nah untuk yang sudah punya apotek hidup di rumah, semoga tanamannya semakin subur dan bisa menambah jenis tanaman apotek hidup lainnya.

Terimakasih sudah berkunjung ke artikel saya, jika ada saran mengenai jenis tanaman apotek hidup yang cocok saya tanam apa, info di kolom komentar yah. Well, sampai ketemu lagi di artikel – artikel berikut nya yah, stay safe and stay healthy everyone..!!

Adhe Albian signing out…!!


Referensi :

https://www.rumah.com/berita-properti/2016/9/135465/khasiat-tanaman-apotek-hidup-yang-wajib-anda-ketahui

https://www.sehatq.com/artikel/mengenal-apotek-hidup-dan-berbagai-jenis-tanaman-obatnya


Comments

  1. Good luck ya semoga apotek hidupnya jadi dan bisa tumbuh subur tanamannya. Pasti bikin bahagia deh

    ReplyDelete
  2. Saya belum kesampaian juga nih pengen punya tanaman cincau di rumah. Biasanya yang bercocok tanam begini tuh suami saya. Nanti saya menikmati hasilnya aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat yah mba, semoga segera terwujud punya tanaman cincau nya ;)

      Delete
  3. Waduh baca artikel ini jadi tahu kalau kumis kucing bisa jadi obat ya, padahal waktu kecil sering banget itu kumis kucing kena tangan jahil saya untuk dijadikan main masak-masakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya mba, dulu waktu aku kecil juga sering aku potek-potekin karena nggak tahu kalau kumis kucing punya manfaat yang banyak ;)

      Delete
  4. Saya juga punya impian buat punya rumah yang bisa ditanami berbagai macam tumbuhan. Lumayan juga selain bisa bikin adem rumah, hemat, dan bisa mengenalkan juga cara bercocok tanam sama anak. Semoga mimpi punya rumah yg diisi berbagai macam tanaman bisa segera terlaksana ya Mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..Semangat juga buat capai mimpi nya yah Mba Eka ;)

      Delete
  5. Alhamdulillah walau gak luas, halamanku udah ada apotek hidup dan warung hidup. Cukup memenuhi kebutuhan kalau lagi butuh buah dan sayur tinggal metik hehe ada pepaya, lidah buaya, cabai rawit dan daun pandan :)
    Mas Adhe moga tercapai ya punya rumah dengan warung hidup dan apotek hidupnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kalo lihat photo2 halaman rumah teteh aja udah langsung ngebayangin betapa adem nya rumah teteh, belom lagi ada tanaman / apotek hidup nya. Aamin teh , nuhun doa nya yah teh ;)

      Delete
  6. Tanamanku masih sedikit karena kondisi rumah agak susah buat menanam. Meskipun di pot bunga juga kurang bagus hasilnya karena tidak mendapat panas matahari pagi. tapi sejauh ini, jahe, lidah buaya, kunyit dan cabe sudah bisa panen. Nah, kalau saran saya nanam cabe, tomat itu aja. Gampang kok dan bisa lgs konsumsi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bener tuh cabe dan tomat harus saya masukkan ke dalam list hehe, makasih Mba Damar atas saran nya ;)

      Delete
  7. Bener juga ya. Punya rumah sekaligus apotek hidup pasti jadi impian. Saya juga ingat ketika dulu tinggal dirumah nenek. Di pekarangan selalu saja ada tumbuhan yang bisa dimanfaatkan. Semoga kelak bisa kayak gitu juga. Punya rumah dan apotek hidupnya

    ReplyDelete
  8. Aamiin. Aku jadi ingat semasa SD tiap awal semester pasti disuruh bawa tanaman apoek hidup. Tetangga depan rumah juga rajin nanam apotek hidup. Ternyata setelah dipikir-pikir emang banyak manfaatnya.

    ReplyDelete
  9. Aku juga punya keinginan pekarangan rumahku nanti kujadikan Apotek Hidup, apalagi Orangtua dan Keluargaku di Garut masih serba herbal kalau minum obat, sampai tahu tumbuhan mana aja yg bisa dijadikan obat, padahal aku lihatnya cuma daun² biasa yang tumbuh di sembarang tempat, haha perlu belajar nih makanya, makasih ya referensi website-nya, aku kunjungi juga aah satu-satu :))

    ReplyDelete
  10. ka adhe semakin rajin bertanam dirumah kayanya ya.. btw dirumahku jg lg pada sibuk bertanam walaupun bukan apotek lebih ke tanaman hias tapi jadi keliatan seger aja gitu, nextnya bisa deh dicoba bertanam ala apotek hidup kaya ka adhe gini

    ReplyDelete
  11. Di ruamahku semua tanaman apotek hidup ada semua, kecuali yang Gingko belum punya nih

    ReplyDelete
  12. Aku juga punya impian bikin apotek hidup nih di rumah. Secara sekarang halaman masih sempit. Semoga nanti dapat rumah baru yg punya halaman luas deh. Pingin nanem2

    ReplyDelete
  13. Aku pas pindah rumah mulai bertanam semoga konsisten hahaha

    ReplyDelete

Post a Comment