Enggak Nyangka Lho, Kegiatan Ini Bikin Saya Ketagihan


 

www.adhealbian.blogspot.com

 

Terpikirkan mau melakukan hal yang satu ini juga seriusan deh nggak sama sekali. Semua berawal dari temen gw yang pada saat bulan puasa kemarin ngajakain ngabuburit sekaligus mencari sebuah tempat yang emang lagi dia incer-incer hehe.

Tempat nya agak lumayan sih kalau jalan kaki dari kosan. Eits tapi emang itu tujuannya juga sih, ngabuburitnya jalan kaki keliling ketempat-tempat yang berlum pernah kita datengin deket-deket kosan. Jadi ngabuburit nya sambil olahraga tipis-tipis.

Well, tempat yang saya maksud adalah sebuah tempat dimana beberapa “toko tanaman” berjejer dipinggir jalan. Yup temen saya akhirnya menemukan incerannya dan ngajak saya melipir kesini. Dia emang lagi nyari tanaman-tanaman hias buat dikamar kosan gitu lho, kan lagi kekinian banget juga tuh. Selain bikin kamar seger, kamar juga jadi terlihat minimalis dan aesthetic.

Jadi, pada saat pertama kali kesana sih sama sekali gak kepikiran mau ikutan beli juga tanaman hias itu. Bingung juga gitu, nggak kenal jenis-jenis tanaman tapi mau sok-sokan beli, yang ada tanaman yang saya beli bisa mati nggak keurus kan kasian.

Beberapa hari setelahnya, temen saya ajak kesana lagi untuk beli jenis tanaman yang berbeda. Dan tadaaaaa saya pun tertarik sama tanaman yang temen saya beli pertama kali yaitu “Sirih Gading” untuk saya beli. Harga nya terjangkau banget buat sekelas anak kosan macam saya ini, kalau gak salah sekitar Rp. 10.000 – Rp. 12.000,- an, jadi lah saya bungkus dan boyong ke kosan.

MENGENAL SIRIH GADING YUK..!!

Menurut yang saya baca melalui Wikipedia, Sirih gading ini adalah tumbuhan merambat semi-epifit yang biasa ditanama orang sebagai penghias pekarangan atau ruangan. Tumbuhan anggota suku talas-talasan ( Araceae ) ini mudah dikenal dari warna daunnya yang belang warna kuning cerah hingga kuning pucat.


Sirih Gading ( sumber gambar : wikipedia )


Saat ini tanaman sirih gading dimasukkan kedalam marga Epipremnum, setelah sebelumnya dianggap sebagai marga Scindapsus ( S.aureus ) dan pernah pula dianggap sebagai anggota marga Raphidophora ( sebagai R. Pinatta ).

Banyak juga yah marga nya Sirih gading hehe. Nah sesuai marga nya yang banyak, tak heran tanaman mungil yang satu ini banyak dicari sama semua orang. Karena selain perawatannya yang mudah, Sirih gading ini adalah jenis tanaman yang nggak rewel alias cocok ditanam dimedia tanam manapun / apapun, salah satu nya yang saya lakukan yaitu menamanya dengan media Air.

MENJADI KREATIF SAAT PANDEMI

Tanpa disadari, kegiatan beli tanaman yang akhirnya harus merawat dan disayang-sayang ini, masuk kedalam salah satu kegiatan yang saya isi selama pandemi. Kegiatan ini bisa dibilang kreatif juga sih, karena jadi bikin saya melakukan beberapa hal juga untuk merawat sang buah hati ( tanaman sirih gading ) ini hehe.


www.adhealbian.blogspot.com


Ini nih alasan kenapa saya bisa katakan kegiatan ini kreatif, karena saya melakukan beberapa hal berikut :

1.   Pot yang awal beli berisi tanah, saya ganti dengan air.

www.adhealbian.blogspot.com

2.  Karena saya ganti dengan air, maka pot pun saya ganti dengan botol bekas air mineral.

www.adhealbian.blogspot.com

Nah ini beberapa contoh botol - botol bekas yang udah di permak sama temen saya. Dia mah rajin banget anaknya hehe.

Ini punya temen saya Agil

3. Nah udah ada botol kan tuh, tinggal saya akalin pakai “tali sarung guling” yang nganggur untuk saya jadikan gantungan botol nya.

www.adhealbian.blogspot.com

4.  Ikutan saran temen saya juga nih, untuk semprot sirih gading sehari 2 kali ( pagi dan sore ), anggep aja kaya mau mandiin anak hehe.

www.adhealbian.blogspot.com

5.   Nah karena terbatas sama semprotan, akhirnya saya akalin pakai botol bekas parfum, tinggal cuci, isi air, semprot-semprot deh.

www.adhealbian.blogspot.com

6.   Rajin ganti air botol nya juga 2 hari sekali dan botol nya dicuci sampe bersih.

www.adhealbian.blogspot.com

7.   Nah yang ketujuh, jadi ketagihan pengen beli tanaman yang lain lagi.

www.adhealbian.blogspot.com

Kegiatan kreatif selama pandemi yang satu ini emang beda sih, karena emang sama sekali nggak pernah terpikirkan mau beli apalagi merawat nya. Tapi sekarang malahan disayang-sayang dan beneran ketagihan mau beli lagi dengan jenis tanaman yang beda. Temen-temen ada ide kah kira-kira tanaman apa yang cocok buat saya taro didalem kamar kosan?

Kasih tau dikolom komentar yah hehe. Anyway, semoga temen-temen yang baca ini punya banyak kegiatan – kegitan yang kreatif juga yah, kali-kali aja bisa dishare, siapa tahu kan bisa meningspirasi saya dan temen-temen yang lain.

Well, selamat melakukan kegiatan masing – masing, stay safe and stay healthy yah semuanya. Terimakasih sudah kembali melipir kesini. Sampai jumpa di artike-artikel berikutnya.

Adhe Albian signing out…!!

 


Comments

  1. Asik nih, langsung di catet jenis puun dan cara ngerawatnya, makaciiiiw :)

    ReplyDelete
  2. Mungkin bisa cobain kaktus. Suka lucu-lucu kan tuh kaktus yang ditaro di pot kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good idea mba, nanti next akan dicoba hehe thankyou ;)

      Delete
  3. pas awal baca kirain tutorial mau nyirih ternyata merawata tanaman sirih gading...btw cocok gaksi untuk jadi tanaman hias di dinding? kayanya seru juga yaa merawat tanaman dikala pandemi gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok kak, itu aku taro di dinding kok hehe ;)

      Delete
  4. Punya tanaman itu bisa menjadikan kepuasan tersendiri ya apalagi tanaman yang kita tanam tumbuh dengan subur dan berbunga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget mbak, kalah deh perhatiannya sama ke pacar mah hehe

      Delete
  5. Bener bener kegiatan kreatif ya Kak. Dari sebuah sirih gading. Aku sering lihat tanaman ini tapi baru tahu namanya hehe maklum bukan pengamat dan sambil lalu lihatnyaXD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mencoba untuk kreatif nih mba hehe, habis udah bingung jga yah ngapain lagi gitu hehe ;)

      Delete
  6. Woaaa sama, psbb bikin semangat berkebun biar happy ada pemandangan baru dan tentunya sedekah buat lebah dan kupu-kupu hihu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya, wah bakal indah banget tuh kalau ada kupu - kupu berterbangan ;)

      Delete
  7. Ah aku juga punya nih tanaman sirih gading di rumah. Tapi aku tanam di media tanah sih. Emang cantik tanaman ini untuk di dalam ruangan. Oya satu lagi yang menarik dari tanaman ini adalah mudah diperbanyak. Kalau pakai media air, tinggal potong sebagian terus masukin ke wadah baru nanti tumbuh sendiri deeh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu yang akan segera saya lakukan mba hehe, potong jadi dua karena yang pertama sepertinya sdah mulai memanjang nih hehe ;)

      Delete
  8. Ohiyaa aku tau tanaman itu hehe, tapi baru tau namanyaa. Iyaa bener sih aku pen nyoba juga ah tanam ituu di rumah biar makin seger hehe

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah kami juga mulai rajin menanam bunga di halaman. Senang banget sudah mulai tampak hijau dan teduh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti seger banget kalo udah lihat yang hijau - hijau yah mba ;)

      Delete
  10. Cakep nih kegiatannya, andai ku bisa begini nih, kalau ngurus taneman ya ampun susah banget aku mah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat ceu, ini akan membuat fresh ceu lis ditengah kesibukan pekerjaan yang padet hehe ;)

      Delete
  11. i give you
    tips on planting flowers with stems like taro flowers,you enough
    cut the stem and then plant it in a pot of water. Take the flower near
    a window or a place that can enter free air or a little sun

    ReplyDelete

Post a Comment