10 HAL INI WAJIB SAYA LAKUKAN DI NEW NORMAL, KAMU GIMANA?



www.adhealbian.blogspot.com


 

 

Hai Everyone, Selamat menginjak di bulan yang baru yah, semoga di Bulan Juni 2020 ini semua keadaan menjadi semakin membaik dari bulan – bulan sebelumnya. Belakangan, kita semua sudah disuguhkan banyak berita – berita yang tidak begitu baik, dan hal tersebut semoga tidak membuat kita jadi patah semangat.

Untuk itu kita juga jangan berfokus ke berita – berita yang tidak baik tersebut, melainkan fokus lah kepada berita – berita yang isinya memberikan informasi – informasi yang positif, sehingga membuat kita semua juga jadi lebih berfikir dan melakukan semua tindakan dengan positif.

Ngomong-ngomong berita, ada berita yang belakangan ini menjadi pembicaraan hampir semua orang, yaitu bersiap – siap mengahadapi “New Normal”. Kalau menurut temen- temen berita ini negatif atau positif?.

NEW NORMAL ITU . . .

Dikutip dari detik.com , New Normal itu sendiri adalah sebuah istilah yang dapat diartikan / dikatakan sebagai cara hidup baru ditengah situasi pandemi virus corona yang angka kesembuhannya semakin meningkat. 

Jadi temen – temen disini termasuk orang – orang yang sangat excited menyambut New Normal atau termasuk ke golongan orang – orang yang menyambut nya dengan yang biasa – biasa saja nih?

Saya pribadi sih, menyambut New Normal ini dengan 50:50, ada sisi senang dan tidak nya, senangnya adalah semua lapisan dapat kembali mencari nafkah dengan bekerja seperti biasa dengan tetap memperhatikan dan menjalankan protokol kesehatan.

Tidak senangnya adalah, lebih kepada kekhawtiran terhadap orang – orang yang masih menganggap remeh hal ini, sehingga melupakan penerapan protokol kesehatan, jadinya sembrono dan bodo amat dalam melakukan berbagai hal. Bukan tidak mungkin gelombang 2 pandemi Covid-19 akan terjadi, jika masih ada masyarakat yang bandel seperti itu.

Oiya fyi, buat temen-temen yang mungkin belum tahu, New Normal ini diberlakukan bukan semata-mata langsung diterapkan begitu saja yah, tentunya pemerintah sudah melakukan berbagai macam hal termasuk salah satu nya survey ke berbagai daerah atas perkembangan dari Covid-19 itu sendiri.

Seperti yang saya kutip kembali melalui detik.com, Pemerintah sendiri menyiapkan tiga syarat daerah bisa menerapkan new normal dan mengurangi PSBB yakni indikator penularan berdasarkan angka reproduksi dasar wabah ( R0), kesehatan, serta kapasitas pengujian tes Covid-19 terhadap masyarakat.

Gara-gara berita ini jadi pembicaraan dimana-mana, kemarin sempet ngobrol – ngobrol santai bareng temen- temen “kantor lama” melalui WAG dan keselip bahasan ini, tentang gimana cara mereka menghadapi / menyambut New Normal yang dalam waktu dekat ini akan diterapkan, siap atau nggak?.

Kebanyakan sih siap, dan sudah membuat planning apa saja yang akan dilakukan, termasuk salah satu nya adalah mencari pekerjaan dan hal – hal lain yang tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"HARAPAN DAN CARA SAYA SAMBUT NEW NORMAL"

New Normal, apa harapan mu dhe? “tanya pada diri sendiri”. tentunya dengan sangat penuh harapan bahwa saya akan dibuat kembali sibuk meeting dengan berbagai klien/vendor untuk beberapa project / event. Temen- temen freelancer pasti sangat sependapat dengan ini. Karena dampak nya sangat – sangat terasa banget selama 3 bulan “berdiam diri” dirumah aja.

Well, semoga terwujud yah dhe, yang penting saat ini jalani aja apa yang semestinya dijalani.

Oiya menyambung obrolan saya dengan teman-teman saya di WAG tadi, sebagian mereka kan udah siap tuh menyambut New Normal dengan cara nya masing-masing, saya pun nggak mau kalah hehe.

Nah, ini nih cara saya menyambut dan menjalani New Normal yang dalam waktu dekat ini akan diterapkan :

1.       Menyambutnya dengan pemikiran yang positif


www.adhealbian.blogspot.com


Seperti yang tadi saya sampaikan diatas, bahwa pemikiran positif akan berdampak kepada hal – hal yang positif, dari mindset kita sampai dengan hal – hal yang akan kita lakukan.

2.     Keluar kosan / rumah seperlunya saja.

www.adhealbian.blogspot.com


Hal ini sih sebenernya sudah dilakukan 3 bulanan ini, jadi bener – bener ini akan menjadi hal yang bener – bener baru dalam menjalani masa pandemic. Semoga segera berakhir dan bener-bener kembali ke “Beneran Normal” bukan “New Normal” lagi.

3.  Tetap menjadikan protocol kesehatan sesuatu hal yang wajib dilakukan setiap hari ( jaga jarak, rajin cuci tangan, menggunakan masker ).


www.adhealbian.blogspot.com

Protokol kesehatan ini wajib banget temen-temen terapin sih. Please banget jangan sepelehin hal-hal ini, karena dampaknya nggak hanya ke diri sendiri, tetapi berdampak ke orang lain juga.

Oiya buat perokok aktif, please banget stop untuk merokok, karena dampak buat perokok aktif terhadap Covid-19 itu mempunyai resiko tertinggi lho. Baca ini deh..!!

4.     Usahakan sarapan dari rumah / kosan sebelum keluar untuk bekerja.

www.adhealbian.blogspot.com


Saya dapet ini dari salah satu temen saya yang bekerja sebagai “driver online”, beliau menyebutkan bahwa sarapan dari rumah itu sangatlah penting, karena apa yang dimasak dan bahan-bahannya apa saja kita sendiri yang tahu. Jadi sudah terlihat jelas kebersihan dan kesehatannya. Nah hal ini yang akan mulai saya lakukan untuk menyambut dan menjalani New Normal.

5.     Stok Vitamin dan Obat-obatan.

www.adhealbian.blogspot.com


Inget boleh nyetok tapi jangan nimbun yah hehe. Jadi beli vitamin dan obat-obatan seperlu nya saja.  

6.     Memperbanyak konsumsi makan – makanan sehat.

www.adhealbian.blogspot.com


Ini bener-bener akan saya jalankan di New Normal ini, karena sebelumnya jujur saja saya termasuk orang yang jarang banget makan-makanan sehat. Jadi, bisa dihitung dengan jari lah makan – makan sehat nya itu, selebihnya wuaah jangan ditanya deh hehe.

7.     Jangan lagi malas olahraga..!!

www.adhealbian.blogspot.com


Sama dengan poin nomor 6 tadi, olahraga tipis-tipis mulai saya lakukan at least saya bisa mengeluarkan keringat dengan olahraga tipis –tipis ini dikosan. Banyak tutorial juga lho yang bisa temen- temen intip di youtube, facebook atau Instagram.

8.   Mempersiapkan Healthy Kit 

www.adhealbian.blogspot.com

Ini adalah healthy kit versi saya yang wajib dibawa setiap hari ( hand sanitizer, masker kain, vitamin c, tissue basah, tissue kering, dan disenfektan versi mini ). Jangan lupa masukan semua semuanya itu kedalam satu poach / tas kecil, hal ini membuat saya pribadi menjadi ringkes dan praktis. Jadi ketika mau pergi tinggal masukin aja satu poach kecil ini kedalam tas.

9.    Gunakan dompet digital dan hindari penggunaan uang cash ( uang kertas )  

www.adhealbian.blogspot.com


Seperti yang temen-temen tahu penyebaran kuman bisa melalui uang kertas, untuk itu usahakan semaksimal mungkin untuk menghindari penggunaan uang kertas dan beralihlah ke dompet digital.

10.  Harus mandi setiap habis keluar rumah / kosan.

www.adhealbian.blogspot.com

Ini sudah saya lakukan semenjak penerapan PSBB, jadi ketika saya keluar rumah/ / kosan karena keperluan yang mendesak, saya pasti langsung mandi sesampai rumah / kosan. Sebelum pandemi ini sih, biasanya bisa ditunda-tunda mandi nya, tapi kali ini nggak bisa, jadi kudu dan wajib mandi.

Well, itulah 10 cara saya menyambut dan menjalani New Normal yang beberapa diantaranya sudah saya lakukan disituasi dan kondisi pandemi ini. 

Jadi, sekarang sih lebih ke kesiapan kita aja untuk tetap bisa beraktivitas seperti biasa tetapi dengan situasi dan kondisi yang tidak biasa. So, siap nggak siap harus tetap dilakukan dengan tetap menajalankan protokol kesehatan dan mengikuti semua himbawan pemerintah.

Sekali lagi saya sangat berharap pandemi ini bener-bener bisa segera berakhir, banyak hal yang akhirnya tidak bisa saya lakukan dikarenakan Covid-19 ini. So Covid-19 please go away as soon as possible…!!

Well temen –temen, cara saya menghadapi new normal dengan cara kalian bisa jadi sama, bisa jadi juga berbeda. Yuk berbagi juga biar bisa saling mengisi dan menginspirasi. Terimakasih sudah kembali melipir kesini, Stay safe and stay healthy yah semuanya..!!

Adhe Albian signing out…!!

 


Comments

  1. mau tak mau memang kita harus hadapi The New Normal ini, banyak hal yang belum biasa kita lakukann, tapi harus dilaksanankan demi kebaikan bersama. Isi tas sekarang pastinya akan banyak isinya, mulai dari handsanitizer, masker, tissue, dll. Ayo bersama kita bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semakin banyak printilan nyang kita bawa dalem tas yah mas hehe, ak apa lah yah mas yang penting bisa buat kita sehat dan jauh2 dari virus aamiin ;)

      Delete
  2. New Normal, jelas beda dengan kehidupan sebelumnya dan setuju banget kita harus positif utk menyambutnya, yang terpenting terus mentaati protokol kesehatan. Semoga kita semua sehat selalu ya dan pandemi segera berakhir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mba, semoga semua nya cepat kembali "beneran normal" biar semua orang bisa kembali beraktivitas dan mencari rnafkah seperti sedia kala ;)

      Delete
  3. Aku kayaknya tim biasa aja hehe secara sebelum pandemi pun aku lebih banyak di rumah, kerja dari rumah meski pastinya bakal kepengen juga datang ke beragam event edukatif seperti kumpul blogger. Kira kira bisa ngga ya? Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kegiatan atau event edukatif blogger diadakan lagi di era new normal ini yah mba, dengan ttp memperhatikan protokol kesehatan ;)

      Delete
  4. Setuju selalu berpikir positif dan tidak lupa jaga kesehatan ya. Apalagi olahraga, ini penting banget, dan tidak lupa jangan banyak bergadang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya bener ceu, ohiya tuh begadang juga nih harus aku kurang-kurangin, nuhun ceu jadi bisa nambahin satu cara lg dalam menjalani era new normal. Sehat-sehat ceu lis ;)

      Delete
  5. hand sanitizer, masker kain, vitamin c, tissue basah, tissue kering, dan disenfektan versi mini.. Wah lengkap healthy kit-nya
    btw, new normal membangun kebiasaan hidup lebih bersih dan sehat. Good!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya mba, dan semoga kita semua selalu senantiasa diberi kesehatan yah mba ;)

      Delete
  6. Aku setuju aku setuju! Berdamain dengan keadaan yaah, yaa tentunya dengan membiasakan hal-hal untuk menjaga diri sendiri dan juga menjaga orang lain. Stay safe yah kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dulu dong bang hehehe. Terimakasih bang stay safe juga yah ;)

      Delete
  7. Yang penting harus tetap mengikuti protokol kesehatan, dan setuju harus berpikir positif. Memahami situasi sama2 saling menjaga.

    ReplyDelete
  8. Hampir sama sih dengan 10 langkah di atas. Semoga situasi tetap aman terkendali ya dari masa transisi atau new normal ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeaaay. Iya amin kak semoga semua kembali pulih dengan segera ;)

      Delete
  9. Semua poin ini wajib disebarkan supaya banyak yang ikutan melakukannya. Kita harus mau ribet dikit buat perlindungan yang maksimal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap teh, laksanakan..! hehe ribet dikit tak masalah yah teh ;)

      Delete
  10. Hikmah dibalik pandemi ini kita harus lebih disiplin untuk menerapkan pola hidup sehat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mas Ted, kan kalau sehat kita juga yang merasakan manfaat nya yah mas ;)

      Delete
  11. Yang pasti peralatan perang kalau ke luar rumah harus lengkap dan selalu jaga kebersihan yang tidak boleh terlewatkan. Semenjak pandemi Covid-19 kita tuh jadi terbiasa dengan selalu mencuci tangan bahkan mau ngapa-ngapain harus steril dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya menjadi kebiasaan baru yah mba dan kebiasaan tersebut kebiasaan yang baik ;)

      Delete
  12. Sebelum ada covid-19 ini pun aku termasuk yang jarang ke luar rumah sih, lebih seneng anteng di rumah. Hehehe. Tapi dengan adanya new normal ini paling yang aku rasakan adalah menjaga kebersihan diri dan lingkungan seperti mencuci tangan dan mandi. Yang paling berat adalah meminta anak2 untuk melakukan ini. Namanya anak2 jadi masih belum disiplin, kadang suka lupa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya tuh jadi PR banget buat seorang Ibu yah mba, semangat semoga anak2 bisa menjadi lebih dispilin lagi dengan menerapkan ini ;)

      Delete
  13. Protocol kesehatan harus tetap terlaksana ya, semoga covid cepat berlalu dan bisa hidup normal lagi

    ReplyDelete
  14. nomor 1 itu wajib banget
    dimulai dair pikiran positif maka akan terasa lebih mudah ya mas meski kondisi sulit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia mas, ternyata masih banyak orang yang mengenyampingkan hal ini.

      Delete
  15. Sepuluh poin di atas wajib dilakukan ya biar tubuh makin fit & virus corona gak dtg ke tubuh kita. Sayangnya belum semua aware akan hal itu. Sebagian org masih mikir, "belum ada yg kena dr lingkungan terdekat gue dan gue ngerasa baik2 aja" jd mereka jg gak terlalu menjaga kesehatan tubuhnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sedih kadang, padahal mah itu buat kebaikan dan kesehatan diri juga yah mba ;)

      Delete

Post a Comment