PART II : Walking Tour 2,5 Jam Dapat 10 Tempat Bersejarah Di Pusat Jakarta, Yuk Ikut..!!




www.adhealbian.blogspot.com


Holla, melanjutkan informasi dan pengalaman mengikuti perjalanan muter – muter Jakarta ( walking tour ) bersama Jakarta good guide, kali ini ada sekitar 4 lokasi lagi yang akan saya bagi sekarang juga.

Gimana nih kabar nya sehat dong yah? Semoga selalu sehat yah kak, dan bisa baca informasi ini sampai dengan tuntas, sehingga bisa menumbuhkan keinginan untk ikut walking tour juga hehe.

Well, langsung aja yuk saya lanjutkan mengenai tempt – tempat bersejarah di city center 2.

Baca juga : PART I Walking Tour 2,5 Jam Dapat 10 Tempat Bersejarah Di Pusat Jakarta, Yuk Ikut..!!

Setelah melalui perjalanan di beberapa titik sebelumnya yaitu Lapangan Banteng, Gedung Pancasila, Gereja Immanuel, Galeri Nasional dan juga Kedutaan Besar Takhta Suci Vatikan, perjalanan berlanjt ke lokasi ke 6.

RUMAH DINAS DIREKTUR PLN ABAD 19

@adhealbian
Bukan sekedar Rumah Dinas biasa kak yang kita datengin, melainkan Rumah Dinas Direktur PLN abad 19 an.

Fungsinya adalah untuk mengaliri listrik dan kebutuhan gas di Batavia dan sekitar nya. Dulu berkantor di Banten dan sekarang sudah ditutup.

@adhealbian

Bangunan ini sekarang merupkan cagar budaya yang tidak boleh digusr atau dibogkar. Nah, karena tidak bisa dibongkar / digusur, bangunan yang dulunya Rumah Dinas Direktur PLN ini sekarang beralih fungsi menjadi sebuah caffe, tempat nongkrong sambil santai ngopi – ngopi.

Kemaren kita semua pada mau ngopi disana tuh, tapi katanya lagi ada maintenance, jadi caffe nya di tutup sementara. Hiks hiks sedih deh nggak bisa ngopi di bangunan sejarah itu. Yuk kita lanjut kelokasi berikutnya kak.

TUGU TANI ( PATUNG PAHLAWAN )

TUGU TANI ( @adhealbian )

Lokasi kita udah sampai ketitik ke tujuh yaitu TUGU TANI. Banyak yang bilang / menyebut kalo tugu ini bernama Tugu Tani, karena patung yang ada dilokasi menyerupai Petani. Padalah itu bukan petani lho kak.

Patung tersebut menunjukkan gambaran seorang Ibu yang sedang memberikan bekal kepada seoarang anak bercaping yang akan berjuang untuk kebebasan. Untuk itu nama patung ini adalah Patung Pahlawan.

Tugu Tani ( @adhealbian )

Patung ini dibuat oleh dua orang pematung di RusiaMatvey Manizer dan Ossip Manizer.  Patung ini adalah merupakan sebuah hadiah persahabatan dari pemerintah Uni Soviet dengan Indonesia.

Sekitaran Tugu Tani ini, kalian juga bisa menuju ke lokasi – lokasi lainnya lho, seperti ke pasar senen, tanah abang, cikini, gondangdia, menteng dan sekitar nya.

Well, dari Tugu Tani kita melanjutkan perjalanan menuju lokasi ke delapan.

KEDUTAAN AMERIKA

Sebelm menuju lokasi terakhir daroi [erjalanan ini, kita melipir ke bangunan yang sangat ketat penjagaanya, terbukti dengan di tutup nya trotoar untuk pejalan kaki, jadi pejalan kaki yang melintas depan gedung ini harus rela jalan agak sedikit kejalan raya.

@adhealbian

Yup Gedung tersebut adalah Gedung Kedutaan Amerika, banyak dari orang kita bilang kalau ini sangat berlebihan, tapi bagi mereka ini merupakan sebuah antisipasi yang harus mereka lakukan terhadap hal – hal yang tidak diinginkan.

Bangunan ini adalah satu – satu nya bangunan di Indonesia yang katanya tahan gempa lho kak. Hal ini juga mungkin yang menjadi alasan kedutaan amerika untuk lebih ketat penjagaanya, karena dulu sempat mempunyai pengalaman dilempari Bom Molotov dari pendemo.

ISTANA WAKIL PRESIDEN RI

Tak jauh dari Kedutaan Amerika, disealahnya adalah Istana Wakil Presiden RI. Bangunanya disesuikan dengan bangunan disebalah nya yaitu Balai Kota.

Yup Bangunan Istana Wakil Presiden ini menjadi lokasi ke Sembilan yang kita kunjungi. Nggak bisa sembarangan orang untuk bisa masuk kesini kak, ya laykanya istana lain, pasti penuh dengan penjagaan yang sangat ketat.

@adhealbian

Kemarin kita dapet photo juga seadanya, pengalaman teman saya katanya gak bisa ambil photo sembarangan lho kak, kalau ada penjaga yang lihat pasti kena tegur. Hehe so you have to be carefull.

Uuwuw tanpa disangka – sangka keringet sudah mulai bercucuran, hehe lumayan bangte nih ikut walking tour, selain nambah pengetahuan, kita juga bisa sambil olahraga hehe.

Tibalah kita dilokaso terakhir ( titk akhir ) Perjalanan walking tour City Center 2 ini, Lokasi tersbut adalah GEDUNG BALAI KOTA.

GEDUNG BALAI KOTA

Hayo ngaku siapa yang sering lewat sini tapi belum bisa masuk ke dalam Gedung nya? Hehe

Ini adalah kali kedua saya masuk kedalam Gedung Balai Kota DKI Jakarta. Yang pertama kali adalah ketika ada technical meeting bersama dengan vendor – vendor dan pejabat Pemprov DKI untuk acara Enjoy Jakarta International Folklore Festival 2019 ( EJIFF 2019 ).

Well, pengalaman kali ini tentu berbeda dan sangat menyenangkan karena bisa masuk ke ruangan demi ruangan. Dari mulai ruang utama ( teringat jaman Gubernur sebelumnya ) tempat ini ramai dikunjungi warga yang mengadu.

Setelah nya kami dibawa masuk lebih jauh kedalam lagi kak, ada ruang tamu VIP, dimanaruangan ini akan dipakai ketika ada tamu – tamu dari negara lain yang berkunjung. Sayang nya sih tidak bisa dibuka.

Gubernur DKI Jakarta dari masa ke masa ( @adhealbian )

Kemudian lanjut ke tempat di letakannya photo – photo Gubernur Jakarta dari masa ke masa, disitu saya merasa bangga banget bisa masuk kesana, fyi juga yah, mungkin kalau tidak bersma jgg, kita tidak akan bisa sampai masuk kedalam sana.

@adhealbian 

Dari situ kita dibawa kes ebuah ruangan, dimana ruangan tersebut ada photo Presdian dan Wakil Presiden RI saat ini yaitu Ir. Joko Widodo dan KH. Mahruf Amin. Ruangan ini biasa nya digunakan sebagai ruangan untuk berbagai macam pelantikan, contoh nya adalah Abang None Jakarta.

Tangga menuju Balai Agung ( @adhealbian )

Ruangan yang dipenuhi lampu crystal tersebut, membuat saya serasa menjadi anak sultan yang mempunyai rumah megah bak istana. Haha lebay nggak sih?

Balai Agung ( @adhealbian )

Well, kemudian kita dibawa keruangan bernama BALAI AGUNG. Nah ruangan ini juga sering digunakan untuk berbagai macam kegiatan – kegiatan penting yang kapasitas pserta nya lebih besar.

Naik ke lantai 3, kita dibawa keruangan ( yang menjadi favorite saya nih hehe ) yang menurut saya sangat lah brilian. Ruangan di lantai 3 tersebut adalah ruangan JAKARTA SMART CITY.


@adhealbian

Jakarta Smart City Lounge ini adalah sebuah ruang kreatif untuk mendukung implementasi JSC Lounge. Lounge sendiri ada kepanjangannya yaitu :

Learn ( tempat berbagi. Belajar dan mendapatkan ilmu )
Open ( Pemerintahan yang terbuka, kolaboratif, dan inovatif )
Unity ( Kebersamaan dalam membangun Jakarta )
Network ( memperluas jaringan untuk dapat bergabung dengan JSC )
Guidance ( memberikan arahan pengembangan kota menuju Smart City ) dan
Excellence ( memberikan pelayanan pubik yang terbaik ).

@adhealbian 

          Kemarin kita berksempatan duduk di sebuah ruangan yang biasanya Gubernur DKI Jakarta tempati saat memantau kondisi Jakarta. Ruangan tersebut adalah Command Center namanya, ruangan tersebut keren banget dilengkapi dengan layar LED yang sangat besar yang menampilkan berbagai informasi yang telah terintegrasi dengan Jakarta Smart City.

Karyawan Jakarta Smart City yang membantu memberikan penjelasan detail
( @adhealbian )

          Mereka juga mengeluarkan aplikasi bernama JAKI ( Jakarta Kini ) yang berisi beragam kebutuhan Jakarta dalam satu aplikasi. Saat ini aplikasi tersebut hanya bisa di download melalui Play Store.
         
          Jadi di JAKI ini kalian bisa melakukan apa saja, termasuk mengadu tentang kondisi jalanan Jakarta, atau misalnya ada keluhan masih banyaknya pengendar motor yang lewat trotoar, dan berbagai macam aduan – aduan lainnya.  Keren banget yah Jakarta?
         
          Uwuw nggak nyangka nih udah di penghujung tulisan, semoga semua nya mendapatkan sedikit / banyak informasi dari pengalaman saya mengikuti walking tour bersama Jakarta Good Guide dengan waktu 2,5 jam udah bisa muter – muter pusat Jakarta.

      Well, guide nya sangat helpful dan sangat lugas memberikan informasi terkait tempat – tempat yang kita kunjungi, kita sebagai peserta pun dibebaskan untuk bertanya mengenai apa yang kita belum tahu menegnai tempat yang kita kunjungi tersebut.

         FYI, sebelum ada yang tanya ikut tour ini bebrayar atau nggak? Jawabannya adalah YOU PAY AS YOU WISH kak, kata lainnya adalah Bayar seikhlas nya gitu lho kak. Jadi bikin warga Jakarta semakin asyik untuk keliing Jakarta pastinya.

          Untuk yang ingin tahu lebih detail tentang Jakarta Good Guide dan jadwal tour nya, silahkan follow IG nya yah di @jktgoodguide atau melipir ke website nya di www.jakartagoodguide.wordpress.com .

          Sampai jumpa di artikel – artikel berikut nya yah, Adhe Albian Signing Out…!!


Comments

  1. wah aku juga pernah bareng jakarta good guide, asyik2 orangnya dulu aku ambil tour cikini

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran kak asyik2 emang plus dpt temen-temen baru ;)

      Delete
  2. Kalau gitu sebenarnya mungkin kita juga bisa belajar kepada Kedutaan Amerika itu ya biar bangunan rakyat kita juga tahan gempa.

    Salam
    Gauss One

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya ya teh, tapi jadi berapa tuh budget nya yak? hehe

      Delete
  3. wah tengkyu mas udah mengulasnya, jujur aja cuma tau selewat-selewat doang kayak tugu tani itu dan pengen deh k JSC lounge ini hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama - sama kak, Next coba ikutan jgg aja kak Grandys ;)

      Delete
  4. Padahal aku udah rencana mau ikutan tour bareng JGG Maret ini. Udah ceki2 juga jadwalnya di IG. Eeehhh batal deh gegara si corona hahaha.... 😂 Aku ready 2-3 jam jalan kaki, kepengen tau sejarah tempat wisata yg dikunjungi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba better dirumah aja dulu sampe suasana kondusif, baru deh nanti bisa jalan - jalan bareng JGG ;)

      Delete
  5. jadi kebayang kalau mau ke jakarta kemana aja yang kece. trimakasih sharingnya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kembali ;) yuk segera main ke Jakarta setelah semua suasana kembali kondusif ;)

      Delete
  6. Jakarta emang banyak banget tempat bersejarah yang dijadikan tempat wisata edukasi. Dan ada beberapa lokasi yang deket-deketan jadi mudah deh aksesnyaa haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget bang, makannya 2,5 jam bisa explore banyak tempat2 bersejarah do jakarta dengan jalan kaki lagi hehe ;)

      Delete
  7. Menarik Juga ikutan tour ini, secara bangunan, tempat yang disebut di tulisan ini sering dilewati. Dan ternyata banyak cerita dan sejarah dari tempat-tempat ini

    ReplyDelete
  8. Ternyata Jakarta banyak banget tempat menarik untuk dikunjungi yah. Kenapa tiap ke Jakarta aku cuma main ke mall atau Ancol aja sih. Kurang gaul nih akuh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe mall jakarta emang menggirukan yah mba hehe, gpp next time siapa tahu bisa join walking tour bareng JGG ya kan? ;)

      Delete
  9. Aku pengen ikutan your keliling Jakarta bareng Jakarta good guide tapi pastinya bakalan bawa rombongan anak anakku nih 4 orang, repot gak yah

    ReplyDelete
  10. Wah sebagai orang Jakarta ku merasa malu karena beberapa tempat di atas belum pernah kusambangi bahkan aku baru tahu seperti rumah dinas direkrut PLN dan istana wakil president. Hehe. Padahal bisa jadi pilihan wisata keluarga ya.

    ReplyDelete
  11. 2,5 jam aja udha bisa dapat destinasi lumayan banyak, ya. Sekarang sebetulnya cuacanya mulai enak buat jalan-jalan begini. Tetapi, lagi ada pandemi. Jadi ditunda dulu, deh.

    ReplyDelete
  12. Wah aku baru tahu kalau rumah dinas direktur PLN yang dulu secakep itu
    Bangunannya unik, meski tua namun tetap terawat
    Itu berarti bebas dikunjungi ya rumah dinasnya?

    ReplyDelete
  13. Kapan2 kalo corona udah lewat mau ikutan mas. Aku pernah cm china town jakarta ak.a glodok, keren juga itu

    ReplyDelete
  14. Kebanyakan orang kenalnya dengan Tugu Tani daripada Patung Pahlawan, ya. Sudah turun temurun, hehe.

    ReplyDelete
  15. Nggak pernah semuanyaaa ke situ. Dibanding part 1, saya udah tau, yg ini blas nggak pernah.. Ya Allah mudah2an dimudahkan ke jakarta lagi. Udah kangen ada yg mau dikunjungi.

    ReplyDelete
  16. Ga ngajak nih, kalau tahu aku ikutan. Belum pernah keliling Jakarta lagi

    ReplyDelete
  17. Kok seru sih karena banyak spot di Jakarta yang belum pernah aku kunjungi. Padahal udah seperempat abad lebih aku bermukim di kota ini*

    ReplyDelete
  18. belum pernah aku kesampaian ikut walking tour, event di jakarta sekalipun wkwkwk.keliatannya seru banget ya. next kalau ada lagi, ajak ajak aku dong kak

    ReplyDelete

Post a Comment