Ini Traveling Cara Aku Untuk Menjelajah Penang Malaysia Sendirian

solo-traveling-pertama-kali-ke-penang

Menjadi solo traveler adalah salah satu cita-cita yang ingin saya wujudkan, dengan negara impian untuk saya jelajah sendiri pertama kali yaitu negara yang memiliki logat bahasa yang unik Thailand.

Singkat cerita, alhamdulillah Tuhan kasih aku kesempatan dengan cara Nya yang unik untuk solo traveling. Walaupun tidak dikasih ke Thailand, tapi aku tetap bersyukur bisa ke Penang – Malaysia, negara tetangga yang punya banyak tempat untuk dijelajahi walaupun sendirian.

Well, harusnya aku berangkat berdua sama temen ku, tapi karena passport dia masih tertahan di keduataan ( karena waktu itu passport dia masih dalam proses pengajuan Visa ke Kanada ) sampai dengan tanggal keberangkatan ke Penang, akhirnya dia memutuskan batal dan meminta ku untuk tetap harus berangkat sendirian alias solo travelling.

Dag dig dug sih awalnya, karena kejadian tersebut sungguh di luar ekspektasi ku. Nah karena dadakan harus berangkat sendiri, jadi H-1 lansgung cari penginapan dormitory. Ahamdulillah langsung dapet dan lokasi nya di central jadi mudah buat kemana-mana.

solo-traveling-pertama-kali-ke-penang

Tanggal 21 Feb 2020 aku pun menuju Bandara dengan rasa yang super excited tapi deg-degan juga masih nempel hehe. Tapi rasa deg-degan itu seketika hilang ketika pesawat landed dengan selamat di Bandara Internasional Penang – Malaysia.

Ketika baca tulisan “Welcome to Penang” tuh rasanya bahagia banget, wow ternyata beneran loh bisa berangkat solo traveling. Saat tiba di bandara, aku pun langsung mutusin untuk beli Sim Card lokal dengan harga 25 RM ( Ringgit Malaysia ) untuk 1 minggu.

Fun fact : Saat itu, isu Corona sudah ada tapi baru berhembus di negara China dan belum menyebar ke negara lain. Jadi, situasi saat itu belum semua menggunakan masker termasuk di Penang.

Well, izinkan aku mengajak temen-teman yang mau solo traveling ke Penang Malaysia dengan itinerary yang aku buat sendiri budget under 1juta aja. Check it out!

DAY 1

Setelah beli Sim Card lokal, aku langsung keluar bandara untuk menunggu Rapid Bus menuju lokasi Hotel. Lokasi penginapan ada di Georgetown. Rekomendasi lokasi yang wajib teman-teman datangi kalau ke Penang yah.

Setelah turun dari Bus, aku jalan kaki menuju penginapan. Nama penginapannya Redd Inn Heritage. Ini hotel dormitory yah. Jadi buat teman-teman yang suka cari kenalan / teman baru, hotel dormitory ini bisa jadi pilihan.

solo-traveling-pertama-kali-ke-penang
Redd Inn Heritage ( Cek by Traveloka Jan 2023 )

Saat itu aku ambil kamar yang isi nya 4 orang aja. Ohiya walaupun dormitory, hotel tersebut juga punya opsi kamar yang untuk sendiri / berdua loh.

Sesampai nya di hotel, aku langsung cek-in dan menuju kamar. Saat buka kamar ada traveler dari Australia yang lagi dandan rapih gitu. Kami pun berkenalan biar gak akward karena akan sekamar dalam beberapa malam kedepan.

Setelah kenalan, dia nawarin buat makan malem bareng di resto India favoritnya. Tanpa pikir panjang aku pun mengiyakan tawarannya. Yaa hitung-hitung memperlancar bahasa inggris dengan ngobrol panjang sama dia.

Karena sudah malam, jadi hari pertama hanya untuk makan malam dan jalan-jalan sekitaran hotel saja. Jadi tahu di sekitaran hotel ada ini dan itu.

DAY 2

Temen-temen percaya gak hari kedua aku jelajah 12 lokasi hits di Penang dan semuanya itu bisa diakses hanya dengan jalan kaki?. WOW! Gimana gak jatuh cinta tuh sama Penang hehe.

Explore Penang Malaysia Sendirian

-         Penang Road Famous Teochew Chendul

-         Gerja St. Xavier

-         Kembali ke Hotel

Dari ke 12 lokasi tersebut, sebenarnya masih bisa explore tempat lain lagi jika teman-teman mau. Tapi kalau aku karena udah sore menjelang malam jadi mutusin untuk balik ke hotel.

DAY 3

Hari ketiga di Penang, rasanya sedih karena harus cabut ke Bandara malam ini juga. Tapi rasa sedih itu bisa hilang karena kemarin malam nya ternyata aku ketemu dengan teman sekamar yang berasal dari Indonesia.

Karena sesama Indonesia kali yah, jadi lebih banyak yang diobrolin. Termasuk salah satunya dia tanya aku besok agenda nya kemana?. Nah karena aku bikin itinerary itu malam hari untuk perjalanan besoknya, maka aku jawab “Aku sih ada ke beberapa tempat, tapi gak banyak, mas ada ide gak kemana?” tanya baik aku,

Dia jawab “Besok mau ke Kek Lok Si Temple sih, mau gabung?” aku pun langsung mengiyakan ajakan gabung nya untuk explore Kek Lok Si Temple dan tempat-tempat lainnya.

Mas Enry Indonesia dan David Belgium. Teman-teman sekamar ku selama di Penang
( Ini foto di museum P'Ramlee )

Well, karena hari ketiga aku harus cabut ke Bandara jadi sebelum berangkat jalan-jalan, aku langsung cek out dulu tapi barang-barang bawaan aku yang di tas gede aku titip di receptionist dulu. Kalau teman-teman mau nitip gini, usahakan jangan ada barang-barang yang berharga yah.

Kek Lok Si Temple

Nah karena menuju ke Kek Lok Si Temple ini menggunakan bus dan perlu waktu, jadi memang tidak banyak tempat yang didatangi  hari ketiga ini. Hanya ke Museum P’Ramlee, Kek Lok Si Temple, dan balik ke Penang Road Famous Teochew Chendul lagi sebelum ke Hotel.

Sesampai nya di Hotel, aku langung re-packing dan siap menuju Bandara menggunakan Rapid Bus lagi. Untuk menuju ke terminal Rapid Bus aku jalan kaki, karena pas explore di hari kedua kemarin ternyata lokasi nya masih aman untuk dijangkau dengan jalan kaki.

Keseruan saat di Penang Malaysia

Sampai bandara malam dengan jadwal penerbangan aku di tgl 24 Feb 2020 jam 8 pagi. Jadilah aku bermalam di Bandara. Karena masih lama, akhirnya aku berdiam diri di salah satu restaurant cepat saji. Ternyata gak cuma aku yang menunggu penerbangan besok pagi, ada juga beberapa traveler lainnya.

Ohiya perjalanan dari Komtar Georgetown menuju Bandara aku lupa berapa jam, tapi yang pasti karena Rapid bus itu hanya sampai dengan jam 10 malam, jadi aku memutuskan untuk berangkat ke Airport nya lebih awal. Jadi lebih baik nunggu lama di Bandara gitu.

Kalau nginep semalem lagi, ke airport nya tuh harus jam 5 pagi, nah aku khawatir nya ngak ada transportasi online dan nggak bisa ke airport. Jadi keputusannya yaudah bermalam aja di airport hehe.

Fun Fact : Dapat informasi dari maskapai kalau penerbangan ku ada perubahan jam, dari jam 8 pagi menjadi jam 12 siang. Wadidaw tahu begini kan lebih baik nginep semalem lagi hehe, well tapi aku tetep happy kok.

DAY 4

Perjalanan hari keempat dihabiskan dengan cerita perjalanan balik ke Jakarta – Indonesia. Mulai dari bermalam di Bandara, pesawat yang tiba-tiba info ada perubahan jadwal penerbangan sampai dengan tiba di Jakarta dengan selamat Alhamdulillah.

Itinerary Penang - Malaysia

Nah itu dia Traveling cara aku saat solo travel ke Penang Malaysia. Silakan bisa teman-teman intip untuk pegangan itinerary saat ke Penang yah. Perjalanan solo travelling pertama yang benar-benar meninggalkan kesan banget sih.

Bicara enak dan nggak enak, setiap traveling pasti ada aja yah teman-teman. Enaknya solo traveling tuh :

1.       Kemana-mana gampang

2.     Lebih ringkes dalam mengatur semuanya sendiri

3.     Bebas nggak terlalu banyak diskusi

4.     Memperlancar bahasa inggris, dan

5.     Belajar tanggung jawab sama diri sendiri

Nah kalau nggak enaknya solo traveling adalah :

1.       Budget yang nggak bisa patungan hehe. Kalau ada teman bisa patungan dan bisa ngurit budget.

2.     Suka kebingungan nentuin mau kemana, dan

3.     Nggak ada yang dimintain tolong untuk foto-foto

Sepengalaman ku sih itu aja yang enak dan nggak enak nya jalan-jaan sendiri / solo traveling, tapi seama semua nya masih bisa dikendaikan traveling akan berjalan dengan sangat aman.

Ohiya yang nunggu info budget nya habis berapa? Berikut adalah rincian budget yag aku keluarkan untuk explore Penang Malaysia 4 hari 3 malam. Check it out!

Budget Selama di Penang Under 1 juta

Melihat rincian budget itu, bikin ngiler dan ketagihan untuk explore banyak negara lagi nih. Ngomong-ngomong ngiler da ketagihan travelling, setelah Penang Malaysia, kira-kira enaknya kemana lagi yah?

Well, berhubung Thailand masih menjadi wishlist ku dalam jelajah negara Asean, maka Thailand ku putuskan menjadi negara berikutnya yang harus aku jelajahi dan wujudkan di tahun 2023 ini.

Pertanyaan berikutnya adalah kenapa sih Thailand, bagaimana menuju Thailand, dengan siapa ke Thailand, kapan ke Thailand, apa saja yang ingin dikunjungi, dan dimana akan menginap?

Semua pertanyaan itu akan aku ulas ke dalam itinerary yang aku buat sendiri dan semoga secepatnya terwujud.

Thailand versi ku adalah sebuah negara dengan penuh keunikan, mulai dari bahasa, tempat hiburan, wisata yang melimpah, sampai dengan kuliner yang out of the box nya. Thailand juga menjadi salah satu negara yang film atau series nya sering banget aku tonton. Mungkin hal tersebut bisa jadi alasan yang tepat kenapa aku pengen banget jelajah Thaiand bareng Traveloka.

Tapi semua itu nggak akan terwujud kalau nggak menyiapkan langkah-langkah berikut nya. Langkah pertama yang aku ambil adalah persiapan passport ( masih aktif sampai dengan tahun 2025 yeay ), wajib banget nih paspport ada dan aktif yah, kalau nggak ada ini gimana kita bisa jalan-jalannya ya kan?.

Passport beres, kemudian cek tiket pesawat yang dipesan melalui aplikasi kekinian yang sangat mudah diakses yaitu Traveloka. Berikut adalah gambaran  pemesanan tiket pesawat ( PP ) CGK – BKK – CGK.

Bookingan Tiket Pesawat PP Jakarta - Bangkok

Enaknya pesen tiket pesawat di Traveloka, temen-teme bisa filter pencarian. Mulai dari range harga, waktu, sampai dengan maskapai nya. Jadi mempercepat proses pencarian juga.

Setelah pesawat, selanjutnya adalah penginapan, di Thailand ada salah satu penginapan dengan design kamar yang estetik di Bangkok yaitu The Excapital Hotel dengan range budget 400 ribuan saja / malam nya.

solo-traveling-pertama-kali-ke-penang
Hotel pilihan ku nanti nih hehe unik dan estetik

Dengan lokasi hotel yag terletak di pusat kota, harapannya bisa kemana-mana juga jadi lebih gampang terlebih lagi kalau mau kulineran hehe.

Well tiket dan penginapan sudah, selanjutnya aku mau susun itinerary yang aku buat untuk jelajah Thailand bareng Traveloka. Intip yuk :

Day 1

-         Airport CGK – BKK

-         Beli Sim Card Lokal

-         Airport Bkk – Menuju Hotel

-         Explore China Town sambil kulineran

-     Wattana Panich Beef Broth yang terkenal dengan sop sapi dengan kuali nya nggak pernah diganti selama 40 tahun

Day 2

-         The Grand Palace

-         Wat Pho, Reclining Budha

-         Wat Arun

-         Asiatique

-         Explore Khao San Road

-         Back to Hotel

Day 3

-         GMMTV Office

-         Platinum Market / MBK

-         Chatuchak Weekend Market

-         Explore Kuliner

-         Back to Hotel

Day 4

-         Cek out Hotel

-         Kulineran

-         Airport BKK

-         BKK Menuju CGK

Susunan perjalanan sudah ditangan, aku udah siap banget nih untuk jelajah Thailand di tahun 2023 ini, berangkat sendirian hayuk, bareng temen-temen juga hayuk yang terpenting bisa jalan-jalan dengan mengikuti suara hati ku, begitupun dengan teman-teman yang baca ini, jangan lupa untuk bahagiakan diri mu dengan liburan bareng Traveloka dan jalani hidup dengan cara mu #LifeYourWay.

Let’s explore the world!. Adhe Albian signing out..!!

1. bacanya aja seruu bagaimana mas ya.. hehehehehe .... jadi pengen juga solo traveler kaya mamas ade... kapan ya bisa jalan2 juga tapi sendiri ke negeri orang hehehe, pelajaran diambil dari blog mamas ada dengan kata2 ini " jangan lupa untuk bahagiakan diri mu" hehehehehehe, sukses selalu mamas, sering2 buat blog ya... sehat selalu mamas

dari Adda ^_^

1. Makasih banyak yah Adda udah sempetin visit baca dan komen di blog aku ;)