Pertama Kali Ke Cilegon? Tempat-Tempat Menarik Ini Wajib Kamu Kunjungi

www.adhealbian.blogspot.com

Setelah berhasil melipir dan jalan-jalan ke Pelabuhan Merak, sekarang saat nya menjelajah sebuah kota yang sama sekali belum pernah saya kunjungi sebelumnya.

Ke sebuah kota yang dikenal dengan kota industri atau kota penghasil baja terbesar di Asia Tenggara yaitu kota Cilegon.

Hi Cilegon, here I come.

Saat kembali diajak untuk menjelajah sebuah kota di provinsi Banten, saya pun gak menolak, terlebih kota Cilegon tidak pernah saya datangi sama sekali.

Buat teman-teman yang akan berkunjung ke Cilegon pertama kali untuk jalan-jalan atau memang sedang singgah di sana dalam waktu singkat, silakan lanjutkan baca artikel ini yah.

Karena ada beberapa tempat yang bisa teman-teman kunjungi saat tiba di Kota Cilegon.

Well, sebelum saya info nama-nama tempat yang menarik untuk dikunjungi saat tiba di Cilegon, saya mau informasikan transportasi yang bisa teman-teman gunakan untuk menuju Kota Cilegon.

TRANSPORTASI MENUJU CILEGON

Tahu kah teman-teman, untuk jalan-jalan ke sebuah tempat itu tidak perlu mengeluarkan biaya mahal lho. Banyak alternative kendaraan / transportasi umum yang bisa teman-teman pilih.

Salah satu transportasi umum yang belakangan ini jadi favorit saya untuk bepergian kemana-mana adalah commuter line.

Commuter line sekarang juga rapih, bagus dan terpenting bersih. Selalu mendapatkan pengalaman yang menyenangkan kalau naik commuter line.

Nah commuter line ini lah yang mengantarkan saya menuju Cilegon. Kok bisa? Bisa dong.

Sebelum menuju Cilegon, dari kosan, saya beranjak ke stasiun Palmerah Jakarta Barat. Di stasiun Palmerah saya janjian dengan teman saya Kak Erlis namanya.

Dari stasiun Palmerah saya dan teman saya naik commuter line jurusan Tanah Abang – Rangkasbitung.

Kiita juga janjian dengan teman kita satu lagi, dia adalah Agil. Kita bertemu di gerbong saat kereta tiba di Stasiun Maja.

Turun di stasiun Rangkasbitung, kami menuju ke loket untuk membeli tiket kereta lokal ( Jurusan Rangkasbitung – Merak ) seharga Rp. 3.000,- saja.

Ini adalah kali kedua saya menggunakan kereta lokal dari Rangkasbitung – Merak dan selalu menyenangkan karena kereta nya on time.

Untuk menuju ke stasiun Cilegon, kita harus melewati sekitar 7 stasiun yaitu Rangkasbitung – Jambu Baru – Catang – Cikeusal – Walantaka – Serang – Karangantu – Tonjong Baru – Cilegon.

Jam 7.25 pagi perjalanan dimulai dari stasiun Palmerah dan sampai di stasiun Rangkasbitung sekitar 9.25 an lanjut lagi menuju Cilegon. Sampai Cilegon sekitar jam 11.00 an.

Apa yang bisa kita lakukan saat pertama kali menginjakkan kaki di kota Cilegon? Sini kumpul, akan saya kasih tahu tempat-tempat menarik yang bisa teman-teman jelajahi bareng-bareng.

TEMPAT-TEMPAT MENARIK YANG WAJIB KAMU KUNJUNGI DI KOTA CILEGON

Teman-teman ternyata kota Cilegon ada banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi. Tapi karena kemarin kami hanya one day trip atau kata lainnya adalah jalan-jalan pulang pergi, maka tempat-tempat ini lah yang kami kunjungi saat tiba di Cilegon.

tempat-menarik-di-kota-cilegon

Setalah turun dan keluar dari staisun Cilegon, destinasi pertama yang bisa teman-teman kunjungi adalah Masjid Agung Nurul Ikhlas.

Letak lokasi masjid yang tidak jauh dari stasiun, membuat Masjid ini sangat mudah dijangkau hanya dengan berjalan kaki. Masjid ini juga persis bersebrangan dengan rumah dinas Walikota Cilegon.

Masjid Agung Nurul Ikhlas Cilegon

Masjid yang memiliki 4 menara kokoh ini sudah pernah dilakukan renovasi mengingat bangunan Masjid peninggalan penjajahan Belanda ini sudah berusia ratusan tahun ( sumber : karyakubah.com ).

Jika teman-teman menginjakkan kaki di Masjid Agung Nurul Ikhlas ini pasti akan merasakan langsung kemegahannya. Hal itulah yang kami rasakan kemarin. So, jangan lupa mampir ke sini saat berkunjung ke Cilegon yah.

tempat-menarik-di-kota-cilegon

Destinasi kedua setelah Masjid Agung Nurul Ikhlas, teman-teman bisa menuju ke Rumah Dinas ( bisa untuk sekadar berfoto atau kulik hal-hal yang lain ).

Rumah Dinas Walikota dan Masjid Agung Nurul Ikhlas ini berada di pusat kota nya Cilegon. Jadi sangat mudah untuk dicari dan bisa jadi meeting point juga kalau teman-teman mau janjian.

Rumah Dinas Walikota Cilegon

Setelah foto-foto, perut kami pun lapar dan tempat makan menjadi destinasi ketiga kita berikutnya.

Banyak tempat makan / caffe yang berjejer di kanan kiri jalan raya, tapi sayang nya saat kta datangin ada beberapa yang masih tutup dan baru buka sekitar jam 4 sore.

tempat-menarik-di-kota-cilegon

Karena perut sudah keroncongan, kami pun memutuskan untuk pergi ke sebuah Mall kebanggaan kota Cilegon yaitu Cilegon Center Mall.

Mall kebanggan warga Cilegon ini telah beroperasi sejak Juni 2018. Jika dihitung dari Basement, Cilegon Center Mall ini memiliki 7 lantai lengkap dengan berbagai macam tenant.

With Kak Erlis and Agil at Cilegon Center Mall

Mulai dari supermarket, bioskop, fashion store, elektronik, keperluan rumah tangga dan tentu yang menjadi tujuan kami yaitu tempat makan yang beragam.

Kami bertiga pun memutuskan untuk makan di salah satu restaurant. Setelah berhasil bikin kenyang perut, kami melanjutkan window shopping sebentar dan membeli beberapa kebutuhan di supermarket.

Setelah selesai, perjalanan dilanjutkan ke destinasi berikutnya yaitu alun-alun Cilegon.

tempat-menarik-di-kota-cilegon

Destinasi keempat ini sekaligus menjadi destinasi terakhir kita di kota Cilegon. Untuk menuju ke alun-alun, kami menggunakan transportasi online.

Lokasi alun-alun dari Cilegon Center Mall sebenarnya tidak terlalu jauh teman-teman, jadi masih ada spare waktu untuk menikmati Cilegon dari alun-alun sebelum kami menuju ke stasiun untuk balik ke Jakarta lagi.

Alun-Alun Kota Cilegon

Objek wisata yang menjadi favorit warga Cilegon ini biasanya ramai dikunjungi tak hanya oleh warga lokal, tetapi warga asing juga lho.

Tapi saat kita bertiga menginjakkan kaki di alun-alun kondisi nya masih sepi, ada beberpa tenant jajanan yang juga masih tutup karena buka sore ( mungkin ini salah satu kebijkan dari pemerintah setempat ).

Alun-alun Kota Cilegon sangat luas dan bisa digunakan berbagai macam aktivitas. Mulai dari olahraga sampai dengan kegiatan keagamaan ( salah satu contoh nya shallat Ied ).

Jangan lupa saat menuju / pulang dari Alun-alun, abadikan momen juga di landmark nya kota Cilegon yang satu ini.

Landmark Kota Cilegon

KEMBALI KE STASIUN CILEGON

Well, setelah puas berkeliling kota Cilegon, kami pun langsung kembali menuju stasiun untuk kembali ke Jakarta. Dari alun-alun ke stasiun kamipun memutuskan untuk jalan kaki. Karena jarak nya yang tidak begitu jauh.

Back to Jakarta

Tapi bagi teman-teman yang ingin lebih cepat, silakan menggunakan transportasi umum atau transportasi online yah. Enjoy Cilegon man teman.

Ini saat sudah di Comline ( Dari Rangkasbitung menuju Palmerah )
Pict by Agil

Adhe Albian signing out..!!

1. Ah jadi kangen Cilegooooon, yuk explore kemana lagi kita

2. Wahhhh...seru juga yak jalan2 ke cilegon, nambah lagi nih list jalan2nya

3. Patut dicoba neh, ga usah yang jauh- jauh dl,.tq infonya blogger.