5 Ide Brand Campaign Dari IDN Creator Network Yang Bisa Kita Aplikasikan

5-Ide-Brand-Campaign-Dari-IDN-Creator-Network-Yang-Bisa-Kita-Aplikasikan
Yohana Sitompul - Digital Strategy Manager IDN Creator Network


Teman-teman, belakangan ini kita sering banget yah mendapatkan informasi / berita yang berkaitan dengan influencer. Mulai dari influencer yang berhasil memberikan “brand image” yang baik sampai dengan mereka yang salah dalam memberikan informasi kepada followers nya.

Wah jika salah memberikan informasi, bukan kah itu berdampak buruk yah bagi brand nya?

Nah, untuk menghindari hal tersebut, beberapa perusahaan saat ini sudah mulai lebih cermat dalam memilih seorang influencer untuk dijadikan sebagai media promosi dari sebuah brand campaign nya.

Sebuah campaign yang dibuat oleh perusahaan tentu melalui proses yang cukup matang, yang tentu tujuan utama nya adalah agar sebuah produk dapat dikenal dan juga bisa laris manis di pasaran.

Lalu, kira-kira apa sih campaign yang bisa berhasil mencapai tujuan tersebut?

Untuk menjawab nya, kita bisa belajar dari Yohana Sitompul, selaku Digital Strategy Manager di IDN Creator Network. Pekerjaannya yang selalu berhubungan dengan influencer ini, membuat nya memiliki ide-ide yang cemerlang dalam membuat sebuah campaign.

5-ide-brand-campaign-dari-idn-creator-network
IDN Media ( Doc : IDN Media )

Sebelum mengulas lebih detail apa saja ide-ide campaign dari Mba Yohana, kita juga perlu tahu bahwa kesuksesan sebuah campaign tidak hanya diukur dari number of reach suatu post saja, tetapi ada beberapa faktor yang bisa juga jadi bahan pertimbangan seperti interaksi sosial dan brand awareness misalnya.

Untuk teman-teman yang saat ini ingin menjalankan sebuah campaign dan akan bekerjasama dengan influencer, ada baiknya perhatikan poin-poin penting berikut ini yah :

ide-brand-campaign-idn-creator-network
Yohana Sitompul - Digital Strategy Manager IDN Creator Network

Selain dua poin yang disebutkan di atas tadi, Yohana juga menambahkan poin yang juga tak kalah penting nya, yaitu referensi gaya konten yang akan dijalankan. Manakah yang mau teman-teman pilih antara hard selling atau soft selling?.

Jika kita benar-benar memperhatikan poin-poin penting tersebut, bukan tidak mungkin tujuan dari campaign yang kita buat akan membuahkan hasil yang memuaskan.

5 IDE BRAND CAMPAIGN VERSI IDN CREATOR NETWORK

Well, setelah mengetahui poin-poin penting sebelum menjalankan marketing influencer, yuk saat nya kita pelajari, pilih dan aplikasikan ide-ide brand campaign ala IDN Creator Network berikut ini :

1.       Hyperlocal KOL ( Key Opinion Leader )

Dinilai bisa memiliki kedekatan yang lebih dengan para followers / audiens nya, Hyperlocal KOL  ini bisa menjadi ide campaign yang bisa teman-teman coba.

Perlu diingat, bahwa Hyperlocal KOL ini adalah mereka yang berada di kota-kota kecil di Indonesia. Jadi, sebelum memutuskan bekerjasama dengan para Hyperlocal KOL ini, silahkan cek terlebih dahulu produk / promosi apa yang pas untuk ide campaign pertama ini.

2.     Always On

Campaign kedua ini adalah sebuah campaign yang sifat nya berkelanjutan. Tentu bukan tanpa alasan mengapa campaign ini harus dilakukan secara berkelanjutan.

Tak lain dan tak bukan adalah untuk menjaga eksistensi sebuah brand di mata para konsumen / pelanggan nya. Hal ini juga membuat hubungan antara brand dan para konsumennya jadi lebih erat.

Sama hal nya dengan hubungan kita dengan orang terdekat kita, jika ada komunikasi yang dilakukan secara berkelanjutan, bukan kah hubungan kita jadi semakin erat?

Jadi jangan lupa aplikasikan ide campaign ke dua ini yah..!

5-ide-brand-campaign-idn-creator-network
5 Ide Brand Campaign Versi IDN Creator Network

3.     Agile Campaign

Campaign yang hampir menyerupai nama orang ini adalah sebuah campaign yang mengharuskan sebuah perusahaan mengecek kembali platform sosial media apa yang sedang ramai digandrungi / digunakan oleh banyak orang.

Coba deh sekarang teman-teman cek sosial media apa yang sedang ramai digunakan banyak orang belakangan ini? Jika sudah menemukannya, jangan ragu gunakan ide “Agile Campaign” ini yah.

“Cara ini digunakan agar brand image terbentuk dengan lebih cepat” Imbuh Yohana.

4.     National KOL

Ide campaign ke empat ini apakah sama dengan ide campaign Hyperlocal KOL tadi?

Jawabannya sama, hanya saja yang mebedekan National KOL dengan Hyperlocal KOL adalah National KOL berfokus kepada mereka yang berdomisili di kota-kota besar di Indonesia, sementara Hyperlocal KOL berfokus di kota-kota kecil di Indonesia.

Yuk kita intip dan cek kembali KOL mana yang akan kita ajak kerjasama untuk promosi kali ini..!

5.     Vertical Domination

Buat teman-teman yang akan melakukan peluncuruan sebuah produk baru atau ingin mengiklankan sebuah promosi, Vertical Domination’s Campaign ini pas banget untuk digarap.

Dalam campaign ini, perusahaan akan menggunakan jasa KOL dalam jumlah yang sangat masif, sehingga sebuah promosi pengenalan produk baru akan tersampaikan secara menyeluruh kepada khalayak ramai.

Siapa sih yang nggak mau produk / promosi nya bisa menyebar luas ke semua orang? Karena nya, mengajak kerjasama KOL dengan jumlah yang sangat masif bisa menjadi alternatif untuk dipilih.

Well teman-teman, itulah ke 5 ide brand campaign yang diinformasikan oleh Yohana Sitompul selaku Digital Strategy Manager IDN Creator Network yang tentunya bisa kita pelajari dan terapkan.

5-ide-brand-campaign-dari-idn-creator-network
Digital Strategy IDN Creator Network ( Doc : IDN Media )

Saya pribadi sangat percaya bahwa sebuah campaign terlebih dengan tujuan membangun sebuah brand image, sangat perlu direncakan secara matang agar eksekusi nya berjalan dengan lancar dan perusahaan mendapatkan sesuai apa yang diharapkan.

Jadi, ide-ide dari IDN Creator Network tadi bisa juga kita aplikasikan lho, tentunya jangan lupa juga ditambahkan dengan strategi dan kekreatifan kita masing-masing. Goodluck..!!

Stay safe and stay healthy. Adhe Albian signing out…!!

Comments

  1. Wuihhhh penting nih infonya... siapa tau next gue punya produk yg ingin dipasarkan... mantaplah.. rina toy2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, brand image penting dalam memasarkan produk, info yang bermanfaat banget 😊

      Delete
  2. Artikel yang sangat bermanfaat sekali, menambah ilmu banget neh..Tq blogger.

    ReplyDelete
  3. Campaign yang hampir menyerupai nama orang haha. Aku tau orangnya, mas. Tapi iya sih, kita baiknya pake KOL sesuai kebutuhan atau objective dari strategi yang dijalankan

    ReplyDelete
  4. Konsep hard selling dan soft selling ini butuh skill mumpuni untuk penerapannya ya, Kak adhe..

    ReplyDelete
  5. Di sini saya baru tahu apa itu KOL hehe. ..
    Terimakasih yaa infonya, saya jadi tahu lebih banyak tentang marketing influencer

    ReplyDelete
  6. Wahh ide-ide compaigns yang patuuttt bangett dicoba, juga penting diaplikasikan nih... Tapi aku setujuu kalau kita mengeksekusi kol ini dengan baik maka sesuailah dengan tujuan compaign perusahaannya, hehe.

    ReplyDelete
  7. Setuju banget kalau campaign harus dilakukan terlebih dulu untuk membangun sebuah brand image

    ReplyDelete
  8. Ide dari IDN Creator brilian sih menurutku. Dan sepertinya patut dicoba untuk brand yang ingin mengembangkan produknya

    ReplyDelete
  9. Teknik ini penting banget buat dikuasai ya kak Ade. Agar kita mampu mengenalkan brand ke audiens dengan lebih tertarget

    ReplyDelete
  10. Wah teknik-teknik di atas jujur baru ak denger hehe pastinya memang sebelum memulai campaign harus riset dan setelahnya harus evaluasi

    ReplyDelete
  11. Banyak ya ternyata pertimbangan untuk menjalankan sebuah campaign, ulasannya detail banget!

    ReplyDelete
  12. Ilmu penting buat yang mau promosi atau campaign nih. Makasih infonya..

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah dapet ilmu influencer marketing dalam waktu singkat. Biasanya harus ikutan seminar yang berbayar, hihi, makasih kak infonya

    ReplyDelete
  14. Bagus banget idenya IDN ini, di 2021 ini mungkin bakal banyak dicontek he he...

    ReplyDelete
  15. Terima kasih sudah memberikan informasi yang jarang diketahui oleh banyak orang

    ReplyDelete
  16. Perlu bangeet di perhatikan.... Vertical Domination’s Campaign buat promosi brand sangat efektif...

    ReplyDelete
  17. dari tips2 ini, saya jadi belajar dari sisi agensi dan brand. serta berusaha mengoptimalkan diri biar sejalan dengan banyak pihak. hehe.

    ReplyDelete
  18. Sangat bermanfaat bgt kak artikelnya, semoga nanti bs kepake suatu hari nanti

    ReplyDelete
  19. ternyata ada banyak macamnya ya kampanye dengan influencer marketing ini dan perlu memperhatikan banyak hal juga termasuk tujuan dari kampanye yang diadakan

    ReplyDelete
  20. baru tahu nih istilah-istilah dari campaign ini ternyata macam-macam yaa tergantung tujuan yang ingin dicapai

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Thanks sharingnya, Mas..apalagi di era digital kaya sekarang yang ngga bisa asal buat campaign..

    ReplyDelete

Post a Comment