5 Langkah Ini Bisa Buat Bisnis Online Mu Kembali Berjalan

 

5-langkah-bisnis-online-kembali-berjalan

“Gimana nih dagangan, lancar?” Tanya salah satu teman saya yang saat itu sedang asik ngobrol santai sambil ngopi-ngopi.

“Ya begitulah, sekarang stuck. Lagi cari cara biar bisa kembali jalan” Jawab saya sambil menyeruput secangkir kopi susu yang masih hangat.

Obrolan tersebut seolah mengingatkan kembali bahwa kita tidak boleh menyerah di tengah kondisi yang banyak orang merasa kesulitan ini.

Tak heran juga, pada akhirnya banyak orang yang beralih profesi, mulai dari ojol sampai dengan mencoba peruntungannya ke dunia bisnis / usaha online kecil-kecilan.

Well, kembali ke percakapan saya dan teman saya yang juga belum begitu lama tadi, saya pun kembali mencari informasi apa sih penyebab usaha online ini stuck? memang baru seumur jagung juga sih usaha online ini.

Tapi, saya sendiri merasa usaha ini nggak jalan, bingung mau memulai lagi dari mana. Ternyata setelah mendapat informasi dari berbagai sumber, saya menemukan langkah nya. Berikut adalah langkah yang bisa kita lakukan :

1.       TARGET MARKET

Ternyata, kita harus tahu betul siapa target market kita, coba kembali perhatikan produk yang akan kita jual, untuk anak-anak kah, remaja, orang dewasa, pria, wanita, dan lain sebagai nya.

Jika kita sudah menentukan target market kita, maka bisa mempermudah kita dalam proses produksi sampai dengan distribusi.

Saya sendiri menyadari betul target market dari produk saya belum saya set, sehingga bingung mau mengarah kemana.

2.     HARGA PRODUK

Ketika kita sudah megetahui target market kita, maka langkah selanjutnya adalah menentukan harga jual.

Satu hal yang menarik dari beberapa pebisnis online yang saya lihat adalah cara mereka dalam menentukan harga produk nya.

Jujur, karena ini adalah kali pertama saya berjualan online, maka harga produk yang saya taruh pada saat itu tidak lah sesuai pasar. Tidak adanya survey juga menjadi salah satu permasalahan dalam menentukan harga produk saya.

Asal tembak harga ke produk yang akan kita jual itu, tidaklah saya sarankan. 

Menentukan harga juga ada tekhnik nya lho. Berikut saya berikan salah satu contoh dalam menuliskan harga, yaitu : Buatlah angka ganjil diakhir dan tambahkan huruf K dalam penulisan harga.

Misalnya : harga Rp. 97.000,- tulislah dengan harga 97k

Secara psikologis, customer akan membaca harga tersebut adalah 90 ribuan walaupun secara matematis harga tersebut mendekati 100 ribu.

Untuk itu, kita perlu memahami tekhnik dalam memasang harga. Banyak informasi mengenai hal ini yang bisa kita galih, mulai dari teman, artikel, sampai dengan youtube.

3.     LOGO DAN NAMA BRAND ( MEREK )

Tidak hanya manusia saja lho yang butuh personal branding, produk yang akan kita jual pun perlu yang namanya branding.

Karena nya, kita perlu memastikan nama brand, menentukan dan membuat logo, juga penyesuaian antara warna logo brand dengan produk yang akan kita jual nanti nya.

Penentuan nama untuk sebuah produk itu penting. Sama hal nya dengan orang tua saat memberikan nama ke kita, pasti penuh makna dan doa. Jadi, jangan sembarangan pilih nama brand untuk produk usaha online mu yah.

5-langkah-bisnis-online-kembali-berjalan

4.     PACKAGING YANG MENARIK

Saya termasuk yang paling bisa jatuh cinta pertama kali ketika melihat packaging yang sangat menarik, eye catching, simple tapi tetep terlihat wah.

Dari mereka, saya belajar bahwa perhatian kita wajib penuh kepada produk yang akan kita jual, termasuk hal yang tadinya tidak terhitung di mata pebisnis online yang baru terjun yaitu packaging.

Karena hal tersebut, saya juga ingin packaging produk saya harus bisa membuat calon jatuh cinta.

HAL PENTING DALAM PROSES PACKAGING

Hal penting yang tidak boleh ketinggalan dalam proses pengemasan / packaging adalah print-print an. Mulai dari logo brand yang ditempel di kemasan, thankyou card / name card yang bisa ditaruh di dalam paket, sampai dengan print resi pengiriman.

Tak sedikit yang mengalami kendala dalam melakukannya. Karena harus pergi ke tempat fotocopy-an dulu lah, harus ngantri dulu lah, belum lagi pekerjaan lain yang menanti di rumah.

Kini kendala tersebut bisa segera teratasi dengan adanya HP Deskjet Ink Advantage 2336 All in One Printer.

sumber gambar : @esionlinestore

Semua pekerjaan mulai dari nge print, scanning, sampai dengan fotcopy jadi praktis hanya dengan satu Printer Multifungsi ini. Nggak lagi buang-buang waktu untuk pergi ke tempat fotocopy-an.

Sekarang cukup di rumah saja, semua kendala tadi bisa terselesaikan dengan cepat, aman dan nyaman. 

Dengan berat produk mulai dari 3,42 kg, HP Deskjet 2336 ini memilki beberapa warna yang bisa kita pilih, ada Lavender, White, and Palm. Spesifikasi nya juga super lengkap lho. 

spesifikiasi-printer-hp-2336
Spesifikasi Printer HP 2336 All in One

Buat yang ingin memulai bisnis online, wajib banget punya printer HP Deskjet 2336 ini, selain memiliki fungsi yang all in one, harga nya pun sangat affordable.

sumber gambar : @esionlinestore

Beli nya juga nggak perlu repot, cukup klik Era Supplies Indonesia langsung deh printer HP Deskjet 2336 di tangan.

5.     MARKETING

Setelah ke 4 langkah tadi sudah aman, yuk lanjut ke step yang banyak dibilang pamungkas, yaitu mulai memasarkan / menjual produk kita.

Untuk mulai memasarkannya, bisa melalui sosial media yang kita punya. Seperti Instagram, Facebook, Twitter bahkan Tiktok. Jika ada teman / tetangga, boleh juga dijadikan promosi mulut ke mulut.

Saat ini, tak sedikit lho perusahaan yang melakukan pemasarannya melalui sosial media. Baik usaha online yang baru merintis maupun yang sudah punya nama. Tak heran jika sosial media marketing banyak dicari oleh perusahaan.

Anyway, karena saya dibilang orang yang cukup concern dengan sosial media oleh beberapa teman, saya jadi cukup percaya diri untuk memasarkan produk tanpa harus meng-hire orang lain.

Meng-hire orang yang ahli di bidang nya lumayan cukup menguras kantong. Tapi untuk sekelas bisnis online yang sudah maju sah-sah saja.

Kalau buat yang baru merintis, silahkan maksimalkan potensi yang kita miliki dulu yah. Tak apa semua nya kita garap apa adanya dulu, lambat laun jika kita nya giat, bukan tidak mungkin usaha / bisnis online kita bisa maju.

Semangat dan Goodluck buat kita semua..!!

Adhe Albian Signing Out..!!

 

Comments