4 Aspek Penting Mencapai IKIGAI

4-aspek-mencapai-ikigai


“Lo udah mencapai apa yang lo pengen dalam hidup belum?” Tanya teman saya saat berjalan kaki menuju ke suatu tempat. Saya pun menjawab “Sejujurnya belum, tapi saya selalu bersyukur dengan apa yang Tuhan kasih”.

Percakapan itu sampai terbawa ke dalam pikiran saya berhari-hari. Apa iya saya belum mencapai apa yang saya inginkan dalam hidup, lalu apa yang saya inginkan sih sebenarnya?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut muncul setiap saat sampai pada ke titik pertanyaan ini “Jadi alasan saya hidup ini untuk apa sih?”

Saya dan juga teman-teman yang membaca ini pastinya mempunyai alasan / tujuan hidup yang berbeda-beda. Untuk mencapai nya kita melakukan banyak usaha dan doa.

Apakah semuanya berhasil?

Jika semua orang berhasil, mungkin semua lapisan masyarakat sudah makmur dong yah. Berhasil ataupun gagal itu adalah hal yang wajar, tinggal bagaimana kita nya, mau menyerah atau pantang menyerah?.

Well, dari pertanyaan-pertanyaan yang muncul di pikiran saya tadi, saya jadi teringat tentang salah satu filosofi hidup yang bagus banget jika diterapkan dalam hidup kita.

Filosofi tersebut sekaligus menjawab dari banyaknya pertanyaan yang muncul. Teman-teman sudah ada yang pernah mendengar atau bahkan sudah mencapai yang namanya IKIGAI?

APA ITU IKIGAI?

IKIGAI sendiri berasal dari bahasa Jepang yang memiliki sebuah arti “alasan untuk hidup”, sebuah prinsip yang membuat cara hidup kita jauh lebih bermakna, meaningfull, bermanfaat dan juga seimbang.

Jika kita bisa menerapkannya, bukan tidak mungkin kita semua mencapai apa yang telah menjadi tujuan / alasan hidup kita.

INI DAMPAK YANG KAMU DAPAT DARI IKIGAI

IKIGAI ini memiliki dampak yang cukup signifikan lho terhadap kehidupan manusia :

1.       Motivasi

Misalnya dalam melakukan pekerjaan, kita akan menjadi lebih bertenaga, semangat, kuat dan berdampak kepada cepat nya kita dalam mengambil sebuah keputusan.

2.     Etos Kerja Meningkat

Ketika orang memiliki etos kerja yang baik, maka mereka akan terlihat lebih semangat dalam menjalankan pekerjaannya.

Orang-orang yang memiliki etos kerja yang baik ini meyakini bahwa apa yang mereka kerjakan dapat berdampak bagi orang lain juga.

3.     Kesehatan

IKIGAI juga berdampak bagi keseahatan kita lho, jadi teman-teman termasuk saya sudah bisa nih mulai galih apa sih alasan kita hidup?

4.     Umur Lebih Panjang

Siapa sih yang nggak mau diberi umur panjang dan juga sehat? Semua orang pasti menginginkannya. Tinggal bagaimana kita nya nih.

Dari ke 4 dampak tersebut, hampir semua saya rasakan saat ini, walaupun saya belum mengetahui apakah IKIGAI sudah ada di diri saya atau belum.

Semoga kita semua bisa diberi sehat dan umur panjang agar bisa melakukan sesutau yang positif dan tentunya bisa bermanfaat bagi orang banyak.

So, apakah kita siap menjalankan IKIGAI di kehidupan kita? Jika jawabannya siap, teman-teman bisa lanjut baca sampai habis yah.

MENJALANKAN IKIGAI

Yuk jalankan IKIGAI mulai dari sekarang. Berdasarkan informasi yang saya dapat dari salah satu blogger senior dan juga referensi youtube, bagaimana menjalankannya adalah ketika kita bisa menjalankan ke 4 aspek berikut ini :

1.       Passion

Kita senang melakukan sesuatu, mengerjakan apa yang kita suka untuk orang lain, tetapi belum tentu menghasilkan.

Misalnya : Menjalankan sebuah hobi, tetapi hobi tersebut ya hanya sekadar hobi saja, tidak menghasilkan atau berdampak kepada kehidupan.

Tapi selama hobi nya menghasilkan, itu berarti your passion is work for your life,

2.     Professional

Mengerjakan apa yang kita bisa dan kita ahli dalam bidang tersebut.

Misalnya :

Kita sebagai seorang karyawan sebuah perusahaan dan memiliki jabatan di suatu Divisi.

Kita melakukan pekerjaan tersebut sesuai dengan keahlian kita dan kita mendapatkan penghasilan dari apa yang kita kerjakan tersebut.

Kita melakukan pekerjaan tersebt secara professional.

3.     Mission

Mengerjakan sesuatu yang banyak dibutuhkan orang dan hal tersebut dapat  membantu mereka.

Misalnya :

Membantu mereka yang sedang mengalami kesulitan, membantu mereka yang terdampak bencana alam, dan melakukan berbagai macam kegiatan sosial lainnya.

4.     Vocation

Mengerjakan sesuatu dan kita mendapatkan bayaran dari apa yang kita kerjakan tersebut.

Misalnya : Membantu suatu project teman, kolaborasi dengan perusahaan-perusahaan, dan kegiatan-kegiatan yang menghasilkan lainnya.

Jujur saja, ketika mengetahui 4 aspek yang baru saja saya tulis tadi, sepertinya IKIGAI belum 100% ada di dalam diri saya.

Walaupun Passion, Professional, Mission and Vocation sudah pernah saya lakukan semua nya ( tidak banyak ), untuk itu saya merasa IKIGAI belum sepenuh nya ada di saya.

Yuk sama-sama yuk galih filosofi IKIGAI ini dalam diri kita. Mulai lah dengan membuat sebuah rencana kedepan, lalu mengaplikasinnya, dekati dan buat lah sebuah percakapan yang meaningfull dengan orang-orang yang passionate dalam suatu bidang dan minat yang sama dengan kita.

Oiya dan jangan lupa bahwa kita, harus bisa menerima resiko terhadap apapun yang kita lakukan ( rintangan, kegagalan, kekecewaan, dan lanin-lain ), sadarilah bahwa hal tersebut adalah hal yang sangat lumrah dan wajar terjadi.

IKIGAI tidak bisa ditemukan dalam sehari, ini membutuhkan proses yang cukup panjang, jadi nikmati saja proses nya, cepat atau lambat temen-temen akan menemukan IKIGAI nya masing-masing.

Stay safe and stay healthy. Adhe Albian signing out…!!

Sumber Referensi :

https://youtu.be/gR5Nqn2OR3Q 


Comments