7 Cara Bisa Lulus Kuliah Dengan Cepat

 

7-cara-bisa-cepat-lulus-kuliah
www.adhealbian.blogspot.com

Entah jadinya apa saya sekarang kalau beberapa waktu tahun lalu, saya nggak jadi ambil keputusan untuk melanjutkan kuliah karena sudah keasikan kerja.

Teman dekat saya sangat meng-encourage dan mendukung saya penuh untuk melanjutkan mimpi saya yang sudah lama terpendam itu.

Tidak seperti beberapa teman SMK saya lainnya, yang setelah lulus langsung melanjutkan kuliah, saya memutuskan untuk segera melamar pekerjaan.

Sampai pada akhirnya diterima di salah satu perusahaan konsinyasi dan ditempatkan di salah satu swalayan daerah Thamrin Jakarta pusat dengan gaji masih ratusan ribu.

Tapi senang banget karena merasakan dapat uang dari hasil kerja sendiri, ditambah lagi lokasi nya yang dekat rumah, kepleset juga sampai hehe.

Tahun ke tahun berlalu, pindah tempat kerja sana sini pun saya jalani dan mimpi untuk melanjutkan kuliah pun tak kunjung bisa terwujud.

Sampai pada akhirnya, saat posisi jabatan saya lagi bagus-bagus nya dan mendapatkan gaji yang bisa dikatakan jauh lebih tinggi dari sebelumnya, saya malah memutuskan untuk resign ( mengundurkan diri ) demi mewujudkan mimpi saya yaitu Kuliah.

Yes, hidup memang serba dihadapkan oleh pilihan, seperti saya waktu itu yang dihadapkan kepada pilihan jabatan dan gaji yang tinggi atau melanjutkan kuliah?

Dengan dukungan teman-teman dan juga tekad saya yang bulat, akhirnya saya memutuskan untuk resign dan mantap dengan pilihan saya untuk kuliah.

Saat itu saya mengambil kelas karyawan dengan jadwal kuliah di sabtu dan minggu ( wajib hadir ke kampus ) dan selebihnya online.

Sampai ke semester 2 masih aman-aman saja, tapi sempet keos dan akhirnya memutuskan untuk cuti di semester 3 karena jobless ( tidak ada pekerjaan / pengangguran ).

Yes jobless, karena saat itu saya resign dari pekerjaan terakhir ( karena alasan yang tidak bisa saya ceritakan detail di sini ).

Waktu cuti kuliah 6 bulan, saya manfaatkan untuk menghubungi teman-teman lama saya yang kerja nya adalah kerja kantoran. Alhamdulillah saya mendapatkan info lowongan dari salah satu teman saya.

Datang interview dan besok nya ada kabar diterima. Singkat cerita, selama cuti saya menikmati pekerjaan saya, dan bertekad untuk mulai masuk di semester berikutnya dan tidak ada cuti lagi.

Alhamdulillah semua keinginan terwujud, bisa lulus tepat waktu sampai saya mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Komunikasi di Universitas Mercubuana.

7-cara-bisa-cepat-lulus-kuliah
www.adhealbian.blogspot.com

Lho kok bisa sih cuti tapi lulus dengan tepat waktu? Terus gimana sih cara memaintance antara kuliah dan kerja yang bersamaan seperti itu, belum lagi tugas-tugas yang menumpuk, dan lain-lainnya?

Tenang, tenang dan tenang yah teman teman hehe.

Di tulisan saya kali ini, saya mau berbagi informasi tentang cara bisa lulus tepat waktu baik untuk mahasiswa kelas karyawan atau reguler, dan bisa maintance antara kuliah dan pekerjaan.  Lets check it out..!!

1.       Utamakan Prioritas

Artinya, saya memprioritaskan kuliah adalah sebagai yang utama. Karena kuliah adalah prioritas utama, maka saya harus bekerja keras untuk itu.

Salah satu nya adalah untuk tetap terus bekerja, mendapatkan penghasilan dan penghasilannya bisa untuk saya bayar kuliah.

2.     Jangan Resign Dulu

Karena teman-teman sudah tahu prioritas dan bagaimana cara nya agar prioritas itu tetap terus berjalan dengan baik yaitu dengan tetap bekerja dan mendapatkan penghasilan.

Untuk itu, walaupun teman-teman sudah merasakan tidak betah atau tidak nyaman di perusahaan tempat teman-teman bekerja dan pengen resign, maka ketika ingat prioritas tadi, keputusan resign pun harus di-hold.

Itu lah yang saya rasakan dan lakukan hehe. Karena saya tahu betul untuk mendapatkan pekerjaan baru tidak lah mudah. Jadi, saya harus bertahan demi kuliah.

3.     Sisihkan Gaji Untuk Membayar Uang Semester

Pengalaman tidak bisa mengikuti ujian karena belum bayaran saat itu adalah menjadi catatan yang nggak akan bisa saya lupa.

Karenanya, setiap gajian saya langsug sisihkan untuk saya bayarkan semester. Saya tanamkan dalam diri “nggak lagi-lagi telat bayaran”

Buat teman-teman kelas karyawan, percayalah perjuangan kamu tidak akan sia-sia. Jadi lebih baik uang mu habis untuk sesuatu yang jelas dibanding habis karena nongkrong-nongkrong atau sesuatu yang belum tentu ada manfaat nya.

4.     Manfaatkan Waktu Luang Di Kantor

Kalau ada tugas, saya selalu memanfaatkan waktu luang di kantor untuk mengerjakan tugas kuliah. Lumayan banget kan, sekalian bisa ngeprint-ngeprint gratis juga hehe.

Kalau yang lain sibuk keluar untuk menikmati jam istirahat, saya lebih memilih tetap berada di meja kantor dan mengerjakan tugas, bahkan pernah lho saat jam pulang kantor tiba saya tetap melanjutkan tugas yang belum selesai.

Selama masih ada karyawan lain yah, tapi kalau sudah nggak ada, paling saya lanjutkan di rumah deh.

Selain tugas, saya juga belajar mata kuliah yang system nya online di kantor. Kalau tidak sempat paling saya download dulu materi nya, saya lanjut pelajari di rumah.

Intinya, pandai-pandai memanfatkan waktu luang. Kalau mikirnya rugi dan terus mengeluh “Kapan saya istirahatnya?” terus menerus ya jangan salahkan saya kalau teman-teman lulus kuliah nya lama hehe.

7-cara-bisa-cepat-lulus-kuliah
www.adhealbian.blogspot.com

5.     Ikuti dan Taati Peraturan Kampus

Salah satu nya adalah bayaran semester tepat waktu. Kalau ini sudah teman-teman terapkan percaya deh saat ikut ujian tuh lega banget rasanya.

Selain itu, peraturan-peraturan mengenai tata cara ambil magang, test toefl, pengumpulan sertifikat, seminar, uji kompetensi sampai dengan skripsi, pokoknya ikuti saja, jangan banyak ngeluh dan jangan banyak ngeyel.

Once teman-teman bisa ceklis satu persatu step nya, serius deh teman-teman akan lebih semangat lagi untuk menyelesaikan atau men-ceklis apa saja step yang belum diselesaikan.

6.     Jangan Ngaret Saat Bimbingan Skripsi

Management waku sangatlah penting. Ingat lah bahwa teman-teman kan sudah jadi mahasiswa nih, jadi mohon tingkat kedewasaannya dipakai yah hehe.

Itu juga salah satu kalimat ang sering diucapkan salah satu dosesn saya, ketika ada mahasiswa ngeyel karena tugas yang banyak hehe.

Well, perlu diingat untuk mendapatkan impression yang baik kepada DosPem ( Dosen Pembimbing ), poin pertama yang perlu dilakukan adalah tepat waktu.

Percaya deh, dosen pembimbing kamu pasti senang banget karena mahasiswa nya tepat waktu dengan jadwal bimbingan.

Prinsip saya, saya lebih baik menunggu Dospem, dibanding Dospem yang harus menunggu.

Kalu saya selalu menanamkan dalam diri bahwa waktu Dospem adalah waktu yang sangat berharga. Jadi, harus saya maksimalkan.

Walaupun menunggu berjam-jam sementara waktu konsul nya hanya memakan waktu 5-10 menit, no problemo.

Seneng nggak ketika Dospem mu bilang gini “Kapan kamu siap Sidang?”

Tahu nggak sih ketika Dospem saya bilang seperti itu rasanya mengawang-awang, terbang sampai ke langit, ngerti nggak sih ibarat nya tuh seperti lagi ditembak untuk jadi pacar sama orang yang teman-teman cintai. 

Itu juga menunjukkan bahwa istilah "Hasil tidak akan mengkhianati usaha” itu benar adanya. So, keep a good work..!!

7.     Ambil Semester Pendek

Karena saya sempat cuti dan menyebabkan banyaknya mata kuliah yang tertinggal di semester sebelumnya, maka saya putuskan untuk kejar dengan mengambil semester pendek.

Disaat semua mahasiswa libur semester, saya manfaatkan untuk mengambil semester pendek.

Kalu ditanya capek atau nggak, siapa sih yang nggak capek. Tapi balik lagi saya tuh selalu ingat prioritas saya tadi. Jadi bisa kembali semangat.

Saya hilangkan ego untuk leyeh-leyeh menikmati liburan semester. Yang tambah buat saya senang adalah ketika banyak teman-teman yang mengambil keputusan yang sama.

Ini lah yang membuat saya bisa lulus tepat waktu, bahkan bisa lukus lebih dulu dibanding teman-teman saya yang tidak mengambil cuti sama sekali.

Well man teman, ke tujuh poin tadi semoga bisa membantu teman-teman untuk lulus kuliah cepat yah. Perlu diingat juga bahwa mengerjakan skripsi itu nggak perlu tergesah-gesah.

Jadi, dibawa santai saja, ikuti flow nya, percaya deh saat lulus nanti semua proses yang teman-teman jalani akan menjadi cerita dan juga pengalaman yang membanggakan. So, goodluck..!!

Untuk yang ingin lebih jelas lagi enganai poin-poin tersebut, teman-teman bisa tonton di sini yah :

Stay safe and stay healthy. Adhe Albian signing out…!!

Comments