Tak Hanya Saat Pandemi, Keuanganmu Akan Aman Dengan Lakukan Ini

 

kelola-keuangan-di-masa-pandemi

 

Pandemi ini benar-benar mengajarkan saya banyak hal banget. Di blog saya sebelumnya saya pernah menulis bahwa kondisi ini membuat saya engap-engapan, inhale-exhale terus menerus.

Tapi mau nggak mau suka nggak suka saya harus jalani, tetap bersyukur karena masih diberikan keberkahan yang luar biasa dari Allah SWT. Saya pun nggak sendiri, di luar sana juga ada yang mengalami hal serupa.

Seperti yang teman-teman ketahui, pandemi ini membuat banyak sektor yang terdampak, salah satunya adalah pekerjaan saya sebagai seorang freelancer.

Terbiasa bekerja yang berhubungan dengan dunia hiburan ( yang terbiasa bertemu dengan orang banyak ), membuat pekerjaan ini tak lagi saya alami semenjak PSBB diberlakukan.

Karenanya, berpengaruh ke masalah keuangan. Awal pandemi mungkin teman-teman juga sama, masih merasa aman dengan adanya “tabungan”.

Tapi semakin kesini keuangan kita juga semakin menipis. Kita semua freelancer dituntut untuk berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan penghasilan dengan melakukan apa saja yang kita bisa.

Well, Tulisan ini bukan untuk menuliskan keluhan saya, justru ingin berbagi informasi tentang penting nya melakukan hal yang satu ini agar kita siap dalam menghadapi kondisi-kondisi yang sama dikemudian hari. Berharapnya sih ini yang terakhir yah.

Mungkin teman-teman sudah menemukan berbagai macam tulisan / artikel yang menyebutkan poin-poin cara mengelola keuangan di masa pandemi, mulai dari menghemat pengeluaran, mengutamakan kebutuhan pokok, dan lain-lain.

Satu hal yang bisa saya ambil dari pandemi ini yaitu “MENABUNG”.

YUK MENABUNG..!!

Menabung adalah kegiatan menyimpan uang melalui berbagai media bisa melalui Bank, Investasi, dan lain-lain.

Banyak masyarakat yang sadar betul kegiatan menabung ini adalah hal yang sangat penting. Tapi sayang, dalam penerapannya tidak semua berjalan mulus.

Saya sendiri sadar menabung itu sudah lama, bahkan dari SD pun kita sudah diajarkan untuk menabung. Tapi, apa daya selalu saja ada pengeluaran-pengeluaran yang tak terkendali ( ini saya yah man teman ).

Baru sangat terasa engap-engapannya tuh di masa pandemi gini, disaat pekerjaan freelancer yang tak selancar biasanya, kondisi keuangan pun semakin menipis.

Saya melihat teman-teman saya yang berhasil dan terlihat masih aman-aman saja sampai detik ini, itu dikarenakan mereka berhasil menabung dan mengatur / mengelola keuangannya dengan sangat baik.

Saat ini mereka juga masih struggle dalam mengais rezeki di masa pandemi. Maka dari itu, mereka perlu saya contoh dan tentunya harus saya lakukan.

Jadi, kalau saya pribadi, pendapatan sebesar apapun, kalau pengelolaan keuangannya tidak baik, maka tanpa disadari uang kita pun akan cepat saja habisnya.

Itulah kenapa poin terpenting bagi saya dalam mengelola keuangan tidak hanya di masa pandemi, tapi juga di masa / situasai yang normal yaitu menabung.

“Boro-boro nabung dhe, mikirin makan anak-anak besok aja udah puyeng”

Coba Lakukan Ini Aja Yuk..!!

Kita semua menghadapi situasi yang sama sekarang. Untuk itu mulai saat ini, keluarkan / belanjakan uang sesuai dengan kebutuhan bukan karena keinginan dan simpan uang kita dengan bijak. 

Jika kita berhasil melakukannya, bukan tidak mungkin keuangan kita akan tetap aman tak hanya di masa pandemi tapi sampai dengan waktu yang cukup lama.

Saya dan seluruh masayarakat Indonesia bahkan dunia sangat berharap kondisi ini segera membaik, sehingga kita semua bisa kembali menata kehidupan dan keuangan dengan baik.

Kalau orang-orang pada bilang “Pokoknya setelah pandemi berakhir, saya akan pergi berlibur”

Kalau saya “Rindu bekerja dan rindu mendapatkan penghasilan seperti biasanya”. Sepertinya dari hati banget yah dhe? Hehe.

Well, semoga pandemi segera berakhir, banyak pasien yang diberi kesembuhan, semua dokter dan perawat sehat,  warga nya juga sehat, dan tentunya kegiatan menabung ini bisa kita terapkan yah man teman.

Oiya jika ada hal yang ingin ditambahkan terkait tips mengelola keuangan disaat pandemi, feel free to put your comment below yah.

Stay safe and stay healthy. Adhe Albian signing out…!

Comments