3 Tempat Yang Wajib Didatangi Untuk Bertemu Romeo dan Juliet


3-tempat-wajib-dikunjungi-romeo-juliet
Sumber gambar Romeo and Juliet by IG @rebelheartblog


Cuaca yang lagi terus menerus hujan mendung gini memang paling enak yah melakukan hal-hal yang menyenangkan, mulai dari dengerin musik sampai menonton film-film yang berbau romantisme.

Aih asik bener yah hehe.

Pengenya sih gitu ya dengerin musik atau nonton film romantis bareng orang terkasih, tapi apa daya sang jomblo anak kosan ini terpakasa harus menikmati nya sendirian aja hehe.

Ngomongin hal-hal yang romantis, kemarin saya diajak jalan-jalan ke kota yang terkenal dengan sosok pasangan yang melegenda di seluruh dunia. Ada yang tahu nggak siapa?

Yup ROMEO and JULIET

Sebuah kisah sepasang kekasih yang saling menaruh hati satu sama lain tetapi terhalang oleh keluarga mereka masing-masing. Cerita ini dikemas di sebuah kota yang penuh nilai sejarah, Verona, Italia.

Nah, beruntung nya saya, pada hari Jumat, 23 Oktober 2020 lalu diajak jalan-jalan virtual ke Verona bersama Komunitas ISB dan Wisata Kreatif Jakarta yang dipandu langsung oleh Mba Ira Latief.

Baru pembukaan saja saya udah excited banget, maklum namanya juga belum pernah ke Verona ya kan, hehe jadi nya menggebu-gebu pengen keliling Verona.

Well, dalam tour virtual ke Verona kemarin, sang tour leader Mba Ira Latief, membawa peserta tour ke beberapa tempat-tempat yang tentunya wajib didatengin.

Mulai dari Arena Verona, Torre dei Lamberti, Juliets House, Romeo’s House, Tomba di Giulietta sampai ke Castell Vecchio.

Sepanjang perjalanan virtual, tak lupa Mba Ira juga menjelaskan beberapa tempat-tempat sejarah tersebut dan berbagai hal seru yang bisa dilakukan pada saat di sana.

Ada hal yang menurut saya sangat menarik untuk diulas dari tour virtual Verona kemarin, yaitu 3 Tempat Yang Wajib Didatangi Untuk Bertemu Romeo dan Juliet.

3 Tempat tersebut adalah :

1.      Rumah Juliet

Kurang sempurna rasanya jika kita ke Verona, tapi melewatkan tempat yang satu ini. Walaupun saat ini Rumah Juliet sudah dijadikan sebuah Museum, namun tak mengurangi rasa penasaran para wisatawan yang datang ke sana.

3-tempat-wajib-dikunjungi-romeo-juliet

Dari perjalanan tour virtual ke rumah Juliet ini, saya juga dapat informasi yang menggetarkan jiwa hehe. Katanya nih, pengunjung yang datang ke sana bisa mewujudkan keinginannya, hanya dengan memegang bagian “dada” patung juliet yang terletak persis di depan halaman rumah nya.

Selain itu, kita juga bisa menuliskan surat untuk Juliet lho, tinggal tulis di kertas terus tempel deh di tembok ( lorong ) menuju rumah Juliet, nantinya akan ada Secretary Juliet yang akan mengambil dan membalas surat-surat yang kita tulis. Wah yuk ah curhat ke Juliet hehe.

Jangan lupa manfaatkan hal ini, saat kamu berkunjung ke rumah Juliet yah.

2.     Rumah Romeo

Masa iya kalo sudah ke rumah Juliet nggak berkunjung ke rumah Romeo juga? Sepertinya ada yang kurang afdol gitu ya kan. Ibaratnya nggak bisa dianggap 100% kalo belum mengunjungi tempat legenda ini.

Rumah Romeo yang tak jauh dari Rumah Juliet ini, bisa teman-teman akses dengen jalan kaki. Rumah nya, nyempil di sebuah gang gitu, eitts walaupun di gang, tentunya gang di sana beda dengan gang-gang di daerah kosan saya yah man teman hehe.

3-tempat-wajib-dikunjungi-romeo-juliet

Walaupun di gang, Rumah Romeo ini jelas terlihat kemegahan dan feel of history nya tuh kenceng banget menurut saya. Walaupun hanya bisa berkunjung melalui virtual, tapi saya bener-bener merasa berada di sana lho.

Oiya, berbeda dengan rumah Juliet yang sudah dijadikan sebuah Museum, Rumah Romeo ini masih ditinggali orang, jadi sayang nya nggak bisa masuk ke dalam. Tapi, jangan sedih, kita masih bisa berfoto di depan rumah nya kok. Semangat hehe.

3.     Makam Juliet

Satu tempat yang membuat saya semakin interest dan menjadikan Verona ke dalam bucket list liburan saya adalah Makam Juliet.

Menurut saya pribadi, ini adalah destinasi yang teman-teman nggak boleh lewatin juga. Seperti yang ada di dalam cerita nya, Juliet kan meninggal karena meminum racun, jadi membuat saya penasaran, di mana sih Juliet dimakamkan dan bagimana yah bentuk dari makam Juliet?

Lagi dan lagi, saya beruntung bisa di ajak Mba Ira dari Wisata Kreatif Jakarta untuk berkunjung ke makam Juliet.

3-tempat-wajib-dikunjungi-romeo-juliet

Saat sampai di sana, kita disambut dengan patung pasangan romantis yang melegenda Romeo dan Juliet persis di halaman depan ( pintu masuk ), dibalut cat berwarna putih, menggambarkan cinta mereka yang abadi dan suci.

Walaupun makam Juliet ini adalah buatan, tak membuat surut rasa penasaran saya dan para peserta tour virtual kemarin lho man teman.

Makam nya jelas berbeda dengan yang biasa saya lihat, tapi tetap buat saya merinding sih, memikirkan betapa romantisnya pasangan ini.

Apakah ada Romeo dan Juliet versi 2020 man teman? Hehe coba dong share di kolom komentar yah.

So, itu dia 3 tempat yang wajib dikunjungi pada saat ke Verona, Italia versi saya. Sebenernya semua tempat di Verona menarik banget sih, tapi 3 tempat tadi pantang teman-teman lewatkan saat ke Verona.

Walaupun tak bisa bertemu mereka karena mereka sudah nggak ada, tapi secara rasa kita bisa bertemu dengan mereka lho, nggak percaya? Coba ikutan tour virtual Verona deh..!

Semoga one day bisa berkunjung ke Verona, Italia secara langsung, bisa mengenal sejarahnya lebih dalam lagi dan tentunya melakukan hal yang pantang dilewatkan juga yaitu photo-photo hehe.

Terimakasih banyak Komunitas ISB, Wisata Kreatif Jakarta, dan Mba Ira Latief yang sudah mengadakan dan mengajak peserta terpilih jalan-jalan ke Verona Italia.  Untuk teman-teman yang ingin ikutan tour virtual juga, silakan intip info detail nya di wisata kreatif Jakarta yah.

Sampai berjumpa kembali di tour virtual lainnya.  Stay safe and stay healthy. Adhe Albian signing out…!

Comments

  1. Jadi pingin ke luar negeri, ini ceritanya emang terkenal banget di dunia cerita romance

    ReplyDelete
  2. "Romeo dan Juliet" cerita romantis yang legendaris. Saya sendiri punya cerita tentang film ini. Saat itu berusia 16 tahun, belum boleh nonton. Saat nonton film, harus berbohong kepada orangtua. Akhirnya terjebak dan harus mengakui kesalahan. Hiks segitu daya tariknya film ini, apalagi histori nya. Thanks cara tutur cerita ini sangat menarik.

    ReplyDelete
  3. William Shakespeare pasti seneng. Cerita karangannya diadopsi sedemikian telitinya oleh penduduk Verona sampai-sampai orang Verona bikinkan rumah untuk karakter-karakter ceritanya.. :)

    ReplyDelete
  4. Meski lewat virtual tetep berasa ko jalan2nya nih, semoga next bisa ke 3 tempat di atas, mbangga bisa mnegunjungi sosok yang legendaris dan akan selalu terkenang sepanjang masa dengan kisah cintanya.

    ReplyDelete
  5. Aduh huhuhu ikut mellow padahal tau kalo kisah Romeo &Juliet cuma rekaan
    Sayang banget kemarin gak bisa ikutan jalan jalan virtual ke Verona

    ReplyDelete
  6. Baru aku mau tanya Kak hehe emang R-J itu beneran riil? Sampai ada rumahnya? Tapi seriously memikat banget sih. Someday kalau aku ke Verona ini masuk must to visit :D

    ReplyDelete
  7. Romeo Juliet, kisahnya benar benar melegenda ya. Dulu pernah baca novel dan ceritanya dari teman. Beruntung sekali bisa virtual tour ke tempat bersejarah Romeo dan Juliet di Verona Italia

    ReplyDelete
  8. Pernah baca mengenai Verona ini di salah satu Buku, dan memang kental dengan kisah Romeo Juliet ya, "dada" patung yang ada di depan Rumah Juliet itu sampai berubah warna karena banyak yang ngusap2. Wisatawan yang datang mostly gak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk cobain hal itu, selain banyak lagi hal menarik lainnya yang menarik perhatian, duh mau juga siiih kesanaaa

    ReplyDelete
  9. Mas Adhel itu pas ikut virtual tur, formatnya kayak video gitu ya? Di dalam videonya ada pemandunya ga sih? Atau pemandunya jelasin terpisah dari videonya? Penasaran euy.

    ReplyDelete
  10. Salfok loh ama bangunan di itali, batako2 aja tpi keliatan estetik ya, klo batako indo kok lain cerita

    ReplyDelete
  11. Kalau mendengar nama Verona, saya teringat teman saya yang punya nama yang sama.hehehe.
    Belum pernah ke Verona ini, jadi baru tau ternyata mereka brings the story to life, cakep deh jadi membuat wisatawan juga bisa membayangkan bagaimana suasananya.

    Romeo and Juliet versi 2020 .. hmm siapa ya. Tragis sih ini, jadi nggak berani nyebutin nama hehe

    ReplyDelete
  12. jadi ingat waktu kuliah ada pembahasan tentang karyanya William Shakespeare, dengan adanya virtual tour jadi minimal ada bayangan gitu ya suasana rome juliet pada saat itu.

    ReplyDelete
  13. Makasih banyak ni bang Ade udh diajakin keliling ke tempat Romeo dan Juliet...

    Jd pengen curhat juga ni sma Juliet, tapi ke sana jauh yaa.... Tapi udh cukup puas baca artikelnya bang Ade

    ReplyDelete
  14. Baca ringkasannya mas adhe jadi tahu jg ttg rumah romeo juliet ini, kalo rumah mereka deketan, jgn2 mereka dulunya tetanggaan ya? *eh

    Pasangan yg kayak romeo dan juliet jaman now itu siapa yaaaa.. Habibi ainun kali yaa 😁

    ReplyDelete
  15. wah seneng bgt yaaa bisa jalan-jalan meski cuma virtual tp paling gak ada gambaran kalo nanti jalan-jalan kesana betulan hehee :)

    ReplyDelete
  16. Bagus banget ini pemandangan virtualnya. Jadi pengen kesini langsung, sholawatin dulu ah siapa tau rejeki

    ReplyDelete
  17. Masya Allah indahnya,sayang banget waktu itu ngga bisa ikutan jalan-jlan virtualnya,mudah-mudahan bisa beneran pergi kesana deh , aamiin.

    ReplyDelete
  18. Kekuatan imajinasi dan tulisan Shakespere melampaui zaman ya. Romeo dan Juliet jadi begitu melegenda.

    ReplyDelete

Post a Comment