6 Nilai Toleransi Dari Berteman Beda Agama


Nilai-Toleransi-Beda-Agama


 

Hidup di circle pertemanan dengan beragam karakter tuh menyenangkan. Ya walaupun ada aja celah buat dijadikan masalah yang akhirnya berujung marahan hehe.

Tapi kalau marahan sama temen kan gitu yah, nggak bisa lama, tiba-tiba udah berjalan seperti biasanya aja seolah tak ada masalah apa-apa.

Selain berbeda karakter yang kadang bisa menimbulkan perbedaan pendapat, beberapa di antara temen saya ada juga yang punya hobi, kesukaan, skill yang berbeda-beda juga.

Tetapi semua bisa menyatu jika sedang kumpul, yang masak mah masak, yang hobi nge game ya nge – game, yang hobi nyanyi yah nyanyi, yang joget-jogetan di aplikasi ya joget hehe pokoknya seru.

Ada satu hal yang paling saya seneng di circle pertemanan saya yang satu ini, yaitu perbedaan agama yang bisa bikin kita satu.

Jadi, singkat nya adalah, saya punya circle pertemanan dari jaman kuliah beberapa tahun lalu, terus berteman baik dan bisa bertahan sampai detik ini.

Perbedaan agama, ternyata tak menjadi penghalang kita menjalin pertemanan sehingga menjadi sebuah “geng” yang kita sematkan di sebuah Whatsapp Group.

Dari pertemanan ini saya jadi belajar banyak hal, selain mengenal karakter masing-masing saya juga semakin mengenal arti dari kata toleransi yang sebenarnya. Terlebih lagi toleransi beragama.

Kita juga semua tahu yah bahwa toleransi ini sudah kita dapatkan sejak menduduki bangku SD. Tapi mungkin belum teraplikasi sepenuhnya.

MENGENAL KEMBALI TOLERANSI

Well, arti kata dari toleransi yang saya tahu adalah bagaimana sikap kita dalam berbuat, hormat, saling menghargai antar sesama manusia sehingga tercipta nya sebuah nilai kebaikan.

Nilai kebaikan ini lah yang saya dapat dari toleransi, salah satu nya adalah bisa menjalin pertemanan dengan orang-orang yang berbeda agama.

Bagi saya, toleransi ini mempunyai meaning yang sangat special tak hanya bagi saya pribadi, tapi juga bagi semua orang.

NILAI YANG SAYA DAPAT DARI BERTEMAN DENGAN ORANG BERBEDA AGAMA

Karena kita juga sudah berteman, mengenal satu sama lain bukan dalam satu atau dua hari, jadi saya pribadi sudah merasakan betul apa saja yang saya dapat dari berteman dengan orang yang berbeda agama.

Berikut adalah nilai-nilai yang saya dapat :

1.       Saling Menghargai

Saling menghargai yang saya maksud di sini, tak hanya menghargai kepercayaan masing-masing, melainkan menghargai juga perbedaan pendapat yang sering muncul.

2.     Saling Membantu

Support satu sama lain ini pasti terjadi juga kepada teman-teman yang lain. Saya pun demikian, bahkan support mereka itu mulai dari yang bentuk nya non material sampai dengan ke yang bentuk nya material.

3.     Saling Menghormati

Banyak hal sih sebenarnya untuk part yang ini. Tapi saya ceritakan salah satu contoh nya saja yah.

Jadi, beberapa waktu lalu, kita kumpul di salah satu rumah teman yang sudah menikah. Karena pada saat itu mereka tak bisa beribadah ke Gereja, jadi mereka beribadah secara virtual di rumah.

Saya dan teman saya yang muslim, tentu menghormati mereka dengan tidak berisik, tidak bercanda saat mereka sedang melakukan ibadah, dan sikap-sikap yang lain. Hal sederhana tetapi sangat berdampak bagi saya pribadi.

4.     Silaturahmi

Nah, nilai ini nih yang sempet nggak kebayang di saya, karena saya mikirnya kalau udah selesai kuliah, yasudah kita akan mecah dengan kesibukannya masing-masing.

Eh ternyata nggak, Alhamdulillah kita masih bisa menjalin silaturahmi sampai detik ini walupun kita semua tinggal di wilayah yang berbeda-beda.

Tapi kalau sudah ada planning ngumpul, kita semua sumringah banget haha. Jadi mumpung semua ada waktu, kita manfaatin deh ngumpul bareng.

5.     Open Minded

Sama hal nya dengan poin 4 tadi, open minded yang saya dapat terjadi karena banyak hal. Mulai dari ngobrolin pekerjaan, agama, pernikahan, bahkan sampai ke binatang peliharaan.

Walaupun ngobrol nya santai, tapi buat saya semua obrolan itu penuh meaning.

6.     Jadi punya kesukaan yang sama

Kalau di poin 4 tadi saya bicara silaturahmi yang menyebabkan kita jadi sering kumpul ( walaupun sekarang lagi ditahan-tahan dulu ngumpul nya gara-gara corona ), jadi kita tuh punya kesukaan yang sama.

Kita jadi sering jalan-jalan bareng dan nonton film bareng di salah satu rumah teman saya tadi. Dengan ditemani cemilan dan masakan yang kita masak bareng-bareng juga hehe.

So far, bagi saya itu nilai toleransi yang paling saya rasakan / dapat dari berteman dengan orang yang berebeda agama. Intinya sih kita senang bisa kenal satu sama lain dan tentunya senang dengan keberagaman kita.

Semoga semakin banyak orang-orang yang terus membangun nilai toleransi, tak hanya toleransi antar agama, melainkan toleransi antar budaya, politik, dan juga toleransi terhadap hal apapun.

Sebelum melipir ke penghujung tulisan ini, saya mau taruh salah satu kutipan dari Alm. Gusdur yang sangat inspiratif dan tentunya penuh makna :

“Tidak penting apapun agama dan suku mu. Kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang, orang tidak akan tanya apa agama mu”

Stay safe and stay healthy. Adhe Albian signing out…!

Comments