Jatuh Cinta Sama Bu Tejo Di Film TILIK Yang Viral, Ini Alasannya..!

 Bu-Tejo-Film-Tilik-Viral 

“Kaya aku ngene lho, solutip”

Man teman familiar nggak sama kutipan dialog di atas tersebut? Kalau familiar pasti udah tahu kan itu diolog nya siapa? Hehe.

Sosok karakter yang satu ini, langsung membuat saya jatuh hati pada pandangan pertama.

Well, bagi man teman yang mungkin belum tahu, beberapa hari ini jagat raya sosial media sedang diramaikan dengan sebuah film pendek yang viral berjudul TILIK.

TILIK

Yes Tilik ( Jenguk / Menjenguk )

Film pendek dengan latar belakang budaya Jogjakarta ini, memang sangat kental sekali dari berbagai sisi.

Disini saya nggak membahas tentang tekhnis pembuatan atau gimana- gimana nya yah man teman, karena saya bukan ahli film hehe, saya hanya mau berbagi kebahagian saja dan menceritakan kebahagaian tersebut lewat tulisan ini.

Bu-Tedjo-Film-Tilik-Viral
Sumber gambar : Instagram @ravacanafilms

Well. Balik lagi ke TILIK. Film pendek yang di Sutradarai oleh Agung Prasetyo, di Produseri oleh Elena Rosmeisara dan di tulis oleh sang Script Writer Bagus Sumartono ini berhasil dirilis pada tahun 2018.

SYNOPSIS

Ada seorang anak gadis cantik atau biasa dibilang kembang desa bernama Dian.

Banyak lelaki yang mendekatinya hingga datang melamar nya. Warga desa bergunjing tentang status lajang Dian.

Dalam satu kesempatan perjalanan naik truk dalam rangka menjenguk ( tilik  ) Bu Lurah di Rumah Sakit kota, beberapa warga berdebat tentang siapa yang bakal mempersunting Dian.

Perjalanan “tilik” menjadi penuh gossip dan petualangan bagi para warga desa yang naik truk tersebut.

FILM TILIK VIRAL

Kenapa film Tilik ini menjadi viral? To be honest saya pribadi tahu pertama kali adalah melalui twitter, hastag Bu Tejo bertengger anteng di jajaran nama-nama yang trending saat itu.

Karena penasaran siapa ini Bu Tejo, tengok lah saya ke laman twitter yang trending tersebut, owalah dalah ternyata Bu Tejo adalah salah satu pemain film Tilik yang karakter nya memang sangat kuat sekali.

Jadi man teman, ternyata Film dengan genre drama yang di Produksi Ravacana Films ini telah di published di Youtube channel Ravacana Films tepat di hari ulang tahun Indonesia yang ke-75 tahun yaitu 17 Agustus 2020.

Film pendek berdurasi 30 menitan tersebut, hingga saat saya menulis ini berhasil ditonton oleh 3,8 juta pasang mata lho man teman.

Buat saya, yang hanya penikmat film nya saja bangga lho, apalagi mereka-mereka yang terlibat dalam pembuatan film Tilik ini.

KARAKTER PEMAIN

Nah ini nih yang menjadi favorite saya, ketika mau menulis tentang karakter yang ada di Film Tilik. Langsung aja kenalan yuk..!

Pertama, ada sosok yang banyak jadi buah bibir sampai detik ini yaitu the one and only Bu Tejo yang diperankan oleh Siti Fauziah. Bu Tejo I love you bu hehe.

Bu-Tedjo-Film-Tilik-Viral
Bu Tejo
Sumber gambar : Instagram @ravacanafilms

Karakter Bu Tejo seperti yang saya sampaikan diatas tadi ini sangat kuat sekali, buat saya beliau lah bintang nya di film Tilik ini. Karakter nya yang nyerocos, suka nge-gosip, suka termakan hoax dari internet, merasa yang paling benar, pokoknya bikin gemes yang nonton deh.

Kekuatan karakter nya tersebut memang sangat related dengan kehidupan masa kini man temans, ada sosok ibu-ibu yang suka ya gosip aja tanpa cek kebenarannya, dan sosok congkak juga menjadi tepat buat karakter Bu Tejo.

Gimanapun, saya jatuh cinta banget dengan Bu Tejo ini.

Nah, kalau tadi sudah ada karakter yang nyerocos, tentu ada lawan mainnya. Please welcome karakter yang berlawanan dari Bu Tejo yaitu Yu Ning yang diperankan oleh Brilliana Desy.

Yuning-Film-Tilik-Viral
Sumber gambar : Instagram @ravacanafilms

Yu ning seperti juga ibu-ibu lainnya, selalu melawan semua ketidak benaran yang diucapkan oleh Bu Tejo. Terlebih jika membahas sosok kembang desa Dian. Yu Ning selalu menjadi yang terdepan untuk membela nya.

Itu lah kenapa perjalanan tilik Bu Lurah di atas truk menjadi sangat berwarna, penuh debat juga penuh tantangan selama perjalanan menuju Rumah Sakit.

Yang debat mah debat, yang ngomporin mah tetep ngomporin, yang anteng mah juga yah anteng aja.

Karakter lain yang mendukung riuh ramai film Tilik ini ada Bu Tri ( Angeline Rizky ), Yu Sam ( Dyah Mulani ), Dian ( Lully Syahkisrani ), Fikri ( Hardiansyah Yoga Pratama ), Minto ( Tri Sudarsono ), Gotrek sang supir truk ( Gotrek ), Yati ( Ratna Indriastuti ) dan Pak Polisi ( Stephanus Wahyu Gumilar ).

MENDAPATKAN BANYAK PENGHARGAAN

Perjalanan film Tilik ini ternyata nggak main-main lho man teman, banyak penghargaan yang telah digenggam nya, nah berikut ini adalah beberapa penghargaan yang telah diraih film TILIK :

1.       Winner Film Pendek Terpilih Piala Maya 7 – 2018

2.     Official Selection 13th Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2018

3.     Official Selection World Cinema Amsterdam 2019

Nggak heran kalau film Tilik ini banyak mencuri perhatian semua lapisan masyarakat tak terkecuali saya.

Bu-Tedjo-Film-Tilik-Viral
Saat menerima Piala Maya
Sumber gambar : Instagram @ravacanafilms

Pandangan saya sebagai orang awam yah, film ini tuh menyajikan gambar dengan kualitas yang bagus, cerita yang sangat menarik, pemain-pemain yang sangat super duper natural, latar belakang budaya yang kental, dan pengambilan tema di film yang sangat relate dengan kondisi sekeliling kita.

Selain itu dan karakter Bu Tejo yang buat saya jatuh cinta, saya juga banyak mengambil sisi positif dari film Tilik ini. Salah satu nya adalah tentang “saling peduli satu sama lain”

Budaya kita yang dikenal sangat ramah, tentu membuat tingkat peduli antar warga jadi sangat kuat. Seperti yang digambarkan di film Tilik ini, walaupun harus menempuh perjalanan jauh dengan menggunakan Truk, tapi mereka tetap solid dan bergandeng tangan demi menjenguk ( tilik ) Bu Lurah.

Perjalan menggunakan sebuah truk ini juga mengingatkan saya ke kampung halaman saya di Indramayu – Jawa Barat.

Nah kalau di film Tilik ini truk nya dipakai untuk menjenguk,  kalau di kampung saya, sering nya truk ini tuh dipakai untuk pergi ke tempat wisata, dan ini bukanlah hal yang aneh lagi.

Selain bisa menampung banyak warga sekaligus, tapi juga kita bisa bahagia menikmati perjalanan bersama tetangga dalam satu buah truk.

Tentunya gosip dan celotehan-celotehan seperti yang digambarkan di film Tilik ini juga terjadi lho di kampung halaman saya. Jadi walaupun perjalanan nya jauh, tetep aja bisa happy.

Bu-Tejo-Di-Podcast-Belepodan
Belepodan Podcast

Oiya tulisan ini saya published juga di podcast saya yah man teman, jadi kalau yang lagi males baca ( kalau bisa sih jangan males yah hehe ), bisa langsung dengerin podcast saya di Spotify atau di Anchor.

Well, buat man teman yang belom nonton film TILIK, seriusan deh film pendek ini wajib banget kalian tonton. Silahkan tonton di sini.

ITS WORTH TO WATCH..!!

Stay safe and stay healthy. Adhe Albian signing out…!

Referensi :

Youtube : Ravacana Films

Instagram : @ravacanafilms

Comments