Anak Jakarta Yang Merantau Ke Jakarta


Anak-Jakarta-Yang-Merantau-Ke-Jakarta
 

 

“Jadi waktu dulu, nenek tuh minta kamu ada di kampung buat nemenin biar gak sepi katanya” Jawab Bapak saya ketika saya tanya kenapa saat kecil tinggal di Indramayu.

Jadi, masa kecil saya tuh emang dihabiskan di kota mangga - Indramayu. Walaupun saya lahir di Jakarta, tapi sejak kecil sampai 6 SD saya tinggal di Indramayu-Jawa Barat bersama Nenek ( dari Bapak ).

Pada saat itu nenek meminta ke Bapak untuk cucu yang paling kecil dibawa ke kampung untuk menemaninya, karena beliau kan tinggal sendirian, jadi biar nggak sepi katanya.

Jadilah saya ini yang diboyong ke kampung untuk menemani nenek. Usia persis nya berapa pada saat itu saya lupa, yang saya inget ya saya tumbuh besar di sana.

Menginjak kelas 5 SD, nenek saya meninggal dunia, saya pun jadi sendirian di rumah itu. Sejak itulah saya diajak tinggal bersama kaka pertama saya yang kebetulan rumah nya nggak jauh dari rumah nenek.

Anak-Jakarta-Yang-Merantau-Ke-Jakarta
Monumen / Tugu Mangga Indramayu
Dokpri @adhealbian

Tadinya mau dibawa balik ke Jakarta, tapi kata kakak saya tanggung, biar selesaikan pendidikan SD nya dulu sampai lulus di Indramayu. Jadi biar SMP nya di Jakarta.

MENUJU JAKARTA

Saya yang sudah dinyatakan tamat dan lulus Sekolah Dasar ( SD ) tersebut, mempunyai rasa yang teramat bangga sekaligus juga sedih harus meninggalkan Indramayu yang menjadi saksi tumbuh besar nya saya.

Tapi demi kebaikan saya, saya pun harus berangkat dan siap beradaptasi dengan kota Jakarta.

Anak-Jakarta-Yang-Merantau-Ke-Jakarta

Tinggal di pusat Jakarta membuat perjalanan sekolah saya sangat mudah dalam berbagai hal, mulai dari jarak sekolah yang dekat, transportasi umum yang banyak, dan juga beberapa saudara yang bersekolah di sekolah yang sama.

Awal-awal menjalani sekolah saya selalu inget minta dianter Bapak sampai ke depan gerbang sekolah hehe. Saking pemalu nya jadi selalu minta dianter, terlebih dari kampung yang belum tahu kehidupan teman-teman atau lingkungan Jakarta.

Lambat laun, saya bisa lepas sendiri dan sudah bisa berbaur dengan teman-teman sekolah, jadi nggak minta dianterin lagi hehe. Udah berani naik angkot sendiri.

Oiya ngomongin angkot, man teman di sini ada yang pernah naik kendaran umum “BEMO” untuk ke sekolah nggak?

Kalau pernah, berarti sebaya nih kita hehe, nah dulu saya lebih milih naik bemo dibanding naik angkot, alesannya karena naik bemo tuh adem sedangkan naik angkot bisa bikin mual hehe. Norak banget nih saya.

TINGGAL BERSAMA KELUARGA DI JAKARTA

Di Jakarta sendiri saya tinggal bersama orang tua dan kakak-kakak saya.

Beranjak SMA saya sudah mencoba segala sesuatu nya sendiri, mulai dari pendaftaran sekolah ke SMA sampai dengan mencoba membantu orang tua melalui beasiswa, setidaknya bisa meringankan beban orang tua pada saat itu.

Walaupun uang jajan mah tetep aja selalu minta sama orang tua hehe.

Tinggal bersama kakak – kakak saya yang bertolak belakang dengan saya secara sikap dan sifat, saya lebih memilih apapun itu sendiri, misalanya kamar, peralatan mandi, baju dan semua printilan – printilan yang lainnya.

Ternyata, orang tua saya bilang emang dari dulu ( jamannya masih di kampung ), saya tuh udah suka banget tidur di kamar sendiri. Karena biasanya saya kan tidur sama nenek. Jadi emang udah kelihatan mandirinya sejak kecil, katanya sih gitu.

MERANTAU JADI ANAK KOSAN DI JAKARTA

Yeay akhirnya saya jadi anak kosan Jakarta hehe. Memutuskan merantau dan meninggalakan tempat tinggal yang jadi saksi “perjalanan sekolah” saya ini antara seneng dan nggak.

Yup menjadi saksi perjalanan sekolah saya sejak duduk di bangku  SMP, SMA, sampai Kuliah. Nggak kebayang deh itu udah berapa tahun yah?

Well, semeninggal nya Alm. Bapak, saya menjadi sosok yang merasa sendiri, karena semenjak Almh. Ibu pergi lebih dulu, saya hanya punya Bapak pada saat itu.

Tempat mengadu atau berkeluh kesah apapun. Semenjak beliau pergi juga, saya merasa tak punya siapa-siapa, nggak ada lagi orang yang bisa menjadi penampung curhat saya.

Beruntung nya mempunyai sahabat-sahabat yang sangat mendukung dan selalu menerima cerita saya, jadi nggak merasa kesepian lagi.

Satu bulan setelah kepergian Bapak, saya memutuskan untuk tinggal sendiri, jadi lah saya memutuskan untuk menjadi anak kosan.

Dengan modal atau berbekal “kemandirian” yang di pupuk sejak kecil tadi, memutuskan untuk ngekos bukanlah suatu hal yang sulit bagi saya.

Saya percaya dengan nge-kos, saya bisa melakukan hal apapun in positive way yah man teman hehe. Jadi saya merasa bisa lebih produktif aja gitu.

Tempat tinggal yang di pusat Jakarta tersebut saat ini ditempati oleh kakak-kakak saya. Jadi deh saya merantau.

Walaupun saya merantau nya masih di Jakarta juga, tapi hal ini membuat saya dan keluarga menjadi terpisah jarak. Membuat jadi jarang melakukan sesuatu bersama-sama lagi.

Anyway, saya tuh sangat bersyukur sekali menjadi bagian dari keluarga ini. Mereka tak pernah memaksakan kehendak anaknya dalam hal apapun selagi apa yang kita lakukan berdampak baik. Baik untuk sendiri maupu keluarga.

Inget banget nih Alm Bapak pernah bilang “Mau jadi apapun nantinya, terserah kamu aja,yang terpenting jangan sampai kenal narkoba”

Pesan Alm Bapak tersebut akan selalu saya ingat, dan semoga saya dijauhkan dari hal-hal yang buruk seperti itu.

Dear Emak dan Bapak,

Anak mu sekarang sudah jadi anak kosan, doakan terus anak mu ini yah biar menjadi anak yang selalu di berkahi, sehat selalu, murah rezeki, rendah hati dan semua doa yang baik.

Maaf yah mak, pak belum bisa nengok ke rumah karena kondisi saat ini yang belum memungkinkan untuk bisa main ke “Rumah” emak dan bapak.

Bahagia selalu yah mak, bapak di Surga. Alfatihah

Duh man teman maaf yah jadi kebawa suasana nih saya nulis ini hehe.

Terimakasih yah sudah kembali berkunjung, sampai ketemu lagi di tulisan-tulisan saya berikut nya.

Stay safe and stay healthy. Adhe Albian signing out…!

 

Comments

  1. Hi adhe ini antin...wah adhe aku baru tau cerita keluarga kamu, hebatlah jadi anak perantau mandiri. Semoga bekal mandiri bisa jadi senjata buat bangun karir yg sukses kedepannya ya.

    ReplyDelete

Post a Comment