5 Mata Kuliah Ini Ternyata Bisa Menunjang Blog Lho...!!

 

5-Mata-Kuliah-Bisa-Menunjang-Blog

 

“Ciee yang sekarang udah jadi blogger..!” ucap teman saya sambil meledek.

Sebenarnya saya sendiri masih degdegan lho kalo di bilang Blogger. Karena saya masih merasa jauh tertinggal dengan blogger-blogger yang jam terbang nya tuh sudah tak terhitung lagi.

Bahkan sampai detik ini saya juga masih belajar banyak hal tentang dunia blog.

Menekuni  dan memeluk bidang yang dulu nya hanya sekedar hobi ini membuat pemikiran dan wawasan saya jadi terbuka lebar. Bahwa menulis itu tak hanya sekedar menulis.

Sama hal nya dengan menyanyi misalnya, semua orang bisa menyanyi tapi orang yang menyanyi dengan feel dan juga skill pasti akan terasa beda nya.

Untuk itu juga saya selalu mencoba untuk mengasah skill menulis saya dengan mengambil ilmu tentang blog dari mana saja, mulai dari internet, workshop, sampai dengan ikutan kelas blog.

USIA BLOG YANG MASIH BELIA

Tahun depan sepertinya menginjak 2 tahun deh menggeluti dunia blog. Wuih tapi masih banyak banget nih yang kudu dipelajari dan didalami, terlebih harus mempraktekannya.

Masih belia banget kan usia nya?

Senang nya menjadi seorang blogger itu banyak lho, mulai dari menambah wawasan menambah networking dan juga menambah kepekaan kita terhadap suatu hal.

Beruntung nya saya adalah hobi nulis tuh udah dari dulu, hanya saja nggak pernah ter-explore karena dari saya nya sendiri yang minim informasi.

Padahal kalau mau ngulik atau gali informasi tentang dunia tulis menulis dan blog, saat itu udah banyak yang bersliweran dimana-mana.

Well, selain hobi yang menjadi penunjang / membantu saya juga dalam menekuni dan menggeluti dunia blog ini, ada satu hal lagi yang menjadi penunjang yaitu..

LATAR BELAKANG PENDIDIKAN

Ya latar belakang pendidikan. Kok bisa?

Dengan Fakutas Ilmu Komunikasi dan jurusan Public Relations ( Hubungan Masyarakat ) yang saya ambil pada saat kuliah beberapa tahun lalu, membuat saya sadar tak sadar pendidikan yang saya ambil ini ternyata berdampak dalam menulis blog.

Ada beberapa mata kuliah yang ternyata sangat menunjang blog saya lho man teman.

Berikut adalah beberapa mata kuliah yang dapat menunjang nilai blog saya :

1.       Tekhnik Reportase dan Wawancara

Di mata kuliah ini saya diajarkan bagaimana tekhnik mewawancari narasumber.

Tanpa disadari ternyata saya pernah melakukan wawancara narasumber dan informasi yang saya dapat dari wawancara tersebut saya tulis ke dalam sebuah blog.

Nah, di mata kuliah ini juga diajarkan bagaimana bisa menggali informasi narasumber, langkah-langkah dalam berwawancara nya gimana, dan tekhnik-tekhnik lainnya.

Ya walaupun pada praktek nya tidak sesempurna yang ada di bayangan saya, at least saya sudah mencoba dan sangat membantu dalam menulis di blog.

2.     Fotografi dan Dokumentasi PR ( Public Relations )

Seperti yang man teman tahu, blog yang kita tampilkan ini kan dalam sebuah tulisan, dalam artian meminta orang yang visit ke blog untuk membaca nya, ya kan?

Nah untuk bisa membuat pembaca kita juga betah membaca blog kita, alangkah lebih baik ditambahkan beberapa photo / video untuk menjadi bahan pendukung tulisan.

Untuk itu pula perlu adanya photo yang bagus, ya gak harus sebagus photographer profesional sih, tapi setidaknya ada photo yang baik dan ngak ngeblur lah gitu.

Kalau gitu kan pembaca juga nyaman dan tentu bisa membawa mereka bersama kita di dalam tulisan tersebut.

Mata kuliah ini salah satu yang menjadi favorite ku nih man teman, karena seru bisa sampai keluar kampus untuk mencari objek photo hehe.

5-Mata-Kuliah-Bisa-Menunjang-Blog
Photo saat di kampus ( dokpri )

3.     Opini Publik

Kalau mata kuliah ini, saya dan man teman kelas di tuntut untuk bisa memberikan opini terhadap segala hal yang terjadi di sekitar kita.

Mulai dari isu politik sampai segala hal yang terjadi baru –baru ini dan menjadi perbincangan.

Nah dalam memberikan opini, tentu kita juga harus memperhatikan segala aspek. Bukan karena kita bebas berpendapat jadi nya barbar yah man teman hehe.

Perlu juga yang nama nya memperhatikan etika, lebih baik lagi jika pendapat / opini man teman dikuatkan dengan data-data yang nyata.

Jadi, kita juga tak menyebar hoax dan yang membaca juga tak termakan hoax dari apa yang kita tulis.

4.     Penulisan Media PR Internal dan Eksternal

Di mata kuliah ini saya diajarkan bagaimana tekhnik menulis. Ternyata tak semudah yang saya bayangkan lho man teman hehe.

Nah di mata kuliah ini lah saya juga baru mengenal yang namanya 5W+1H ( What, Who, Where, When, Why + How ), piramida terbalik, dan tekhnik tulis menulis lainnya.

Nah kan jurusan saya PR. Saat itu dosen saya bilang, seorang Public Realtions itu wajib dan dituntut untuk bisa menulis mulai dari future, soft dan juga hard news.

Tujuannya adalah tentu bisa membantu jalannya berbagai program perusahaan.

Misalnya Perusahaan kita akan mengadakan sebuah kegiatan CSR ( Coorporate Social Responsibility ), nah tugas seorang PR ini lah untuk membuat press release nya, undangan-undangan media, dokumentasi dan juga sederet kegiatan-kegiatan lainnya.

Di mata kuliah ini saya jadi belajar bagaimana tekhnik dalam menulis, bagaimna cara membuat press release, bagaimana agar tulisan kita nyaman untuk dibaca, dan lain-lain.

Kaitannya dengan blog tentu ada banget, makannya mata kuliah ini menjadi salah satu yang sangat menunjang per blog-an saya.

5.     Mata kuliah tentang per ilmu komunikasi an

Yes dengan keptusan saya menjadi bagian dari anak fakultas ilmu komunikasi dengan jurusan hubungan masyarakat, tak membuat saya menyesal.

Karena ternyata nggak sedikit yang bilang menyeseal mengambil jurusan ini. Tak sedikit jga yang bilang “ambil jurusan PR hanya untuk menghindari mata kuliah hitung-hitungan”

Sedih banget euy denger nya ada temen kuliah bilang gitu.

Well, ilmu komunikasi yang saya dapat pada saat kuliah, sangatlah menunjang dalam berbagai hal terlebih dengan blog.

How we speak, how we communicate, how we write, how the way to give our opinion, dan sederet ilmu komunikasi lainnya.

Jadi, itu lah beberapa mata kuliah yang menunjang saya dalam menulis blog man teman. So far sih sepertinya itu yah yang saya inget, hehe kalau ada mata kuliah lain yang juga menunjang, saya info menyusul yah man teman.

Well, seperti yang saya sampakan diatas tadi, saya sendiri masih banyak belajar tentang berbgai hal, ya blog ya komunikasi nya juga. Jadi mohon maaf yah man teman jika dalam penulisan saya masih banyak kekurangan.

Feel free lho untuk memberikan inputan membangun di kolom komentar yah. Terimakasih sudah berkunjung kembali ke sini, sampai jumpa di tulisan-tulisan saya berikut nya yah.

Stay safe and stay healthy. Adhe Albian signing out…!

 

Comments

  1. Ini bermanfaat langsung Mas Adhe, pokoknya pendidikan yang pernah kita raih secara akademis wajib jadi nilai tambah buat blog kita biar makin padat berisi kontennya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bermanfaat banget teh, ternyata banyak nilai tambah nya Teh ;)

      Delete

Post a Comment