3 Manfaat Mindfulness Yang Perlu Kamu Tahu


IG-Live-Mindfulness-Adjie-Santoso-Putro



“Duh gimana nih kerjaan, duh gimana nih bayar ini, duh gimana nih bayar itu, duh gimana nih kalau ngelakuin ini orang-orang akan bilang apa yah?”

Itu lah beberapa pemikiran yang sering muncul di awal-awal Indonesia dinyatakan Pandemi.

Saya dan semua orang tanpa terkecuali pasti merasakan hal yang sama, cemas, kelimpungan memikirkan banyak hal bahkan sampai ada yang melakukan panic buying di awal-awal pandemi. Man teman pasti ingat tentang hal tersebut.

Saya menyadari betul bahwa situasi dan kondisi pandemi ini membuat semua orang terkena dampak nya.

Karena hal tersebut, membuat banyak dari kita akhirnya melakukan hal apapun untuk bisa bertahan di situasi dan kondisi yang berat ini. Tak sedikit pula yang stress karena banyak pikiran yang masuk dan berkecamuk.

Tahu kah man teman, untuk menghadapi hal ini, kita semua tuh perlu banget mempunyai “mindfulness”

Saya dan mungkin sebagian man teman ada yang belum paham tentang arti sebenarnya dari mindfulness itu apa. Nah untuk menjawab ke-belum pahaman kita ini, silahkan baca sampai tuntas yah hehe.

APA ITU MINDFULNESS ?

Akhirnya rasa penasaran saya terjawab sudah di  Fun Talk IG Live yang diadakan oleh @homecreditid tepat kemarin 19 Agustus 2020 jam 19.00 malam.

IG-Live-Mindfulness-Adjie-Santoso-Putro
IG : @homecreditid

Topik yang dibahas pun sangat menarik perhatian dan meningkatkan rasa penasaran saya yaitu “Tetap Tenang, Langkah Lebih Ringan”

IG Live yang dikemas epik tersebut menghadirkan narasumber yang sangat kredibel dan tentunya sangat related dengan situasi dan kondisi seperti sekarang ini.

Please welcome Mas Adjie Santosoputro, seorang Praktisi Mindfulness lulusan Psikologi UGM yang sudah menggeluti ilmu mindfulness ini selama 15 tahun. Wow..!!

Well man teman, diawal IG Live berlansung, Mas Adjie menjawab ke belum tahuan kita semua tadi tentang “apa sih mindfulness itu?” berikut adalah jawabannya.

IG-Live-Mindfulness-Adjie-Santoso-Putro
Dokpri

Mindfulness itu adalah kondisi dimana kita sadar diri disaat ini, disini, kini.

Lebih lanjut Mas Adjie menerangkan kalau kita kita perlu sadar bahwa penting untuk tidak berfikir kemana-mana, agar tidak berkecamuk akan pemikiran masa lampau atau masa depan yang belum pasti. 

Untuk itu lah penting sadar diri di saat ini, di sini, dan kini.

BERDAMAI DENGAN KECEMASAN

Namanya juga manusia yah tetep aja pemikiran kita dihadapkan dengan segala hal permasalahan yang menyebabkan kita jadi memikirkan hal tersebut dan berujung bikin kita cemas.

Untuk itu, perlu kah kita berdamai dengan rasa cemas dan gimana sih cara nya?

“Kita perlu tahu dulu akar penyebab cemas jawab Mas Adjie.

Lebih lanjut Mas Adjie menjawab “Salah satu penyebab cemas adalah uncertainty ( ketidakpatian ), jawaban lebih tepat nya adalah keinginan kita untuk memastikan yang tidak pasti.

Jadi bukan ketidakpastian yang bikin kita cemas, ketidakpastian itu ya memang tidak pasti dan itu tidak bikin kita cemas,

Yang bikin kita cemas perlu kita sadari dan pahami dulu sebenar-benarnya adalah keinginan kita untuk memastikan yang sebenarnya tak pasti.

Dari sini kita baru bisa belajar berdamai dengan cemas, dalam artian, kita belajar mengurangi, memastikan apa-apa yang memang tidak pasti.

Kita tadi udah tau yah man teman tentang apa itu mindfulness dan juga cara berdamai dengan rasa cemas kita. Selanjutnya, apakah keuntungan / manfaat yang kita dapat dari mindfulness?

KEUNTUNGAN / MANFAAT MEMILIKI MINDFULNESS

Perlu banget lho man teman kita memiliki mindfulness ini, terlebih manfaat / keuntungan yang kita dapat juga cukup banyak dan sangat membantu kita.

Berikut adalah beberapa keuntungan / manfaat yang bisa kita dapat dari memiliki mindfulness :

1.      Bisa berdamai dengan rasa cemas.

Kalau kita tak tenang / panik / cemas, itu semua sebenarnya kondisi pikiran kita yang terjerat masa lalu / masa depan.

Contoh kondisi sekarang ini, kita tak bisa tenang melangkah karena cemas akan ketidakpastian yang akhirnya jadi membayangkan banyak hal yang belum pasti terjadi.  

Nah dengan memiliki mindfullnes maka kita semua bisa berdamai dengan rasa tak tenang / panic / cemas tadi man teman.

2.     Kita bisa menjaga kesehatan fisik.

Man teman tentu tahu salah satu cara agar kita juga terhindar dari Covid-19, yaitu harus menjaga kesehatan fisik. Nah dengan mindfulness, kita juga terbantu akan kesehatan fisik. Jadi pikiran kita tenang dan fisik kita pun sehat.

3.     Meningkatkan imunitas tubuh

Meningkatkan imunitas tubuh juga menjadi salah satu cara kita juga lho man teman untuk terhindar dari berbagi macam penyakit.

Dengan meningkatknya imunitas tubuh, kita juga dapat melatih pikiran kita di saat ini, disini, kini.

TIPS BAHAGIA DI SITUASI PANDEMI

Menurut Mas Adjie, gembira dan bahagia itu berbeda lho man teman.

Gembira itu ketika tertawa, kita hore-hore tapi bisa jadi gembira itu belum tentu bahagia. Sementara Bahagia itu ketika kita bisa menerima sedih dan menerima gembira.

"kita perlu tahu bahwa kegembiraan itu sifatnya hanya sementara" lanjut Mas Adjie

Berikut adalah tips agar kita tetap tenang dan langkah lebih ringan :

1.      Berlatih Hening

Luangkan waktu sekitar 5-10 menit saja / hari untuk berlatih hening. Cara nya dengan duduk diam, pejamkan mata dan sadari nafas. Saat inhale dan exhale ini lah kita menyadari nafas.

2.     Perlu berpikir di saat ini, di sini dan kini.

Kita jangan terlalu percaya dengan pikiran kita sendiri, karena pikiran kita salah satu tugasanya memberikan bayangan-bayangan yang belum tentu benar / pasti.

Buah pikiran kita macam-macam imaginasi ( masa depan ) dan memori ( masa lalu ). Jadi ketika muncul kecemasan bilang aja sama diri sendiri “ah ini belum tentu bener kok”

BAGAIMANA MENGONTROL EMOSI DIRI

Pertanyaan ini salah satu yang sering muncul juga di benak saya. Beruntungnya mendapatkan jawaban dari Mas Adjie. 

Mas Adjie bilang “Emosi itu bukan untuk di kontrol, emosi juga bukan untuk diluapkan”.

Keduanya lebih baik tidak kita lakukan karena bisa membuat diri kita jadi mengundang masalah dengan 2 respon itu. Maka yang perlu kita lakukan adalah menerima emosi dan menyadari emosi.

Kita tidak perlu mengusir emosi atau menjaga jarak dengan emosi, sehingga respon kita terhadap emosi tersebut, kita bisa tenang, tetap terkendali perilaku dan perbuatan kita.

Nah dari jawaban Mas Adjie ini saya jadi lebih paham sekarang, intinya ya kita juga harus bisa berdamai dengan emosi sehingga bisa selalu tenang.

Sekarang man teman juga jadi lebih paham ya tentang gimana mengontrol emosi, berdamai dengan cemas, perlu nya memiliki mindfulness dan juga manfaat nya.

Kalau sudah seperti itu, kita tinggal menjalanakan kehidupan kita seperti biasa, jaga kesehatan, minum dan makanan yang bergizi dan tentu harus bisa melakukan berbagai kegiatan yang produktif.

Kondisi dan situasi pandemi jangan menjadi penghalang untuk kita produktif yah man teman.

Di sesi terakhir Fun Talk IG Live kemarin, Mas Adjie juga memberikan tips lagi nih untuk kita, agar bisa terus produktif di masa pandemi.

MAS ADJIE : TIPS TETAP PRODUKTIF DI SAAT PANDEMI

1.  Terus menerus menjaga niat ( mengajak #ayomajubersama, berkarya dan bergereak )

2.  Persoalan praktis, setiap hari meluangkan waktu untuk sadari nafas dan juga bisa tulis to do list setiap hari dan melakukannya dengan penuh suka cita.

3.     Mengurangi multi tasking, fokus dan tambahkan single tasking.

Tontonan IG Live dari Home Credit yang menginspirasi banget sih kemarin, selain menambah wawasan tentang mindfulness, saya juga jadi lebih tenang karena pertanyaan-peranyaan saya terkait kecemasan di awal paragraf tadi terjawab sudah.

Sebagai seorang praktisi mindfulness, Mas Adjie juga sangat humble, penjelasannya sangat mudah dipahami, dan yang terpenting adalah banyak insight positif yang saya dapat dari beliau. Terimakasih lho Mas Adjie.

Terimakasih juga Home Credit atas sajian Fun Talk yang menyenangkannya, semoga terus berjalan lancar dan juga selalu menghadirkan narasumber-narasumber yang kompeten lagi.

Ngomongin narasumber, jadi penasaran narasumber minggu depan siapa dan topik nya apa? Hehe kudu pantengin lagi nih IG Live nya.

#AYOMAJUBERSAMA “TETAP TENANG, LANGKAH LEBIH RINGAN”

Stay safe and stay healthy. Adhe Albian signing out.

Comments

  1. Terimakasih batas edukasinya ka. Sangat bermanfaat sekaliiii

    ReplyDelete
  2. Yey tambah wawasan lagi.. tangkiu @adhealbian (toy")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay seneng kalo bisa dapet wawasan dari tulisan ini, terimakasih juga yah ;)

      Delete
  3. Yap. Setuju banget, 'berkarya' salah satu hal positif di masa pandemi. Terus menghasilkan karya-karya baru Adhe Albian. Tetap semangat 💪

    ReplyDelete
  4. Bermanfaat sekali.. makasih yaaa informasi nya 😇

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terimakasih juga yah sudah berkunjung kesini ;)

      Delete
  5. Artikel yang sangat bermanfaat sekali di saat zaman- zaman kecemasan melanda .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah baca ini semoga tak lagi cemas melanda yah kak ;)

      Delete
  6. Sorry mamas usually I never comment on any blogs but I really enjoyed reading this ... nice article.. you have a gift of putting hard thought into words 👍🏻 Keep it up

    ReplyDelete
  7. useful article banget, keep it up :)

    ReplyDelete
  8. sangat bermafaat buat infonya

    ReplyDelete
  9. Pas bgt sama kondisi saat ini.. Bermanfaat bgt artikelnya..

    ReplyDelete
  10. Sering banget aku juga merasa cemas atau panik. Apalagi kalau lagi multitasking job. Mungkin selain dengan memperbanyak single tasking. Kayanya aku juga perlu melakukan sadari napas kaya yang Mas Adjie bilang ya. Anyway nice share Ka. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks kak. Anw yang di bilang Mas Adjie ada benarna yah kak kalo melakukan single tasking membuat kita juga jadi lebih fokus dan pikiran kita gak kemana2 :)

      Delete
  11. Saya orangnya mudah cemas, belajar mindfulness ini membantu bgt ...

    ReplyDelete
  12. Setelah acara ini, saya banyak latihan atur napas dan menyingkirkan segala hal yang tidak perlu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Acara nya membawa dampak banget buat kita yah teh ;)

      Delete
  13. Senang banget ikut acara funtalk ini bisa dapat ilmu baru yang bikin hidup lebih tenang, dan saya juga sudah coba pelatihan mindfulness ini, semoga bisa rutin supaya manfaatnya juga makin terasa jelas

    ReplyDelete
  14. Materi funtalknya mantep banget ya kak, bagaimana bisa berdamai dengan rasa cemas. Relate banget sama keadaan sekarang yang sering cemas gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget kak. Emang perlu menerapkan mindfulness disaat situasi dan kondisi seperti sekarang ini ;)

      Delete
  15. Kalau kita bisa terapin Mindfulness, banyak banget ya manfaatnya.

    Aku selalu coba untuk ga khawatir sama keadaan tapi pikiran suka kemana-mana jadi bawaannya khawatir terus.


    Thanks for sharing

    ReplyDelete
  16. Banyak banget yaa ternyata manfaat mindfulness ini kak.. Dulu tuh cuma dengar aja ada yang namanya mindfulness. Gak tahu sama sekali apa maksudnya, apalagi manfaatnya. Setelah mendengar Fun Talk dari Mas Adjie, baru deh mulai ngeh~

    ReplyDelete
  17. Wah samaan berarti kita nih mba ;)

    ReplyDelete
  18. Agak susah itu membiasakan singletasking secara kebiasaan multitasking. Tapi dg sadar nafas yg udah mulai dipraktekin tiap hari skrg jadi lebih tenang. Makasih atas sharingnya Kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba, jadi harus sudah mulai dipraktekkan sejak dini yah agar terbiasa ;)

      Delete
  19. nah bener kak, berdamai dengan rasa cemas adalah kunci dimana kita bisa menyadari bahwa kita sedang tidak baik karena cemas artinya khawatir dengan hal2 yang belum terjadi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga dengan ini kita tak lagi punya cemas yang berlebihan yah kak ;)

      Delete
  20. aahaha bener bgt selama pandemi ini aku kurangi rasa cemas tapi tambah concern terhadap kesehatan diri sendiri aja seperti selalu menggunakan masker, cuci tangan, ganti baju setiap abis keluar. intinya ngga membebankan pikiran gitu deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju dengan kamu Kak, lebih baik kita alihkan kecemasan kita ke hal-hal yang lebih positif dan hal-hal yang produktif ;)

      Delete
  21. Benar juga , kita kerap kali merasa riweh sendiri karena hal-hal yang tidak pasti. Belajar mengatasi cemas perlu dilakukan agar nggak panik berlebihan.

    ReplyDelete
  22. Mindfulness, perlu dilatih dan terus konsisten agar tetap terjaga dan tetap "sadar diri". Thanks atas tips yang detail.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Bu Ina, Terimakasih kembali Bu semoga bermanfaat yah ;)

      Delete
  23. Bagus banget sharingnya.
    Jangankan generasi muda, saya yang udah "ga punya beban", sempat merasa cemas di awal pandemi
    Penyebab cemas karena kita ngga tahu apa yang akan terjadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mba ;) semoga bisa bermanfaat yah mba ;)

      Delete
  24. Aku satu almamater nih ama Mas Adjie. Semoga praktik mindfulnessnya bermanfaat buat mas Adhe ya. Aku juga lagi ngajarin anakku mindfulness nih, makasih ulasannya.

    ReplyDelete
  25. aku tau mas Adjie ini malah dari Twitter lho kak Adhe, emg seneng banget sih ikutin thread-thread yg berhubungan dg jiwa dan juga mindfullness kayak gini. Huhu aku kemarin ketinggalan banget IGlive nya beliau

    ReplyDelete
  26. berdamai dengan diri sendiri, selalu bersyukur dengan apapun yang kita miliki, berpikir positif, inshaAllah hidup kita akan baik-baik aja yaa bang~ Semangat!

    ReplyDelete
  27. Bacaan ringan yang mengedukasi, izin share ya

    ReplyDelete

Post a Comment