Yang Boleh dan Nggak Boleh Dilakukan Keponakan Saat New Normal


 

“Om kok pake masker mulu sih, emang kenapa sih om? Ada virus yah om?”

Kurang lebih seperti itu pertanyaan yang dilontarkan keponakan saya, laki-laki berbadan gempal berusia 6 tahunan yang selalu sukses bikin saya gemes dengan pertanyaan – pertanyaan polos nya.

Beberapa minggu lalu saya memang sempat bertemu dengan keponakan saya setelah berbulan-bulan lama nya nggak main ke rumah kakak saya yang berlokasi di pusat Jakarta. Tentu man teman tahu ya alasannya kenapa berbulan-bulan berdiam di kosan aja.

Yes situasi dan kondisi pandemi ini lah yang membuat saya jadi nggak bisa bertemu dengan kakak saya dan keponakan-keponakan saya. Kenapa akhirnya memberanikan diri untuk bertemu? karena ada urusan keluarga yang mohon maaf nih nggak bisa saya ceritakan di sini.

Walaupun kondisi di Jakarta ini belum membaik, tapi hampir semua lapisan masyrakat sudah melakukan kegiatan seperti semula, dikarenakan pemerintah sudah memberikan pernyataan bahwa kita sudah memasuki fase “NEW NORMAL”.

Tak sedikit lho yang menyuarakan pro dan kontra akan new normal ini, terlebih lagi kasus Covid-19 di Indonesia sendiri sudah melebihi angka 100.000 ( Seratus ribu ) update per 2 hari lalu. Bukan angka yang kecil bukan?

Walaupun begitu, antusiasme masyarakat tetap begitu besar, bahkan sebagian dari mereka sampai lupa bahwa virus corona tuh sebenarnya masih ada. Itulah kenapa masih ada aja  sebagian orang yang tidak menjalankan himbawan permerintah dalam menjalankan protokol kesehatan.

Untuk itu saya tetap menjalankan protokol kesehatan di masa new normal ini, karena saya sadar betul bahwa virus ini masih belum hilang. Untuk itu, kita nya nih yang harus pintar mengontrol diri, mulai dari menjalani protokol kesehatan sampai dengan menahan rasa untuk tak berkunjung ke tempat yang ramai dulu.

Walaupun terpaksa harus keluar rumah karena sesuatu yang penting, ya protkol kesehatannya tuh harus tetap dijalankan. Itu lah kenapa pertanyaan dari keponakan saya terlontar saat melihat saya terus menerus menggunakan masker, seolah enggan lepas bak perangko yang menempel di atas kertas.

Pertanyaannya nggak hanya sampai situ lho man teman, bahkan ponakan saya sempat menanyakan tentang virus corona itu apa, walaupun penyebutannya kepleset hehe.

“Om takut virus konora yah om, emang apaan sih om?”

Nah seperti itu lah keponakan gembul ( panggilan sayang saya ke keponakan ) saat menanyakan tentang virus corona yang dia sebut virus konora. Tentu saya menjelaskan dengan gambaran yang sesuai dengan usia nya. Terlebih lagi kondisi seperti new normal ini kan, jadi saya tambahkan juga beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dia lakukan.

Well, berikut adalah beberapa hal boleh dan nggak boleh yang saya sampaikan ke keponakan saya :

1.   Memberikan penjelasan terkait virus corona.

Kita perlu tahu bahwa tidak semua anak kecil memahami betul apa itu virus corona, yang mereka tahu hanya main dan main.

Untuk itu, kalau saya sih memberikan penjelasan dengan gambaran seusianya, intinya sih jangan sampai menakut-nakuti yang berlebihan. Walaupun Ibu nya kadang memberikan penjelasan yang menakutkan agar anak nya waspada dan dengan tujuan anak nya jadi takut virus corona dan nurut apa yang dikatakan orang tuanya.

“virus itu nggak kelihatan, jadi om, ibu, dan kamu harus hati-hati, makannya om pake masker terus, kamu juga  mainnya di rumah aja dulu dan harus rajin cuci tangan yah pakai sabun” jawab saya ke keponakan yang direspon dengan senyum dan manggut-manggut.

“iya om” susulnya.

Nah, kalau buat man teman yang sudah punya anak di sini, biasanya gimana menjelaskannya? Siapa tahu bisa saya terapkan juga ke keponakan saya. Share juga dong hehe.

2.   Selalu memberikan contoh yang baik di depan keponakan saya.

Nah ini dia nih yang selalu saya lakukan, contoh yang baik ya seperti tadi tuh menggunakan masker, rajin cuci tangan menggunakan sabun depan keponakan saya, dan hal-hal baik lainnya.

Man teman juga tahu betul kan yah seusia keponakan saya tuh mudah banget niru tingkah laku orang dewasa. Jadi kita sebagai oeang yang dewasa harus lebih hati-hati dalam melakukan apapun depan anak kecil.

3.   Menjalankan protokol kesehatan.

Dengan memberikan contoh tadi, otomoatis jadi lebih mudah dalam mengarahkan keponakan saya untuk menjalankan protokol kesehatan juga. Kalau lagi sama saya, pakai hand sanitizer dan cuci tangannya jadi lebih rajin.

Untuk hal tersebut, saya juga sering bawelin ke Ibu nya sih, agar lebih protect lagi ke anak-anak nya.

4.   Nggak boleh main jauh-jauh..!!

Contoh lainnya ini, karena keponakan saya tuh suka diajakin abang nya main, sampai kadang main nya tuh bisa jauh banget. Terakhir denger kabar dari Ibu nya, keponakan saya pernah sampai diajak abang ketiga nya naik angkot.

Makannya saya bilang “mainnya dirumah aja dulu yah, nggak boleh jauh-jauh”. Kalau saya kan nggak bisa ngontrol langsung nih karena nggak serumah, jadi ya tadi tuh saya lebih bawelin ke Ibu nya.

5.   Hindari jajan sembarangan..!!

Jajan ini kesukaan semua orang, jangankan keponakan saya, saya sendiri aja suka banget jajan apa aja dan di mana aja. Nah disaat kondisi seperti new normal ini, saya juga bilang “beli jajan nya jangan sembarangan”.

Yah namanya juga anak kecil, sekarang bisa bilang “iya om” tapi beberapa jam kemudian juga dilakuin lagi ya kan? lagi dan lagi saya perlu kerjasama dengan Ibu nya.

6.   Tunda main PS nya..!!

Selain diajak main sampai naik angkot tadi, abang nya sering banget tuh “memanfaatkan” adiknya ini untuk merengek-rengek minta uang jajan.

Nanti kalau udah dapet uang jajan, keponakan saya tuh pergi nemuin abang nya dan kasih uang jajan tadi untuk main ke rental PS bareng.

Tuh kan keponakan jaman sekarang, kadang sampai ampun-ampunan deh orang tuanya hehe.

Well, kalau saya lagi main kesana, saya harus merelakan handphone dan kuota saya terhambur hanya untuk membuat keponakan saya terhibur dan diam di rumah. Karena keponakan saya paling suka nonton film super hero / kartun kesukaannya di youtube.

Tak apalah yang terpenting keponakan saya tidak keluar rumah. Tapi beneran aja lho man teman, seharian itu keponakan saya happy dan nggak keluar rumah. Keluar pun hanya untuk sekedar beli jajanan, itu pun di warung yang lokasi nya deket rumah. Kepleset juga nyampe hehehe.

Di luar 6 hal di atas tadi, biasanya random aja sih yang saya sampaikan ke keponakan saya yang satu itu. Intinya saya berusaha menjelaskan yang seringan mungkin, ya dengan harapan keponakan saya tersebut bisa menangkap dan syukur-syukur bisa menerapkannya.

Oiya, kemaren keponakan saya baru banget video call an dan menanyakan ke saya dengan nada polos nya “om kok gak main ke sini lagi, kapan ke sini, bawa pizza sama es krim lagi dong om..!!”

Nah kan berderet deh nanya nya hehe, oiya dan nggak lupa selalu dia akhiri dengan minta bawain makanan kesukaannya. “iya mbul, ntar om main ke rumah yah, sekarang om nya lagi kerja dulu buat beli pizza dan es krim, oke..!!” jawab saya sambil menirukan gaya bicara keponakan saya sambil senyum manggut-manggut.

“OK..!!” Jawab nya sumringah.

Next, kalau pas saya main ke rumah dan ketemu lagi dengan si “gembul”, kita lihat perkembangan apa yang ada pada keponakan saya yah man teman.

Well, semoga boleh dan nggak boleh yang saya share, bisa membantu man teman dalam memberikan informasi terkait virus corona dan kondisi new normal ini ke keponakan / anak nya yah. Kalau ada yang mau ditambahkan, feel free to put on the comment lho.

Stay safe and stay healthy. Adhe Albian signing out…!!

 


Comments