Welcome To My Podcast...!!


Ilustrasi Gambar : Canva

Beberapa bulan ini disibukkan dengan kegiatan – kegiatan yang dilakukan hanya #dirumahaja. Melakukan kegiatan – kegiatan yang memang sudah menjadi rutinitas sampe ke yang nggak kepikiran. Salah satu nya ya ini membuat PODCAST.

PODCAST

Temen-temen pasti sudah mengenal dengan platform media yang satu ini kan yah? Di sana banyak banget podcaster ( sebutan bagi host podcast ) yang keren banget dari semua kalangan. Isi program nya pun sangat beragam, mulai dari yang serius sampai ke yang comedy.

Salah satu podcast yang sering saya dengerin dan terus menjadi favourite sampai detik ini adalah podcast “The Centils” nya Melaney Ricardo dan Ichsan Akbar. Duo entertainer yang saya idolakan dari jaman baheula hehe. Obrolannya seperti biasa selalu bisa membawa suasana ceria.

Podcast "The Centils"

Dari seringnya dengerin mereka, jadi kepikiran untuk segera mengeksekusi sebuah podcast yang sudah lama saya tunda. Nah, mereka inilah  yang menjadi salah satu referensi saya dalam membuat podcast. Oiya, sebenernya ada beberapa hal kreatif yang lain sih, lalu kenapa pilihannya jatuh ke podcast?

Jawabannya karena cita-cita menjadi seorang broadcaster yang belum kesampean man teman hehe, jadi nya saya buat podcast dulu deh. Nah, buat saya, selain menjadi wadah yang tepat untuk berlatih, podcast punya banyak manfaat juga dalam belajar berbagai hal, seperti komunikasi, membangun theater of mind, intonasi, dan lain – lainnya.

EKSEKUSI PODCAST

Well, untuk segera mengeksekusi, tepat pada tanggal 8 Juni 2020 lalu, saya akhirnya memberanikan diri untuk publish podcast saya. Berawal dari kebiasaan saya yang nggak bisa tidur cepet, jadilah ngotak – ngatik handphone dan nonton plus dengerin beberapa podcaster di sosial media.

Jauh sebelum tanggal publish, memang mempunyai podcast ini adalah salah satu yang ada di list saya. Lihat referensi sana-sini, dengerin podcast nya si ini dan si itu. Bahkan sempet ikutan sebuah workshop tatap muka yang membahas tentang dunia siaran radio dan juga podcast.

Ilustrasi Gambar : Google

Kenapa nggak jalan – jalan? Yaitu karena ada beberapa yang saya tonton, menunjukkan sebuah aplikasi yang menurut saya ngejelimet ( mumet ) gitu lho, seriusan deh, jadi membuat saya kembali mengurungkan niat untuk ber podcast. Sampe bener – bener pada akhirnya menemukan referensi yang tepat yang saya tonton di youtube.

Nah dari nonton youtube itu, langsung deh saya eksekusi, tengah malem sekitar jam 2 / 3 pagi, saya pun mulai memberanikan diri merekam suara saya dengan harapan kamar kosan tetangga sebelah nggak terganggu. Alhamdulillah diberi kelancaran.

Setelah itu, edit dikit – dikit dengan tambahan backsound, terus juga isi profile dan lain – lain, oiya saya siapin juga profile flyer gitu yang biasa temen-temen lihat dilayar podcast. Kalau di youtube mah istilah nya thumbnail. Nah kaya gitu deh.

Dengan mengalami “trial and error” tak menyurutkan semangat saya untuk terus otak atik. Alhamdulillah bisa di published juga teaser dan langsung episode 1 nya. Well, sebelum bahas tentang episode 1. Saya mau ajak temen-temen kenalan dulu yah dengan channel podcast saya.

BELEPODAN

Taddaaa, welcome to my podcast “Belepodan” Berceloteh di Podcast Adhe Albian”. Nah di podcast belepodan ini, nantinya akan berisi tentang celotehan – celotehan yang beragam, bisa mulai dari isi curahan hati pribadi, sharring informasi, bahasan – bahasan yang lagi in, dan juga hal–hal random lainnya.

Flyer yang saya taro di Podcast


Untuk jadwal tayang nya sendiri masih dalam tahap dipikirin nih, karena kalau udah terjun artinya harus berani konsisten. Doakan yah temen –temen saya bisa rajin publish dan bisa konsisten di sini. Oiya jangan lupa dengerin episode perdana dan follow juga yah podcast saya di spotify. Cari aja Belepodan, nanti akan nemu kok.

Terus, kalau temen-temen mau kasih kritik, saran, masukan dan juga ide-ide apa yang ingin dibahas di podcast saya, saya dengan senang hati lho nerimanya, karena saya tahu banget itu semua akan bisa membuat podcast saya jadi lebih baik lagi.

Di artikel kali ini, saya juga mau ngucapin terimakasih banyak ke orang – orang yang menginspirasi saya dalam pembuatan podcast. Yang pasti nggak bisa disebutin satu – satu karena akan banyak banget hehe. Intinya terimakasih sudah menginspirasi saya. Makannya ini saya jadikan tema di Episode perdana podcast Belepodan “Terimakasih Yang Menginspirasi”. Yuk dengerin podcast perdana saya  di sini

Episode 1 Belepodan

Oiya ini adalah salah satu youtube yang saya tonton, yang akhirnya bisa membangkitkan saya untuk memberanikan diri membuat sebuah podcast. 


Youtube Benazio Putra


Di Youtube tersebut, Bang Benazio Putra memberikan informasi terkait per podcast an, salah satunya adalah aplikasi pendukung dalam membuat podcast. Nah untuk temen – temen yang ingin tahu bagaimana cara membuat podcast pertama kali seperti saya, silahkan tonton youtube nya di sini yah.

 Well, terimakasih banyak yah temen-temen sudah menyimak dengan seksama akan kebahagiaan saya melahirkan sebuah chanell podcast bernama “Belepodan” ini. Kita ketemu lagi yah di artikel-artikel berikut nya. 

Stay safe and stay healthy everyone…!!! Adhe Albian signing out…!!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Comments

  1. sebenernya kalau yang demen ngoceh tapi malas nulis podcast jadi media yang oke banget yah mas untuk menyalurkan bakat terpendam, hahaha aq juga pengen banget bikin podcast, bikinnya berdua sama anak, pengen ngobrol aja ngalor ngidul sama dia buat ninggalin jejak dalam bentuk suara, jadi termotivasi juga buat ngejadiin podcast aq nih,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mba Maya, bener banget mba kalo lagi males nulis bisa ke podcast, lebih baik lagi nulis juga nge podcast juga hehe. Kalo mba Maya ada anak jadi lebih seru banget itu, jadi temen setia ngobrol hehe. Semangat :)

      Delete
  2. Wiih keren nih kayaknya, aku aja belum punya ,masih belum ngerti nih mas. Kayaknya abis gini aku mau bikin juga nih.hehee

    Semangat terus mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba Nina terimakasih banyak yah, terus semangat juga utk segera bikin podcast yah mba semangat..!! :)

      Delete
  3. Podcast ini sekarang lagi merangkak naik ya popularitasnya. Seru juga kayaknya. Selama ini masih konsentrasi di media tulisan dan belum mau bergeser :)

    ReplyDelete
  4. Wah keren bikin podcast, selamat mas! Semoga segera lahir episode 2 dan selanjutnya ya.

    ReplyDelete
  5. Asyiiikkkk ada referensi cara bikin podcast. Makasih mas Adhe

    ReplyDelete

Post a Comment