Ini Yang Saya Dapat Dari Belajar "Blog Dasar" Di Tengah Hutan Kota


www.adhealbian.blogspot.com

                                                   


Menyadari bahwa embel – embel “blogger” dibelakang nama saya ini masih sangat belia, saya memutuskan untuk terus menggali lebih dalam lagi mengenenai dunia blog, agar ada transformasi dari tulisan saya yang satu ke tulisan saya yang lain.

Banyak pekerjaan yang mengharuskan saya untuk menuangkannya ke dalam tulisan blog. Nah, di situlah saya suka menemukan pertanyaan – pertanyaan dalam benak tentang menulis yang baik bagaimana, apa sih yang harus ditulis dalam blog, dan sederet pertanyaan lainnya.

Untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan tersebut, jawabannya ya saya harus tetap belajar, banyak cari tahu informasi dari sumber manapun, termasuk mengikuti berbagai kegiatan workshop tentang tulis menulis blog. 

Well, salah satu kegiatan workshop pertma kali yang pernah saya ikuti untuk memperdalam tulisan saya adalah “Basic Writing Skill with Komunitas ISB” yang di mentori langsung oleh pendiri Komunitas ISB itu sendiri yaitu Teh Ani Berta.

Teh Ani Berta ( Founder Komunitas ISB )

Untuk mengikuti kegiatan tersebut, saya harus nge list / mendaftarkan nama saya dulu untuk menjadi peserta workshop nya. Pendaftaran tersebut dibuka di WAG ( Whatsapp Group ) nya Komunitas ISB. Kegiatan ini jelas membuat saya langsung tertarik untuk ikut, dan nggak pake pikir panjang langsung deh ikutan nge list.

Tiba pada hari H belajar workshop ( sekitar bulan November 2019 ), kegiatan tersebut diadakan memang sangat berbeda, tidak dilakukan dalam sebuah gedung atau di dalam ruangan ber AC. Tapi dilakukan di sebuah Cafe outdoor yang menyatu dengan alam, ya bisa dikatakan, ini cafe di tengah hutan kota sih hehe.

Photo by Mas Ardan

WELCOME TO ARBOREA CAFE

Welcome to Arborea Café. Café ini menjadi pilihan komunitas ISB untuk mengadakan kegiatan workshop. Arborea cafe sendiri adalah sebuah kedai kopi yang sangat ramah lingkungan, terletak dikawasan yang strategis namun unik karena berada di tengah pohon – pohon tinggi nan rimbun.

Arborea Cafe

Kenapa bisa saya bilang ramah lingkungan? Pertama, karena letak nya berada ditengah – tengah hutan kota ( berada dalam komplek Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia ), dan kedua adalah alat – alat yang digunakan, salah satu nya adalah tidak menggunakan sedotan plastik.

Buat temen – temen yang ingin kesini, patokannya adalah stasiun palmerah / bersebelahan dengan Gedung DPR / MPR. Dari satasiun palmerah, tinggal jalan kaki deh. Cari aja Gedung Manggala Wanabakti atau Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Arborea Cafe

Well, balik ke kegiatan workshop tadi yah man temans. Saya dan beberapa teman komunitas ISB yang sudah daftar, berkumpul di Arborea Café pagi. Suasananya adem banget. Satu persatu perserta datang dan workshop pun dimulai.

Lagi pada serius merhatiin sharring Teh Ani

Selain dimentori langsung oleh Teh Ani Berta selaku Founder Komunitas ISB, workshop ini juga dibantu oleh admin – adminnya yang kece yaitu Mas Ardan dan dan Kak Riri.

10 HAL YANG SAYA DAPAT DARI BELAJAR BASIC WRITING SKILL 

Nah berikut ini adalah deretan apa saja yang saya dapat dari kegiatan workshop “Basic Writing Skill with Komunitas ISB” :

1.   Mengenal sejarah Blog

Blog sendiri sudah ada dari dulu lho man temans. Blog ada sejak internet mulai diciptakan, dibuat oleh Mahasiswa Amerika Justin Hall pada tahun 1994. Blog hadir di Indonesia pada tahun 2004 melalui Blogspot.

2.   Mengenal beberapa macam platform blog

Platform blog memang banyak, mulai dari yang gratisan sampai dengan yang bayaran, maksudnya berbayar kali dhe? Nah iya itu blog berbayar hehe. Berikut adalah platform blog yang man teman bisa gunakan : Blogspot, Wordpress, Tumblr, Jurnalis warga ( Kompasiana, Kumparan, dll ), dan Domain berbayar.

3.   Mengenal kemampuan dasar dalam menulis Blog

Kemampuan dasar yang mutlak dan tak dapat ditolak ya tentunya man temans bisa mengoperasikan komputer atau laptop. Selanjutnya eksekusi deh, dengan membuat akun blog yang salah satu syaratnya adalah teman – teman harus memiliki email yang aktif. Lalu lanjut nulis, nulis, dan terus nulis.

4.   Tekhnik dalam menulis blog

Nah ini adalah jawaban dari pertanyaan yang muncul dibenakku tadi. Untuk menulis blog man temans bisa menggunakan gaya bahasa pribadi, hindari penggunaan kata yang terlalu banyak kiasan / istilah – istilah yang tidak familiar.

Ketika menulis, gaya berceritanya seolah man temans sedang ngobrol aja gitu dengan pembaca, jadi tulisannya bisa mengalir. Anyway ini saya sudah seperti ngobrol belum? Hehe.

Nah ketika sudah mengalir, perlu man temans inget nulisnya jangan copas ( copy paste ) dan jangan kedikitan pun kebanyakan. Ya minimal 500 kata – 1200 kata an lah sudah cukup tuh untuk menulis satu buah artikel.

5.   Pendukung artikel

Nah man temans bisa nih menyelipkan ini kedalam tulisannya, misalnya mencantumkan narasumber, data, gabung dengan pengalaman pribadi, kutipan media dan tentunya yang paling penting adalah dasar ilmu. Jadi tulisan kita pun tidak diclaim sebagai jiplakan.

Keseruan saat workshop

6.   Biar Blog terlihat menarik

Nah ini juga nih yang paling saya seneng belajar blog dari basic. Sampai diajarin kesini lho. Well, Teh Ani selaku pemberi materi saat itu menginformasikan ke kita bahwa untuk menulis di blog usahakan untuk :

Tidak berbelit – belit, sederhanakan kata ( jangan ngulang kalimat ), memperhatikan ejaan yang benar, gunakan italic untuk penggunaan bahasa asing / bahasa gaul, tanda baca juga perlu temen – temen perhatiin lho, jangan lupa tambakan foto / video / infografis dan terakhir usahakan untuk selalu on di website https://kbbi.web.id/ untuk cek kosa kata yang akan man teman gunakan.

7.   Pilihlah niche yang sesuai dengan man teman

Pilihan niche di blog sendiri ckup banyak, mulai dari life style, fashion and beauty, food, travel, automotive, technology, parenting, health, finance, education, movie, sports, dan lain – lain.

8.   Bangun Personal Branding

Cara utuk membangun personal branding kita, Teh Ani kembali memberikan ilmu dengan cari sebagai berikut :

-      Aktif di Sosial Media seperti Twitter, Instagram dan Facebook dan Fan Page Facebook, Youtube bahkan Podcast.

-      Perluas Networking dengan perbanyak interaksi, menonjolkan nilai jual, dan percaya diri.

-      Asah Skill dengan perbanyak portfolio karya, mempunyai ciri khas, sebarkan karya dan biarkanlah dunia tahu.

9.   Do’s and Dont’s dalam blog

Do’s  : Helpful Spirit and Integrity

Dont’s : Plagiarism and Provocator

10.       Be Confident and start writing

Nah yang terakhir penting banget nih man teman, kalau udah dapet basic skill nya, langkah selanjutnya bangun percaya diri dan mulai lah menulis.

Teh Ani Berta ( Founder Komunitas ISB )

Pesan dari Teh Ani sebelum kita bubar jalan dari Arborea Café, “Sanggupi Tantangan Berproses Tajamkan Kemampuan”. Well noted teteh, semoga saya dan peserta yang lain bisa mengaplikasikannya dengan baik sehingga bisa menjadi blogger yang berkualitas.

Peserta Workshop
Sumber Photo : Instagram @komunitasisb

Nah, buat temen – temen yang baru mau terjun ke dunia Blog, coba ikuti tips diatas tadi yah. Saat ini saya pun masih menjalankannya kok. Semangat terus menulis dan pantang menyerah. Adhe Albian signing out…!!


Arborea Café

Manggala Wanabakti Complex

Jl. Gatot Subroto No.1 – Jakarta


Comments

  1. Wah, ada akuhnya. Eh, kapan ya kita bisa kayak gini lagi mas? 🤔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi hehe, kapan dong? seoga after pandemi banyak agenda - agenda seperti ini lagi yah Mas Ardan. Stay safe and stay healthy ;)

      Delete

Post a Comment