Indramayu Tak Hanya Sekedar Mangga Lho, Yuk Mampir..!!


www.adhealbian.blogspot.com

Menjalani masa kecil sampai jenjang Sekolah Dasar ( SD ) disebuah kampung adalah masa-masa yang Indah bagi saya, dimana berbagai macam kenangan lahir disana. Salah satu nya adalah Almh.Nenek yang menginginkan satu cucu ( yaitu saya ) untuk tinggal bersamanya di kampung Indramayu.

Yup, Indramayu adalah sebuah kota di Jawa Barat. Walaupun kota, tapi saya dan keluarga selalu bilang kampung, seperti kalau bilang : “pulang kampung ke Indramayu” jadi bukan bilang “pulang ke kota Indramayu” hehe.

Kota yang tidak terlalu jauh dari Kota Cirebon ini, memang belum lah se "kota" seperti Cirebon, yang sudah ada bangunan mall – mall bahkan hotel – hotel untuk memanjakan para wisatawan yang datang ke Kota Cirebon. Saya pun, suka menyempatkan diri untuk main kesana kok, sekedar untuk main ke Mall atau bertemu dengan teman yang memang tinggal disana. 

Biar kenal Indramayu lebih dalam lagi, yuk saya ajak kenalan..! hehe.

INDRAMAYU SI KOTA MANGGA

Indramayu dalah sebuah kabupataen di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Yang Ibu Kota nya sendiri adalah Indramayu. Nama Indramayu berasal dari kecantikan putri Arya wira lodra bernama Nyi Endang Darma Ayu, yaitu salah satu pendiri Indramayu abad 1527 M ( sumber Wikipedia ).


www.adhealbian.blogspot.com

Seperti temen-temen tahu, Indramayu terkenal banget dengan julukan “Kota Mangga”. Itu dikarenakan Mangga merupakan hasil bumi nya. Makannya ada “Mangga Indramayu”, kalau temen-temen yang suka belanja buah-buahan, pasti “Mangga Indramayu” ini banyak dijumpai disetiap orang-orang yang berjualan Mangga.

Oiya, saya pernah bawa mangga dari sana dan pernah juga beli Mangga Indramayu di Jakarta, seriusan deh rasanya beda. Ada yang pernah ngerasain gitu nggak?

Well, selain mangga nya yang khas, penggunaan bahasa nya juga gak kalah khas nya. Kabupaten Indramayu ini secara umum menggunakan dua bahasa yang biasa digunakan oleh penduduk nya, yaitu bahasa Jawa dan Sunda. Bahasa Jawa sendiri digunakan oleh mayoitas masyarakat, yakni kira-kira 90% dari sekitar penduduk yang berjumlah 1,7 juta jiwa. Selebihnya menggunakan bahasa Sunda ( id.m.wikipedia.org ).

Keluarga saya sendiri termasuk yang menggunakan bahasa Jawa, bahkan jaman SD, ada mata pelajaran bahasa Jawa lho, belajar aksara jawa yang sekarang udah lupa-lupa inget hehe. Keluarga saya tinggal di salah satu dari 31 kecamatan yang ada di Kabupaten Indramayu, yaitu Jatibarang. Jadi kalau temen-temen yang dari Jakarta ingin menuju Indramayu, bisa naik kereta api dari Stasiun Senen / Gambir tinggal turun deh di Stasiun Jatibarang.

Perjalanan ke Jatibarang Indramayu dari Jakarta nggak memakan waktu lama kok, paling 2,5 jam an juga udah sampe. Beda hal nya kalau temen-temen kesana menggunakan kendaraan mobil bisa sampe 3 – 4 jam an.

BISA KEMANA AJA SIH SAAT DI INDRAMAYU?

Oiya temen-temen, walaupun Indramayu belum memiliki Mall seperti di Cirebon, dijamin nggak akan membuat temen-temen merasa bosan di Indramayu. Karena Indramayu juga punya tempat – tempat yang asik dan wajib banget temen-temen kunjungi kalau lagi datang ke Indramayu. Nih saya kasih langsung aja yah beberapa tempat tersebut apa aja :

1.   Tugu / Monumen Mangga Indramayu

www.adhealbian.blogspot.com

Tugu Mangga Indramayu ini letaknya ada di daerah Pekandangan – Indramayu Kota. Untuk mengetahui lebih detail mengenai sejarah tugu mangga dan cara menuju kesana, temen-temen bisa baca detail nya disini yah : Tugu Mangga Indramayu

2.   Masjid Islamic Center ( Syekh Abdul Manan )


www.adhealbian.blogspot.com

Masjid Islamic Center juga gak jauh dari tugu mangga, persis didepannya. Masjid Islamic Center saat ini emang sudah menjadi Ikon baru di Kota Indramayu. Masjid yang di desain modern dan megah ini mulai beroperasi pada Juni 2018 dan diresmikan langsung oleh Bpk. Ahmad Heryawan, selaku Gubernur Jawa Barat yang pada saat itu masih menjabat. Selengkapnya bisa temen-temen intip disini yah : Perjalanan Menuju Masjid Islamic Center Indramayu

3.   Hutan Mangrove Karang Song


Sumber Gambar : jabar.tribunnews.com

Adalah tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Lokasinya berada di Pantai Karangsong, Desa Karangsong – Kecamatan Indramayu. Selain untuk sekedar berlibur, banyak juga yang ke Hutan Mangrove ini untuk tujuan belajar / study tour. Oiya Saran saya sih untuk menuju kesini temen-temen bisa menggunakan kendaraan pribadi yah.

4.   Situs Buyut Banjar


Sumber Gambar : travelling-ciayumajakuning.blogspot.com

Terakhir kesini tuh udah lama banget sih hehe. Itupun kesana pas lagi ada moment – moment tertentu saja. Lokasi nya ada di Desa Bulak Kidul, Jatibarang Indramayu. Oiya, yang menarik dari Situs Buyut Banjar ini adalah legenda monyet banjar yang jumlah nya unik ( tidak pernah kurang dan tidak pernah lebih ) yakni hanya 41 ekor.

5.   Wisata Pantai


Sumber gambar : radarcirebon.com

Lokasi Indramayu yang memang berbatasan dengan laut jawa sebelah utara, menjadikan garis pantai panjang yang bisa membuat Indramayu memiliki tempat wisata pantai yang banyak dan tentunya wajib temen-temen kunjungi. Berikut adalah 10 pantai menarik di 2020 yang saya kutip dari wisatadanhotelmurah.com :

        - Pantai Tirtamaya

        - Pantai Balongan Indah

        - Pantai Glayem

        - Pantai Karangsong

        - Pantai Samudra Biru

        - Pantai Limbangan

        - Pantai Lemah Abang

        - Pantai Solikin Indramayu ( Eretan Beach Wetan )

        - Pantai Dadap indramayu

        - Pantai Cibugel

         

6.   Mencoba Makanan Khas Indramayu


www.adhealbian.blogspot.com

 

Salah satu makanan khas Indramayu yang wajib temen-temen cobain adalah Sega Lengko ( Nasi Lengkap dan Ekonomis ). Jika dilihat kepanjangannya, sega lengko ini mamang bener lengkap dengan bahan-bahan yang sangat ekonomis dan juga mudah didapat. Detail lengkap nya, bisa temen-temen intip disini yah : Sega Lengko Makanan Khas Indramayu. 

Well, sebenernya masih ada banyak lokasi tempat wisata dan kuliner yang temen- temen bisa kunjungi dan coba pada saat mampir di Indramayu. Tapi beberapa lokasi dan kuliner tersebut adalah yang memang pernah saya kunjungi dan masuk kedalam “list to do at Indramayu” lah pokok nya.

Teman- teman, terimakasih yah sudah kembali main kesini, jangan lupa setelah pandemi selesai, mampir ke Indramayu dan beli mangga nya yah hehe. Sampai jumpa di artikel- artikel berikut nya. Stay safe and stay healthy semua nya.

Adhe Albian signing out…!!


Comments

  1. pengen bgt ke masjid islamic centrenya tapi blm kesampean. smg abis pandemi ini bisa kesana dehhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dan wajib mampir kesana kalau ke Indramayu yah kak hehe ;)

      Delete
  2. Sepupu saya tuh ibunya orang Indramayu. Jadi mereka lumayan sering ke sana. Tapi, kayaknya mereka jarang jalan-jalan atau gimana, ya. Selama ini saya taunya Indramayu ya mangga aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, Mbak nggak sendirian kok, masih banyak temen - temen lain yang kenal Indramayu yah cuma mangga aja ( dulu aku pun termasuk hehe ).

      Delete
  3. Aaaa Mangga Indramayu tuh manis banget rasanya hehe. Jadi pengen langsung makan Mangga Indramayu langsung dari Indramayunya hehe. Next inshaAllah. Btw, banyak yaa potensi destinasi wisatanya, jadi penasaran sama pantai di Indramayu hehe. Nanti kalo aku main kesana ajak explore yah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk lah bang ipoel, kita explore Indramayu bareng - bareng.. Berangkat..!! :)

      Delete
  4. Mangga dramayu suka beli tp belum pernah nih main jalan2 k Indramayu semoga suatu saat bisa ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamin mba. Jangan lupa borong mangga langsng dari Indramayu juga yah ;)

      Delete
  5. Aku penasaran bagaimana ceritanya menurut Adhe selaku warga asli Indramayu mengenai sejarah banyaknya Suku Jawa di Jawa Barat? Apakah benar dahulu orang-orang Jawa di Indramayu ini berasal dari prajurit-prajurit Mataram yang tidak ikut pulang saat kalah perang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejarah ku tentang Indrmayu to be honest mba belum terlalu mendalam, nanti akan belajar ttg sejarah Indramayu lebih jauh lagi. Nah ini sih seinget dan sepengetahuanku aja yah mba, kalau Mataram kan pernah menguasai sebagian besar Pulau Jawa tuh, lalu Indramayu ini disebut2 sbg lokasi "transmigran lokal" asal jawa yang ditempatkan oleh raja Mataram. Belum tahu sih apakah itu prajurit2 atau penduduk biasa ;). Anyway terimakasih udah menanyakan ini yah mba, nanti aku intip - intip lagi sejarah Indramayu ;)

      Delete
  6. Ternyata ada banyak hal menarik yang bisa dieksplor di Indramayu yaa. Saya malah baru tahu kalau Indramayu tuh identik dengan mangganya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe nanti cobain mangga Indramayu nya yah kak :)

      Delete
  7. Belum pernah ke Indramayu, jadi kepingin kesana masjidnya bagus ya ... Kotanya juga terlihat bersih dan asri. Ditambah dengan wisata pantai paling saya suka. Semoga suatu saat kesampaian ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget mba, Masjid nya bahkan selalu ramai penunjung, biasanya mereka memanfaatkan waktu shallat disana setelahnya baru deh photo-photo hehe.

      Delete
  8. Saya belum pernah ke Indramayu. Hiks. Dan belum pernah juga beli mangga Indramayu atau enggak tahu kalau mangga itu dari Indramayu he he. Semoga bisa ke sana. Pengin nyobain sego lengkonya :)

    ReplyDelete
  9. Mas Adhe orang Indramayu toh. Dulu pernah ke Cirebon sih, tetangganya Indramayu waktu abang mondok di sana. Tapi, belum pernah coba kuliner sama wisatanya.

    Paling cuma bolak-balik hotel sama asrama si abang aku aja 😅

    ReplyDelete

Post a Comment