3 Manfaat Berteman Di Dunia Maya Ini Sangat Terasa Lho, Intip Yuk..!!


 

www.adhealbian.blogspot.com

 

Temen – temen pernah dengar istilah “sahabat pena” nggak? Kalau iya bisa jadi kita seumuran hehe. Istilah tersebut sering digunakan pada saat saya “remaja” ya jaman – jamannya masih di bangku SMP / SMA gitu lah. Temen – temen punya berapa banyak sahabat pena?

Saya sendiri nggak begitu banyak, bisa dihitung dengan jari lah tapi sangat intens berkirim surat pada saat itu. Jarak antar kota yang menjadi salah satu tembok antar sahabat pena tidak menjadikan kami terus menerus berkomunkasi.

Sejak tekhnologi semakin canggih dan semua mengikuti nya, kini sahabat pena berubah menjadi sahabat / teman di dunia maya. Tidak dipungkiri saya dan sahabat pena saya juga ikut menikmati kecanggihan tekhnologi sekarang.

Seiring berkembang nya tekhnologi dan perubahan kehidupan masing – masing, ada yang lost contact dan ada juga yang masih saling contact. Kini tidak lagi berkirim surat untuk saling tanya kabar, tapi sekarang bisa melalui sosial media apa saja.

SOSIAL MEDIA YANG SAYA PUNYA

Saat ini saya mempunyai beberapa akun sosial media yang dulu nya hanya iseng buat, tapi sekarang baru saya rasakan manfaat nya. Beberapa social media tersebut ada Facebook, Twiter, Instagram, Youtube, dan juga yang baru – baru ini saya buat yaitu Podcast.

Jumlah followers / pengikut saya di social media tidak sebanyak teman- teman saya yang lain. Hal ini pada awalnya membuat saya sedikit stress juga sih mikirin “kok followers saya turun dan lamban untuk naik?”. Seiring berjalannya waktu ya santai aja tapi tetap on track membuat konten – konten yang positif.

Ini bisa jadi tips juga sih buat temen- temen untuk tidak terlalu fokus terhadap naik turun followers kita, tapi fokus lah terhadap sebuah isi konten yang berdampak positif dan bermanfaat bagi orang banyak. Jadi mereka akan follow kita dengan sendirinya.

         “Quality is more important than quantity

Kalimat tersebut sangat related dengan saya, sometimes punya teman yang banyak tapi nggak ada interaksi tuh sama saja kosong. Sama hal nya dengan yg saya katakan di atas tadi, sahabat pena saya yang hanya bisa dihitung jari, tapi kami sangat intens berkomunikasi even hanya melalui surat, jadi kualitas lebih penting dibanding kuantitas.

MANFAAT YANG DIRASA DENGAN BERTEMAN DI DUNIA MAYA

Mereka yang saat ini bersahabat banget dengan sosial media, mempunyai ribuan bahkan puluhan ribu pengikut di sosial media nya. Hal tersebut membuat mereka menjadi sosok yang sangat dilihat oleh pengikutnya. Tapi tak sedikit juga orang – orang yang menggunakan sosial media nya dengan tidak bijak sehingga membawa pengaruh yang buruk bagi pengikut nya.

Untuk itu saya sangat senang jika mendapatan teman maya yang memang socmed nya digunakan dengan bijak, dalam artian isi social media nya tidak melulu tentang keluh kesah kehidupan pribadi yang diumbar ke ranah publik, tapi mereka gunakan untuk hal – hal yang positif.

Well, dengan mempunyai teman maya yang demikian, makannya saya sangat – sangat merasakan sekali manfaat nya. Berikut adalah beberapa diantaranya :

1.   Diajak Kerjasama

Kerjasama disini banyak bentuk nya yah teman – teman, misalnya seperti diajak untuk ikut menjadi bagian dalam sebuah campaign, kerjasama dengan sebuah brand, dan juga lain – lain.

2.   Diajak bergabung dengan Komunitas

Ini adalah moment yang sangat menyenangkan juga berteman di dunia maya. Mereka ( yang sebelumnya tidak pernah ketemu ), bahkan bisa mengajak saya untuk bisa gabung dengan sebuah komunitas. Saat ini ada beberapa group komunitas di whatsapp saya yang sebagian besar belum pernah ketemu.

3.   Membangun dan Menjalin Networking


Dengan berteman didunia maya, maka kita bisa kenal satu sama lain. Dari situ kita bisa bertukar nomor handphone, saling komunikasi, dan relationship terjalin bahkan sampai bisa diajak kesebuah komunitas tadi. Networking ini penting banget lho temen – temen, ini bisa kita bawa sampai kapanpun selama kita bisa menjaga nya dengan baik.

So far yang paling sangat saya rasakan sih itu, mungkin saja bisa lebih. Jadi menurut saya penggunaan sosial media dengan bijak tentu akan membawa mu ke hal – hal yang positif, sebaliknya, jika teman – teman menggunakannya dengan “nakal” ya temen-temen pasti akan merasakan dampaknya juga. Kalau kata orang – orang bilang :

          “Apa yang kamu tanam, itu yang akan kamu Tuai”


DEAR SEMUA TEMEN – TEMEN DUNIA MAYA SAYA

Mari terus berteman dan jalin komunikasi dengan baik terus menerus tanpa rasa bosan. Maafkan juga jika selama menjadi teman maya mu, saya menjadi salah satu yang tidak kamu harapkan dalam beberapa hal. Terimakasih untuk tetap menjadi teman maya saya sampai saat ini.

Untuk yang belum bertemu tatap muka, semoga kita bisa segera bertemu, dan untuk yang sudah pernah bertemu tatap muka dengan saya, semoga hubungan pertemanan ini terus terjalin. Yuk bersama – sama sebar hal – hal yang positif di sosial media kita. Jangan lupa untuk saling berkabar dan selalu bertukar informasi yah. Stay safe and stay healthy semuanya ;)

Adhe Albian signing out…!!

 


Comments

  1. Alhamdulillah ya, memiliki teman dan bersilaturahmi itu beneran menambah rejeki. Bukan hanya uang tapi pertemanan & manfaatnya

    ReplyDelete
  2. Tanpa dumay kita gak bakalan bertemu ya Mas Adhe hahaha. Dan dulu saya punya banyak sahabat pena dan sangat menyenagkan apalagi kalau pas dapat surat diselipin foto 😁

    Kita harus memperlakukan teman dumay sama dengan etika perlakuan teman dunia nyata.

    Seru ya apalagi kalo oada saling menguatkan di grup :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget tuh teh hehe. Alhamdulillah juga bisa ketemu Teteh dari dumay yah teh, dan semoga bisa berlanjut jalain pertemanan di dumay dan nyata selamanya, aamiin ;)

      Delete
  3. betul, 3 itu juga saya rasakan saat ini dimana dunia maya bisa hubungkan saya dengan banyak orang

    ReplyDelete
  4. sejak ngeblog dan berjejaring tersa banget buat aku gimana serunya memiliki teman di dunia maya. Hal yang gak pernah aku sangka, sisi positif laind r ngeblog adalah punya banyak teman yg meski ga pernah jumpa fisik(jarang kopdar akutu) tp bs dekat dan akrab

    ReplyDelete
    Replies
    1. After pandemi kita atur waktu kopdar yuk Mba Ophi hehehe

      Delete
  5. ya sebetulnya dunia maya, khususnya medsos, banyak manfaatnya kalau bisa digunakan dengan baik. Alhamdulillah lingkaran pertemanan saya di dunia maya juga banyak yang baik

    ReplyDelete
  6. beneran kerasa banget kalo punya temen disosial media tuh... apalagi kalo yang diluar kota jadi kalo lg liburan bs meet up haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak, dan aku udah pernah merasakannya juga ;)

      Delete
  7. Jaman saya mah Jangankan dengan teman yg disebut sahabat pena, ke artis saja saat itu saya masih kirim surat, senangnya dapat balasan (meski bukan surat tulisan tangan si artis) tapi ada fotonya bikin serasa bangga hehehe...

    Koleksinya perangko sampai sekarang masih saya simpan sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Teh Okti keren euy udah kirim-kiriman surat sama artis hehehe ;)

      Delete
  8. Berkat ngeblog, teman dunia maya saya bertambah
    Dan seperti ditulis Adhe, manfaatnya banyak.
    Malahan jika mau confirm pertemanan, jika saya lihat dia blogger, langsung appv deh
    Walau sering ada friksi, ya namanya juga manusia ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Maria aku juga melakukan itu kok , saat lihat profile bio mereka "blogger" aku nggak ragu angsung appv / follback ;)

      Delete
  9. Bener banget, punya teman di dunia maya juga asik banget, malah lebih intens komunikasinya , dan bahkan malah bisa jadi sahabat juga, tapi ya itu harus pintar juga memilih jangan sampai milih yang seringnya cuma berkeluh kesah terus hehehe.

    ReplyDelete
  10. Akupun berasa banegt nug sejak jadu ibu, lingkar pertemanan kebanyakan ya dari sosmed terutama temen temen blogger. Meskipun maya tai tetep harus Jaga silaturahmi bukan sekadar formality belaka yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba, silaturahmi dan komunikasi tetep harus jalan ;)

      Delete
  11. Bicara mengenai media sosial sebenarnya manfaatnya cukup.banyak jika dipergunakan secara bijak.
    Ah..sahabat pena, mengingat masa-masa lampau ketika surat menyurat menjadi komunikasi menjalin pertemanan dan bertukar kabar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe mengenang masa-masa indah dulu yah Mba ;)

      Delete
  12. Kita belum pernah bertatap muka tauuu, hahaha. Semoga bisa ketemu ya after corona. Yang penting sehat-sehat terus ya kitanyaaa, dan keep in touch walau sekedar di Dunia Maya ya, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiks hiks iya nih, semoga segera bertemu after corona yah Mba Han. Tatap muka nya sekarang kalau nggak di google meet ya di zoom hehe ;)

      Delete
  13. Iya, dulu aku juga punya sahabat pena. Seru gitu ya masa dulu. Jadi nostalgia 🤣

    ReplyDelete
  14. Mari berteman, Mas Adhe. Iya banget nih. Saya justru menemukan banyak kesempatan malah dari menjalin pertemanan di dunia maya. Banyak teman yang mau share ilmu, bahkan jadi berteman baik pula di dunia nyata.

    Kalau sahabat pena. Hmm ... saya waktu kecil nggak sempat benar benar merasakan. Uniknya, hanya tante dan om saya sih, mereka menikah karena saling suka sebagai sahabat pena, dan baru bertemu muka setahun sebelum akad.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow menarik banget itu Mba, ketemu jodoh dari sahabat pena ;)

      Delete
  15. Yap media sosial emang kayak punya dua wajah gitu yah, tergantung bagaimana kita menggunakannya. Kalau kita menggunakanya dengan baik makan akan banyak manfaat yang akan ditemui, dan jika kita buruk maka akan banyak hal-hal negatif yah. Alhamdulillah saya juga dapet banyak manfaat dari media sosial hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih bang Ipoel mah udah pasti luar biasa banget nih manfaat yang di dapat dari sosial media nya hehe. Smangat terus yah Bang Ipul ;)

      Delete
  16. Dunia maya ini kadang seru tapi kadang menakutkan juga.
    Sekali bermain di dunia maya kita harus siap terekspos di mana mana.
    Thats why sebisa mungkin jangan bertingkah yang macem macem di sosial media.
    Udah banyak korban yang keluar masuk bui cuma gara-gata sosmed wkwk.
    Bertemanlah dengan orang-orang yang waras,
    Pokoknya manfaatkan sosmed sebaik-baiknya Jangan sampe di bungkus orang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Mas. Kita harus bijak menggunakan sosial media ;)

      Delete

Post a Comment