INILAH ALASAN MENGAPA RADIO MASIH BERTAHAN



www.adhealbian.blogspot.com


“So I listen to the radio (listen to the radio)All the songs we used to know (listen to the radio)So I listen to the radio (listen to the radio)Remember where we used to go



Hayoo siapa yang baca irik tersebut langsung nyanyi – nyanyi sendiri ? Hehe, ketauan deh angkatan berapa. Well, buat temen – teman yang pas baca langsung nyanyi – nyanyi pasti tahu itu adalah penggalan lirik dari lagu RADIO nya THE CORRS.

Siapa sih yang nggak kenal The Corrs, terlebih lagu Radio ini banyak banget lo diputar dimana – mana. Inget banget sih waktu kecil, temen – temen sebaya minta beli VCD Powerrangers, Doraemon, dll, tapi saya malah minta beliin VCD nya The Corrs haha.

Well, tapi bener The Corrs dan lagu nya sampai saat ini masih melegenda, lagu – lagu nya tuh long lasting, masih enak didenger sampe sekarang. Wuih jadi nostalgia an nih. Sayang nya beberapa Radio dijaman sekarang udah jarang banget diputer, ya iyalah kan mengikuti perkembangan music jaman sekarang juga kali yah.

Apalagi Radio kan merupakan media hiburan yang menjadi terdepan buat para pendengar setia nya.

Ohiya, ngomongin Radio, jadi keinget juga deh sama cita – cita saya yang ingin jadi Penyiar Radio. Tapi sekarang mungkin jadi penikmat radio nya aja kali yah hehe, ya kalo ada kesempatan sih nggak akan nolak juga ya nggak?

Untuk kesempatan, sebenernya udah ada sih, waktu itu sempet ikutan audisi #GueAnakRadio Batch yang pertama untuk jadi Penyiar Radio nya Mahaka Radio Integra ( Jak FM, Gen FM, Hot FM, Kiss FM, Mustang FM, dan Most Radio ).

Tapi emang belum rejeki yah man – teman. Ngaku juga sih, waktu ikutan audisi itu dadakan ( hari terakhir audisi ) dan persiapan yang sangat tidak matang hehe. Tapi nekat banget ikutan dengan tujuan biar dapaet temen – temen baru juga waktu itu.

Ini Eda dan Mario Penyiar Prambors ( www.adhealbian.blogspot.com )

Pengalaman / cerita saya yang lain tentang radio yaitu saya pernah ikutan berbagai macam seminar – seminar tentang radio, salah satu nya adalah seminar #BelajarRadio yang diadakan oleh Radio Prambors.

Berkat ikutan seminar tersebut, saat ini saya juga bergabung di group whatsapp nya “Belajar Radio” yang beranggotakan peserta – peserta yang waktu itu terpilih ( lolos seleksi ) untuk ikutan seminar “Belajar Radio Batch 11 dan 12”.

Group whatsapp tersebut dibentuk dan diketuai oleh penyiar Radio Prambors, yang namanya udah gak asing lagi di dunia broadcaster. beliau adalah Ilham Ramdana ( Penyiar Prambors ).

Well, tadi saya udah ngomongin pengalaman tentang radio, temen – temen penasaran nggak sih kenapa Radio tuh masih bisa bertahan sampai sekarang?

Dizaman yang sekarang semua nya udah canggih, serba digital serba gampang buat dapetin apa yang kita mau dari berbagai platform media, tapi eksistensi Radio perlu dan patut diacungin jempol karena masih ada sampai detik ini. WOW.

Buat saya pribadi, nggak heran sih kalau Radio masih bisa bertahan dan banyak penggemar sampai sekarang, karena :

1.       Banyaknya Anak Muda

www.adhealbian.blogspot.com

Anak muda inilah yang membuat radio, terus exist sampai sekarang. Anak muda yang mencintai music dari berbagai genre setia denger radio dari dulu. Isitilah udah mendarah daging kali yah.

Jadi, menurut saya, mereka ini lah yang membawa dan terus mendorong Radio sampai sekarang. Terbukti juga dengan banyaknya penggemar radio yang digandrungi oleh banyak anak – anak millennial,

2.     Mengikuti Perkembangan Jaman

www.adhealbian.blogspot.com

Pastinya, kalau nggak saya rasa Radio udah tenggelem dan nggak mengudara lagi dong sekarang. Mengikuti perkembangan jaman itu sangat penting, itulah kenapa yang saya tahu nih yah, orang – orang radio tuh berisi kebanyakannya anak muda – anak muda yang penuh dengan ke kreatifitasan, energik, dan sangat memikirkan jangka panjang.

Dengan mengikuti perkembangan jaman, mereka juga jadi tahu tuh, apa sih yang dimau pendengar nya, apa sih yang kira – kira tidak disukai oleh banyak pendengaranya, dan lain – lain.

3.     Sosial Media

www.adhealbian.blogspot.com
Nah untuk menunjang perkembangan jaman, kini rata-rata semua radio sudah mempunyai berbagai macam sosial media, dari mulai Twitter sampai dengan instagram.

Dengan ada nya sosial media tersebut, semua penggemar radio jadi bisa tahu berbagai macam informasi melalui sosial media ini. Kapan acara favorite nya mengudara, siapa bintang tamu yang akan diajak siaran, dan lain – lain.

Jadi Sosial media tuh sangat penting banget. Terlebih lagi pengguna sosial media tuh banyak banget, plus lagi dan lagi kebanyakan pengguna nya adalah anak muda.

Sebenernya pengen banget sih nanyain tentang Perkembangan Radio saat ini ke penyiar radio langsung gitu, kemaren udah sempet tanya sih ke salah satu penyiar Radio, tapi mungkin beliau lagi sibuk banget jadi nggak sempet bales lagi hehe. Tak apa, siapa tahu nanti pas beliau bales, bisa saya tuangin lagi di Blog berikutnya.

Selamat Hari Penyiaran Indonesia ( 1 April 2020 ) anyway. Semoga semua yang terlibat didunia penyiaran, bisa menjadi lebih baik dan selalu mengikuti perkembangan jaman biar bisa terus exist. Pokoknya SUKSES..!!

Well, terimakasih banyak yah man teman sudah kembali melipir kesini lagi. Sampai ketemu lagi di blog – blog berikut nya yah. Stay healthy and always be safe..!!

Adhe Albian signing out..!!



Comments

  1. oh aku baru tau klo ada hari penyiar radio
    wah keren mas ade pernah ikutan audisi dan seminar radio

    aku aja ga pd habis suaraku cempreng si wkwk


    iya sampai kapan pun radio akan selalu diminati ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat atuh Mas Ikrom, Mas Ikrom juga hebat kok pengalamannya segudang dalam tulis menulis, jadi inspirasi banyak orang lagi hehe

      Delete
  2. Bener banget Kak. Radio masih tetap eksis dan diminati ya? biasanya pas perjalanan dengan mobil, radio nyala terus itu.

    ReplyDelete
  3. Aku masih suka dengerin radio, update juga lagu-lagunya, menemani saat tidur, belajar dan ngeblog hehe

    ReplyDelete
  4. Saya jujur sudah lama nggak dengar radio, dan baca postingan ini jadi pengen dengar radio lagi. Hehehe

    ReplyDelete
  5. Wah, aku termasuk pendengar setia radio haha, sampe pas ada kelas 'penyiar cilik', anakku juga ikutan. Btw cari tau di mana sih kelas2 penyiaran gitu? Suka pengen ikutan workshop deh.

    ReplyDelete
  6. Ya ampun aku udah lama banget nggak dengerin radio, terakhir dengerin radio pas banjir awal tahun 2020. Setel radio dari hp jadul mamah biar nggak sepi² banget pas mati lampu, baca ulasan ini jadi pengen dengerin radio lagi.

    ReplyDelete
  7. Huwaaa ... baca ini jadi teringat dulu banget jaman kuliah pernah dengan pedenya ikutan audisi penyiar di KISI FM Bogor, tapi nggak lolos deng. Hehehe.

    Radio itu kalo dulu jadi teman belajar jaman sekolah (sampe otodidak belajar Nihon Go dari acara di Radio Lesmana FM Bogor), sekarang jadi teman perjalanan (semisal di bus atau kereta, suka aja nyari siaran radio lokal di tempat yang aku lewati).

    Nah, amaze-nya hidupku. Yang jadi MC nikahanku kemarinan itu ya ... penyiar yang aku suka banget dari jaman sekolah dulu, jaman SMA.

    ReplyDelete
  8. Kalau saya mendengarkan radio lebih karena penyiarnya. Kalau penyiarnya asik, biasanya saya bakal dengerin terus

    ReplyDelete
  9. Radio belum akan ditinggalkan. Selain punya segmen sendiri, para stasiun radio pun melakukan banyak perubahan, mengikuti perkembangan jaman, agar mereka tetap didengarkan ;)

    ReplyDelete
  10. Dulu saat kuliah ada mata kuliah Radio dan TV. Aku kuliahnya lbh sering di RRI dan TVRI. Ilmu pengantar gitu tp aku juga pernah ikut siaran. Hehe jd ingat kuliah jmn dulu. Alhamdulillah kalau radio hingga kini msh diminati bnyk orang. Selamat Hari Penyiar Radio ya...sekali di udara tetap mengudara...

    ReplyDelete
  11. Aku nih salah satu yang suka dengerin radio solanya mantan announcer juga wkwk. Tapi emang asik sih, apalagi kalo sms/atensi kita dibacain sama announcernya duh bagaia banget wkwk (anak zaman dulu pasti paham banget) wkwk

    ReplyDelete
  12. Radio sekarang bisa streaming juga. Bahkan radio dari luar negeri pun bisa didengarkan. Mungkin itu salah satu alasan kenapa radio masih bertahan.

    ReplyDelete
  13. Saya pernah ada di posisi yang exicted banget dengerin radio. Sampai sehari bisa denger beberapa siaran di stasiun berbeda. Pernah sih terbesit untuk jadi penyiar tapi ga pernah PD untuk ikut audisinya.

    ReplyDelete
  14. Sebagai mantan Penyiar Radio, aku bangga bangeeet ada Hari Radio, dan memang iya, menurutku Radio tuh gak bakal lekang dimakan zaman, asiiiik. Btw, keren ih ikutan Audisi itu, nambah teman dan pengalaman pasti makin nambah ilmu ya, mantaaap.

    ReplyDelete
  15. Ternyata ada Hari Radio ya, aku baru tahu loh. Keren ya. Selalu suka kalau dengerin radii, bisa kirim-kirim salam hehe

    ReplyDelete
  16. Halo, aku anak radio juga loh dan pernah gabung sama Kelas Penyiar Indonesia..

    Semoga radio tetap eksis ya di tengah gempuran platform digital*

    ReplyDelete

Post a Comment