LAKUKAN HAL INI DALAM HADAPI RESESI GLOBAL


www.adhealbian.blogspot.com



Hari kesekian #dirumahaja dan sudah banyak hal yang dilakukan, salah satu nya adalah update dan mengikuti perkembangan berita – berita yang ada.

Ragam berita yang hadir akhir – akhir ini selain tentang virus corona adalah tentang resesi global 2020. Sudahkah kita semua siap menghadapi resesi global 2020? Dan apakah resesi global ini terjadi diakibatkan oleh covid-19?

Resesi Global itu sendiri adalah sebuah kondisi ketika produk domestic bruto ( GDP ) menurun atau ketika pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal atau lebih dalam satu tahun ( wikipedia ).

Resesi juga dapat mengakibatkan penurunan secara simultan pada seluruh aktivitas ekonomi seperti lapangan kerja, investasi, dan keuntungan perusahaan.

Seperti yang temen – temen ketahui bersama juga beberapa hari lalu nilai US Dollar melonjak tinggi. Saat ini nilai per dollar berhasil menyentuh angka Rp. 16.611,- ( by xe.com / last update 23-03-2020 06:05 UTC ) hampir menyentuh angka Rp. 17.000,- lho. Tidak sedikit yang setuju bahwa kenaikan tersebut akibat adanya virus corona yang mewabah hampir seluruh Dunia.  

Selain naiknya Dollar, kebutuhan pangan pun ikut meningkat. Jujur saja saya bukan ahli ekonomi yang sangat paham betul tentang pertumbuhan / kemerosotan ekonomi secara global.

Kita nih sebagai masyarakat Indonesia yang memang kesehariannya bekerja untuk mencari nafkah, harus terpaksa ( demi kebaikan bersama ) untuk social distancing dan self quarantine #dirumahaja akibat wabah Virus Corona. Sementara, kebutuhan pangan ini akan semakin meningkat.

Lalu apa yang semestinya kita siapkan untuk menghadapi Resesi Global? Wuih aga dag dig dug juga nih sebenernya untuk menjawab ini. Jawaban ini mungkin lebih ke jawaban pribadai saya dalam menghadpi resesi global.

1.       Positif Thinking

www.adhealbian.blogspot.com

Lagi dan lagi berfikir positif bisa membawa dampak yang baik. Semoga virus corona segera berakhir, bisa banyak hal positif yang akan terjadi, salah satu nya adalah resesi global yang tidak akan berkepanjangan, masyarakat bisa kembali beraktivitas mencari nafkah, dan kebutuhan pangan semuanya dapat terpenuhi.

2.     Jangan panik yang berlebihan

www.adhealbian.blogspot.com
Saya adalah salah satu yang bisa dibilang Panic Attack Person juga kali yah. Karena hal tersebut terkadang jadi menyendiri dan sangat memikirkan banget akan apa yang terjadi. Memikirkan sih boleh yah, tapi jangan terlalu berlebihan juga, dan jika kita tidak panik, kita juga bisa memikirkan banyak hal yang positif.

3.     Jangan Menyerah dan Tetap Semangat

www.adhealbian.blogspot.com

Duh kalo jawab ini berasa jadi motivator gak sih? Hehe, tapi ini seperti masuk ke telinga saya bahwa “Jangan jadikan resesi global, menjadi hal yang membuat mu terlalu pusing, tetap jalani usahamu, jangan menyerah dan terus lah semangat”.

Lebih ke afirmasi positif ke diri sendiri sih, Terlihat simple memang, Cuma kata – kata jangan menyerah dan tetep semangat, tapi coba ini ditanamkan dalam diri.

4.     Jangan Boros

www.adhealbian.blogspot.com

Kontrol pengeluaran sangatlah penting untuk menghadapi resesi global yang sudah didepan mata ini. Beli lah barang yang memang berdasarkan kebutuhan mu bukan keinginan mu. Dengan melakukan hal ini, kondisi keuangan tetap terjaga dengan baik.

Jadi jangan boros, kurang – kurangin deh nongkrong – nongkrong yang memang tidak terlalu ada kepentingannya. Karena kondisi keuangan mu hanya kamu yang tahu. So, you have to control it..!

Mungkin itu aja kali yah jawaban pribadi saya dalam menghadi resesi global, apakah ada teman – teman yang mau menambahkan? Sok atuhlah dengan senang hati jika memang ada yang mau nambahin.

Intinya sih jangan panik yang berlebihan yah dan selalu berfirkir positif. Well, terimakasih banyak yah sudah mampir kesini, maaf nih bahasan kali ini agak berat tentang ekonomi dan resesi global. Semoga bisa bermanfaat yah. Sampai jumpa lagi di artikel – artikel saya berikut nya yah.

Adhe Albian Aigning Out…!!

Comments

  1. Bener Mas Ade, dalam keadaan apapun kita harus stay positive and yakin ini akan segera berlalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semakin banyak orang - orang yang berfirikir positif akan semakin memudahkan semua dalam membantu mengembalikan dunia seperti semula yah mba han ;)

      Delete
  2. tetap positive thinking dan tetap hemat karena semuanya pada naik ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mas Ikrom, semua naik gara - gara mereka yang panic buying juga . Anw sehat - sehat selalu yah mas ;)

      Delete

Post a Comment