SIMAK 5 TIPS INI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA KAMU



www.adhealbian.blogspot.com

Tau gak sih, kalo membaca tuh dapat membuka wawasan kita terhadap apapun? Yup apapun..!! dari mulai mengenal hal – hal kecil yang tanpa kita sadari, sampai ke sejarah – sejarah dunia. Wow banget bukan?.

Well, semoga Indonesia terus meningkatkan peringkat dalam minat baca nya yah. Yuk teman – teman kita tingkatkan minat baca.

Beberapa alasan malas membaca yang pernah saya dengar dari teman – teman dekat adalah dikarenakan sibuk bekerja, tidak ada waktu, banyak aktivitas seharian yang tidak bisa ditinggal, dan berbagai macam alasan lainnya.

Sebelumnya, saya juga termasuk orang yang malas membaca, tapi ketika pernah ditemukan dengan Buku Bacaan yang bagus ( related dengan saya ), saya jadi tertarik untuk membaca buku – buku yang lain.

Baca buku itu tidak harus hari ini selesai kok, dan tidak akan ada yang marah juga kalo bacaan buku mu tidak sampai habis hari ini. Tapi bukan berarti, satu lembar baca, terus taro, terus lupa baca lagi yah hehe.

Theodor Seuss Geisel
Source : en.wikiquote.org

Ada yang sering denger atau pernah baca quotes dari Dr. Seuss, Seorang Pengarang dan Kartunis Amerika. Beliau pernah mengatakan :

“Semakin banyak kamu membaca, semakin banyak hal yang akan kamu ketahui. Semakin banyak kamu belajar, semakin banyak tempat yang akan kamu kunjungi” – Dr. Seuss

Jadi gimana nih menurut kamu setelah membaca kutipan tersebut? Itu juga salah satu yang membuat saya belakangan ini ketagihan membaca. Membaca juga membuka pikiran saya terhadap banyak hal.

Menurut Nurhadi dalam Buku nya Membaca Cepat dan Efektif, tujuan membaca  itu adalah (1) mendapatkan informasi, (2) memperoleh pemahaman, (3) memperoleh kesenangan. Secara khusus, tujuan membaca adalah (1) memperoleh informasi faktual, (2) memperoleh keterangan tentang sesuatu yang khusus dan problematis, (3) memberikan penilaian kritis terhadap karya tulis seseorang, (4) memperoleh kenikmatan emosi, dan (5) mengisi waktu luang.

Nah, buat temen – temen yang saat ini belum ada ketertarikan terhadap minat membaca, coba simak kembali tujuan membaca dan juga simak tips berikut ini agar kamu bisa terbiasa membaca buku setidaknya satu bulan sekali. Yuk kita simak bareng – bareng :

1.       Cari buku yang menarik perhatian
Berdasarkan pengalaman saya, saya mencari buku yang membuat saya penasaran dengan isi buku tersebut.
2.     Motivasi
Motivasi membaca saya sangat tergalih, ketika rasa ketertarikan terhadap buku bacaan itu muncul. Dengan hal tersebut, mau nggak mau saya jadi beli deh buku nya.
3.     Cari Buku Diskon
Nah untuk beli buku, based on pengalaman saya lagi nih, pertama kali beli buku itu pas lagi ada diskon hehe. Maklum waktu itu masih jadi mahasiswa dan lagi masa transisi dari officer menjadi freelancer, jadi suka banget nyerbu – nyerbu diskonan. Judul buku itu adalah “99 Tips Jitu Jadi Freelancer Sukses Untuk Mahasiswa”

Source : ebooks.gramedia.com

Kalau memang belum bisa beli, pinjem aja buku – buku yang ada diteman kamu. Saya juga melakukan hal yang sama kok, bahkan teman saya sangat senang hati meminjamkan buku nya.
4.     Tidak usah yang tebel – tebel dulu
Buku yang pertama saya beli itu enggak tebel, nggak sampe 200 halaman. Tapi semua isi nya sangat related dengan saya yang waktu itu mahasiswa plus freeleancer juga.
5.     Waktu Membaca
Kalau tadi ada kalimat diatas yang bilang, tidak bisa membaca karena sibuk melakukan aktivitas seharian yang sama sekali tidak bisa ditinggal, kalau cara saya sih, kemana – mana selalu selipkan bawa 1 buku bacaan.

Kapan baca nya? Baca nya bisa kapan saja dan dimana saja, misalnya pulang kerja naik transportasi umum. Bisa tuh dibaca buku nya, inget HP nya dimasukin ke tas dulu aja yah.

Saat nunggu kereta, saat nunggu bus trans Jakarta, saat nunggu MRT, saat nunggu Ojol, saat didalam kereta, saat didalam bus trans jakarta, saat didalam MRT, saat di ojol, bahkan sambil ngopi, hehe ya sebisa dan senyamannya saya. Nah kalau saya bisa gitu, kenapa temen – temen nggak ya kan?

Selain hal tersebut, ada juga nih kiat untuk bisa membaca cepat. Nah semua yang akan saya tulis ini saya kutip dari mata kuliah “Bahasa Indonesia” yang waktu itu saya ambil di semester 5.

Berdasarkan modul yang saya baca dari dosen Bahasa Indonesia saya yaitu Bpk. Supriyadi, S.Pd, M.Pd, menjelaskan bahwa sebelum kita ke kiat meningkatkan membaca cepat, pahami dulu model – model membaca cepat.

Berikut adalah model – model membaca cepat  :
1.      Model line by line
Model line by line atau sering disebut model garis per garis. Membaca model ini kata-kalimat dalam bahan bacaan dibaca secara berurutan dari baris pertama hingga baris terakhir secara beurutan. Model ini biasanya digunakan untuk bacaan yang bersifat padat, materi bacaan yang relatif baru (masih asing), atau banyak menggunakan kata-kata atau istilah asing. 
2.     Model Spiral
Membaca cepat Model Spiral. Ketika membaca kita tidak membaca seluruh isi bacaan, tetapi dibaca secara zigzag seperti spiral. Penggabungan kata/kalimat dalam bacaan menggunakan rasio dan pemikiran kita, sehingga kita menyimpulkan sendiri dari kata-kata kunci yang dibaca
3.     Model Melingkar
Model melingkar atau mencari kata kunci. Di sini pembaca tidak membaca semua kata/kalimat dalam bacaan tetapi dicari kata kunci (key word). Kata-kata kunci ini menjadi acuan untuk memahami isi bacaan dan dihubungkan melalui logika dan pemikiran si pembaca. Model ini biasanya digunakan untuk membaca informasi yang sifatnya ringan. Misalnya membaca Koran, majalah, dan lain-lain.

Nah setelah mengetahui model – model nya, berikut adalah kiat meningkatkan kecepatan membaca :
a.     Membaca tanpa bersuara, gerak bibir, atau gelengan kepala
b.    Jangan berhenti membaca pada satu kata atau bagian yang sulit
c.     Jangan mengulang bacaan
d.    Jangan membaca kata demi kata.
e.     Jangan membaca bergumam
f.       Jangan berhenti lama di awal baris
g.     Membaca per satuan makna atau fungsi kalimat
h.    Jangan menggunakan telunjuk tangan
i.  Berlatih konsentarsi dengan mengatur pernafasan dan pemfokusan bacaan

Semoga tips ini membantu teman – teman semua dalam meiningkatkan minat baca yah. Jangan khawatir karena gak ada waktu untuk membaca lagi yah,  kan udah diinfo tuh tips nya hehe. Kalau udah baca tips ini, masa iya sih 1 bulan 1 buku nggak kebaca? Yuk mari kita semangat membaca..!! 

Eits jangan lupa follow Instagram dan Twitter saya yah..! Terimakasih dan sampai jumpa lagi ;)



Comments

  1. Tips membaca cepatnya boleh dipake ini, Mbak.
    Saya masih belajar membaca cepat meski belum bisa ngalahin suami.
    Udah gitu meski cepat dia bisa cerita dan tau isinya.

    ReplyDelete
  2. wah terima kasih tipsnya mas
    klau saya memang mengutamakan buku dengan topik favorit saya dulu biar ada semangat
    kalau udah senang maka membaca pun jadi ketagihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju bang, semangat membaca semoga tertular kesemua nya yah bang ;)

      Delete

Post a Comment