Pandai Tangkap Peluang Di Zaman Now



 
www.adhealbian.blogspot.com

Setidaknya kurang lebih satu tahunan terakhir ini, saya aktif menulis kembali menulis Blog dan bisa dikatakan lebih serius dibanding sebelum – sebelumnya yang hanya nulis sekali terus redup lagi, nulis sekali redup lagi. Begitu aja terus.

Tapi semenjak diseriusin, bener banget kata orang – orang kalau segala sesuatu yang dilakukan dengan serius, pasti hasil nya juga nggak akan main – main.

Blogger tuh ternyata kegiatannya nggak cuma satu lho, tapi banyaak banget, apalagi blogger – blogger yang sudah keren banget dari segala segi. Nah mereka juga biasa nya banyak bergabung dengan komunitas – komunitas blogger juga.

salah satu kegiatan workshop offline
bersama @komunitasisb

Salah satu kegiatan yang sering banget diikuti oleh blogger – blogger adalah kegiatan Workshop ( Seminar ). Workshop yang diikuti bisa yang offline maupun yang online.

Saya pribadi dua – dua nya suka, terlebih offline, karena selain dapet ilmu dari materi workshop nya, saya juga bisa berkenalan dan berinteraksi langsung dengan teman – teman baru, yang meungkin selama ini hanya kenal melalui sosial media saja.

Ini juga kegiatan workshop dalam rangka 100 tahun RSCM
berasama @komunitasisb

Tapi terkadang, jika waktu yang tidak pas, maka kegiatan workshop offline ini terpaksa untuk tidak saya ikuti dulu. Sayang memang, tapi ya mau gimana lagi, saya sih mikirnya yasudah jika memang tidak bisa ikut workshop offline yang ini , mungkin bisa ikut kegiatan workshop offline yang berikut nya.

Apakah kegiatan workshop offline ini sangat berpengaruh jika tidak diikuti sama sekali? Dan bagaimana cara nya agar kita tetap mendapatkan ilmu dari kegiatan diluar offline?

Well, pertanyaan itu juga yang selalu muncul sih di benak saya, gimana yah kalo kegiatan workshop offline yang tadi saya tidak ikuti, tapi saya tetep dapat ilmu nya.

Jadi, seperti yang saya katakan sebelumnya, bahwa kegiatan blogger itu tidak hanya workshop offline tetapi juga banyak kegiatan yang kita bisa ikuti dan tentu tujuannya adalah agar kita semua tidak ketinggalan informasi.

Ini adalah beberapa kegiatan yang biasa nya saya lakukan, jika kegiatan workshop offline tidak bisa saya ikuti dan untuk mengejar informasi serta menangkap peluang yang ada :




1.      Workshop Online
Kegiatan ini bisa dilakukan di WAG ( Whatsapp Group ), dari beberapa komunitas yang saya gabung, mereka sangat aktif melakukan penyebaran informasi – nformasi terkait kegiatan blog tentunya dan juga sangat open untuk diskusi bersama.

Selain itu, mereka juga punya program, yang memang sangat informatif dan bermanfaat, terlebih bagi blogger – blogger yang masih tergolong baru seperti saya.

Saya sudah pernah bekerjasama dengan salah satu teman yang ada di group komunitas blogger, jadi peluang itu memang ada dimana aja, tinggal kita nya tuh yang tangkep – tangkepin hehe.




2.     Blog Walking
Nah jika saya tidak bisa mengikuti kegiatan workshop offline tadi, biasanya saya intip tulisan – tulisan temen – temen saya di blog mereka. Dari situ saya tetep mendapatkan informasi terbaru dari kegiatan – kegiatan yang tidak bisa saya ikuti waktu itu.

Banyak informasi yang saya dapat tentunya dari kegiatan blog walking, dan ada kala nya jika ada yang saya tanyakan, ya saya tanyakan di kolom komentar mereka.

Ilmu tetep dapet, walaupun saya tidak hadir didalam acara tersebut. Peluang yang bisa diambil dari kegiatan ini juga sama, tidak menutup kemungkinan bisa bekerjasama juga dengan blogger – blogger lain yang berada diluar komunitas.




3.     Tidak malu bertanya
Kadang kala perasaan malu itu sering banget muncul, rasa malu itu muncul karena banyak nya kekhawatiran yang dipikirkan. Padahal, kalau mau tanya ya tanya aja, pasti banyak yang akan mau bantu menjawab.

Well, untuk mensiasati jika saya malu bertanya di group komunitas blogger, biasanya saya japri, dan yang saya japri Alhamdulillah selama ini tidak ada yang keberatan menjawab pertanyaan – pertanyaan saya.

Mereka dengan senang hati membantu jawab apa saja yang saya tanyakan terkait dengan dunia perblogger an ini. Dari sini, peluang akan terbuka, jadi pandai – pandailah memanfaatkan peluang tersebut ( dalam hal positif yah ).




4.     Pantau berita melalui gadget
Smartphone memang sudah menjadi andalan bagi semua orang tak terkecuali saya. Banyak nya berita online yang bisa diakses melalui handphone, membuat saya tak mengenal lagi yang namanya TV sejak adanya gawai pintar ini.

Karena semua yang saya butuhkan bisa diakses melalui smartphone, termasuk berita – berita yang lagi update. Sudah pasti kita tidak akan ketinggal informasi. Jadi kudu rajin – rajin juga untuk lihat ada berita atau ada perkembangan apa.


5.     Manfaatkan handphone untuk tangkap peluang
Peluang itu ada dimana – mana, tergantung bagaimana kita nya, mau kita ambil atau kita biarkan lolos begitu saja. Nah, salah satu cara untuk meangkap peluang adalah dengan memanfaatkan handphone.

Ya, handphone yang saat ini kamu pegang, bisa kamu manfaatkan untuk menangkap peluang - peluang yang ada. Contoh nya saya, kadang suka lihat kegiatan – kegiatan temen – temen blogger, dan saya suka tanya tuh bagimana bisa ikut kegiatan tersebut dikemudian hari?
Dari situ, mereka akan berikan informasi untuk saya bisa mengikuti kegiatan serupa di kemudian hari. Ini ada kaitannya juga dengan “jangan malu bertanya”.

Dan masih banyak juga peluang – peluang yang lain yang bisa kamu dapatkan melalui handphone. Coba galih dan jangan lepaskan peluang tersebut.

Nah, cara untuk tidak ketingalan informasi dan ambil peluang dari masing – masing orang mungkin bisa jadi berbeda dengan apa yang saya alami. Kalo dari saya, kurang lebih 5 hal tadi yang biasa saya lakukan untuk tidak ketinggalan informasi dan megejar serta menangkap peluang – peluang yang ada.

“Kalau bukan kita sendiri, mau siapa lagi yang menangkap peluangnya?”

Sama hal nya dengan setiap artikel yang saya bagi sebelumnya, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi semuanya, dan bisa diambil positif – positif nya. Terimakasih sudah berkunjung, sampai jumpa di artiekl – artikel berikut nya yah.

Adhe Albian signing out….

Comments

  1. Senang kalau bisa ikut workshop ya. Nambah ilmu, nambah teman nambah peluang job. Semua memang tidak ada yang instan ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener teh, kalau yang instant - instant cepet ilang nya hehe. Semoga kapan - kapan bisa ikut workshop bareng yah teh ;)

      Delete
  2. Ikutan workshop aku lumayan suka belakangan, Mas karena mikirnya aku kebanyakan berinteraksi dengan laptop dan HP, hahaha.

    Karena memang skrg kita nyari ilmu bisa gampang di mana saja dan kapan saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya mba han, aku jga pernah mengalami nya kok, apalgi kegaiatan - kegiatan workshop yang mengahruskan kita live report, hehe tapi tentunya tetap selalu menyenangkan.

      Delete

Post a Comment