Kegiatan Blog Walking Yang Kaya Akan Manfaat

www.adhealbian.blogspot.com





Sebagai seseorang yang mempunyai embel – embel dibelakang nama yaitu Blogger, banyak banget pelajaran yang sudah saya dapat, plus manfaat yang saya dapat selama saya menekuni dunia per blogger an ini.

Kegiatan bersoisialisasi antar blogger pun sering banget dialami, dari kegiatan seminar yang offline sampai dengan kegiatan – kegiatan yang sekedar silaturahmi, dari situ kita juga banyak berkenalan satu sama lain dan bisa menjadi teman bahkan rekan kerja / bisnis.

Selain kegiatan tersebut, ada juga kegiatan yang paling banget – banget saya suka, kegiatan tersebut namanya “Blog Walking” . Untuk para blogger, blog walking itu sudah tidak asing lagi, karena sampai saat ini pun kita masih sering melakukannya.

Apa sih dhe Blog Walking itu? Well, sepengetahuan saya, Blog Walking itu adalah kegiatan “berkunjung” ke blog / artikel blogger – blogger lain, untuk membaca nya dan memberikan komen dikolom komentar.

Tentu kegiatan blog walking bukan tanpa manfaat. Nah dikesempatan kali ini saya mau berbagi tentang manfaat yang didapat dari kegiatan Blog Walking, diantaranya :

1.      Menambah Pengetahuan



Gimana nggak nambah coba, dengan banyaknya blog yang kamu kunjungi, pasti banyak juga artikel – artikel yang kamu baca ( kecuali kamu nggak ngebaca nya yah hehe ). Nah dengan hal tersebut maka pengetahuan kamu juga akan bertambah. Saya pun sudah membuktikannya, banyak istilah – istilah yang sebelumnya saya tidak tahu didunia blog, ternyata dengan membaca sebuah artikel dari blogger lain, pengetahuan saya pun jadi bertambah.

2.     Mengenal Blogger Lain



Yup, percaya tidak percaya,  dengan melakukan kegiatan blog walking ini, kita bisa mengenal mereka satu per satu lho. Baru – baru ini saya juga lagi rajn banget blog walking ke blogger – blogger senior saya. Dan bener deh dari blog walking, membuat saya kurang lebih jadi mengenal sang penulis.

3.     Belajar Gaya Penulisan



Nah dengan mengenal sedikit banyak karakter blogger lain, banyak juga ilmu yang bisa saya ambil, salah satu nya adalah dari gaya penulisan mereka dan tentu tata bahasa mereka yang enak dibaca. Karena saya memposisikan diri sebagai pembaca bukan penulis. Jadi saya sendiri tahu tuh, oh ternyata bacaan yang enak tuh seperti ini, tulisan yang nyaman dibaca tuh seperti ini, dan lain – lain.

Kalau jaman sekolah dulu tuh ada istilah ATM yaitu Amati, Tiru, dan Modifikasi. Jadi, bisa saya contek nilai - nilai positif nya dan kemudian mengembangkannya didalam penulisan blog saya.

4.     Menambah Page View



Awal nulis, boro – boro ada komentar yah, apalagi page view hehe sedih saya tuh. Well, dengan melakukan blog walking dan menaruh komentar yang sesuai topik, maka kamu akan di notice oleh blogger ain, dan mereka akan kembali visit / berkungjung ke blog kamu.
Dengan begitu, page view saya yang tadi nya 0, Alhamdulillah sekarang ada aja at least gak lagi 0 ( kosong ) lagi hehe.

5.     Menambah Inspirasi



Pernah denger dong kalo orang – orang bilang “inspirasi bisa datang dari mana saja dan kapan saja”. Nah itu pun manfaat yang bisa kamu dapat dari kegiatan blog walking. Bisa menambah inspirasi. Next nya mau nulis artikel yang seperti ini ah, oiya saya punya pengalaman travelling yang serupa tapi tak sama nih, kayaknya bisa nih saya tulis di blog saya. Nah kurang lebih seperti itu inspirasi – inspirasi yang bisa saya dapat dari kegiatan blog walking.

6.    Baclink bertambah



Peracayalah lagi dan lagi, dengan kita meninggalkan komen di kolom komentar blogger lain, secara otomatis kita telah menanamkan backlink. Mereka akan visit balik ke blog kita lho. Nggak percaya? Cobain aja.

7.     Sarana Promosi



Dengan kita meninggalkan komentar di blogger lain, nama kita kan akan terpampang jelas, apalagi kalau di kolom komentar mereka mengharuskan kita menaruh link URL blog kita. Dengan mudah nya mereka akan berkunjung kembali ke blog kita.

Nah saat mereka berkunjung ke blog kita, maka mereka juga akan melihat profile kita, tulisan – tulisan kita, dan juga sosial media kita. Jadi, bisa jadi mereka akan “melirik” tulisan kita lagi dan juga follow sosial media yang kita punya.

Sepengalaman saya sih kurang lebih ada 7, tapi saya rasa juga banyak manfaat yang didapat dari kegiatan blog walking ini. Mungkin banyak blogger lain yang bisa menuliskan manfaat blog walking lebih dari 7.

Semoga dengan berbagi informasi apa saja manfaat yang saya dapat dari kegiatan blog walking ini, bisa memberikan gambaran / inspirasi / nilai positif yang tentunya bisa diambil dan dicontoh. Kalau dirasa ada yang kurang, bisa menambahkannya di kolom komentar yah teman – teman.

Anyway, terimakasih sudah kembali berkunjung, sampai jumpa yah di artikel – artikel saya yang lain.

Adhe Albian signing Out…!!!



Comments


  1. Betul banget tong. Dan apa yang telah di jelas atas tentang BW, Memang banyak manfaatnya.😄😄

    Selain menambah wawasan kita juga bisa salin akrab. Terbukti dengan seringnya BW saya bisa kopdar dengan teman2 blogger baik Bp,Wp, atau Mwb.😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yah bang, silahturahmi malah makin mantap ;)

      Delete
  2. Hal yang paling menarik buat aku saat blogwalking adalah mengenal pemilik blog-nya secara personal. Meskipun jujur lho ga semua blogger mau terbuka secara personal dengan blogger lain.

    Kita ga tahu juga kedepannya bagaimana, jadi menurut aku aemanh seharusnya kita kita berteman baik dengan semua orang.

    Keep going ya, Mas Adhe.
    Jangan berhenti ngeblog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya mba Hani, dari BW aku pun sebenernya jadi makin tahu nih karakter blogger A dengan Blogger B, hehe tapi nggak mau ambil pusing yang penting tetep nulis dan abaikan hal - hal yang negatif fokus ke hal - hal yang positif aja.

      Well, terimakasih buat support nya mba Hani, Insa Allah akan terus nulis di blog dan terus belajar ;)

      Delete
  3. Hi mas Adhe, saya blogwalking ke blog mas nih hehe. Dan saya salah satu yang juga merasakan manfaat blogwalking seperti yang mas jabarkan di atas :D terpaling saya suka dari blogwalking adalah bisa belajar lebih jauh tentang hal yang mungkin saya nggak tau dan saya juga bisa paham kalau setiap orang pasti punya sudut pandang yang berbeda-beda dari setiap permasalahan yang ada :>

    By the way, semoga ke depannya blog mas Adhe bisa dikomen pakai URL link ya, karena nggak semua blogger punya google account :D salam kenal and keep writing~

    Salam,
    creameno(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hallo, terimakasih banyak yah sudah berkunjung kesini ;)

      Oiya mengenai saran ini "Kolom komennya pakai URL link" akan segera diusahakan yah ;) terimakasih banyak lho sarannya sangat membangun sekali ;)

      Delete
  4. Banyak sekali manfaat blogwalking ini
    Silaturahmi memang akan membawa manfaat selain akan memanjangkan usia

    Selebihnya kita bisa mengenal satu sama lain meski blm berjumpa.

    Maafkan saya slow respon dalam blogwalking atau bewe balik....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Teh, setuju teh bahwa silahturahmi akan banyak membawa manfaat dan juga perpanjang usia. Nuhun teh udah berkunjung kesini, semoga kapan - kapan bisa berjumpa yah teh ;)

      Delete
  5. sepakat semuanya mas adhe
    apalagi dapet teman baru
    dapet insight baru
    cuma di blog bisa kayak gini

    tetap ngeblog ya mas
    salam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe siap Bang Ikrom, harus banyak belajar nih sama bang ikrom hehe ;)

      Delete

Post a Comment