INI CARA SAYA MENGATASI KEPONAKAN YANG KECANDUAN GADGET



www.adhealbian.blogspot.com

“Om, kapan main ke rumah om? Nanti kalo kerumah beliin Daffa Hape yah om buat maen legend”

Kurang lebih seperti itu suara keponakan saya dari sambungan telephone, namanya Daffa. Hehe sempet kaget sih awalnya pas denger anak usia 5 tahunan, minta nya di beliin handphone, bukan ice cream atau pizza lagi. Waktu itu sempet jawab, iya nanti yah pas daffa udah sekolah. Eh langsung bilang “yaaah om maah” dengan nada ngambek hehe.

Keponakan saya tuh hampir selusin kayaknya kalo mau dihitung hehe, tapi Daffa ini emang yang paling deket, karena di Jakarta juga tinggal nya bareng Ibu nya yang beliau adalah kakak kandung saya yang ke 3.

Well, keponakan saya ini emang bandel nya banget banget sih, mainnya handphone terus, tapi kalao nggak dikasih sama Ibu nya dia ngamuk tuh sampe bahkan banting – bantingin mainan, makannya mainannya gak pernah awet.

Kemaren – kemaren tuh saya pikir nya Daffa main handphone karena nonton film kesukaannya di youtube, macam spiderman, avengers, dan superhero – superhero yang lain. Nah, belakangan tuh udah nggak mau nonton youtube, mau nya main games yang populer, yaitu mobile legend, yang sampe detik ini aja om nya gak pernah mainin haha ( bukan anak gamer haha ).

www.adhealbian.blogspot.com

Sempet bingung juga sih gimana nih cara nya biar keponakan saya tuh gak bergantung sama gadget apalagi terus – terusan main games “mobile legend” yang sebenernya dia juga nggak ngerti permainan nya gimana. Yang penting dia mah ada suara – suara tembakan atau jurus – jurus yang dikeluarin dari player nya.

Om nya ini tuh, pengen keponakannya jangan sampai kaget pas sekolah harus lepas dari yang namanya handphone. Sempet ngobrol sih sama Ibu nya, dan Ibu nya emang bilang sudah melakukan berbagai cara untuk lepasin Daffa dari gadget. Waktu itu sempet berhasil sih, tapi nggak lama.

Daffa ini sering banget dikasih duit sama om – om nya yang lain, kirain mah dibuat jajan, nggak tau nya dibawa lari ke warnet untuk main games lagi. Emang bandel nya banget – banget kan? Hehe

www.adhealbian.bogspot.com

Nah untuk mensiasati nya, sekarang sih saya mencoba kerjasama dengan Ibu nya ini untuk melakukan hal – hal berikut :

1.      Membuat perjanjian waktu
Jadi biasanya, Ibu Daffa ini mengijinkan anaknya main handphone di jam – jam tertentu saja, misalnya hanya bisa sore dan itu pun dibatasin. Jadi saat ini udah lumayan bekerja, yang biasanya bisa seharian main games, dari batre hp penuh – lowbat – penuh – lowbat lagi.

2.     Kasih pinjam handphone pada saat menjelang lowbat
Jadi suka diakalin, kalau mau minjemin ke Daffa, pada saat handphone menjelang lowbat. Jadi pada saat dicharge Daffa bisa melakukan aktifitas nya yang lain.

3.     Kasih waktu bermain
Biasanya, Ibu nya daffa suka suruh Daffa untuk main diluar tujuan utama nya tadi sih biar gak bergantung sama gadget. Sempet berhasil daffa main layangan tuh bareng sama teman – teman seumurannya.

wwwadhealbian.blogspot.com

Nah ditengah melakukan hal – hal yang tadi, Ibu nya Daffa juga sering memberikan “pelajaran” yang memang diperlukan bagi tumbuh kembang Daffa, diantaranya :

1.      Mengubah kalimat "jangan" menjadi kalimat yang positif
Misalnya “jangan main handpone terus”, sekarang sudah mulai diganti dengan “main handphone nya, udahan dulu yah, besok kan bisa dianjut lagi” atau pun contoh – contoh lainnya.

Hal yang sama juga ternyata dilakukan oleh teman saya yang menjadi salah satu guru relawan anak - anak didaerah Bogor. 

2.     Mengaji / Mengenal Agama
Anak seusia daffa ini memang lagi asik – asik nya main, kadang suka kaget sendiri sama tingkah laku nya, termasuk pada saat dia minta ikut kakak nya mengaji di Masjid.

Walaupun usia nya masih mini hehe, tapi orang tua dan kakak – kaka nya sudah mengajari nya tentang Agama, jadi sedikit demi sedikit Daffa sudah mengenal.

3.     Jangan membentak
Ibu dari daffa juga cukup keras orang nya, jadi tanpa disengaja terkadang suka “membentak” anak nya, dan dimana “bentakan” itu justru membawa dampak yang buruk, bukannya nurut akan kata – kata Ibu nya, tapi malah sedikit melawan, dengan menangis sambil lempar – lempar mainannya.

Saat ini, Ibu nya sudah tahu trik nya, bentakan itu kini diubah menjadi bicara dengan nada – nada yang manis dan lembut. Misalnya : “Daffa sayang, anak ibu yang manis mandi yuk kan udah sore”, dengan nada yang seperti itu anak nya langsung nurut dan sambil senyum – senyum.

4.     Sopan santun dan tata krama
Anak seusia Daffa ini gampang banget menangkap apa yang dilakukan / diucapkan oleh orang tua nya. Jadi, sebagai orang tua, atau saya sebagai om nya, harus selalu memberikan contoh perilaku yang baik bagi Daffa.

Dari mulai mengucapkan minta tolong, mengucapkan salam, meminta maaf ketika dia salah, mengucapkan terimakasih, membaca doa sebelum makan, cium tangan orang yang lebih tua, dan banyak hal lainnya yang kami ajarkan kepada Daffa.

5.     Mengajarkan Disiplin
Saya sebagai om nya sering banget bawelin Ibu nya, untuk selalu mengajarkan / memberi tahu Daffa untuk selalu mesncuci tangannya sebelum menyentuh makanan yang akan dimakannya.

Kita saja sebagai orang tua, harus dan wajib cuci tangan sebelum makan, apalagi anak kecil yang banyak sekali benda – benda yang mereka pegang atau mainkan. Jadi sebagai orang tua ya sudah sebaiknya mengajarkan tentang disiplin, salah satu nya ya kebiasaan cuci tangan ini.

Nah yang barusan saya bagi tersebut adalah lagi – lagi berdasarkan pengalaman saya nih sebagai om nya Daffa, mungkin buat temen – temen disini yang sudah punya anak seusia Daffa, coba dong kasih tahu juga tips nya, siapa tahu bisa saya praktekan ke keponakan saya yang cukup bandel ini hehe.

Ya semoga bisa bermanfaat yah buat temen – temen semua yang membaca artikel ini. Saya aja sebagai om cukup kuwalahan kasih tahu keponakan saya ini, apalagi orang tua nya ya hehe, tapi kalau orang tua nya, Daffa sih lebih manut dan nurut aja.

Well, semoga generasi anak – anak di era sekarang, bisa menjadi kebanggan orang tua, keluarga, agama, masyarakat luas, serta bangsa dan negara aamiin.

Duh, udah berasa punya anak nih, hehe, udahan disini dulu kali yah hehe. Jangan lupa follow IG dan Twitter saya yah. Adhe Albian signing out, sampai jumpa di artikel – artikel selanjutnya.



Comments

  1. Daffa seumuran Zafa ya, Om? ZAFA 5tahun Desember lalu.

    Zafa juga suka tertarik ingin main game tapi dia artikan dehemanku sebagai "marah" kalau dia ketahuan pinjem hp kakeknya, aku berdehem "ehem" langsung ditinggal, hahaha.
    Karena aku hampir ga pernah bentak.

    Gadget beneran racun jadi emang harus punya trik kaya yang Mas Ade bagiin ke kita ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya daffa seumuran zaffa yah mba Han, hehe wah kalo ketemu bisa bahaya tuh bisa - bisa maen games bareng tuh daffa dan zafa. Oiya kalo Daffa nggak bisa tuh mba dengan "ehem"an doang. Emang keponakan ku juga tingkat bandel nya ampun deh hehehe

      Delete
  2. saya sepakat untuk menghindari bentakan mas karena itu terus terngiang sampai dewasa dan efeknya anak malah jadi pendendam serta sulit diatur lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang ikrom, makasih yah. Saat ini Ibu nya sih sudah tidak lagi melakukan itu, malah Ibu nya yang pernah kena omel saya hehe.

      Delete

Post a Comment