DENGAN CARA INI, HIDUP MU BISA JADI LEBIH MINIMALIS


 
www.adhealbian.blogspot.com

Mengawali tahun 2020 ini banyak hal banget yang dipikirin, hehe, udah harus pintar memilah – milah mana yang jadi prioritas dan mana yang nggak. Semakin dewasa ( hehe gak mau banget dibilang tua ), semakin mengerucut nya temen, jadi semakin mengerti akan banyak hal.

Nah salah satu hal tersebut adalah mencoba hidup lebih minimalis di tahun 2020 ini. Dari kemarin – kemarin sih sebenernya hidup minimalis banget anak nya, tapi tahun ini kudu lebih minimalis lagi deh.

www.adhealbian.blogspot.com

 Apa sih dhe hidup minimalis itu? Hidup minimalis versi saya adalah melawan keinginan dan utamakan kebutuhan. Yes, keinginan akan sesuatu yang terkadang menggebu – gebu membuat saya semakin tipis dalam berbagai hal, dari tipis iman karena keinginan membeli sesuatu yang tidak bisa terkalahkan hehe sampai membuat tipis dompet juga.

Well, ketahui lah barang – barang yang ada disekeliling temen – temen mungkin sebagian besar adalah berdasarkan keinginan bukan berdasarkan kebutuhan. Hayoo ngaku?!!

Keinget banget jaman baheula, setiap ada HP seri baru, selalu keinginan untuk mengganti HP baru tuh sangat menggebu – gebu, padahal mah fungsi nya sama aja ye kan? Emang anak nya gatel, kalo udah pengen kudu banget.

Nih contoh lain keinginan – keinginan saya ( yang nggak perlu dicontoh ) yah hehe :

1.      Beli buku tulis dan Seragam sekolah baru
Dulu setiap kenaikan kelas, harus banget ganti buku tulis baru, padahal buku yang dipakai dikelas sebelumnya masih banyak halaman yang tersisa. Ini tuh berlaku sampai saya menginjak kelas 9. Belum ngerti apa gimana yah itu?

Pas SMA sih udah  nggak, malah buku di semester – semester sebelumnya saya gabungin, karena sebagian mata pelajarannya nyambung gitu.

Seragam sekolah pun gitu, padahal dari segi ukuran dan warna sama aja, tapi gitu ganjen banget, setiap kenaikan kelas kudu banget pengen ganti yang baru.

Pusing banget ya yang jadi orang tua saya, hehe Alhamdulillah sih walaupun anaknya ganjen, yang apa – apa mau serba baru. Tapi bisa banggain orang tua dengan nggak ada warna merah di Raport hehe.
Bener sih ini masa lalu banget, tapi dari peristiwa tersebut jadi belajar deh tentang bagaimana tidak boros.

2.     Nongkrong - nongkrong
Sesekali sih ya tak apa lah yah, sambil reuni atau kangen – kangen sama temen lama. Tapi tetep harus ada yang “dibawa pulang” setelah nongkrong itu.

Yang dimaksud dibawa pulang itu misalnya, pengetahuan nambah dari hasil obrolan ( jangan ketemuan, tapi masing – masing sibuk dengan HP nya yah ), ini nih yang nggak akan dapet apa –apa untuk dibawa pulang hehe.

Contoh lainnya lagi adalah ketika bertukar informasi mengenai pekerjaan sekarang, siapa tahu bisa menjalin bentuk kerjasama ye kan?
Kemaren – kemaren mah mana kepikiran yang kaya gitu hehe, nongkrong – nongkrong gak jelas aja, pulang pulang kembali tipis lagi deh.

Jadi, nongkrong – nongkrong yang kalau anak gaul bilang GEJE ( Gak Jelas ) itu, udah mulai saya kurangin.

3.     Join GYM Club
Mohon maaf nih yah sebelumnya, tidak bermaksud kemana – mana tujuannya. Ini mau berbagi aja based on pengalaman saya pribadi.

Tahun lalu sempet join salah satu gym club di Jakarta, tergoda dengan harga bulanan yang saya bilang nya “masih terjangkau” buat kategori anak yang belum mendapat gelar “anak kosan”. Awal – awal semangat banget, semakin kesini kerjaan nya makin padet, jadi gak sempet terus untuk ke gym. Sebulan bisa dateng 2 kali aja itu udah wow banget hehe.

Buat saya itu sangat pemborosan, bayar gym,  tapi nggak pernah digunain member nya. Buat sebagian orang yang memang cinta banget dengan olahraga itu sangat menguntungkan lho, dapet harga terjangkau dan juga bisa akses ke semua club diseluruh Indonesia.

Kalo saya sih dasarnya emang selain kerjaan yang Alhamdulillah ada aja, plus olahraga nya angot – angotan yah, jadi ya gitu deh bayar mah bayar aja tapi nggak dipake member nya. Boros banget yak.

Semenjak cancel membership, saya merasa kehidupan lebih tentram dan damai, olahraga nya sekarang bisa dilakukan didalam rumah deh hehe.

4.     TV Kabel
Dulu tuh sempet mau pasang TV Kabel yang plus wifi gitu buat dirumah, tapi mikir – mikir lagi waktu itu. Pertama, dari pagi ke sore kan dikantor, ini juga udah pakai wifi kantor ), dan kedua, pulang kantor sampe rumah kan malem tuh, capek terus tidur ( nonton tv nggak, wifi nya juga nggak ).

Jadi, beruntung lah muncul pemikiran – pemikiran itu yang membuat saya tidak jadi memasang TV Kabel. Jadi disini sudah mulai berpikir mau nurutin keinginan atau kebutuhan?

Kalu saya tetep pasang, artinya saya akan ada bayar bulanan, sementara presentasi penggunaannya kecil banget gitu. Ini sih akan senasib dengan member gym club tadi ya nggak? Tapi, buat temen – temen yang merasa dengan memasang TV Kabel dapat membantu kebutuhan sih ya go head, bagus malah kalo emang bisa memenuhi kebutuhan dan bukan keinginan.

Jadi kurang lebih kaya gitu lah keborosan – keborosan saya pada jaman itu, sekarang ya lebih minimalis aja hidup nya, semua hal – hal yang tadi tuh ya udah nggak pernah saya lakukan lagi. Kalau poin 1 kan itu jaman dulu ya jaman sekolah SD mungkin ya belum ngerti apa – apa juga.

Intinya sih untuk hidup minimalis, ya temen – temen kudu banget deh :

1.       Tahu mana kebutuhan dan mana keinginan.

sumber gambar : mulya.gurusiana.id

Maksudanya adalah kebutuhan itu lebih penting dibandingkan keinginan. Jadi kamu harus bisa memilih tuh kalau lagi “pengen” banget beli sesuatu. Kalau kata orang tua mah “nurutin keinginan nggak akan ada habis nya” hehe

2.     Kurangin nongkrong – nongkrong.

www.adhealbian.blogspot.com

Nongkrong / hangout yang gak jelas emang akan ada aja pengeluarannya. Tapi kalo ada hasil yang bisa kamu bawa pulang setelah nongkrong ya gak masalah.

3.     Nabung

sumber gambar : dream.co.id

Nah ini nih, semenjak ngurangin nongkrong – nongkrong, uang nya bisa saya alokasikan ke celengan deh, lebih bermanfaat kan?.

Berdasarkan pengalaman saya sih, mungkin itu aja yang bisa saya bagi, siapa tahu disini ada temen – temen yang pengalaman hidup minimalis nya lebih dari saya, boleh dong bagi – bagi juga hehe.

sumber gambar : id.aliexpress.com


Oiya perlu diketahui juga yah, hidup minimalis bukan berarti “nggak sayang sama diri sendiri”. Sayang sama diri sendiri tentu harus, justru itu kamu harus tahu mana yang lebih prioritas.

Segini dulu aja kali yah, semoga artikel ini bisa kembali membantu teman – teman dalam menjalankan kehidupan yang lebih minimalis tapi tetep manis. Perlu diketahui juga, bahwa masing – masing orang punya cara nya tersendiri untuk hidup minimalis. Kalo kamu gimana?

Well. Jangan lupa follow IG dan Twitter saya yaah, terimakasih dan sampai jumpa di artikel – artikel selanjutnya ;)


Comments

  1. Beneran ya, Mas...kalau keinginan sih kayanya ga bakal habis, semua kita ingin balik lagi butuh gak sih? dan seberapa urgent? Saya juga belajar hidup minimalis alias menahan diri untuk ingin membeli hal-hal yang sebenarnya ga perlu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mba, emang kalo nurutin keinginan gak akan ada ujung nya yah mba, kudu pinter - pinter nahan sekarang mah ;)

      Delete
  2. aslinya nongkrong itu ga masalah mas asal tau tmpatnya hehe. kyak di warkop kumpul sm tmn modal 3rb cukup utk beli kopi. Tapi sebisa mungkin kita yg ngatur sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah betul dan setuju banget, nonkrong di warkop mah emang asik saya pun suka apalagi kalo udah pesen mie rebus soto hehe, tya semoga temen - temen saya besok - besok bisa cinta sama warkopjuga kaya saya ;)

      Delete

Post a Comment