3 Bakat Ini Bisa Menghasilkan Lho, Salah Satunya Ada di Kamu Nggak? Cek Deh..!!


 
www.adhealbian.blogspot.com

“ya ampun dhe, kenapa lo nggak mendalami ini aja, kenapa nggak lo seriusin aja dibidang ini, kenapa lo nggak terusin aja bakat lo ini?”

Sejumlah pertanyaan – pertanyaan seperti itu lah yang keluar dari mulut teman – teman saya. Pertanyaan – pertanyaan tersebut tidak membuat saya pusing, justru saya berterimakasih kepada teman – teman saya, mereka lebih tahu bakat yang ada dalam diri saya.

Bicara bakat ( bakat yang memang hobi juga ), sebenernya memang sih tidak begitu banyak, tapi karena sadar bahwa tidak semua orang memiliki nya, bersyukur adalah yang harus saya lakukan. Selain itu, tentu memaksimalkan bakat saya tersebut, syukur – syukur bakat yang saya punya berpotensi menghasilkan sesuatu.

Menghasilkan yang saya maksud adalah menghasilkan dalam segi materi dan non materi yah. Nah ngomongin tentang hasil, berikut ini saya mau berbagi tentang bakat yang ada dalam diri saya yang berpotensi mengasilkan dari segi materi dan non materi, siapa tahu salah satu nya ada dikamu :

1.      Menari
Menari ini adalah hobi saya dari masih kecil haha, banyak banget dari keluarga ataupun saudara yang bilang badan saya lentur banget kaya karet. Memag kecil nya saya ini suka banget joget – joget pas lagi dengerin musik.

Dari menari ( walaupun belum professional seperti lainnya ), saya juga mendapatkan pengalaman yang sangat berharga banget, dimulai sejak SD, saya menari dalam rangka perpisahan kelas 6.

SMP adalah momen malu – malu, yang tidak berani mengexplore diri, apalagi waktu SMP ekskul menari tidak ada, ada nya kelas theater. Karena gak bakat ke acting, jadilah nggak ikut eksul apa – apa hehe.

SMA. Nah, duduk dibangku SMA saya merasa terpanggil lagi untuk nari, awalnya hanya ikut lomba antar kelas, dari situ banyak yang lihat saya satu – satu nya cowok di sekolah itu yang sepertinya terlihat “berbakat nari” dimata temen – temen eksul nari dan pembina ekskul.

Dari situ, saya diajak bergabung dengan team nari yang sudah ada sebelumnya. Saya sempet ditunjuk menjadi koreografer bersama rekan saya, untuk lomba antar sekolah. Ya, walaupun saat itu tidak menjadi juara, tapi pengalaman bersaing lomba dengan sekolah – sekolah favorite di Jakarta waktu itu sangat membuat saya dan teman – teman sangat bangga.

Bersama teman - teman penari
"Operet Aku Anak Rusun - Selendang Arimbi"

Nah, pengalaman yang baru – baru ini saya dapat dan tentunya membuat saya sangat bangga adalah menjadi salah satu penari dalam pagelaran Drama Musikal yang di inisiasi oleh Ibu Veronica Tan ( Mantan Istri Gubernur Ahok ) bertajuk “Operat Aku Anak Rusun -Selendang Arimbi” yang berlangusung pada tanggal 16 November 2019 lalu. Materi dan non materi saya dapatkan semua nya. Alhamdulillah.

2.     Menjadi Master Of Ceremony ( MC )
Kedemenan mengoceh dari dulu, emang udah kelihatan kata temen – temen saya. Inget banget jaman SMA dulu sempet ngadain survey kecil – kecil an gitu ke teman – temen sekelas.

Saya tanya, kira – kira kalau saya kuliah cocok nya ambil jurusan apa? Dan jawaban terbanyak adalah Broadcasting. Mereka menilai saya punya bakat untuk jadi seorang broadcaster karena kedemenan saya mengoceh itu. Jadilah mereka menilai saya cocok untk ambil jurusan Broadcasting.

Walaupun pada saat kuliah tidak ambil broadcasting ( dengan beberapa alasan yang sangat kuat waktu itu ), tapi setidaknya jurusan yang saya ambil pun masih satu jalur dengan broadcasting yaitu Public Relations.

Sewaktu menjadi MC dalam acara
"Milenials Talk" di Universitas Mercubuana


Pengalaman yang saya dapat dari demen “mengoceh” ini adalah sebagai berikut : pernah menjadi MC untuk acara Sweet 17, MC untuk cara seminar Kampus, MC untuk acara Anniversarry nya Perusahaan, sampai pernah menjadi MC disebuah Exhibition. Menghasilkan? Tentu dong, sama hal nya dengan hobi menari saya, ada hasil yang saya dapat baik materi maupun yang non materi.

3.     Menulis
Dulu banget saya tuh suka banget nulis, tapi tidak melalui computer / laptop melainkan hanya dibuku tulis. Hehe. Malah sempet banget nulis sebuah cerita macam cerita FTV gitu, jaman – jaman SMA kan yah, jadi cerita yang saya tulis masih berkecimpung dengan cinta – cintaan anak SMA pada jamannya.

Dari menulis, semenjak tahun kemarin, Alhamdulillah banget nih, saya banyak dikenalin ke orang – orang yang berkompeten dalam dunia per bloggeran Indonesia.

Kegiatan demi kegiatan didunia per bloggeran saya ikuti, tidak melulu yang saya ikuti itu “dibayar”, tapi “pengalaman” yang saya dapat justru lebih dari nilai “bayaran”.  Saya juga seneng pernah dapat undangan untuk mengikuti beberapa workshop tentang tulis menulis.

Pengumuman menang dari  lomba nulis dan dapat Beasiswa di TALKINC

Seneng banget rasanya saya kembali menulis, dan semoga di tahun 2020 ini tulisan saya bisa lebih banyak dibanding tahun kemarin, bahkan saya ingin memperbanyak tulisan – tuisan organik di blog saya. Doakan yaah ;).

Pengumuman menang dari  lomba nulis dan dapat Beasiswa di TALKINC

Berikut adalah pengalaman yang sudah saya dapat di dunia tulis menulis selama kurun waktu 1 tahun terakhir ini : Pertama, saya pernah mendapatkan Beasiswa untuk sekolah lagi di tempat kursus public speaking di TALKINC, tulisan saya waktu itu membawa saya menjadi salah satu dari 11 orang terpilih yang mendapatkan beasiswa untuk sekolah disana. Kedua, menjadi juara II lomba menulis dengan thema “Bebaskan Generasi Emas Karawang dari Bahaya Rokok”. Ketiga, menjadi juara favorite dalam lomba “vlogging on the spot” bersama Raksa Online dan Kelas Blogger. Keempat, pertama kali nya artikel saya bisa published di detik travel , its such a dream come true banget gitu sih.

Sebutan yang disematkan oleh beberapa orang kan “Blogger”, bangga banget tentunya mendapati tambahan nama dibelakang nama saya, tapi saya masih merasa belum pantas aja gitu disebut sebagai seorang Blogger, karena seriusan deh masih banyak banget yang harus saya pelajari. Tapi menurut temen – temen gimana sudah pantas kah saya disebut sebagai seorang blogger?

Well, itu dia bakat saya yang akhir nya bisa menggali potensi diri dan bisa menghasilkan baik materi ataupun non materi. Non Materi yang dimaksud disini adalah pengalaman, wawasan, relasi, dll, yang bisa saya bagi di artikel kali ini.

Saya pribadi sangat setuju banget kalau kamu harus bisa menggali potensi diri dengan cek hobi yang siapa tahu itu memang bakat kamu dan nantinya bisa menjadi peluang yang menghasilkan dikemudian hari. 

Oiya, sebelumnya saya juga pemalu banget lho ( sampai sekarang juga masih sih hehe ), tapi beruntung banget punya sahabat – sahabat yang terus mendukung untuk meggali potensi diri saya.

Anyway, apa yang saya bagi ini, tidak bermaksud untuk menyombongkan diri atau apapun yah teman – teman, tujuan saya hanya berbagi pengalaman dari segala hobi / bakat yang saya punya sehingga bisa berpotensi menghasilkan.

Tentunya banyak yang lebih dari saya, mereka tentunya sangat hebat – hebat, malah saya jadikan mereka sebagai “Motivator”, agar bisa memacu saya untuk bisa seperti mereka syukur – syukur bisa lebih baik. Aamiin.
Semoga hobi / bakat teman – teman yang belum tergalih, segera tergalih, dan hobi / bakat tersebut bisa menghasilkan apa yang selama ini di impikan.

"Yuk galih potensi diri dan kembangkan untuk menjadi peluang"
Sampai jumpa di artikel berikut nya yah, Terimakasih ;)

Comments

  1. Aih ternyata kita samaan sering cuap-cuap di depan umum :) Tapi si kaka yang satu ini mah sudah banyak jam terbangnya kalau aku mah dikembangin sudah lewat masanya hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. haai mba ida, toss dulu ah kalo gitu hehe, punya kesamaan nih kita ;) atuhlah gpp mba dikembangin aja terus, biar bisa menginspirasi orang banyak ;)

      Delete
  2. Saluuut....SUmpah...dalam waktu 1tahun menulis pencapaian sudah bejibun, banyak bakat ya? Hahaha. Iri deh aku tuh....

    Menari itu aku dari kecil ingin banget, tapi tak ada bakat. Masih innget banget kelas 2 SD ada acara gitu, aslinya aku ga kepilih tapi aku dong yang banci tampil nangis minta tampil akhirnya dikasih tampil juga. Kalau ga salah saat itu tari Merak. Dirimu keren banget, Mas. Born to be entertainer keknya yaaa.

    Nah, kalau MC aku pernah lah kalau cuma MC-in ulang tahun anak-anak tetanggak, anak-anak teman, huahahhahaha.....tapi, bicara di depan public lumayan tantangan sih buat aku yg aslinya pemalu, aslinya lho....makanya aku suka nantang dirimu sendiri buat mencoba hal-hal baru. Pernah isi acara talk show fashion di Radio selama hampir 1th, itu memorable banget. Ga nyangkah bisa dapat jalan kesana karena Hani kecil pernah mimpi jadi announcer radio, hahaha.

    Pkoknya aku iri sama kamu, Mas....hahaha. Keren banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aahhhh mba hani, aku jadi terharu, anyway terimakasih banyak mba, perjuangan sih mba, walaupun memang belum seperti "entertainer" lainnya, at least sudah mencoba sejauh ini, dan buat saya mba Hani gak kalah kerennya, punya mimpi yang sama kaya aku juga to be announcer. toss dulu ah hehe. once again thankyou mba hani ;)

      Delete
    2. Wah iya...masih bisalah dirimu jadi announcer mumpung masih single, kalau udah double apalagi triple kaya aku gini udah mandeg, cita-cita announcer. paling mainan potcast, hahaha

      Delete
    3. wah mba, aku pun udah lama nih pengen main podcast, cuma masih bingung mempersiapkan alat - alat nya, kalao bahan podcast sih baru ada beberapa. Jadi lagi nyari alat yang sederhana, tapi tetep bisa kece gitu dari segi kualitas suara nya hehe. Munagkin mba Hani bisa kasih saran nih ke aku hehe

      Delete
  3. wah sama mas
    aku dari SD SMP SMA aktif menari
    sering ikut lomba
    malah SMA pernah jadi cheerleder basket hahahaha
    tapi dulu masih kurus ga kayak sekarang wkwk

    EGP sih sering dikatain cowok kok nari

    klo MC aku gabegitu bisa suka grogi
    tapi kadang sih nge MC pas acara sekolah

    sukses mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bang ikrom lebih kece lagi tuh udah nari dari SD, SMP dan SMA bahkan pernah jadi cheerleder basket lagi. pengen banget dulu juga, tapi disekolah ku basket nya gak terlalu jadi nomor satu, hehe jadi cheerleder nya juga nggak ada. Sukses selalu juga buat Bang Ikrom yah ;)

      Delete
  4. Salam kenal kak Adhe wah menarik sekali ya kak profile nya. Kalo saya ga lentur jadi sukanya aerobic zumba, kalo adik ambil jurusan tari sih. Hobi saya yg lain adalah menggambar dan menulis. Cukup 3 itu juga kalo fokus bisa menghasilkan materi dan kebahagiaan ya kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Kak Sandra, salam kena kembali kak, ah senangnya dapet teman baru ;). Aku pun suka zumba an mba karena lumayan banget ngeluarin keringet nya. Hobi kak Sandra menggambar tuh yang nggak ada di bakat ku, hehe jadi dimaksimalkan aja kak, bisa jadi menginspirasi orang lain yang suka gambar tapi belum berani explore. Semangat yah Kak Sandra ;)

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Ini bener bangettt!! Saya sedang tertarik banget dengan dunia per-MC an, walaupun belum jago2 banget. Alhamdulillah beberapa kali dipercaya jadi MC di acara-acara kantor, awalnya deg2an minta ampun tapi itung-itung buat melatih percaya diri sama mengasah skill baru.
    Kalo nari saya gak bisa, tapi suka ngeliat orang nari, apalagi dance modern.

    Oh iya Salam kenal mas, Saya Hanan, saya sedang adain give away kecil2an yang hadiahnya 6 buah buku di blog saya. Gratis ongkir. Siapa tau ingin nambah koleksi buku baru, boleh banget ikutan give awaynya. hehe Makasih banyak mas

    ReplyDelete
  7. Keren kak!
    Dua diantaranya ada di aku kak dan kedunya sedang aku jalani hehe, MC dan Menulis (Blogger). Seneng aja gitu menjalankan apa yang kita suka kan, hehe

    ReplyDelete
  8. Waaa mas Ade kaya dengan karya gini! So proud! Lanjutkan ya kak, aku ngeliat tulisannya mas Ade emang ngalir banget!

    ReplyDelete
  9. Wah bener banget ini. Jadi inget dulu waktu pertama kali dapat honor dari menari, itu rasanya bahagiaaaa banget. Langsung jingkrak-jingkrak deh. Begitu juga pas nge-MC rasanya kayak dapat bonus hahaha

    Yuk yuk semangat upgrade diri lagi biar lebih baik

    ReplyDelete
  10. Saya Paling Kaku kalau menari. Tapi kalau pencak Silat lancar hahaaa. Kemampuan menulis & MC berguna banget tuh di setiap pekerjaan. Jadi nilai tambah

    ReplyDelete
  11. Saya kayaknya menulis aja, deh. Gak tau sih bakat atau enggak. Tetapi, setidaknya menulis di blog sudah jadi passion saya. Kalau menari, badan rasanya kaku. Jadi MC juga gak mungkin. Saya kurang berani ngomong di depan orang banyak :D

    ReplyDelete
  12. Aaamiin. Semoga hobi dan bakat yang dimiliki kakak membawa keberhasilan juga kebahagiaan dalam menjalani nya.

    ReplyDelete
  13. Waahhh hebat. Teruslah berprestasi ya.

    Saya pun dulu sering menari, bahkan semasa kuliah, saya ikut tim dari sanggar saya untuk mengisi sesi tarian upacara adat di beberapa resepsi pernikahan, termasuk saat ultah kabupaten Bogor. Eh setelah memilih pakai kerudung, dan sekarang jadi sok sibuk, boro boro nari lagi. Gerakannya banyak yang lupa. Tersisa deretan piala aja di rumah Mama Papa.

    Jangan kayak saya ya. Jangan berhenti menari. Semangat.

    ReplyDelete
  14. Makin keren kakak, mantep. 3 hal di atas juga jadi hobiku. Menari dari kecil suka banget, itu yang membuatku makin percaya diri juga. Bisa selalu semangat deh. Apalagi menulis.

    ReplyDelete
  15. Dulu waktu masih kecil hobby menari, tapi dengan bertambahnya usia makin hari makin malu tampil menari, tapi kalo hobby menulis tetap, sampai sekarang enjoy aja nyalaninya, hehe ...

    ReplyDelete

Post a Comment