100 TAHUN RSCM : MENGEDUKASI MASYARAKAT MELALUI SEMINAR HIDRASI SEHAT

"Hidrasi Sehat Prestasi Hebat"

  
Sudah menjadi bagian terpenting bagi semua manusia untuk mengetahui lebih dalam tentang kesehatan. Untuk itu banyak lembaga / badan / Event organizer yang sering mengadakan berbagai macam acara tentang kesehatan, yang tentu tujuannya adalah bisa mengedukasi banyak masyarakat Indonesia.

Banyak hal yang perlu dipelajari tentang kesehatan, salah satu nya adalah tentang HIDRASI. Mungkin sebagian juga sudah tahu apa Hidrasi atau mungkin juga ada sebagian yang belum mengetahui apa itu Hidrasi dan apa bedanya dengan Dehidrasi?

Adhe photo dulu sebelum mulai yah ;)


Well, untuk menjawab itu, tepat kemarin Sabtu, 21 Desember 2019, saya dan beberapa teman – teman dari Komunitas ISB, menghadiri sebuah seminar bertajuk “Hidrasi Sehat Prestasi Hebat” di Istora Senayan Jakarta. Acara seminar tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak acara yang digelar oleh RSCM ( Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo ) dalam merayakan hari jadi nya yang ke 100.

Suasana didepan Pintu Masuk Istora Senayan

WOW, menginjak usia 100 bukan lah hal sepele lho, saya percaya RSCM bisa mencapai usia 100 tahun adalah selain karena kerja keras tentu juga atas dedikasi melayani masyarakat dengan sepenuh hati. Happy 100th Anniversarry Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Semoga semakin Berjaya, terus melayani masyarakat dengan sepenuh hati dan sukses selalu.

SEMINAR HIDRASI SEHAT PRESTASI HEBAT BERSAMA AQUA

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, bahwa seminar ini merupakan salah satu kegiatan / acara yang digelar oleh RSCM. Seminar bertajuk “Hidrasi Sehat Prestasi Hebat” ini dihadiri oleh tamu – tamu undangan dan juga Blogger.

Saya bersama rekan - rekan Blogger dari @komunitasisb

Seminar yang berlangsung kurang lebih 2 jam ini, menghadirkan narasumber – narasumber yang tentunya ahli dibidang kesehatan. Mereka adalah :

1. Dr.dr. Dian Novita Chandra, M.Gizi
2. dr. Dewi Friska, MKK
3. Dr.dr. Diana Sunardi, M.Gizi, SpGK

Narasumber - narasumber Hidrasi Sehat Prestasi Hebat

Mau tau apa aja sih yang dibahas oleh dokter – dokter cantik tersebut? Yuk kita tengok hehehe.

Dr.dr. Dian Novita Chandra, M. Gizi

Dr.dr. Dian Novita Chandra, M. Gizi
 
Mendapat giliran pertama untuk menyampaikan materi, Dr.dr. Dian Novita Chandra, M. Gizi ini akan membahas tentang “Hidrasi Sehat”

Kenapa sih kita perlu air? Karena sebagian besar tubuh kita kita adalah mengandung air. Untuk hal tersebut, kebutuhan air dalam tubuh haruslah seimbang. Jadi, perlu adanya keseimbangan air dalam tubuh kita, yang dimaksud dengan keseimbangan disini adalah air masuk dan air keluar dari tubuh kita.

Dari mana aja sih air masuk harian ketubuh kita?

Sebanyak 80% dalam tubuh kita itu bentuknya air, tidak hanya air putih lho, ada juga minuman lain yang tidak kita sadari konsumsinya lebih banyak dari air putih, seperti teh, kopi, dll. Tidak hanya dari minuman ternyata, dari makananan pun kita banyak asupan air, seperti makanan berkuah, buah – buahan, dan juga sayuran.

Berapa banyak kebutuhan air yang dibutuhkan manusia Dok?

Kebutuhan air untuk orang dewasa/hari ( misalnya 1 gelas = 200ml ), kalo dewasa laki – laki = 10 gelas, dewasa perempuan = 9 gelas, Ibu Hamil = 300ml, Ibu Menyusui = konsumsinya harus lebih banyak karena ada asi untuk bayi, untuk anak – anak ( 1-3 th = 5 gelas, 4-6 tahun = 6 gelas, dan 7-9 tahun = 7 gelas ), untuk remaja wanita 10 – 12 th = 8 gelas, dan untuk yang diatas 12 tahun kebutuhan sama seperti wanita dewasa, untuk usia lanjut perempuan = 6 gelas dan laki – lakinya 7 gelas air.

Apa saja air yang keluar dari tubuh kita?

Air yang keluar dari tubuh kita adalah melalui ginjal ( air urine ), saluran nafas ( uap yang keluar ), saluran cerna ( bab ), kulit ( berkeringat ), total yang keluar sekitar 2 – 6 liter. Dan yang paling banyak dari ginjal.
  
Apa bedanya hidrasi dan dehidrasi?

Nah menjawab pertanyaan di awal tadi. Apa sih beda nya Hidrasi dan Dehidrasi? Nih, Dokter Dian bantu menjawab, beliau menjawab seperti berikut :

“Hidrasi itu adalah kecupukan air dalam tubuh kita sedangkan Dehidrasi adalah ketika kebutuhan air dalam tubuh kita mengalami kekurangan”.

Beliau juga menambahkan informasi tentang tanda-tanda Dehidrasi, apa saja kah? Tanda – tanda tersebut adalah seperti sakit kepala, lelah, haus, dan juga keram. Kenapa? Karena volume darah dalam tubuh kita turun, tekanan darah turun, dan detak jantung malah meningkat. Sehingga menyebabkan dehidrasi.


Jadi beliau memastikan bahwa kita jangan sampai melewatkan minum air putih untuk mencegah dehidrasi.

Gimana sekarang udah tau dong hidrasi dan dehidrasi apa? Hehe. Nah yuk kita lanjut ke pemateri kedua, ada dr. Dewi Friska, MKK nih, beliau mau bahas apa yah?

dr. Dewi Friska, MKK

dr. Dewi Friska, MKK
Ibu dokter cantik yang satu ini akan membahas tentang “Hidrasi Sehat untuk Mendukung Aktifitas”. Nah aktifitas – aktifitas seperti apa sih yang kira-kira memerlukan asupan hidrasi sehat sehingga bisa mendukung aktifitas? Yuk kita simak informasi nya.

Apa sih dok manfaat yang didapat bagi pekerja yang hidrasi nya mencukupi? Hidrasi pada pekerja yang hidrasi nya mencukupi itu manfaat nya ada dua, mulai dari kinerja karyawan / pekerja itu sendiri dan juga dari aspek kesehatannya.

Pengaruhnya bagi pekerja yang dehidrasi : Jika pekerja kekurangan cairan lebih dari 2% dari berat badan, maka akan mengurangi kemampuan efisiensi dan kecepatan gerak. Nah kalo untuk kesehatan sendiri, misalnya perusahaan menggalakan hal ini ( meminta semua pekerja wajib minum air putih sesuai anjuran ) kepada pekerja, tentu hal tersebut akan bisa memperbaiki kesehatan para pekerjanya.

Untuk pekerja yang bekerja dengan udara / lingkungan yang panas, minimal tambahkan 2 gelas air minum/jam, untuk lingkungan dan jam kerja yang lebih lama lagi, bisa menambahkan sekitar 4 gelas/jam.


TIPS SECARA UMUM :

1. Jangan lupa minum saat menjelang dan bangun tidur
2. Minum sebelum haus
3. Bawa tumbler kemana - mana
4. Cek stiker urine
5. Untuk yang gak terlalu suka dengan air putih, jangan mengalihkannya    keminuman manis, tapi bisa tambahkan irisan buah-buahan kedalam air      putih nya.

Nah kalo tadi udah bahas tentang hidrasi sehat dan juga hidrasi sehat untuk mendukung aktifitas, sekarang saat nya kita bahas tentang tipe – tipe Air Minum yang ada di Indonesia yuk.

Dr.dr. Diana Sunardi, M.Gizi, SpGK

Dr.dr. Diana Sunardi, M.Gizi, SpGK

Seperti yang tadi saya info, Dr.dr. Diana Sunardi, M.Gizi, SpGK ini akan membahas tentang Tipe – tipe Air Minum yang ada di Indonesia, sudah tahu belum apa aja? Langsung aja kita simak.

Sebelum membahas tipe – tipe Air Minum, Dokter Diana menyebutkan 4 syarat Air Minum yang baik. Berikut adalah syarat – syaratnya :

Persyaratan air minum yang baik berdasarkan Kementerian Kesehatan tahun 2010 adalah :
1.    Tidak ada rasa
2.  Tidak berbau
3.  Tidak berwarna alias jernih
4.  Tidak mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh ( mikroba, kotoran – kotoran, pestisida, dan logam berat ).

TIPE2 AIR MINUM DALAM KEMASAN ( AMDK ) YANG ADA DI INDONESIA.

Tipe – tipe Air dalam kemasan Indonesia yang diakui oleh pemerintah Indonesia ada 4, yaitu :
1.       Air mineral
2.  Air Demineral ( air yang dikeluarkan kandungan mineral nya melalui proses ripesosmosis atau biasa disebut air yang kosong ).
3.     Air beroksigen ( air yang ditambahkan oksigen ), bahan dasar ini bisa dari air mineral ataupun air demineral.
4.    Air PH yang tinggi / Air Alkali  ( Melalui proses elektrolisis ditambahkan garam sehingga sifatnya menjadi lebih basah ).

Bagaimanakah persepsi masyarakat terhadap jenis - jenis air tadi? ternyata :

1. Sebagian besar masyarakat sudah mengetahui tentang air mineral begitupun manfaat nya.
2. Untuk tipe Demineral, 30% masyarakat mengetahuinya, dan 22% mengetahui manfaat nya.
3.     Air oksigen, hampir 80% mengetahui, dan 60% mengetahui manfaatnya.
4.   Air PH/ Alkali, hampir 30% mengetahuinya, dan hampir 50% mengetahui manfaat nya.

Banyak informasi tentang air yang diserap masyarakat, tetapi ternyata banyak juga informasi yang tidak jelas dari mana sumber nya, Jika salah - salah informasi, tentu bisa membahayakan kesehatan masyarakat lho. Jadi, harus diperhatikan juga sumber nya yah ;)

Dari mana sih masyarakat mengetahui informasi tentang jenis – jenis Air tersebut? Jawabannya adalah media sosial. Media sosial seperti facebook, website, dan juga Instagram masih menjadi sumber utama masyarakat dalam mendapatkan informasi jenis-jenis air.

Padahal berdasarkan penelitian ilmiah :
1.    Demineral, defisiensi vitamin B12 pada orang –orang yang mengkonsumsi air demineral menunjukkan bahwa tidak ada hasil penelitian ilmiah yang menunjukan bahwa air Demineral ini bermanfaat. Bahkan WHO menyatakan untuk berhati-hati mengkonsumsi air demineral jangka panjang. Karena dapat mengganggu kesehatan sehari – hari dan untuk jangka panjangnya bisa ke jantung dan pembuluh darah.
2. Air Oksigen, tidak terbukti mengatasi status hidrasi lebih cepat dibandingkan air mineral yang biasa dan Tidak terbukti meningkatkan kinerja fisik. Karena oksigen yang kita dapatkan ditubuh kita itu kita dapatkan dari paru - paru bukan dari saluran pencernaan. Jadi, untuk meningktakan masuknya oksigen dalam tubuh kita harus melalui pernafasan.
3.     Air Alkali, memang bisa mengatasi status hidrasi orang seperti air minum yang lain, tetapi tidak ditemukan adanya bukti manfaat yang lebih dari air Alkali.

MITOS DAN FAKTA

1.       Air beroksigen dapat meningkatkan performa fisik = MITOS
Penyerapan oksigen dalam tubuh hanya oleh organ paru dan bukan melalui organ khusus.
2.     Asupan air demineral jangka panjang tidak dianjurkan = FAKTA
3.     Air ALKALI tidak dapat meningkatkan PH darah = FAKTA
4.     Asupan demineral dapat menurunkan berat badan = MITOS
5.   Asupan air mineral setiap hari tidak baik bagi tubuh, karena air mineral akan menumpuk dalam tubuh = MITOS
Jumlah mineral yang terkandung dalam air mineral sedikit jadi tidak akan menumpuk dalam tubuh kita.

Yuk kita cek kesimpulannya :

Kesimpulam

Nah, udah cek kan kesimpulannya? bagi temen – temen yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang mitos dan fakta air mineral bisa kunjungi website ihwg ini yah.

          Well, sekarang kita udah mengetahui banyak yah tentang hidrasi sehat dan juga tipe2 air yang baik dan yang tidak bagi tubuh kita. Yuk sama – sama tingkatkan kesehatan dengan megutamakan konsumsi air sesuai anjuran, dan jangan lupa juga untuk selalu cek urine kamu di warna yang mana. Hidrasi Sehat Prestasi Hebat bersama AQUA.


     Mohon maaf yah jika ada kesalahan dalam penulisan gelar dan juga istilah - istilah ilmu kedokteran. 


Terimakasih RSCM, IHWG dan juga AQUA ;) #HidrasiSehatPrestasiHebat

Terimakasih :)



Comments