BELAJAR NGE-VLOG GRATISS..!! BARENG KELAS BLOGGER DAN RAKSA ONLINE

Belajar nge Vlog bareng Kelas Blogger dan Raksa Online


Dunia youtube sekarang – sekarang ini semakin banyak digandrungi oleh masyarakat di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Banyak dari mereka yang berbondong – bondong untuk menggeluti dunia peryoutuban.

Salah satu yang menarik didalam youtube adalah saat mereka (sang content creator ) membuat sebuah Video Blog ( VLOG ), Yup kegiatan ini sangat banyak dilakukan oleh youtuber – youtuber yang memberikan tontonan kegiatan sehari – hari mereka seperti hunting photo, kulineran, bahkan sampai ke travelling.

Karena kegiatan Vlog ini adalah kegiatan yang banyak diminati, maka di #kelasblogger29 ini, @kelasblogger dan @raksaonline mengadakan kegiatan kompetisi “Vlogging On The Spot” pada tanggal 29 Agustus 2019 lalu dan berlokasi di kantor Raksa Online Wisma BSG – Abdul Muis Jakarta Pusat. Jadi selain belajar tentang vlog secara gratis, kita juga bisa ikutan langsung lomba "vlogging on the spot" nya dengan hadiah yang sudah menanti.

Kegiatan #kelasblogger29 tersebut dihadiri oleh kurang lebih 40 peserta terpilih.

KepSek Kelas Blogger Mas Kholis


Awal kegiatan dibuka oleh KepSek dari @kelasblogger Mas Kholis dan langsung pembagian doorprize, gak lupa untuk berfoto bersama dengan pemenang doorprize nya, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Ibu Yuliana selaku Assistent Direktur Raksa Online yang menjelaskan tentang apa itu raksa online dan bagaimana cara kerja nya. Ada juga ibu Felly selaku Kepala bagian Marketing Raksa Online yang menjelaskan secara detail tentang pemasaran raksa online itu sendiri.

Ibu Yuliana - Assistent Direktur Raksa Online


Ibu Felly - Kepala Bagian Marketing Raksa Online

Setelah itu peserta melakukan office tour raksa online, dimana kegiatan ini adalah tanda bahwa lomba "vlogging on the spot" nya dimulai, jadi semua peserta sudah mulai melakukan nge vlog. Satu persatu, ruang demi ruang diperkenalkan oleh para peserta dan tentunya dibantu oleh Miss Raksa yang sangat ramah.

Ini dia Miss Raksa yang siap membantu 

Kegiatan tersebut berlangung sangat singkat, dan tinggal bagaimana kita bisa memaksimalkan pengambilan video yang nantinya bisa menjadi sebuah cerita.

Dengan waktu yang hanya 1 jam, semua peserta dikasih kesempatan untuk menyelesaikan editing video dan dibuat menjadi 2 dan diupload ke 2 platform media yang berbeda yaitu Instgram dengan durasi 1 menit dan youtube dengan durasi yang lebih dari 1 menit. Cek deh hasil editing video yang berhasi saya posting di youtube hehe.



Dengan keriweuhan dan stress nya para peserta akhirnya video tersebut selesai juga. Jangan sedih, sebelumnya ada saja yang mengganggu konsentrasi peserta hehe, seperti pembagian doorprize ditengah para peserta yang sedang melakukan editing, becandaan satu sama lain, apalagi ada beberapa peserta yang udah selesai duluan, hehe hal itu semakin membuat stress dan degdegaan parah.

Tapi semua nya berjalan dengan baik dan lancar, hingga tiba pengumuman pemenang lomba Vlogging on the spot yang ditunggu – tunggu.

Yeay juara favourite Vlogging On The Spot

Pengumaman pemenang dimulai dari juara favorite, dan yeaaaaaaaaay Alhamdulillah saya menjadi salah satu pemenang favourite dari lomba “vlogging on the spot”  kemudian dilanjut ke pengumuman kejuara - juara yang lain.

Nah ini jawara - jawara Vlogging On The Spot nya Congratulations..!

Jadi lebih termotivasi lagi untuk giat dan rajin untuk buat video di youtube, bikin konten yang menarik, dan harus konsisten. Jangan anget – anget ee ayam ye kan?

Mas Teguh Sudarisman

Setelah pengumuman pemenang, kegiatan #kelasblogger29 dilanjutkan dengan “belajar editing video” bersama Mas Teguh Sudarisman, yang gak perlu diraguin lagi deh video - video nya.

Mas Teguh berbagi ilmu tentang editing video menggunakan aplikasi KINEMASTER. Siapa hayo yang gak tau aplikasi tersebut? Awalnya saya sempet underestimaste sama aplikasi tersebut, tetapi setelah download dan dapet ilmu banyak dari Mas Teguh waaaaaah gila sih aplikasi nya sangat membantu banget buat semua pemula.

Mulai dari background, trimming, greenscreen, adjustment video colour, transisi, dan sederet tools yang ada didalamnya. Semakin menggebu – gebu deh bikin video kalo begini mah.

Tapi sayang waktu nya singkat banget dan emag gak maksimal, kalo kata anak milenial mah “kentang” hehehe. Mas Teguh juga menyampaikan bahwa kegiatan editing video mungkin bisa dilanjut di next event, dan kalo bisa seharian. Oiya Mas Teguh juga bilang “Yang terpenting adalah kita semua udah tau basic editing, selanjutnya improve saja masing – masing sesuai selera”.

Terakhir sebelum bubar, kita dikasih goodiebag dari Raksa online yang isinya sangat bermanfaat sekali. Cek aja nih.

Goodiebag dari Raksa Online 

Saya juga dapet hadiah Doorprize nih ;)

 Nggak lupa nih kegiatan yang pantang untuk nggak dilakukan disetiap event yaitu FOTO BERSAMA.

Foto Bersama sebelum pulang nih ( sumber photo : dari group wa )

Yeaay terimakasih banyak yah @kelasblogger dan @raksaonline untuk kegiatan yang sangat bermanfaat, semoga bisa bertemu kembali di event2 kece lainnya. Sukses selalu @kelasblogger @raksaonline.

Comments

  1. Asik banget, pernah anak lanang saya tanya, cita2mu mw jadi apa, katanya yutuber... :p

    ReplyDelete
  2. Kalau saya dulu ikutan workshop Mas Teguh diajarin pakai Power Director, Alhamdulillah saya cocok sampai sekarang. Pernah nyoba aplikasi lain kurang sreg ama proses dan hasilnya. Yang pengin saya cari itu aplikasi yang bisa bikin video kumpulan foto yang ada animasinya, mungkin Mas tahu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah mas teguh kemarin info di kine master juga ada ( untuk yang premium package ) kalo gak salah, nah kemaren peserta yang ikut dapet kode untuk bisa akses 1 bulan premium di kinemaster ;)

      Delete
  3. Wih keren nih acaranya.. mantap mantap bisa jd vlogger hebat nih

    ReplyDelete
  4. Aku paling parno nih sama ngevlog, soalnya aku gak suka direkam dan ngedit video hehehe. Tapi kelas tsb materinya bagus ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. awalnya saya juga gitu kak, tapi emang katanya kudu perbanyak latihan ngevlog aja biar rasa pd muncul hehe. kelas nya bagus dan selalu berisi.

      Delete
  5. Saya pernah ikut kelasnya Mas Teguh. Hanya waktu itu ngeditnya bukan menggunakan Kinemaster, melainkan menggunakan Power Director. Memang banyak selali insight yang disampaikan Mas Teguh. Dan insights itu cukup signifikan mengubah cara kerja ngedit video saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku juga prnh ikutan belajar edit sama mas teguh. Ngajarinnya telaten ngak buru-buru jadi kita gampang ngertinya.

      Delete
    2. iya kak, mas teguh emang detal banget dan gak segan jelasin satu persatu pertanyaan dari peserta, cuma sayang kemaren karena durasi jadi ada beberapa part yang memang harus dipercepat ;)

      Delete
  6. Aku pernah ikut kelasnya mas Teguh. Waktu itu rekomendasinya pakai power director yang sampai sekarang masih saya pakai

    Ngedit video itu memang gampang-gampang susah ya, feeling dan ide kreatif harus jalan bersama

    Btw ini asik banget kelasnya. Aku jadi ingin ikutan lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya kak emang kelas nya asik banget, banyak doorprize pula hehe. Dan mas teguh memang gak diraguin lagi lah kalo buat ngajarin tentang editing video. kereen ;)

      Delete
  7. Jaman sekarang, pekerjaan jadi content creator itu menggoda banget memang. Apalagi mo jadi youtuber, wuuu ... pasti pada mau deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes kak bener banget, apalagi pecinta youtube sekarang meningkat drastis ;)

      Delete
  8. Betul sekali, dunia pervideoan saat ini tengah marah di ranah online dan tengah digandrungi. Supaya ga ketinggalan2 banget memang harus belajar skill nya dari yg ahli dan narasumbernya mas Teguh Sudarisman itu udh tepat banget. Pengalaman beliau begitu banyak khususunya di ranah travelling

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes betul kak, Mas teguh emang pantes sih ngisi materi editing video. Dan menjadi vlogger saat ini memang kita rangkul, biar gak ketinggalan sama yang lain hehehe ;)

      Delete
  9. haduuuh cuma 1 jam disuruh buat 2 macam video? tangan udah gemeteran, otak panas, perut lapar. Anyway selamat ya mas menjadi juara favorit!
    tahun 2017 lalu saya sempat ikut blogging on the spot di Raksaonline setelahnya kapok ikutan lagi, deg-degan. hahaha

    ReplyDelete
  10. Seru banget belajar ngevlog bareng ya. Sayang waktu itu ga bisa ikutan nih.

    ReplyDelete

Post a Comment